Mengapa sudut-sudut objek ABS saya terangkat dari tempat tidur?


26

Saya mencetak ABS pada LulzBot Taz 5 dan sering memiliki masalah dengan sudut-sudut benda yang terangkat dari tempat tidur.

Extruder saya berada pada suhu 230 ° C dan tempat tidur pada suhu 90 ° C untuk lapisan pertama dan 100 ° C untuk sisa lapisan.

Saya telah bereksperimen dengan menggunakan bubur ABS (ABS + aseton) di tempat tidur untuk meningkatkan daya rekat, membuat penutup busa untuk printer, dan memvariasikan kecepatan kipas. Saya perhatikan masalahnya adalah lebih umum semakin tinggi bagian-bagiannya dan semakin tajam sudutnya.

Menambahkan bubur ABS membantu untuk bagian yang lebih kecil (kurang dari satu inci tinggi) tetapi dengan bagian saya yang lebih besar baru-baru ini adhesi ke tempat tidur begitu baik sehingga sudut-sudut bagian mengangkat benar-benar melepaskan pita PEI dari tempat tidur.

Saya telah mencoba menggunakan rok dan pinggiran tanpa perubahan. Rok tetap berada di tempat tidur, ujungnya ditarik ke atas dengan sudut.


Bukankah TAZ 5 memiliki rekaman PEI?
hroncok

Benar, maaf. Saya hanya menggunakan Kapton di tempat kerja, jadi itu yang saya pikirkan.
Kevin Morse

1
Berapa persentase pengisian yang Anda gunakan? Menyesuaikan persentase pengisian cetakan harus mengubah laju pendinginan dan oleh karena itu tekanan yang dihasilkan oleh perbedaan suhu saat Anda mencetak.
VirtualMichael

50% Saya kira hal yang sama dapat dikatakan tentang memperlambat pencetakan ???
Kevin Morse

1
50% cukup tinggi. Saya sering menggunakan 10-15% dan hasil cetak masih sangat kokoh - bahkan dengan satu shell.
VirtualMichael

Jawaban:


18

Ada banyak pendekatan berbeda untuk menyelesaikan masalah ini dan sebagian besar jawabannya sudah tepat. Namun, alasan mendasar untuk "melengkung" adalah suhu yang salah dan tidak konsisten di seluruh material.

Jika ada terlalu banyak fluktuasi suhu di seluruh objek dalam keadaan panas ini dapat menyebabkan lengkungan. Alasan Anda melihat ini sebagian besar pada pelat bangun adalah karena suhu beberapa lapisan pertama dari plastik cair jauh lebih bervariasi terhadap pelat bangun daripada terhadap lapisan yang lebih tinggi. Perhatikan bahwa Anda dapat melihat tambahan cetak tengah warping menggunakan ABS dan ini bisa merupakan akibat dari draft atau penurunan tiba-tiba suhu lingkungan.

Jadi, untuk membantu menyelesaikan masalah Anda, berikut adalah beberapa saran (maaf jika ada duplikat):

  • Benar-benar melampirkan / segel mesin Anda daerah membangun untuk mengurangi (atau menghilangkan jika mungkin) rancangan dan mencegah panas alami dari mesin dari melarikan diri.
  • Tingkatkan suhu pada pelat bangunan Anda. Saya hampir secara eksklusif menggunakan ABS pada printer saya dan saya menjaga HBP saya sekitar 112C. Namun, saya tinggal di NW AS, jadi iklim saya secara alami lebih dingin daripada yang dikatakan Florida.
  • Atau, coba kurangi suhu nozzle ke titik yang lebih rendah dalam rentang peleburan ABS. Ini hanya akan memperpendek jarak antara ketidakkonsistenan suhu lintas lapisan. Biasanya lebih baik mencetak pada suhu yang lebih rendah jika Anda dapat melakukannya. Jelas ada perbedaan dalam filamen, jadi Anda harus menemukan "sweet spot" itu.
  • Pastikan pelat build Anda rata dan pita Anda tidak mengandung gelembung. BP Anda yang rata seharusnya tidak beralasan, tetapi jika pita kapton Anda (atau apa pun yang Anda gunakan) berbusa, plastik Anda yang baru dicetak mungkin tidak mendapatkan suhu yang sama dari BP seperti bagian lainnya. Ini adalah hal yang buruk seperti yang disebutkan sebelumnya.
  • Gunakan teknik adhesi tambahan seperti "Lem ABS" (ABS dengan aseton) atau bahkan hairspray. Ini berfungsi sekitar 80% dari waktu bagi saya, tetapi dapat membuatnya agak sulit ketika melepas bagian-bagian dari BP.

10

Masalah paling umum dengan sudut adalah suhu rendah tempat tidur dipanaskan. Setel suhu tempat tidur menjadi 110 ° . Jika ini tidak akan membantu maka cobalah untuk mengatur pinggiran di alat pengiris Anda .

