Saya sudah me-root ponsel saya. Sekarang apa? Apa yang saya dapatkan dari rooting?


302

Ini adalah pertanyaan umum oleh mereka yang baru saja me-root ponsel mereka. Aplikasi, ROM, manfaat, dll. Apa yang saya dapatkan dari rooting? Apa yang harus saya lakukan sekarang?

Jawaban:


263

Hal-hal yang Membutuhkan Root

Root File Explorers

Anda dapat melakukan remount pada /system/direktori read-write Anda, yang memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi yang dikirimkan oleh operator yang tidak Anda sukai dan seterusnya. Penjelajah file root dapat memungkinkan Anda untuk melihat semua folder di ponsel Anda, seperti /data/yang biasanya dilindungi.

Menambal Aplikasi

Dengan akses root, Anda dapat menambal aplikasi lain untuk mendapatkan akses khusus ke fungsi, atau menghapus perlindungan diri untuk beberapa aplikasi.

  • Freedom - Dapatkan iAP (Pembelian dalam Aplikasi) gratis! Beli berlian, rubi, dan Pro terbuka tanpa uang sungguhan. Catatan: Pembatasan hukum mungkin berlaku tergantung pada negara / wilayah Anda.
  • Lucky Patcher - Aplikasi Patch sehingga mereka tidak memerlukan Layanan Google Play / tidak menampilkan iklan lagi / secara otomatis menjadi versi Pro / bekerja di DPI tertentu ... Ada banyak yang dapat Anda lakukan dengan Lucky Patcher dan bahkan ada banyak tambalan yang sudah disediakan .

Memindahkan & Menghapus Aplikasi

Akses ke / sistem juga berarti Anda dapat memindahkan aplikasi atau pembaruan ke aplikasi sistem dari / data ke / sistem (dengan hati-hati!), Jika partisi tersebut memiliki ruang yang cukup.

  • Titanium Backup - Cadangkan semua aplikasi dan data Anda. Juga memungkinkan Anda untuk mencopot atau membekukan aplikasi sistem, mengintegrasikan pembaruan ke dalam ROM Anda untuk menghemat ruang, memindahkan aplikasi ke SD, dan banyak lagi.
  • apps2rom - tidak gratis seperti apa yang dilakukan versi cadangan titanium pro: memungkinkan Anda memindahkan aplikasi ke partisi sistem.
  • Bloatfreezer - Bekukan atau hapus aplikasi sistem
  • Link2SD - Memindahkan aplikasi (sistem) ke partisi kedua di kartu SD, membebaskan banyak ruang kosong di /systempartisi.

Perhatikan bahwa memindahkan aplikasi ke kartu sd memiliki risiko dan kontra, dan harus dilakukan hanya jika diperlukan ruang. Sebagian besar perangkat modern memiliki memori yang cukup untuk banyak aplikasi (16GB +), asalkan foto / video / musik disimpan pada kartu eksternal.

Penambatan

Beberapa perangkat sudah memiliki Wi-Fi tethering out-of-the-box, seperti Samsung Galaxy S, jadi ini bukan masalah besar bagi mereka kecuali operator membebankan biaya untuk fitur tersebut.

Tangkapan layar & perekaman layar

root diperlukan untuk screenshot sebelum 4.0-Ice Cream Sandwich. Sebagian besar perekam layar pra-lolipop juga memerlukan root.

Cadangan

  • Titanium Backup - Cadangkan semua aplikasi dan data Anda. Juga memungkinkan Anda menghapus instalasi aplikasi sistem, mengintegrasikan pembaruan ke dalam ROM Anda untuk menghemat ruang, dan sebagainya.
  • ClockworkMod Recovery (ROM Manager) - Biasanya membutuhkan root untuk menginstal melalui ROM Manager. Memungkinkan Anda membuat cadangan seluruh perangkat, termasuk ROM Anda, serta mem-flash ROM baru dan tugas-tugas lanjutan lainnya.

