Bagaimana cara memberi bagian cetak-3D pada PLA dengan hasil mengkilap?


45

Permukaan komponen cetakan saya menggunakan plastik PLA terlihat kasar dan tidak rata.

Apakah mengubah filamen menjadi yang lebih baik akan membuat perbedaan?

Jika tidak, metode apa yang dapat saya gunakan untuk mencapai hasil yang lebih halus untuk objek cetak 3D saya?

Jawaban:


43

Komponen PLA dapat diselesaikan dengan lapisan epoksi seperti XTC-3D dari Smooth-On . Ini akan menghaluskan bagian dan memberikan kilau yang cukup bagus.

Saya juga sudah cukup berhasil mencetak amplas, memberi mereka lapisan pengisi primer otomotif, dan menggunakan cat semprot mengkilap.

Anda juga bisa mendapatkan hasil yang bagus dengan lapisan uap aseton jika Anda ingin beralih ke ABS . Meskipun itu akan membutuhkan tempat tidur yang dipanaskan dan bisa sedikit lebih rewel untuk bekerja dengan daripada PLA.


XTC-3D lebih menyerupai lapisan resin. Ini berfungsi sebagaimana mestinya, dan terlihat sangat bagus jika dipasangi cat, dicat, dan diampelas, tetapi tahu bahwa model Anda akan sedikit lebih tebal sebagai hasilnya.
Kirbinator

+1 untuk menyebutkan primer pengisi. Pastikan untuk mendapatkan primer pengisi yang sebenarnya . Saya telah menemukan bahwa Cat / Primer khas Rustoleum tidak memiliki sifat yang sama dengan pengisi. Pengisi mengering lebih cepat dan mengisi saluran cetak dengan lebih baik.
Josh B.

27

Aseton penguapan adalah cara yang bagus untuk menghaluskan cetakan ABS. Namun, untuk PLA, smoothing aseton tidak berfungsi. Sebuah artikel tentang smoothing PLA mengatakan:

Sangat disayangkan, karena PLA jauh lebih mudah untuk dikerjakan daripada ABS. Kami menemukan beberapa solusi untuk menghaluskan PLA, tetapi sebagian besar melibatkan bahan kimia yang terdengar agak berbahaya seperti Tetrahydrofuran dan Dichloromethane . Satu-satunya pengecualian yang kami temukan adalah Ethyl Acetate yang tampaknya memberikan hasil yang baik dan (relatif) aman.

Artikel lain menyebutkan Pengganti MEK , yaitu Ethyl Acetate juga. Anda juga dapat mencoba beberapa jenis penggosok yang dibuat untuk hasil cetak 3D, seperti XTC-3D . Ini adalah foto asli XTC-3D di PLA:

XTC-3D di PLA, gambar milik tiskni3ddoma.cz

Ultimaker juga menyarankan menggunakan kloroform untuk menghaluskan cetakan PLA.

Jika bagian Anda benar-benar tidak rata, itu mungkin merupakan gejala dari sesuatu yang buruk terjadi dengan cetakan Anda, Anda mungkin ingin membaca artefak taksonomi sumbu Z dalam pencetakan 3d berbasis ekstrusi .

Penyebab paling bisa dikenali dari masalah ini adalah Z-goyangan. Hal ini disebabkan oleh ketidaksejajaran lapisan dalam pola berulang dengan periode yang sama dengan pitch thread Z (secara teknis lead, tetapi ini sama dengan pitch kecuali Anda menggunakan thread multi-start), dan merupakan masalah yang terkenal Makebot asli, CupcakeCNC.


Ultimaker menyarankan penggunaan kloroform untuk pasca-pemrosesan PLA: ultimaker.com/en/tips-tricks/post-processing
Klara

Tetrahydrofuran tidak seburuk itu, tetapi menguap dengan sangat cepat sehingga tidak praktis untuk digunakan.
Tomá? Zato

8

Dibutuhkan upaya yang cukup untuk membuat PLA mengkilap, dan tidak semudah ABS dan aseton.

Anda harus mengampelas cetakan dengan ampelas dengan ukuran grit yang berbeda (mulai dengan grit P100, lalu P240, P400, P600, P1500 dan P2000).

Untuk membuat hasil yang mengkilap, Anda harus memoles cetakan dengan kompon plastik. Atau Anda dapat menerapkan XTC-3D Print Coating .

Lihat posting ini:


6

Dua opsi termudah Anda adalah mencelupkan cetakan Anda ke dalam aseton atau memberinya rendaman uap aseton. Perhatikan bahwa proses ini umumnya hanya bekerja dengan ABS bukan PLA , dengan pengecualian beberapa merek. Ada banyak artikel online di mana Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang prosesnya.

