Apakah Dice yang Dicetak 3D Akan Adil?


30

Apakah ada sesuatu dalam proses pencetakan 3D yang mungkin membuat dadu tidak adil / mendarat di sisi tertentu lebih sering? Atau apakah ketidaksempurnaan bisa diabaikan, sehingga membuat dadu adil? Saya lebih khawatir tentang membuat d20 daripada yang lain, jadi fokuslah pada bentuk itu jika perlu.


Saya menggunakan Replicator MakerBot + dengan FDM, jadi pertimbangkan ini jika mempengaruhi jawaban Anda, dan jika Anda yakin proses pencetakan yang berbeda akan memiliki keuntungan lebih dari ini jangan ragu untuk memasukkannya.


4
Di dunia nyata, tidak ada dadu yang sangat adil. Tetapi untuk definisi adil yang cukup longgar / lunak, ya tentu saja dadu dicetak 3D bisa "cukup adil", tergantung pada apa kriteria Anda.
Dampmaskin

2
Itu membingungkan bahwa judul Anda bertanya apakah dadu akan adil tetapi pertanyaan itu sendiri bertanya apakah itu tidak adil. Orang-orang sangat sering memulai jawaban mereka untuk pertanyaan ya / tidak dengan "Ya." atau tidak." tetapi sekarang tidak jelas apa arti jawaban itu.
David Richerby

@ TomvanderZanden Saya yakin saya jelas dalam pertanyaan saya bahwa saya prihatin dengan proses pencetakan 3D secara umum, seperti bagaimana hal itu dihasilkan dari bawah ke atas atau proses lain yang dapat mempengaruhi keseimbangan cetakan. Jika Anda harus tahu saya memiliki akses ke Replicator + MakerBot yang merupakan apa yang akan saya gunakan untuk dadu, tapi saya masih tidak melihat persis bagaimana printer tertentu akan membuat perbedaan. Jangan ragu untuk menjelaskan atau mengarahkan saya ke berbagai proses printer dan bagaimana perbedaannya dapat memengaruhi dadu, saya ingin tahu.
Jaich

" Proses pencetakan 3D" tidak ada. Makerbot menggunakan FDM, yang membangun model dengan melapis plastik cair. Anda juga bisa menggunakan SLA / DLP, yang menggunakan cahaya untuk menyembuhkan resin fotosensitif untuk membentuk bagian Anda. Anda bisa menggunakan SLS, yang menggunakan laser untuk melelehkan partikel logam atau plastik untuk membentuk bagian Anda. LOM mengambil selembar kertas, memotong seiris model Anda, kemudian menempelkan potongan-potongan ini bersama-sama untuk membentuk bagian. Selain itu, bahkan dalam satu proses tunggal (seperti FDM) pengaturan cetak akan mempengaruhi hasilnya. Jika Anda bertanya tentang "pencetakan 3D secara umum" maka pertanyaannya terlalu luas.
Tom van der Zanden

Jawaban:


29

Mungkin tidak adil.

Kebetulan, saya memiliki cukup banyak pengalaman dengan pencetakan 3D.

Ini sangat tergantung pada teknologi tertentu yang Anda gunakan untuk melakukan pencetakan 3D, tetapi hampir semua bentuk pencetakan tidak sempurna - tergantung pada desain yang Anda buat (padat? Sarang lebah? Berongga?), Akan ada sedikit, atau variasi yang tidak terlalu tipis di seluruh wajah, yang akan menghasilkan dadu yang tidak adil. Secara khusus, wajah yang sejajar dengan permukaan bangunan mungkin akan berbeda dibandingkan dengan yang miring.

Anda mungkin dapat menangani beberapa masalah ini dengan semacam pasca pemrosesan, tetapi jujur ??pada saat itu membeli dadu akan lebih mudah. Pencetakan 3D adalah untuk membuat objek kustom atau prototipe, dan tidak benar-benar cocok untuk produksi massal bentuk sederhana seperti dadu.

