Bagaimana PLA berbeda dari bahan ABS?


36

Apa perbedaan utama saat menggunakan ABS lebih dari PLA dan sebaliknya?


7
Saya pikir ini terlalu luas untuk jawaban lengkap yang bagus kecuali dibatasi hanya untuk ABS dan PLA ...
kaine

1
Saya memilih untuk menutup ini terlalu luas. Bertanya secara umum tentang jenis-jenis filamen membuka jawaban untuk terlalu banyak filamen yang mungkin, dan jawaban apa pun akan menjadi tidak lengkap seiring berjalannya waktu karena semakin banyak jenis filamen yang dibuat.
1337 jo

4
@ 1337 joe: Saya tidak setuju. Meskipun benar bahwa banyak jenis filamen ada, akan lebih baik untuk memiliki pos kanonik yang membahas karakteristik umum dan perbedaan ABS & PLA untuk pencetakan tujuan umum.
Paul

@ Paul Ya, jika terbatas pada pencetakan ABS dan PLA FDM. Jika terbuka untuk "filamen berbeda" maka saya sarankan menutupnya.
Adam Davis

@ CJK Saya mengeditnya untuk membatasi jawaban hanya untuk ABS dan PLA, dua filamen FDM paling populer. Saya akan memilih untuk menutup pertanyaan ini sebagai terlalu luas, karena informasi ini akan membutuhkan buku jika Anda memasukkan perbandingan antara semua jenis filamen. Jika Anda tidak setuju, silakan dan putar kembali.
Adam Davis

Jawaban:


28

Mengutip situs ini . Jangan ragu untuk menambahkan saran dalam bentuk komentar dan saya akan mencoba memasukkannya.

Ringkasan

  • ABS: Lebih kuat, mesin, lebih fleksibel, dan lebih tahan suhu dari PLA. Biasanya dicetak di tempat tidur berpemanas. Warping adalah masalah umum saat mencetak ABS.
  • PLA: Berbagai filamen lebih luas tersedia, lebih mudah dan dalam beberapa kasus lebih cepat untuk dicetak. Tidak sekuat ABS dan fakta bahwa biodegradable dapat dilihat sebagai manfaat dan kelemahan.

Properti Bahan:

  • ABS: Plastik kuat dengan fleksibilitas ringan. Secara alami warna krem. Bisa diisi dan diampelas. Suhu lebih tinggi. Mudah didaur ulang.
  • PLA: Tidak sekuat ABS tetapi lebih kaku. Transparan alami. Lebih sulit diisi dan diampelas. Dapat melorot dalam suhu panas. Bersumber dari bahan organik sehingga dapat dipecah di fasilitas kompos komersial.

Bagian Akurasi:

  • ABS: Bagian warping adalah masalah yang signifikan. Sudut yang tajam akan sering membulat.
  • PLA: Lebih sedikit panas yang dibutuhkan berkontribusi untuk mengurangi lengkungan. Menjadi lebih cair pada suhu ekstruder umum sehingga detail yang lebih baik dapat dicetak.

Keselamatan dan Penanganan:

  • ABS: Bau plastik terbakar / meleleh yang kuat hadir saat mencetak ABS. Masalah kesehatan telah diangkat sehubungan dengan partikel ultrafine udara yang dihasilkan saat mencetak dengan ABS ( ref ). ABS akan menyerap uap air yang menyebabkan popping ketika uap air memasuki ujung panas. Hal ini menyebabkan diskontinuitas dalam pekerjaan cetak.
  • PLA: Tidak berbau kuat saat mencetak karena sifat organiknya. Kelembaban juga dapat diserap ke dalam PLA dan dapat merusaknya secara permanen.

Apakah tempat tidur dengan pemanas diperlukan untuk ABS? Printer kami mendukung ABS tetapi tidak memiliki tempat tidur berpemanas (tapi saya hanya menggunakan PLA)
DA.

2
Iya nih. Saya tidak berpikir itu mungkin tanpa.
Kevin Morse

Inilah printer yang kami miliki: printm3d.com Ia mengklaim untuk mencetak ABS dan PLA dan tidak memiliki tempat tidur berpemanas.
DA.

Jadi setelah meneliti, saya menemukan beberapa laporan orang yang mencetak ABS tanpa dipanaskan. Saya pikir praktik umum masih menggunakan tempat tidur berpemanas tetapi saya akan merevisi jawaban saya.
Kevin Morse

PLA menjadi lunak di sekitar 50C, ABS di sekitar 100. Jadi jika Anda mencetak sesuatu yang mungkin duduk di bawah matahari di hari yang cerah PLA tidak akan melakukannya. PLA juga sangat sensitif terhadap sinar UV.
Leo Ervin

7

Masalahnya adalah bahwa hampir tidak mungkin untuk menjawab pertanyaan PLA / ABS hanya dengan melihat karakteristik material karena sangat tergantung pada aplikasi dan bahkan objek spesifik yang Anda cetak.