Selain finishing, Anda biasanya akan mendapatkan hasil akhir yang terlihat lebih halus dengan menurunkan ketebalan lapisan , dan menghilangkan histeresis / goyangan di print head Anda untuk memastikan hasil kalibrasi yang baik.


3
Untuk pertanyaan yang menanyakan tentang merapikan PLA, jawaban yang hanya membahas perataan ABS sepertinya tidak terlalu berguna. Kalibrasi adalah titik awal yang bagus, tetapi tidak akan mencapai "shiny smooth".
Tom van der Zanden

@ Tom van der Zanden, Ini cukup jelas menangani PLA menentukan bahwa metode aseton sebenarnya akan bekerja untuk beberapa merek. Tautan yang disediakan untuk PLA. Semua jawaban lain di utas ini menggemakan poin yang serupa.
ZachNag

1
Aseton tidak bekerja untuk merek PLA apa pun. Artikel yang Anda tautkan tidak menggunakan aseton, mereka menggunakan pelarut lain.
Tom van der Zanden

Bukan berusaha bersikap argumentatif, hanya faktual. Tautan ketiga di pos ( ultimaker.com/en/community/10412-acetone-finishing-on-pla ) yang mungkin Anda lewatkan karena cara saya memformatnya, berisi informasi tentang bagaimana satu orang dapat menggunakan finishing aseton dengan Colorfabb PLA. Alasannya adalah karena mereka memasukkan sejumlah kecil plastik yang dapat larut dalam formulasi mereka, yang memungkinkan proses ini bekerja, meskipun sedikit.
ZachNag

4

Pastikan printer Anda dikalibrasi dengan benar dan tidak ada kemacetan karena ini dapat menyebabkan gumpalan atau cacat lainnya pada objek. Mencetak pada resolusi yang lebih tinggi juga akan membuat objek lebih halus, karena juga akan ada sedikit perbedaan antara setiap lapisan.

Filamen yang Anda gunakan bisa menjadi penyebab penampilan kasar juga. Pastikan Anda bermain-main dengan suhu untuk menemukan kisaran yang tepat untuk merek filamen tertentu. Saya perhatikan merek yang berbeda cenderung mencetak lebih baik pada suhu yang berbeda, dan jika terlalu rendah dapat menyebabkan masalah aliran.

Meninggalkan PLA di udara cenderung membuatnya menyerap kelembapan yang juga tidak baik. Jika Anda tidak akan menggunakannya untuk sementara waktu, masukkan kembali filamen ke dalam kantong yang dapat ditutup kembali dengan pengering untuk membantu menjaga kelembabannya.

Jika Anda tidak ingin melihat lapisan yang dicetak, Anda juga bisa mencoba melelehkan permukaan lagi dengan senapan panas untuk menghaluskan objek. Berhati-hatilah untuk tidak terlalu panas pada objek , karena bisa Anda mengubah warna atau menyebabkan terkulai.


Terima kasih telah menyebutkan pengaturan printer yang tepat. Anehnya, tampaknya Anda adalah orang pertama yang mengangkat ini. Jadi +1 untuk memberikan jawaban yang berwawasan luas!
tbm0115

-1

Ini disebut Aseton Finishing

Pada dasarnya bagian cetakan 3D tetap dalam uap aseton dan kulit luarnya berubah menjadi permukaan yang halus. Saya telah mendengar bahwa ini bekerja lebih baik dengan ABS.

Artikel ini menunjukkan caranya dengan video :


7
Perlu dicatat di sini bahwa finishing aseton bekerja sangat baik dengan ABS dan (paling tidak) tidak begitu baik dengan PLA.
kaine

Perhatikan bahwa metode khusus ini hanya berfungsi untuk merek PLA tertentu. Dalam kebanyakan kasus, ada kemungkinan besar bahwa aseton akan melakukan sedikit jika ada yang sama sekali untuk PLA.
Dani Epstein

Saya telah mendengar bahwa Aseton tidak efektif dengan PLA, tetapi pasti untuk ABS. Salah satu tempat untuk mendapatkan aseton adalah penghilang cat kuku. Beberapa toko dan salon menjual varian aseton 100%, sementara yang lain bisa 70% atau bahkan serendah 20%, semakin kuat mereka semakin cepat mereka akan bertindak.
Chase Cromwell

6
Jawaban ini salah. Pertanyaannya menanyakan secara spesifik tentang PLA, dan aseton sama sekali tidak melakukan apa pun pada PLA. Anda perlu sesuatu yang sangat jahat seperti MEK untuk mempengaruhi PLA.
Tom van der Zanden

Karena jawaban ini didasarkan pada filamen yang salah, maka kualitasnya sangat rendah dan harus dihapus.
Trish

-1

Jadi kita tahu apa yang tidak berhasil tetapi yang berhasil (tapi tidak baik) adalah alkohol! Hanya isopropil alkohol 90% (dan lebih tinggi) yang akan berfungsi! Juga di Walmart Anda bisa mendapatkan barang yang disebut Goo Gone atau bahkan lebih baik adalah Ups!