Ada juga banyak aplikasi yang mengklaim membuat cadangan nandroid penuh.

Aplikasi / Kontrol Jaringan

  • AdFree - Menghapus iklan dengan mengubah file host (jadi, iklan di aplikasi dan di browser)

  • Adaway - Juga memblokir penambahan dalam aplikasi.

  • Droid Wall - Aplikasi Firewall. Punya aplikasi yang menggunakan semua data Anda saat Anda bahkan tidak menggunakannya? Blokir dengan ini!

  • Orbot - aplikasi Tor
  • Cache Mate - Bersihkan cache dari semua aplikasi
  • Droid VNC Server - Menyambungkan ke telepon Anda melalui VNC
  • LBE Security Master - Mencabut izin dari aplikasi secara selektif
  • Button Savior - Membantu menambah tombol di layar untuk mengkompensasi kegagalan tombol fisik.
  • ClockSync - untuk menyinkronkan waktu perangkat secara otomatis dengan beberapa jam atom yang telah ditentukan.

Kerangka Xposed

Kerangka kerja Xposed memungkinkan aplikasi dengan fungsi tweaking canggih untuk diinstal.

  • GravityBox (untuk Android 4.2 4.4 5.0 5.1 6.0 ) - Aplikasi yang menyediakan banyak perubahan sistem.
  • XInstaller - Berbagai penyesuaian untuk Installer Paket.
  • XHangouts - Versi hangout google yang ditingkatkan.
  • XWhatsApp - Mod untuk messenger Whatsapp populer.
  • XPrivacy - Kontrol aplikasi jadi.

Kontrol CPU

  • SetCPU - Kontrol kecepatan prosesor ponsel, juga dapat mengatur profil. Ini memungkinkan underclocking berdasarkan kondisi, mis. Underclock hingga 125mhz saat layar dimatikan. Ini secara dramatis meningkatkan masa pakai baterai tanpa mempengaruhi kinerja (ketika Anda benar-benar menggunakan aplikasi / telepon) atau dapat meningkatkan kinerja melalui overclocking.
  • Widget Overclock - Mirip dengan SetCPU tetapi kurang fungsional

Aktifkan swap file / partisi

Mahir dan Lain-lain

  • Manajer ROM - Memfasilitasi penginstalan ROM baru dengan ClockworkMod Recovery, dan memungkinkan Anda mencadangkan seluruh perangkat Anda (ROM + aplikasi + data) dan tugas-tugas lanjutan lainnya.
  • Quick Boot - Memungkinkan Anda untuk reboot ke pemulihan atau mode bootloader / Unduh.
  • LED Hack - Nonaktifkan LED di ponsel (tidak lagi tersedia di Android Market)
  • Perbaikan lag - Berbagai perubahan tweak dan sistem file untuk mempercepat ponsel Anda atau mencegah masalah dengan ponsel Anda berhenti sementara / macet sementara. Ini sangat berguna pada beberapa ponsel Samsung yang menggunakan sistem file RFS. Dianjurkan untuk menggunakan lagfix Ext4 seperti Voodoo , tetapi ada juga lag2 Ext2 seperti One Click Lag Fix dari RyanZA yang juga memungkinkan Anda untuk mengubah memori tingkat lanjut, Wi-Fi, dan opsi penjadwalan disk.
  • TRIM - Beberapa kernel yang lebih tua tidak memiliki TRIM.
  • StickMount - Secara otomatis memasang drive flash USB, keyboard, mouse melalui kabel USB OTG .
  • BusyBox - Membuat emulator terminal terasa lebih seperti linux.
  • Sideloading apps. Sebagian besar operator / ponsel mengizinkan opsi ini tetapi AT&T tidak.

ROM

Meskipun root tidak diperlukan untuk menginstal ROM baru, banyak aplikasi yang membuatnya lebih mudah memang membutuhkan root.