Masalahnya bisa disebabkan oleh masalah lain. Anda dapat menemukan tips tambahan dalam Panduan Pemecahan Masalah berikut:


8

Menambahkan pinggiran yang ditambahkan secara manual dengan bulk yang lebih besar di ujung ekstrem yang dapat Anda potong setelah mencetak akan membantu. Cetakan saya yang lebih besar keluar dari printer tampak seperti tenda dengan bobot beton yang diikat di sudut-sudutnya.

'Bobot' dilekatkan pada cetakan dengan strip pendek seperti 2-3 layer (tergantung pada ukuran cetak) yang membuatnya mudah dilepas menggunakan pemotong samping. 'Bobot' biasanya cukup untuk menahan sudut-sudut cetakan target saya di atas plat bersamaan dengan bubur yang lemah.


7

Ini adalah masalah umum dengan ABS. Anda dapat mencegahnya dengan melampirkan printer di dalam kotak / ruang - yang akan menciptakan lingkungan yang lebih hangat dan bahan yang diekstrusi akan menjadi lebih lambat lebih lambat, sehingga tidak menimbulkan ketegangan seperti itu.

Pilihan lain adalah menggunakan PLA sebagai gantinya jika mungkin, masalahnya tidak begitu signifikan dengan PLA.


Saya telah menyertakan seluruh printer dalam "oven" busa. Bagian dalamnya menjadi cukup hangat.
Kevin Morse

dan masalahnya masih ada?
hroncok

5

Solusi yang saya sukai untuk mencegah penarikan ABS adalah menggunakan Blue tape di atas tempat tidur, dan kemudian sebarkan lapisan tipis Polyvinyl acetate (lem Vinavil).

Jika printer Anda memungkinkan, Anda juga dapat mencetak dengan tempat tidur pada 110 ° C.


Seperti disebutkan dalam pertanyaan. Saya telah menggunakan bubur ABS untuk menjaga bagian yang melekat pada selotip Kapton di atas tempat tidur dan menariknya begitu kuat sehingga melepas selotip dari tempat tidur. Saya kira saya mencari lebih untuk alasan bagian menarik di tempat pertama.
Kevin Morse

1
Pita biru bukan pita Kapton. Itu adalah selotip dengan tahan panas.
WalterV

4

Untuk menjawab pertanyaan spesifik "mengapa" sudut-sudut itu lepas, sepertinya itu ada hubungannya dengan ekspansi termal (atau susut) dan area adhesi permukaan.

Materi disimpan panas, dan bahkan setelah dingin masih hangat, dan saat dingin tampaknya menyusut dalam ukuran sedikit. Oleh karena itu setiap lapisan menghasilkan sedikit kekuatan, menarik ke atas dan menuju pusat lapisan saat lapisan menyusut. Jadi masing-masing lapisan sebenarnya dalam keadaan tegangan tarik sedikit. Lebih dari beberapa lapisan ini mungkin tidak menyebabkan efek yang terlihat, tetapi karena lebih banyak lapisan ditambahkan, gaya total menarik pada lapisan bawah meningkat.

Alasan ini mempengaruhi sudut lebih dari daerah permukaan curah adalah bahwa luas permukaan total yang menahan bagian ke unggun lebih kecil di sudut-sudut yang lebih tajam, sehingga diperlukan lebih sedikit kekuatan di sana untuk mengatasi gaya adhesi unggun, yang menyebabkan sudut-sudut pada akhirnya tidak lengket.

Karena ini adalah artefak ekspansi termal, upaya mempertahankan suhu yang seragam di seluruh volume cetak / komponen yang dicetak mungkin akan banyak membantu (misalnya, dengan melampirkan printer, seperti yang dikatakan orang lain).

Selain saran sebelumnya, makalah berikut ini menyarankan bahwa chamfering (pembulatan) sudut dapat membantu dengan ini (jika desain Anda memungkinkan untuk itu):

DD Hernandez, "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Presisi Dimensi Pencetakan 3D Konsumen", Intl. Jnl. Aviation, Aeronautics and Aerospace (2015)

"Jika lapisan bawah tidak sesuai dengan tempat tidur cetak, proses pendinginan dan penyusutan bahan pada lapisan di atasnya akan cenderung menarik fitur terkecil, dengan area permukaan paling sedikit bersentuhan dengan tempat tidur, menyebabkan bagian dari cetakan menjadi warp. Sudut tajam di bagian bawah cetak menimbulkan masalah tertentu. "

Berpikir-samping: Saya bertanya-tanya apakah memvariasikan suhu unggun selama pencetakan (misalnya, perlahan-lahan menguranginya ke suhu kamar karena lebih banyak lapisan dicetak) akan membantu, karena bed-temp yang konstan secara teoritis akan menghasilkan gradien temp-vertikal untuk bagian yang sangat tinggi. Jangan pikir saya pernah melihat orang mencobanya (mungkin karena Cura tidak secara otomatis memasukkan perintah-perintah g-code untuk kami). Meskipun demikian, tidak akan terlalu sulit untuk memasukkan perintah bed-temp kustom ke seluruh file kode-g, tetapi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menstabilkan suhu di antara lapisan.


4

Dalam menjawab pertanyaan "mengapa sudut-sudut terangkat ketika menggunakan ABS", jawabannya ada hubungannya dengan koefisien ekspansi termal (atau kontraksi).