Apa yang Anda lakukan adalah melelehkan plastik secara kimia. Karena PLA terbuat dari jagung (kurang lebih) bahan kimia yang sama tidak akan bekerja pada jenis plastik bio seperti PLA. ABS adalah produk berbasis minyak jadi itu sebabnya aseton bekerja.

Saya menggunakan dua produk tersebut karena dibuat untuk menghilangkan lem dan lilin dan tidak segera menguap sehingga memiliki waktu untuk melakukan tugasnya dan melarutkan plastik. Alkohol akan menguap, terutama dengan kadar air lebih sedikit, dan saya benar-benar pasti tidak ingin ada yang melakukan ini di kamar tidur atau dapur terutama tidak melakukannya tanpa ventilasi! Uap mudah terbakar dan akan menumpuk dengan cepat pada suhu kamar dan hanya membutuhkan sedikit waktu untuk berangkat dan itu hanya buruk!

Dengan alkohol saya mencelupkan dan merendam bagian-bagian sampai saya melihat mereka tampak lembut seperti memiliki kulit atau tergantung pada sutra yang digunakan PLA. Saya mencetak lebih panas daripada yang direkomendasikan dengan hot bed sedikit untuk tidak ada kipas dan lebih banyak feed karena apa yang terjadi adalah semakin padat melewati suhu tertentu dan akan terlihat seperti itu berantakan dan tidak dicetak dengan benar seperti tersumbat atau tidak diberi makan cukup cepat dan itu benar tetapi jika Anda meningkatkan laju umpan untuk mengatakan 108 atau 115 itu mengkompensasi penyusutan dan Anda mendapatkan isi yang sama.

Sekarang dikatakan bahwa Anda akan mendapatkan cetakan yang lebih halus karena menjadi seperti berair tetapi dengan kecepatan lebih cepat dan atau kipas kecil terpasang di tempat tetapi tempat tidur panas akan membuatnya tidak terlalu sulit untuk melewati ujung panas dan lapisan baru berikutnya sehingga lapisan berikutnya tidak akan pergi pada permukaan yang dingin dan dapat dengan mudah diperas dan menyatu ke lapisan terakhir dan sekarang dua lapisan 0,15 mm bertindak seperti tiga tetapi lebih padat dan lebih halus.

Lalu dengan Ups! bahan kimia atau alkohol saya hanya melepas sisa ketidaksempurnaan. Saya mengambil kain yang tidak berdebu dan menerapkan solusi ke atasnya dan menyeka ke arah yang sama dengan tekanan yang sangat sedikit sampai rasanya seperti kain macet atau menggigit kemudian saya meninggalkannya sendiri selama 15 detik dan mencucinya dengan mencelupkannya ke dalam ember air sabun dingin kemudian bilas dengan air tawar dan ulangi jika perlu. Paling baik jika Anda menggunakan tali untuk menahan atau menangguhkan bagian-bagiannya karena mudah untuk meninggalkan cetakan.

Juga lebih baik (dan saya tidak menawarkan ini karena cairan apa pun ketika dikabulkan dapat mudah terbakar - selain air) adalah dengan menggunakan botol semprot sebagai gantinya dan dengan ringan semprotkan proses yang sama pada dan celup-dan-dunk untuk melepasnya - bukannya menyeka dan berisiko meninggalkan jejak dengan tanda pada bagian yang sudah jadi.

Ada pengamplasan. Banyak pengamplasan adalah cara lain untuk menghaluskan bagian.

Saya juga mencoba menyelaraskan bagian-bagian saya yang berfungsi tetapi menjadi berantakan ketika mencoba untuk menerapkan lebih dari mantel pra diterapkan.

Lalu ada body filler atau jika Anda menggunakan cat, saya sarankan cat otomotif dengan primer filler atau cat di bagian otomotif khusus untuk plastik dan vinil atau cat tebal tebal tetapi tidak lateks tetapi cat pernis yang berat dan mengisi ketidaksempurnaan tetapi tetap rata saat kering! Ada cat Lexan untuk RC dan model plastik tetapi perlu primer.

