Apakah pencetakan 3D aman untuk kesehatan Anda?


28

Saya ingin membeli printer 3D, tetapi saya khawatir tentang risiko kesehatan yang terkait dengan operasinya. Beberapa kelompok ilmuwan mengatakan itu bisa berbahaya bagi manusia.

Apa yang perlu saya pertimbangkan sebelum membeli printer 3D jika saya peduli dengan kesehatan saya? Apakah ada printer yang aman?


4
Anda mungkin harus mempersempit pertanyaan ini ke jenis printer tertentu. Sebuah cheeze wizz printer kurang cenderung berbahaya dari satu yang laser Sinter diperkaya bubuk uranium.
Tom van der Zanden

Jawaban:


20

Hanya ada sedikit informasi tentang keamanan yang tersedia, karena printer 3D rumahan relatif baru. Namun, plastik seperti ABS memiliki sejarah panjang dalam pembuatan produk plastik, dan sebuah penelitian menemukan bahwa pada metode manufaktur tradisional (seperti cetakan injeksi dan pemotongan kawat panas) tidak melepaskan tingkat berbahaya karsinogen dan / atau sensitizer pernapasan ke udara. .

Tentu saja, printer 3D tidak termasuk dalam proses yang dicakup dalam penelitian ini. Di lingkaran pencetakan 3D di rumah, studi ini yang meneliti emisi partikel ultrafine (UFP) ini, sering dikutip. Ia menemukan bahwa pencetakan ABS melepaskan tingkat UFP dan PLA yang relatif tinggi secara signifikan lebih sedikit (tetapi masih dalam jumlah yang cukup besar). Namun, tidak jelas apakah / seberapa berbahaya UFP ini dalam jumlah yang dipancarkan.

Sering disarankan bahwa PLA, sebagian karena berkurangnya emisi UFP lebih aman untuk dicetak daripada ABS, sebagian karena asal-usulnya yang "alami" karena dapat berasal dari bahan-bahan seperti tepung jagung. Saya akan berhati-hati terhadap alasan ini karena bahan "alami" masih bisa beracun (bisa ular alami) dan tepung jagung banyak diproses sehingga hampir tidak menyerupai bentuk aslinya. Emisi UFP yang lebih rendah mungkin menyarankan itu lebih aman, tetapi penelitian ini hanya kuantitatif, bukan kualitatif.

Yang mengatakan, PLA mungkin menimbulkan risiko yang lebih kecil (meskipun argumen saya sebelumnya terhadap bahan "alami", PLA memang bermain cukup baik dengan tubuh manusia), tapi saya berpendapat risiko dengan ABS tidak terlalu besar, mengingat bahwa ia memiliki telah digunakan dengan aman di pabrik selama beberapa dekade.

Penelitian lain sering salah kaprah, konon katanya cetak 3D ABS melepaskan hidrogen sianida. Studi ini hanya melihat dekomposisi termal ABS, yang terjadi pada suhu yang jauh lebih tinggi daripada yang dicapai selama pencetakan (tetapi printer yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan gas beracun dilepaskan, tetapi saya berpendapat bahwa pada titik itu Anda harus khawatir tentang printer Anda menjadi terbakar, daripada terpapar sementara oleh beberapa racun).

Tidak ada printer di luar sana yang secara fundamental lebih aman daripada yang lain. Namun, beberapa printer memiliki penutup (berisi asap) dan beberapa bahkan memiliki filter karbon dan kipas untuk ekstraksi asap. Jika Anda ingin berbuat salah di sisi hati-hati, ini mungkin pilihan yang baik (tapi sekali lagi, tidak jelas apakah filter karbon benar-benar efektif).

Akhirnya, karena printer umumnya cukup berisik, cenderung lebih disukai untuk menyimpan printer Anda di ruang terpisah dari tempat Anda biasanya bekerja. Dalam hal ini, paparan asap (selama beberapa menit Anda pergi untuk memeriksa cetakan Anda) minimal, dan potensi keuntungan dari printer "lebih aman" atau menggunakan bahan "lebih aman" berkurang.

