Bagaimana cara menentukan nilai percepatan untuk printer saya?


23

Saat print head berubah arah, printer harus mempercepat dan memperlambat print head. Ketika dikalibrasi dengan benar, printer dapat melakukan ini dengan cepat dan tanpa menyebabkan printer goyang terlalu banyak, tanpa secara drastis memperlambat proses cetak.

Jika saya mengaturnya terlalu tinggi, printer saya bergetar hebat, terutama saat pengisian. Jika saya atur terlalu rendah, waktu cetak menjadi dua kali lipat atau tiga kali lipat.

Proses apa yang dapat saya ikuti untuk menentukan (atau bagaimana saya bisa menghitung) nilai percepatan tercepat yang dapat digunakan printer saya tanpa menyebabkan masalah dalam cetakan saya?

Saya lebih suka proses yang saya bisa ikuti formula saya dapat memasukkan nilai, terutama jika formula termasuk angka ajaib.


2
Pencarian biner , yaitu mencoba nilai sampai Anda menemukan satu yang berfungsi.
Tom van der Zanden

Jawaban:


14

Seperti yang ditunjukkan Tom, pencarian biner adalah cara terbaik. Jika istilah itu tidak dikenal semua pembaca, berikut ini sedikit lebih detail:

  1. Tetapkan nilai percepatan yang Anda yakin terlalu rendah (sebut saja L. ), dan yang Anda yakin terlalu tinggi ( H ). Sepertinya Anda sudah tahu nilai-nilai seperti itu dari pengalaman.

  2. Cari tahu kecepatan di tengah: (L.+H)/2 . Menyebut bahwa M. .

  3. Coba cetak dengan kecepatan M. . Sesuatu seperti kubus kalibrasi langkah mungkin merupakan pilihan objek yang baik (banyak tersedia di Thingiverse).

  4. Jika M. masih terlalu cepat, anggap M. sebagai batas kecepatan tinggi baru Anda (yaitu, atur ulang H ke nilai M. ), dan ulangi dari langkah # 2.

  5. Jika cukup lambat untuk bekerja, anggap M. sebagai batas kecepatan rendah ( L. ) baru Anda, dan ulangi dari langkah # 2.

Setiap pengulangan akan memotong kisaran menjadi dua. Terus ulangi sampai L. dan H sedekat yang Anda inginkan; katakanlah, dalam 5% dari satu sama lain atau lebih.

Saya tidak akan repot-repot mencoba menjadi super-dekat, karena nilai yang bisa diterapkan akan agak bervariasi dari waktu ke waktu (gesekan dari debu pada berbagai bagian; perbedaan tegangan sedikit; massa berbeda dan tegangan tarik untuk gulungan filamen, suhu motor, kompleksitas objek yang Anda cetak, perilaku program pemotongan yang Anda gunakan, sebut saja).


Itu sepertinya metode kalibrasi yang menarik! Apakah ada tempat saya dapat membaca lebih lanjut tentang ini?
Tormod Haugene

2
Ini adalah metode yang sangat umum untuk mencari di program komputer. Cari "pencarian biner" dan Anda akan menemukan banyak informasi. Saya tidak tahu ada referensi bagus tentang penggunaannya untuk optimasi perangkat keras secara khusus.
TextGeek

6

Alat yang menurut Anda berguna untuk bereksperimen dengan akselerasi adalah RepRap Centrals Acceleration Calculator (di bagian bawah).

Dengan mengatur akselerasi , panjang perjalanan, dan kecepatan target , Anda dapat melihat:

  1. Kecepatan teoritis yang dapat dicapai selama perjalanan dengan akselerasi yang Anda tetapkan (garis kuning).
  2. Jarak yang diperlukan untuk mencapai kecepatan target Anda, dan berapa lama itu akan menahan kecepatan itu sebelum melambat (garis biru).

Misalnya, pengaturan acceleration = 3000, length = 30 and speed = 150berarti ia akan berjalan 4 mm sebelum mencapai kecepatan yang diinginkan 150 mm / s, sedangkan akselerasi yang sama secara teoritis dapat memberikan kecepatan 300 mm / s untuk jarak yang diberikan:

masukkan deskripsi gambar di sini

Menghitung kecepatan, akselerasi dan brengsek:

Dalam banyak kasus, printer Anda memiliki batasan kecepatan maksimum atau pengaturan yang diberikan oleh penyedia Anda yang dapat digunakan sebagai titik awal. Jika tidak, coba-coba adalah cara paling mudah untuk melakukannya.

Saya akan memisahkan kalibrasi kecepatan menjadi tiga tugas:

  1. Pertama temukan kecepatan maksimum yang bisa ditoleransi oleh printer Anda. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah mencetak objek dengan jarak tempuh yang panjang, dan memvariasikan kecepatan perjalanan maksimum.
  2. Dengan menggunakan kalkulator di atas, tingkatkan akselerasi untuk berbagai jarak perjalanan hingga Anda mendapatkan kurva akselerasi yang mulus sesuai kecepatan yang Anda inginkan untuk jarak perjalanan menengah hingga panjang.
  3. Sesuaikan pengaturan brengsek Anda untuk memungkinkan percepatan cepat pada jarak perjalanan pendek. Kecepatan brengsek adalah kecepatan yang akan segera dilompati printer sebelum memperhitungkan akselerasi. Dengan sentakan 20 mm / dtk, printer akan melakukan lompatan langsung dari 0 hingga 20 mm / dtk, dan kemudian mempercepat hingga kecepatan yang diinginkan dengan mengikuti profil percepatan.

Sebagai aturan praktis, mungkin pintar untuk kemudian mengatur kecepatan aktual, brengsek dan akselerasi sekitar 20% di bawah maksimum yang ditemukan sebagai perlindungan saat mencetak.