Panduan keputusan dalam infografis ini mencakup hal-hal berikut yang biasanya harus dilibatkan ketika memutuskan antara ABS dan PLA:

Ventilasi - Saya tidak akan merekomendasikan memasukkan hidung Anda ke printer dengan bahan apa pun, tetapi terkena asap ABS kemungkinan jauh lebih buruk.

Heated Bed - Ini adalah yang mudah: Tanpa satu, PLA harus menjadi pilihan Anda. Jika Anda memiliki satu, itu juga dapat meningkatkan adhesi PLA (diatur ke ~ 60C bukannya 90C-110C untuk ABS)

Paparan terhadap Panas atau Stres Mekanik - ABS akan menjadi pilihan yang lebih disukai karena PLA meleleh pada suhu yang lebih rendah (mungkin mulai berubah bentuk ketika ditinggalkan di mobil Anda di musim panas) dan ABS dapat menahan lebih banyak tikungan sebelum patah.

Tentu saja bahkan ABS memiliki batas atas dan Anda mungkin ingin mempertimbangkan bahan lain seperti Polycarbonate untuk aplikasi ekstrem.

Di sisi lain ada bahan yang lebih baru yang memiliki banyak fitur PLA (biodegradable, tidak memerlukan lapisan panas) tetapi lebih mirip dengan ABS dalam sifat mekanisnya (mis. BioFila Linen) dan stabilitas suhu (misalnya Advanced PLA, ExcelFil EVO).

Printer Enclosure - Tidak harus dimiliki untuk menggunakan ABS, tetapi terutama objek dengan jejak kaki besar rentan terhadap bengkok ketika mereka mendingin terlalu cepat. Printer yang tertutup sepenuhnya memastikan proses pendinginan yang lambat dan merata.

Pasca Pemrosesan - Seringkali sebuah renungan, tetapi ABS memiliki sedikit keuntungan di sini karena sedikit lebih mudah diampelas dan Anda memiliki opsi untuk bekerja dengan aseton (yang saya pribadi tidak akan mengacaukannya kecuali Anda BENAR-BENAR perlu).

Suhu Cetak - Kira-kira 190C-220C untuk PLA dan 220C-240C untuk ABS, jadi pastikan printer Anda bisa cukup tinggi untuk mengusir ABS.

Daya hancur secara biologis - PLA dapat terbiodegradasi (dalam kondisi tertentu) yang menjadi pertimbangan saat mencetak benda uji, prototipe, dan benda lain yang akan dibuang.


3
Silakan pertimbangkan untuk memperbarui jawaban Anda dengan lebih detail untuk menghindari masalah dengan tautan busuk
tbm0115

3

PLA / ABS sifat umum dan termal

PLA vs ABS sifat umum PLA ABS Kinerja Kekuatan yang lebih tinggi Kekakuan yang lebih tinggi Ikatan lapisan yang lebih tinggi Ketahanan dampak yang lebih tinggi Fleksibilitas yang lebih tinggi Ketahanan suhu yang lebih tinggi Tg Kualitas Perincian yang lebih tajam fitur permukaan sudut Proses Lebih rendah warping Warna yang lebih baik Les emisi partikel Lebih rendah risiko gangguan


4
Harap jangan menggunakan gambar sebagai konten utama dari posting Anda, terutama jika itu adalah gambar teks. Ini tidak ramah mesin pencari atau pembaca layar. Sementara gambar sangat bagus untuk menyertakan diagram dan ilustrasi, jika Anda memiliki informasi tekstual, gunakan teks yang sebenarnya . Juga, apakah gambar-gambar ini adalah karya Anda sendiri? Jika tidak, mungkin tidak sah untuk memasukkannya di sini. Di StackExchange kami mengharapkan orang untuk menulis jawaban mereka sendiri, bukan hanya menyalin sesuatu dari situs lain.
Tom van der Zanden

1
Mengapa gambar? StackExchange hanya memungkinkan tag dan tabel HTML dasar bukan salah satunya. ` meta.stackexchange.com/questions/1777/… Kami tidak (dan tidak akan) mengizinkan tag <table>. Maaf. Ini disengaja dan berdasarkan desain. Jika Anda membutuhkan "tabel" yang cepat dan kotor, gunakan tata letak <pre> dan ASCII. `Tidak dicari? ` support.google.com/webmasters/answer/114016?hl=id Ditambahkan! `Masalah hukum? `` Membuat meja saya sendiri dari apa yang saya pelajari. `
Ales Rebec

2

PLA (asam polilaktat) meleleh pada suhu yang lebih rendah dan tidak melengkung SEBAGAI BURUK ketika didinginkan. Ini tidak beracun (di AS itu berasal dari tepung jagung, bit di beberapa negara, atau akar tapioka) Ini kurang fleksibel daripada ABS, bisa robek atau hancur.

ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) adalah plastik yang lebih keras dan lebih kokoh. (Terbuat dari apa Lego). Tempat tidur berpemanas digunakan untuk mencegahnya mendingin terlalu cepat, karena warping bisa menjadi masalah adalah Anda mendinginkannya terlalu cepat (dekat dengan pintu luar atau ventilasi udara) Printer tertutup membantu mengatur suhu dan menghindari BEBERAPA masalah ini. Beberapa orang mengalami sakit kepala karena bau ABS cair dalam waktu yang lama. Ini melenturkan lebih baik daripada PLA. Dapat diampelas atau dipotong dengan mudah dan menjaga integritas.

Waspadai ABS MURAH karena mungkin mengandung jumlah HCN (Hidrogen Sianida) yang lebih tinggi yang dapat dilepaskan saat digunakan (tetapi biasanya sekitar 1 bagian per juta, sekitar seperempat batas berbahaya.)

ABS "BAIK" BISA juga mengandung HCN, tetapi tidak dilepaskan oleh suhu pencetakan "normal". (hindari membakar ABS atau Nylon)

jadi, semuanya: PLA aman / tidak beracun, biodegradable, menggunakan lebih sedikit energi untuk mencetak, kurang fleksibel.

ABS lebih keras, lebih kokoh, akan bertahan hampir selamanya (jika tidak bengkok atau stres atau beku). Agak fleksibel dan akan patah kembali.


2

Fakta dan tip dasar untuk menggunakan dan memilih bahan ABS dan PLA:

Terbuat dari:

ABS: Petroleum based

PLA: Corn or other plants

Bau:

ABS: smell of hot plastic, 

PLA: gives off a smell similar to a semi-sweet cooking oil. Less intense smell than ABS. 

Bagian Akurasi:

Baik PLA dan ABS mampu membangun bagian yang akurat secara dimensi. Namun, ada karakteristik yang perlu kita hafal. ABS: akan melengkung ke atas permukaan dalam kontak langsung dengan print bed printer 3D. untuk fitur halus dan halus pada bagian-bagian yang melibatkan sudut tajam, seperti roda gigi, sering kali ada sedikit pembulatan sudut. PLA: apalagi bagian warping. tetapi ia mengalami lebih banyak perubahan fase ketika dipanaskan dan menjadi jauh lebih cair. Peningkatan aliran juga dapat menyebabkan ikatan yang lebih kuat antara lapisan.

Recycling:

ABS: Daur ulang nomor 7, sebagian besar program daur ulang lokal tidak menerima ABS. Ini umumnya didaur ulang menjadi kayu plastik. PLA: biodegradasi, namun prosesnya memakan waktu lama ketika di luar fasilitas pengomposan industri. Mengapa kami menyediakan paket vakum tertutup untuk produk ABS dan PLA? pajanan jangka panjang ke lingkungan yang lembab tanpa kemasan yang disegel dapat mengakibatkan efek yang merugikan, baik untuk proses pencetakan dan kualitas bagian jadi.

ABS: akan cenderung menggelembung dan menyembur dari ujung nozzle saat mencetak, akurasi bagian, kekuatan berkurang. Meningkatkan risiko penyumbatan nosel. ABS dapat dengan mudah dikeringkan dengan menggunakan udara kering atau panas. PLA: gelembung atau olahraga di nozzle, juga perubahan warna dan pengurangan bagian cetakan 3D ditemukan ketika berada di lingkungan kelembaban jangka panjang. Meningkatkan hasil pencetakan (Gambar pita biru dan pita Kapton) PLA: suhu pencetakan kira-kira: 190 ° C - 240 ° C ABS: suhu pencetakan kira-kira: 225 ° C - 250 ° C (disarankan untuk menggunakan print bed yang dipanaskan)

Adhesi lapisan pertama yang baik adalah yang paling penting dalam mendapatkan hasil terbaik untuk cetakan.

Menggunakan Blue Tape atau Kapton Tape. Tata rambut tempat tidur cetak. Untuk mendapatkan hasil optimal untuk cetakan, Anda perlu mempertimbangkan variabel seperti diameter nozzel, kecepatan cetak, dan tinggi lapisan. Ringkasan: ABS: Filamen pilihan untuk cetakan dengan tujuan teknik dan profesional dengan kekuatan, kemampuan mesin, fleksibilitas, dan ketahanan suhu yang lebih tinggi. Bau plastik yang buruk disebabkan oleh asal berbasis minyak bumi. Diperlukan tempat tidur berpemanas untuk mendapatkan keandalan pencetakan ABS. PLA: Berbagai macam warna yang tersedia, memberikan transparansi dan nuansa cetak yang mengkilap. Tumbuhan berbasis dan jagung semi-manis seperti berbau dihargai lebih dari ABS. Ketika didinginkan dengan benar, PLA tampaknya melakukan kecepatan pencetakan maksimum yang lebih tinggi, dan sudut cetak yang lebih tajam. Menggabungkan ini dengan bagian melengkung yang rendah menjadikannya plastik yang populer untuk keperluan rumah tangga, mainan, penghobi, dan tujuan pendidikan. untuk mengetahui lebih lanjut silakan kunjungi abs vs pla

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|