Eksposur insidental sebagai penghobi mungkin bukan masalah besar; pekerja di pabrik-pabrik terpapar asap plastik yang meleleh sepanjang hidup mereka dan mereka sepertinya tidak mati. Di sisi lain, jika Anda akan mencetak secara struktural maka mungkin lebih baik memindahkan printer Anda ke ruang yang terpisah, jika bukan karena kesehatan dan keselamatan karena kebisingan.


Saya pikir saya akan mulai menyalakan kipas ventilasi di bengkel saya saat mencetak, untuk berjaga-jaga ... :)
TextGeek

3
Jawaban yang bagus Di tingkat molekuler tidak ada yang namanya jenis "alami" atau "tidak alami" dari ion yang sama dan isotop atau molekul yang sama. Hanya karena beberapa atom atau molekul muncul di alam (reaksi kimia yang menyebabkannya terjadi tanpa melibatkan manusia) tidak membuatnya aman. Tampaknya bagi saya ini masuk akal, tetapi banyak orang tampaknya cenderung alami secara inheren baik atau dalam hal ini tidak berbahaya. Juga poin bagus pada studi UFP, kita hanya tahu sedikit. Ini adalah cara berpikir paranoid bahwa sesuatu itu berbahaya sampai terbukti 100% aman.
Leo Ervin

17

Hampir semua printer 3D memiliki masalah yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Printer FDM / FFF memanaskan plastik pada suhu yang dapat menyebabkannya mati gas, dan produk sampingan ini mungkin tidak sehat.

Printer SLA sering menggunakan epoxies yang mungkin mati gas, atau mungkin agak beracun sebelum disembuhkan.

Printer berbasis bubuk juga bisa mati gas, selain bubuk itu sendiri menghadirkan bahaya yang mungkin.

Banyak penggemar dan perusahaan kecil berdansa di sekitar masalah, dan menyarankan bahwa alat berat selalu digunakan di area yang berventilasi baik. Alat berat profesional sering memiliki filter dan sistem ventilasi.

Daripada mencoba mencari printer 3D "sangat aman", luangkan waktu untuk memutuskan untuk apa Anda ingin menggunakannya, temukan printer yang cocok untuk Anda gunakan, dan berharap Anda perlu menyediakan ventilasi yang masuk akal untuk hampir semua printer. Rencanakan instalasi Anda untuk itu, dan Anda harus dapat membuat printer apa pun aman untuk penggunaan yang diperlukan.

Namun, jika Anda berencana untuk menyiapkan kebun printer dengan banyak printer, dan berencana membuat Anda atau orang lain menghabiskan waktu yang signifikan untuk mengoperasikannya, saya sarankan Anda bekerja dengan profesional kesehatan dan keselamatan dan minta mereka mengidentifikasi kemungkinan bahaya dan mitigasi rencana.


Saya tidak yakin ini berlaku di seluruh dunia: tetapi di Kanada, sebagian besar produk / mesin yang berisiko umumnya harus memiliki ikon yang menunjukkan jenis bahaya dan tingkat keparahannya (WHMIS / HHDS?)
Zizouz212

" Mungkin tidak sehat" tidak bisa cukup stres di sini. Adapun studi UFP, kita tahu sedikit tentang efek UFP. Ini adalah cara berpikir paranoid bahwa sesuatu itu berbahaya sampai terbukti 100% aman. Tetapi jika tidak perlu banyak mengurangi atau menghilangkan potensi bahaya, itu harus dilakukan juga.
Leo Ervin

9

Saya akan membahas masalah udara karena saat ini belum terselesaikan. dimensi ketiga menawarkan jawaban yang bagus untuk masalah keselamatan umum .