Juga, ingatlah bahwa kekuatan motor stepper lebih rendah untuk kecepatan yang lebih tinggi , sehingga nozzle tidak akan menahan jalannya dengan baik jika terhalang. Jika ini menjadi masalah, pertimbangkan untuk menurunkan kecepatan.


1
Poin terakhir yang luar biasa - printer saya memiliki sumbu Y besar (1200mm), jadi banyak kelembaman. Saya harus menjalankan stepper dengan sangat lambat agar memiliki torsi yang cukup untuk memutar leadscrew sama sekali. Saya beralih ke sekrup utama "5-start" (jadi ia berputar 1/5 lebih cepat untuk gerakan yang sama), dan tidak ada lagi masalah.
TextGeek

@TextGeek Terima kasih! Ini adalah jenis hal yang Anda pikirkan dengan cara yang sulit. Pengantar saya tentang kurva kekuatan motor stepper adalah bahwa cacat sangat kecil karena meratakan tempat tidur terlalu dekat akan mendorong nozzle keluar dari jalurnya selama perjalanan kecepatan tinggi.
Tormod Haugene

1
Saya tidak sepenuhnya mengerti bagaimana Anda mendapatkan jumlah 'agak kurang dari 5 detik'. Kalkulator harus menunjukkan panjang pada sumbu x dan percepatan secara teoritis dapat memberikan kecepatan 300 mm / s, pada panjang 30 mm seperti yang Anda berikan sambil memperhitungkan bahwa printer harus berakselerasi dan mengalami deaccelerate oleh 3000 yang diberikan. mm / s ^ 2. Apakah saya melihat ini dengan benar? Kalau tidak, jawaban yang sangat baik!
kamuro

@ Kamuro, pertanyaan bagus! Saya menambahkan gambar di mana saya telah menyoroti info. Perhatikan di mana garis hijau memotong sumbu x (sekitar 4 detik). :-)
Tormod Haugene

2
Tetapi bukan kebetulan bahwa sumbu x grafik berskala dengan bidang 'jarak atau panjang sumbu', bukan?
kamuro

1

Sebagian besar printer menggunakan antara 2000 dan 5000 mm / s 2 .... gerakan ekstrusi biasanya 2000 (rata-rata, di antara printer yang berbeda), perjalanan biasanya terlihat pada 3000-5000, meskipun untuk sebagian besar ujung bawah atau duel penggerak drive langsung (berat ) printer, nilai ini harus lebih rendah (beberapa serendah 500-1000, beberapa setinggi 2000 untuk perjalanan). Extruders yang lebih berat membutuhkan nilai yang lebih rendah, juga nilai brengsek yang lebih lambat, untuk menghindari motor melompati. Pengaturan brengsek yang ditetapkan lebih rendah sebenarnya dapat bermanfaat, karena ini membuat ekstrusi menjadi lebih halus setelah sudut atau lubang (beberapa orang akan melihat riak di dekat area ini karena mempercepat keluar dari perubahan arah - nilai yang lebih rendah membuat riak ini lebih kecil, tetapi sedikit menambah waktu cetak).

Saya baru saja memodifikasi tambang saya dengan desain kereta prototipe yang sedang saya kerjakan. Ini ditambahkan sekitar 100 gram ke berat stok. Itu disetel sebelumnya, jadi bobot ekstra ini meletakkannya di atas bantal 20-30% dalam pengaturan, dan membuat X dan Y melompat ketika tersentak di sekitar piring; terutama pada model resolusi tinggi, khususnya lingkaran resolusi tinggi dengan 200 wajah pada sumbu vertikal, karena printer mencoba untuk menyentak setelah setiap node - biasanya itu bukan masalah, tetapi dalam desain yang berat, pengaturan brengsek perlu diturunkan. Saya memiliki brengsek saya di 20 untuk XY, ??dan sekarang di 4, setelah diuji dan gagal nilai 8 dan 15. Akselerasi adalah pada tahun 2000 untuk ekstrusi dan perjalanan (beberapa firmware tidak mengizinkan nilai terpisah untuk perjalanan dan ekstrusi bergerak, tetapi jika milik Anda melakukannya, itu ' yang terbaik adalah memiliki nilai perjalanan sekitar dua kali lipat gerakan cetak - ketika perjalanan Anda dua kali kecepatan gerakan ekstrusi - jadi gunakan formula 1-1 itu dalam kaitannya dengan kecepatan, skala untuk setiap kecepatan yang diinginkan yang ditetapkan dalam alat pengiris). Milik saya telah diuji pada 2000, 1500, 1000, dan 800, gagal semuanya, dengan pengaturan brengsek 5. Sekarang menguji 500 untuk akselerasi, dan mulai sedikit bingung mengapa ini terjadi.

Sekarang saya memiliki pikiran kedua ... Setelah mencapai 800 dari tahun 2000, dan masih melewatkan (tampaknya lebih buruk) apakah saya mendapatkan ini mundur di sini? Apakah saya perlu nilai yang lebih tinggi jika motor melompati gerakan cepat? Pemahaman saya adalah bahwa lebih rendah lebih baik untuk masalah-masalah itu, tetapi mungkin saya sendiri bingung.


Hai dan selamat datang di SE 3D Printing. Jawaban Anda, meskipun informatif, tampaknya mencakup pertanyaan. Akan lebih baik untuk mengajukan pertanyaan Anda sendiri (menggunakan tautan di bagian atas halaman), karena ini adalah situs T&J, bukan "forum berulir". Anda selalu dapat menautkan kembali ke jawaban ini, untuk mempertahankan konteks kueri Anda.
Greenonline
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|