Bahkan dadu yang diproduksi memiliki beberapa ketidaksempurnaan, dan dadu yang sedikit tidak adil mungkin tidak akan membuat banyak perbedaan dalam gameplay, tetapi akan sulit bagi Anda untuk menentukan apakah ketidaksempurnaan dari pencetakan 3D cukup parah untuk membuat dadu tidak adil tanpa menggulirkannya. berkali-kali dan melihat distribusinya. Sekali lagi, pada saat itu, lebih mudah untuk hanya membeli dadu.

Yang sedang berkata, custom d20s bisa terlihat sangat keren, dan jika Anda akan mencetak sesuatu 3D, mungkin juga membuatnya terlihat keren ...


6
Judul Anda "mungkin tidak" membingungkan, karena judul pertanyaannya menanyakan apakah dadu itu adil tetapi badan bertanya apakah itu tidak adil.
David Richerby

4
@ Flith Ketidaksempurnaan dalam tabel tidak akan secara sistematis mendukung satu roll di atas yang lain, sehingga roll akan tetap adil. Ketidaksempurnaan yang tidak terduga adalah apa yang membuat dadu roll acak; masalah dengan ketidaksempurnaan dalam dadu adalah bahwa mereka dapat memiliki efek yang dapat diprediksi , karena mereka membuatnya lebih cenderung untuk mendarat dalam satu orientasi daripada yang lain.
IMSoP

2
Ada thread lain di SE tentang cara mudah menguji keadilan dadu. Jawaban teratas adalah mengapungkannya dalam air dan menusuknya. Jika berhenti berputar dengan angka yang sama setiap kali, itu tidak adil, sementara die yang adil akan cenderung berputar lebih lama dan berhenti dengan angka yang berbeda. rpg.stackexchange.com/q/65206/4119 memiliki detail lebih lanjut.
Mooing Duck

1
Pada catatan praktis: jika saya akan mencetak 3D cetakan, membuatnya seadil mungkin, saya mungkin akan membuat cetakan berbentuk prisma (seperti ini ), dan mencetaknya sedemikian rupa sehingga salah satu ujungnya (yaitu wajah yang tidak dimaksudkan untuk mendarat) adalah "pangkalan" selama pencetakan. Itu akan - setidaknya untuk jenis printer yang saya kenal - memberi Anda kesempatan yang lebih baik untuk mati yang adil, karena banyak ketidakseragaman cenderung berada di arah vertikal dan / atau dengan wajah miring, dan dengan cara ini semua wajah (penting) akan terpengaruh sama.
psmears

1
Sepertinya semua jawaban berbicara tentang teori. Saya belum melihat tes nyata. Jadi saya telah memutuskan untuk melakukan tes kehidupan nyata saya dengan sengaja tidak adil mati - memukul dan menggulirkan memainkan peran yang jauh lebih besar daripada berat pihak.
Oleg Rudenko

6

Dadu cetak 3D khusus jelas lebih rendah kualitasnya daripada dadu dari FLGS yang Anda lihat dalam set dadu 'standar', dan sekitar kualitas dadu yang sama dengan dadu plastik yang lebih murah yang tersedia online. Ini agak tergantung pada printer Anda, tetapi Anda bisa mendapatkan hasil yang sangat seragam dalam hal kepadatan bahan dengan masalah dalam keadilan terbatas pada masalah dengan permukaan (misalnya sisi biasanya tidak semua tekstur yang sama). Anda dapat memperbaikinya dengan pemodelan statistik dan pengamplasan untuk mendapatkan cetakan yang sangat bagus, tetapi butuh waktu lama dan sangat menyusahkan dan sama sekali tidak layak dari sudut pandang praktis. Pengamplasan cepat untuk mendapatkan semua wajah dengan tekstur yang kira-kira sama biasanya cukup baik, menurut pengalaman saya. Anda juga bisa langsung mencetak dadu sehingga permukaan permukaan dan wajah sejajar dengannya (jika bukan d4) adalah wajah yang tidak penting, seperti '10' dan '11' pada d20 - menjadi lebih halus mereka akan digulirkan sedikit lebih jarang tetapi rata-rata gulungan akan sama terlepas dari apa pasangan nomor yang berpengaruh jika Anda menjaga 'sisi yang berlawanan berjumlah mati ukuran +1 aturan. Pengamplasan cepat tidak terlalu lama dan bekerja dengan baik; itulah yang akan saya rekomendasikan dari pengalaman saya.

