Bagaimana saya harus membersihkan ekstruder ketika mengganti bahan?


23

Saya sering mengganti bahan cetak saya, yaitu ABS / PLA / Kayu / Flex,

Bagaimana saya bisa membersihkan extruder saya di antara mereka untuk memastikan saya tidak mencemari cetakan berikutnya?


2
Saya akan sangat tertarik dengan bahan-bahan seperti PVA, di mana suhu di atas titik tertentu membuat karbon filamen, semua tapi menghancurkan hotend. Bagaimana Anda beralih dari PVA ke ABS, dengan celah suhu yang sangat besar?
Daniel M.

Jawaban:


19

Jika Anda merasa perlu membersihkan nozzle, pendekatan terbaik adalah tarikan dingin . Anda dapat melakukan prosedur ini dengan banyak printer, namun, Anda harus meminta saran dari produsen printer Anda sebelum mencoba proses ini jika Anda ragu.

Dengan filamen yang sebelumnya masih dimuat dan kepala alat dingin:

  • Mulailah menaikkan suhu alat ke suhu pencetakan filamen berikutnya yang ingin Anda muat

  • Ketika mulai memanas, lakukan semua tugas yang biasa Anda lakukan selama filamen bongkar (buka pemalas, misalnya). Anda seharusnya tidak bertempur melawan gigi penggerak ekstruder atau bagian lain dari alat selama proses ini!

  • Dengan cukup banyak tekanan mulai menarik filamen

  • Filamen lama pada akhirnya harus terlepas dari bagian dalam alat, meninggalkan ujung filamen secara kasar dalam bentuk cetakan yang bagus dari bagian dalam alat. Mulailah memuat filamen berikutnya yang ingin Anda cetak dan berikan secara manual beberapa filamen saat alat selesai memanaskan

Apa pun yang tersisa dari filamen sebelumnya termasuk pigmen atau residu lainnya harus menempel di ujung filamen.

Anda dapat melakukan tarikan dingin sebanyak yang Anda inginkan dengan memuat filamen baru, mengekstrusi sejumlah kecil, membiarkannya benar-benar dingin dan mengulangi langkah-langkahnya.


1
Saya biasanya melakukan tarikan dingin pada filamen yang saya bongkar secara manual (dengan tangan) menarik kembali filamen dengan pengaturan suhu yang sedikit lebih rendah dari suhu pencetakan pada umumnya. Karena suhu yang lebih rendah, sebagian besar sisa filamen akan menempel pada filamen saat keluar.
Tormod Haugene

1
Saran bagus. Seperti instruksi, saya biasanya hanya mengatur suhu dan mulai menarik saat cuaca dingin. Saat suhu naik, filamen umumnya akan lepas lebih awal daripada saat suhu pencetakan tercapai. Saya kemudian memuat filamen berikutnya dan memberi makan beberapa melalui tangan ketika mencapai suhu pencetakan. :)
tamarintech

7

Dalam kebanyakan kasus, melepas filamen lama dari printer, memasukkan filamen baru ke dalam, dan menjalankan filamen baru melalui printer untuk waktu singkat akan membersihkan nozzle. Rok dari cetakan juga bisa menjadi waktu selama cetakan aktual untuk filamen lama menjadi memerah. Dengan asumsi roknya cukup panjang, semua yang perlu dilakukan adalah filamen baru yang dimasukkan dan cetakan dimulai.

Dengan asumsi bahwa mengekstrusi filamen baru tidak memperbaiki masalah, ada masalah yang lebih serius seperti head ekstrusi yang tersumbat yang perlu diperbaiki dengan metode lain.


3

Beberapa orang menggunakan filamen nilon "pembersih" saat mengganti jenis filamen. Ini memanaskan dengan baik untuk berbagai suhu dan tampaknya menempel dengan baik apa pun yang ada di sana ketika menariknya kembali. Pastikan untuk memanaskannya sampai suhu filamen dilepas untuk mengikatnya dengan nilon.


2

Saya selalu menemukan cara terbaik adalah menjalankan lebih banyak filamen melalui nozzle. Cukup untuk perubahan warna penuh.


2

eSun memiliki filamen pembersih yang mengekstrusi pada berbagai suhu. Mungkin kelihatannya konyol menggunakan filamen yang harganya lebih dari $ 100 USD per kilo untuk membersihkan nozzle, tetapi itu sangat nyaman dan dalam praktiknya, Anda tidak menggunakan banyak setiap waktu (itu dijual dalam kemasan 100g). Saya masih menggunakan beberapa sampel yang saya terima dengan filamen lebih dari setahun yang lalu.

Tarikan dingin mungkin akan lebih efektif (seperti dijelaskan dalam jawaban lain), mereka hanya lebih banyak usaha. Saya biasanya menggunakan tarikan dingin dengan nilon ketika saya ingin membersihkan nozzle saya, baik sebagai bagian dari perawatan rutin atau ketika beralih ke plastik yang sensitif terhadap kontaminasi (biasanya PETG atau ninjaflex). Saya biasanya menggunakan filamen pembersih ketika saya ingin mengubah dari filamen gelap menjadi terang atau bening, terutama jika filamen baru itu mahal. Sebagian besar waktu saya hanya memberi cukup pada filamen baru untuk membersihkan yang lama, dengan suhu diatur ke max dari keduanya.


1
Pertanyaannya kemudian menjadi: "bagaimana saya membersihkan nozzle dari filamen pembersih?" :)
mac
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|