ABS, dibandingkan dengan PLA, memiliki koefisien yang lebih tinggi yang berarti bahwa ketika suhu bagian Anda berubah semakin banyak bagian tersebut akan berubah bentuk. Dengan pencetakan 3d, bahan yang diekstrusi dari nozzle sedikit lebih tinggi dari ruang pembuatan. Saat lapisan cetak dan ekstruder bergerak ke atas, lapisan terendah lebih dingin daripada lapisan di atas, menyusut seiring berjalannya waktu.

Untuk bagian sudut ini adalah masalah yang lebih besar daripada bagian bulat. Dengan bagian bersudut (bagian dengan tepi tajam pada sumbu X dan Y) saat mendingin, tekanan internal yang disebabkan oleh pendinginan meningkat dan tidak dapat diselesaikan hanya dengan sumbu xy dan tidak dapat bergerak ke pelat bangun. Bagian kemudian diangkat untuk mengurangi tekanan ini.

Brim atau rakit, adalah lapisan tipis yang idealnya mendingin dengan laju konstan yang keluar secara efektif yang akan meningkatkan ikatan bagian Anda dengan pelat pembangun. Abs to abs bonding menjadi lebih kuat daripada abs bonding untuk apapun permukaan material plat build Anda. Untuk sebagian besar bagian ini cukup untuk menjaga adhesi yang baik sementara bagian Anda membangun dan mendinginkan. Meningkatkan suhu pelat bangun juga mengurangi tekanan di pinggiran / rakit dengan mengurangi perbedaan suhu. Inilah sebabnya mengapa itu adalah solusi masuk untuk menghentikan abs dari mengangkat.

Jika bagian Anda cukup besar atau sudutnya cukup tajam di XY, (pikirkan bintang berujung lima misalnya). Maka rakit penuh tidak akan cukup untuk mencegah warping. Di situlah "cakram pembantu" "telinga tikus" dll. Sangat membantu. Ini, ketika tersebar di sekitar sudut tajam luar, meningkatkan luas permukaan rakit dan juga mengurangi sudut kontraksi termal karena pendinginan.

Perhatikan, bahwa sementara saya berbicara tentang ABS secara khusus, ini akan berlaku untuk semua dan semua bahan jika geometri bagian, atau properti material memiliki masalah yang sama. Nylon misalnya juga sulit dicetak karena alasan yang sama.

Hal terakhir untuk dikatakan adalah bahwa semua jika ini tidak ada artinya jika build plate Anda tidak rata dan datar.


2

Saya akan merekomendasikan menggunakan rakit pada cetakan Anda. Sebuah rakit adalah beberapa lapisan yang dicetak di atas tempat tidur sebelum cetakan Anda dimulai.

Semakin besar Anda membuat rakit semakin kuat bagian tengahnya. Tepi mungkin melengkung, tetapi bagian dalam tempat cetakan Anda akan baik-baik saja. Menggunakan rakit yang sebagian besar terdiri dari garis-garis bukannya permukaan padat akan memungkinkan peluang warping yang lebih kecil karena hanya bisa melengkung dengan garis.

masukkan deskripsi gambar di sini



1

Saya pikir Anda menjawab pertanyaan Anda dalam pernyataan Anda. Lulzbot dan ABS. Lulz tidak memiliki penutup.

Coba gunakan PLA untuk sistem udara terbuka. Atau bangun selungkup. Mengikuti Anda dapat menambahkan lem atau hairspray.

Tapi saya berjanji kepada Anda, dengan printer udara terbuka, Anda akan menghadapi masalah ini. Saya hanya menggunakan ABS di FFCP saya. Bahkan dengan ruang panas pasif mereka, saya berencana untuk pindah ke PLA untuk semua printer saya.


1

Posting ini dimaksudkan untuk berbagi pengalaman dengan produk yang membuat produk Anda menempel di ranjang. Ini tidak dimaksudkan sebagai promosi produk! Dalam jawaban lain saya telah melihat jawaban yang mengisyaratkan tongkat lem Elmer.

Saya telah mencetak langsung ke aluminium heatbed dari hari ke-2 printer i3 Prusa clone (Anet A8) dan lapisan kaca dari Ultimaker 3 Extended dan HyperCube Evolution saya menggunakan semprotan berbasis PVA (3DLAC, tetapi ada lebih banyak produk dengan serupa efek, misalnya tongkat lem). Ini menempel dengan sangat baik sehingga PLA dan PETG hanya dapat dilepas setelah pendinginan sepenuhnya. Untuk ABS Anda bisa menggunakan DimaFix yang dapat digunakan untuk ABS karena meningkatkan pegangan dengan meningkatnya suhu di mana 3DLAC kehilangan pegangan lebih dari 80 ° C (menurut teori). Setelah mencoba DimaFix di tempat tidur suhu tinggi untuk mencetak filamen POM (sangat sulit untuk mendapatkan ini menempel karena ini adalah bahan bantalan!) Saya menemukan bahwa cetakan menempel lebih baik dengan 3DLAC pada kaca.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|