Sebagai catatan, keuntungan utama dalam dadu pencetakan 3d adalah harganya terjangkau, sedangkan jika tidak mendapatkan dadu yang benar-benar khusus (sesuai dengan spesifikasi, jumlah sisi yang tidak biasa, dll.) Mengharuskan Anda membuatnya dengan tangan atau mengeluarkan ribuan dolar . 3d dadu dicetak sangat berguna ketika Anda ingin membuat dadu bias, karena Anda dapat dengan mudah mengubah hal-hal seperti ukuran mati fisik, berat (dengan mengubah berapa banyak interior berongga), distribusi berat (dengan mengubah di mana rongga berongga- - Dikenal sebagai 'floaters' ketika celah ini digunakan untuk bias gulungan, jauh lebih baik daripada bobot), dan penempatan nomor untuk menyembunyikan perbedaan antara die Anda dan 'fair' die you 3d print.

Dalam pengalaman saya, dadu dicetak 3d bekerja dengan baik untuk RPG, tetapi merasa sedikit ringan (setidaknya dengan bahan baku saya). Saya menggunakan mereka sedikit dengan grup yang saya buat untuk sementara pada sedikit tendangan cetak 3d, dan mereka pasti memiliki beberapa kegunaan niche, tapi dadu berkualitas tinggi yang indah dengan rasa yang baik bagi mereka sangat murah saat ini saya hanya tidak Saya tidak melihat alasan untuk mengeluarkan biaya dan masalah saat Anda dapat menghindarinya.


Apakah Anda memiliki situs web atau toko yang akan Anda rekomendasikan untuk dadu yang lebih murah dan berkualitas lebih tinggi?
Jaich

6

Saya telah mencetak beberapa dadu, dan melemparkannya ~ masing-masing 100 kali untuk memeriksa - mereka sangat jauh dari adil. Salah satu alasannya, saya pikir, adalah isi batin (dan dengan demikian banyak beban) diorientasikan dengan cara tertentu. Mungkin membantu untuk melakukan pengisian padat atau tidak mengisi, tetapi saya belum membandingkannya.


Terima kasih untuk pengujiannya! Bisakah saya bertanya printer / metode apa yang Anda gunakan untuk mencetak dadu dan dadu apa yang Anda uji?
Jaich

Printer saya pada dasarnya adalah MendelMax 2, dan saya dicetak dengan PLA dan saya pikir nosel 0,4mm. Saya pasti mencoba d6 yang merupakan silinder heksagonal (saya berharap itu akan lebih adil karena hanya berguling-guling di satu sumbu, tetapi itu tidak membantu). Saya pikir saya mencoba beberapa bentuk lain juga, tetapi saya tidak ingat yang mana.
TextGeek

1
Penggunaan pola isi gyroid (AIUI tidak tersedia pada saat jawaban ini dibuat) mungkin akan mengurangi masalah orientasi pengisian.
R ..