Jawaban singkatnya adalah bahwa berdasarkan pengetahuan kita yang terbatas pada saat ini, mungkin ada bahaya kesehatan yang tidak terlihat terkait dengan printer FDM / FFF dan oleh karena itu tindakan pencegahan keamanan tambahan, menurut pendapat saya, perlu dan tidak opsional atau sekunder seperti yang disarankan oleh beberapa orang di masyarakat .

Dengan kata lain, jika Anda dapat mengisolasi printer Anda di area yang berventilasi baik di mana orang jarang pergi, maka tentu saja itu bukan risiko kesehatan, tetapi jika orang akan terkena udara printer untuk periode waktu yang signifikan, Anda perlu melakukan sesuatu tentang hal itu. Ini adalah situasi saya - di mana saya tinggal lokakarya khusus dan kamar tambahan adalah kemewahan yang tidak dimiliki kebanyakan orang.


Peluang Realistis Menjadi Berbahaya -> Perlakukan Itu Berbahaya

Informasi kunci pada titik waktu ini adalah studi UFP (Ultra-Fine Particle) yang terkait dalam jawaban Tom .

Meninggalkan bagian menakutkan / terperinci:

Oleh karena itu, hasil di sini menunjukkan bahwa kehati-hatian harus digunakan ketika mengoperasikan instrumen pencetakan 3D ini di dalam lingkungan dalam ruangan tanpa filter atau tanpa filter karena emisi UFP mereka yang besar.

Satu batasan penting untuk penelitian ini adalah bahwa kami tidak memiliki informasi tentang bahan kimia dari UFP yang dipancarkan dari kedua jenis printer 3D [...]

[...] mungkin juga ada perbedaan toksisitas karena perbedaan komposisi kimianya.

Ini berarti bahwa meskipun banyak proses melepaskan UFP (penulis makalah dibandingkan dengan memasak), semua UFP tidak dibuat sama. Karena UFP dari pencetakan 3D masih belum diketahui, satu-satunya jawaban nyata dari perspektif keselamatan adalah menganggapnya berbahaya.


Ini bukan nasihat hukum, keselamatan, atau profesional!

Saya tidak memenuhi syarat untuk memberikan pendapat tentang apa yang harus dilakukan tetapi saya akan membagikan apa yang akan saya lakukan:

  • Ventilasi - Aliran udara aktif mendorong amplop udara di sekitar cetakan ke badan udara besar yang tidak berpenghuni.
  • Enclosure + Venting - Dengan sepenuhnya melampirkan printer Anda, itu mungkin akan menjaga UFP sebagian besar dalam enclosure. Anda dapat menggabungkannya dengan ventilasi terus-menerus atau seperti yang disarankan beberapa pembersihan ventilasi sebelum membuka penutup.
  • Enclosure + Filtering - Sebuah filter dapat diterapkan baik ke ventilasi untuk mengurangi output UFP (misalnya jika Anda tidak memiliki akses ke badan udara yang aman) dan sebagai sistem resirkulasi yang menghilangkan UFP dari badan udara di dalam enklosur. .

Catatan tentang tekanan positif vs negatif terkait dengan ventilasi dan penyaringan: jika Anda menghasilkan tekanan positif di dalam enklosur, Anda akan tetap meniup semua UFP ke lingkungan Anda. Tekanan negatif dilepaskan ke badan udara yang aman atau tekanan netral dengan segel yang baik dan penyaringan resirkulasi dapat menghindarinya.

Catatan tentang filter : Filter karbon aktif tidak akan menghapus UFP. Filter HEPA dapat menghapus UFP pencetakan 3D.


Printer yang mana?

Selama ketidakpastian ada, saya memperkirakan bahwa ketika pasar matang, penyaringan dan penutup akan menjadi lebih standar. Pada titik ini, satu-satunya printer FDM kelas konsumen terlampir DAN HEPA yang saya saring adalah Up! Box dan Zortrax Inventure . Ada sejumlah printer tertutup tanpa filter.