Tetapi taruhan terbaik Anda adalah memastikan bahwa printer Anda berjalan 100% cetak sebagai detail halus dengan nozzle lebih besar dari 0,4 mm dan pastikan profil alat pengiris Anda diatur untuk bekerja dengan sempurna dengan bagaimana mesin Anda bekerja seperti nomor stepper Anda dan semuanya karena semua yang terpenting dan terpenting, lapisan pertama Anda menentukan sisa cetakan! Level bed dan permukaan level bersih! Nozzle baru setiap lusin cetakan membuat perbedaan kecuali Anda mendapatkan tip kelas atas!

Menjaga tabung Bowden Anda tetap segar juga membuat perbedaan besar! Dapatkan alat pengukur perasaan sendiri dan gunakan untuk meratakan tempat tidur Anda alih-alih kertas dan itu akan tepat setiap waktu! Dan cetak kecepatan yang sama dan sesuaikan sesedikit mungkin melalui seluruh cetakan dan akan keluar seragam. Cetakan lebih tinggi jika Anda membutuhkan tempat tidur panas menambah panas karena hasil cetak menjadi lebih tinggi atau suhu nosel karena hasil cetak akan kehilangan panas karena semakin tinggi dan tidak akan mencetak sama dengan lapisan bawah.

Saya harap ini membantu atau jawaban yang Anda cari! Saya baru saja melewati dan membenci jawaban tidak berguna yang dilakukan ada hubungannya dengan pertanyaan yang diajukan! Orang-orang suka bicara, kurasa.


Alkohol isopropylic tidak menyelesaikan PLA - Saya sudah pernah terkena bagian itu selama berminggu-minggu dan tidak melunak sama sekali. Lebih jauh itu tidak ada hubungannya dengan asal dalam apa plastik larut tetapi komposisi kimia saja.
Trish

2
Posting ini sangat sulit dibaca karena merupakan satu dinding besar teks. Harap pertimbangkan untuk meningkatkan pemformatan.
Tom van der Zanden

-1

Untuk metode murah untuk menghaluskan cetakan Anda, Anda dapat menggunakan cat kuku bening. Ini akan bertindak sebagai mantel seperti resin.


1
Hai Logan, dan selamat datang di SE 3D Printing! Sementara jawaban Anda mungkin secara teknis benar, itu adalah agak singkat, dan, dengan demikian, telah direkomendasikan untuk penghapusan, sayangnya. Jika Anda bisa mengembangkannya maka Anda mungkin mendapatkan respons yang lebih positif. Saya akan merekomendasikan bahwa selain membaca beberapa jawaban yang dinilai sangat tinggi untuk mengukur standar yang diharapkan, bahwa Anda melihat bagian bantuan yang berkaitan dengan menjawab pertanyaan, khususnya Cara Menjawab , dan mengikuti tur untuk informasi lebih lanjut tentang cara kerja pertukaran tumpukan . Terima kasih :-)
Greenonline

-3

Saya sarankan menggunakan XTC-3D karena cetakan Anda kecil juga Anda dapat menambahkan beberapa pigmen UVO. Sulit untuk digunakan dalam cetakan besar karena memiliki waktu kerja yang kecil. Bagaimanapun, ini adalah cetakan yang saya lakukan untuk seorang teman:

Contoh cetak

Tautan yang sekarang mati ini menampilkan lebih banyak gambar dan mengatakan bagaimana melakukannya.


4
Jawaban ini tidak menambahkan apa pun dari jawaban lain (XTC 3D sudah disebutkan oleh beberapa dari mereka). Meskipun mungkin ada informasi berguna yang tersembunyi di balik tautan Anda, kami tidak menyarankan jawaban yang konten utamanya adalah tautan, karena mungkin akan menjadi tidak valid jika konten yang tertaut berubah atau menjadi tidak tersedia. Selain itu, karena situs yang ditautkan adalah milik Anda, ini adalah area abu-abu mengenai promosi diri. Kami mencoba membangun repositori pertanyaan dan jawaban di sini, kami tidak mencari untuk membangun repositori pertanyaan dan orang-orang mengatakan "lihat, Anda dapat menemukan jawabannya di situs web saya".
Tom van der Zanden

2
Saya pikir Tom memberikan analisis yang bagus tentang kualitas jawaban Anda - kami biasanya tidak menyukai jawaban hanya tautan. Saya akan merekomendasikan Anda untuk mengikuti Stack Exchange Tour , agar lebih mengenal situs kami. :-) Juga, selamat datang!
Tormod Haugene

1
Tautan Anda telah mati dan karena Anda tidak memasukkan informasi dari tautan di kiriman Anda, kiriman Anda tidak akan berguna.
Greenonline

1
karena penjelasan dari @TomvanderZanden saya memilih untuk menghapus ini sebagai berlebihan dan tidak berisi.
Trish

Satu-satunya informasi tambahan yang dapat saya lihat dalam jawaban ini adalah penggunaan pigmen UVO.
Greenonline
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|