3

Hampir semua yang mati tidak adil sampai batas tertentu. Jika Anda sangat memperhatikan akurasi, maka Anda perlu menguji apa yang Anda hasilkan dan, jika tidak memuaskan, memodifikasi cetak ulang desain dan pengujian ulang. Tes sederhana / kasar adalah untuk mengapungkan dadu Anda dalam air yang sangat asin dan catat wajah yang menghadap ke atas, berulang kali ganggu dadu yang memperhatikan wajah ke atas. Setiap bias mengerikan harus mengungkapkan dirinya setelah beberapa gangguan. Perhatikan bahwa tes ini hanya mengungkapkan bahwa cetakan memiliki bias, bukan pada wajah mana ia bias mendarat. Ini juga mungkin tidak akurat secara besar-besaran tetapi harus cukup baik untuk membiarkan Anda mengukur apakah cetakan Anda lebih buruk daripada yang dibeli di toko Anda.


Saya ragu ini akan bekerja untuk semua yang mati dengan permukaan yang bervariasi, jadi berhati-hatilah.
Carl Witthoft

3

Saya telah mencoba untuk membuat mati tidak adil dengan meletakkan 100% pengisi di conner berlawanan dengan 6, 5 dan 4.

Ketika Anda mengapung, itu selalu datang dengan sisi yang diharapkan ke atas. Jadi dengan mengambang Anda benar-benar dapat memeriksa apakah seseorang telah mencoba membuatnya tidak adil.

Tes kehidupan nyata sayangnya menunjukkan kegagalan saya sepenuhnya :)

Setelah 104 lemparan, rata-rata adalah 3,49. Bahkan kurang dari "adil" 3,5!

Sepertinya berat plastik terlalu rendah untuk bersaing dengan pukulan dan rotasi. Percobaan berikutnya bisa dengan memasukkan sesuatu yang logam ke dalamnya selama pencetakan.


Satu teori yang saya miliki, dan mungkin akan diuji untuk mencoba mengonfirmasi, adalah bahwa dengan pencetakan 3D Anda dapat membuat massa totalnya sangat rendah sehingga efek lainnya mendominasi. Misalnya D12 saya kurang dari 1g (berongga).
R ..

2

Yah itu sedikit lebih rumit dari itu. Perubahan adalah d20 yang Anda beli di toko sedikit lebih disukai juga. Sekarang kita berbicara secara statis, itu akan seperti satu sisi di atas yang lain. Karena perbedaan dalam distribusi berat tidak drastis jika Anda mencetaknya dengan kuat, itu tidak masalah. Dalam penggunaan Anda kemungkinan tidak akan melihatnya.

Yang mengatakan jika Anda ingin lebih yakin .. Saya akan menggunakan model cetak 3d, buat cetakan silikon dengan itu. Kemudian gunakan Resin untuk membuat dadu. Sekarang Anda bisa mulai membuat seluruh dadu sebaik yang Anda dapatkan di toko.

Jawaban terakhir saya adalah, secara teknis itu akan menguntungkan tetapi Anda tidak akan menyadarinya.


Saya pikir poin Anda tentang distribusi berat bisa sangat penting. Saya kira menggunakan infill yang lebih padat atau beberapa lapisan atas dan bawah bisa membantu.
Tormod Haugene

Saya setuju bahwa membuat cetakan adalah hal terbaik untuk dilakukan dengan 3Dprinter. Jika Anda menggunakan ABS, Anda dapat menghaluskan permukaan bagian dalam sesuai keinginan dengan pelarut setelah pencetakan.
Carl Witthoft

2

Tidak mungkin.

Menciptakan dadu 'adil' yang sebenarnya cukup sulit dilakukan bahkan dengan proses toleransi tinggi. Pencetakan 3D (tingkat hobi) adalah toleransi yang jauh lebih rendah dan pasti akan terbobot secara keliru terutama jika isi kurang dari penuh. Printer 3D kelas profesional akan lebih baik dan lebih akurat tetapi kemungkinan masih akan sedikit berbobot ke satu sisi.

Terlepas dari proses meskipun itu mungkin untuk membuat dadu yang adil menggunakan pencetakan 3D sebagai sarana utama pembuatan dan kemudian menimbang, menyeimbangkan dan melakukan beberapa pemrosesan pos untuk meratakannya.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|