Sebagai alternatif, setidaknya satu perusahaan telah muncul dengan produk-produk yang ditargetkan pada mereka yang peduli tentang berbagai aspek keamanan pencetakan 3d.


5

Terlepas dari proses yang melekat itu sendiri dan bahaya kesehatan langsung dari itu, banyak printer 3D juga membutuhkan beberapa teknologi pelengkap untuk bekerja.

Printer memiliki print head yang perlu bergerak dalam ruang 3D. Memindahkan komponen mesin dapat menjadi bahaya . Di lingkungan rumah / penggemar dengan anak-anak misalnya, saya akan merekomendasikan untuk membeli printer dengan perumahan.

"Terbuka" desain sering menampilkan elektronik telanjang yang dipasang langsung ke struktur printer. Ini meningkatkan kemungkinan korsleting dan sengatan listrik.

Printer yang memanaskan material sering melakukannya pada suhu yang sangat tinggi. Bagian panas dari printer tidak boleh disentuh.


Apakah ini benar-benar masalah kesehatan? Apakah "Anda mungkin memotong sendiri" masalah kesehatan menggunakan pisau?
Tom van der Zanden

1
@ TomvanderZanden saya menjatuhkan printer 3D saya di tangan saya dan menderita memar kecil. Saya juga menerima potongan kertas saat menangani dokumentasi. Dan setelah beberapa kali pencetakan berulang gagal (disebabkan oleh leveling tempat tidur yang buruk) saya membenturkan kepala saya ke dinding ... :-)
SusanW

-2

Karena banyak printer 3D dibuat di Cina, dan asbes masih legal di Cina (dengan produksi besar yang sedang berlangsung tampaknya), sangat mungkin untuk berakhir dengan Printer 3D yang memiliki bagian asbes di dalamnya.

Meskipun asbes ilegal di beberapa bagian dunia (seperti Australia, meskipun bukan AS sejauh yang saya tahu), mengingat hal di atas, dan kemungkinan kurangnya perawatan oleh pemasok dan / atau pengawasan selama impor, Anda mungkin ingin melakukan uji kelayakan.

Ini menjadi lebih penting jika Anda berencana untuk melakukan modifikasi pada printer Anda. Meskipun orang mungkin mengatakan bahwa mereka tidak akan melakukan modifikasi pada printer 3D mereka sebelum mereka membeli yang pertama, setelah diterima dan dialami, semuanya mungkin terlihat sangat berbeda.

Ketika berbicara dengan produsen besar sekalipun, Anda mungkin juga mendapatkan jawaban yang sangat bertentangan ("ya bagian xyz memiliki asbes di dalamnya" vs "tidak itu tidak") - yang semakin memperumit masalah ini.

Pengujian asbes biasanya sekitar 50-70 USD per sampel, dan sering kali penghancuran barang yang diuji diperlukan, sehingga itu juga bukan cara yang layak.

Saya dapat membuka pertanyaan baru tentang cara menutupi risiko asbes pada Printer 3D (dan barang-barang lainnya) yang diimpor dari Tiongkok.



2
Pernahkah Anda menemui printer 3D yang memiliki asbes di dalamnya, atau apakah Anda mengetahui hal ini?
Davo

Menggandakan jawaban Anda sebagai sebuah pertanyaan sepertinya agak tidak biasa ...
Menggandakan

Nah, ini dia jawaban yang berkontribusi, padahal dalam kasus pertanyaan itu memberikan konteks.
Roel Van de Paar

Anda mengutip bukan sumber tunggal yang memiliki reputasi baik untuk klaim Anda bahwa beberapa bagian printer mengandung asbes. Hanya isolasi yang mengandung sebagian besar dan sebagian besar printer Chinesium melompati sepenuhnya karena lebih murah untuk tidak menyekat dan pelat serat asbes masih agak berat, membuat pengiriman lebih mahal .
Trish
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|