Apa perbedaan antara AI kuat dan AI lemah?


Jawaban:


33

Istilah kuat dan lemah tidak benar-benar merujuk pada pemrosesan, atau kekuatan pengoptimalan, atau interpretasi apa pun yang mengarah pada "AI kuat" lebih kuat dari "AI lemah". Itu berlaku dalam praktiknya, tetapi istilahnya datang dari tempat lain. Pada 1980, John Searle menciptakan pernyataan berikut:

  • Hipotesis AI, bentuk kuat: sistem AI dapat berpikir dan memiliki pikiran (dalam definisi filosofis istilah);
  • Hipotesis AI, bentuk lemah: sistem AI hanya dapat bertindak seperti yang dipikirkan dan dipikirkannya.

AI yang begitu kuat adalah jalan pintas untuk sistem AI yang memverifikasi hipotesis AI yang kuat . Begitu pula untuk bentuk lemah. Istilah-istilah tersebut kemudian berevolusi: AI kuat mengacu pada AI yang berkinerja sama baiknya dengan manusia (yang memiliki pikiran), AI lemah mengacu pada AI yang tidak.

Masalah dengan definisi ini adalah bahwa mereka kabur. Misalnya, AlphaGo adalah contoh AI yang lemah, tetapi "kuat" menurut standar Go-playing. AI hipotetis yang mereplikasi bayi manusia akan menjadi AI yang kuat, sementara "lemah" pada sebagian besar tugas.

Ada istilah lain: Kecerdasan Umum Buatan (AGI), yang memiliki kemampuan lintas domain (seperti manusia), dapat belajar dari berbagai pengalaman (seperti manusia), di antara fitur-fitur lainnya. Kecerdasan Buatan Sempit mengacu pada sistem yang terikat pada serangkaian tugas tertentu (di mana mereka mungkin memiliki kemampuan manusia super), kurang kapasitas untuk meningkatkan diri secara signifikan.

Di luar AGI, kami menemukan Artificial Superintelligence (ASI), berdasarkan pada gagasan bahwa sistem dengan kemampuan AGI, tanpa batasan fisik manusia akan belajar dan meningkat jauh melampaui level manusia.


Mengenai Searle dan argumen Chinese Room-nya, lihat: https://www.iep.utm.edu/chineser/ .
nbro

8

Berbeda dengan definisi filosofis , yang mengandalkan istilah-istilah seperti "pikiran" dan "berpikir," ada juga definisi yang bergantung pada yang bisa diamati .

Artinya, AI yang Kuat adalah AI yang memahami dirinya dengan cukup baik untuk meningkatkan diri. Sekalipun secara filosofis tidak setara dengan manusia, atau tidak mampu melakukan semua tugas kognitif yang dapat dilakukan manusia, AI ini masih dapat menghasilkan sejumlah besar daya pengoptimalan / pengambilan keputusan yang baik, dan penciptaannya akan menjadi sejarah yang penting (untuk anggap enteng).

Sebaliknya, AI yang lemah adalah AI yang tidak memiliki atau kemampuan terbatas untuk memodifikasi sendiri. Caturbot yang berjalan di laptop Anda mungkin memiliki kemampuan manusia super untuk bermain catur, tetapi bisa hanya bermain catur, dan sementara itu bisa menyempurnakan bobot atau arsitekturnya dan perlahan-lahan meningkat, ia tidak dapat memodifikasi dirinya sendiri dengan cara yang cukup dalam untuk digeneralisasikan ke tugas-tugas lain .

Cara lain untuk berpikir tentang ini adalah bahwa AI Kuat adalah peneliti AI dalam dirinya sendiri, dan AI lemah adalah apa yang dihasilkan peneliti AI.


1

AI kuat dan lemah adalah istilah lama untuk AGI (kecerdasan umum buatan) dan AI sempit. Setidaknya begitulah cara saya melihatnya digunakan dan wikipedia tampaknya setuju.

Saya pribadi belum melihat definisi Searle tentang "AI lemah dan kuat" yang banyak digunakan, tetapi mungkin pergeseran ke istilah yang lebih baru muncul sebagian karena Searle berhasil membingungkan masalah ini.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|