CyanogenMod adalah rom yang sangat populer yang digunakan banyak orang di ponsel mereka. Juga mudah untuk menginstal melalui aplikasi ROM Manager . Pertama instal pemulihan Clockwork. Kemudian jalankan cadangan sebelum Anda mem-flash ROM apa pun.

Lihat juga "Di mana saya dapat menemukan stok atau ROM khusus untuk perangkat saya" atau forum XDA untuk ROM kustom lainnya. Sebagian besar perangkat memiliki sub-forum "Pengembangan Android" khusus tempat ROM dipasang.

Selalu lakukan pencadangan nandroid sebelum menginstal rom atau mod! Anda juga mungkin perlu menghapus semua data dan cache dari telepon Anda sebelum menginstal atau memutakhirkan ROM.

Kernel kustom

Satu set kernel yang populer adalah yang disediakan oleh ChevyNo1 . Anda juga dapat mengunduhnya melalui versi premium dari ROM Manager. Buat cadangan nandroid (ClockworkMod) sebelum menggunakan kernel ini! Anda juga ingin membuat SetCPU memanfaatkan kernel ini.

Mulailah dengan kernel tegangan rendah pada kecepatan terendah dan lanjutkan hingga 1.2GHz. Jika ponsel Anda stabil hingga kisaran 1.2GHz, maka cobalah beberapa kernel ultra low voltage. Jika Anda mulai mendapatkan penutupan paksa, kemudian beralih kembali ke kernel tegangan rendah.

Pada dasarnya setiap telepon (dengan merek / model telepon yang sama) berbeda-beda tergantung kernel yang digunakannya karena perbedaan pabrikan antara prosesor. Jadi saya mungkin memiliki Motorola Droid yang dapat menjalankan kernel tegangan ultra rendah dan milik Anda mungkin tidak dapat menjalankannya. Ponsel ini belum tentu dirancang untuk berjalan seperti ini.


10
Ohhh, Server VNC membuat saya serius mempertimbangkan rooting ponsel saya!
Evan

6
Anda lupa Terminal Emulatordengan superintah ..
Android Quesito

Anda juga dapat menambahkan kemampuan untuk bergabung dengan jaringan wifi ad hoc.
Hamish Downer

1
Ada juga wifi adb (yang memungkinkan Anda untuk mendorong dan men-debug aplikasi melalui wifi). Juga, ada manfaat lain untuk Titanium Backup. Jika karena alasan tertentu, versi aplikasi baru menghilangkan fungsionalitas utama yang ada, atau meningkatkan area yang dibutuhkan iklan, Titanium Backup memungkinkan Anda untuk kembali ke versi sebelumnya dari aplikasi tertentu. Dan kadang-kadang, rooting sangat bagus untuk menginstal fitur yang tidak didukung (misalnya, Note 1 awalnya tidak memiliki dukungan untuk NFC, meskipun memiliki chip untuk itu, dan beberapa tahun yang lalu, sangat sedikit ROM resmi yang mendukung Netflix, dll).
Stephan Branczyk

1
jawaban yang bagus karena terjemahannya, penjelasan singkat tentang aplikasi dan
tautannya

48

Dalam beberapa kata, me-rooting sistem Android berarti mengatasi keterbatasan yang dikenakan oleh pabrikan. Orang mungkin menginginkannya karena alasan yang berbeda, tetapi yang utama adalah kebebasan . Memiliki ponsel yang di-root berarti Anda memiliki semua kendali atas perangkat Anda.

Alasan utama orang melakukan root pada ponsel adalah untuk menginstal ROM khusus . ROM kustom sering dikenal dengan peningkatan kinerja dan fitur eksklusif yang tidak ada pada ROM pabrikan, seperti memasang aplikasi di sdcard atau mengambil tangkapan layar . ROM Kustom juga dapat menjadi alternatif pembaruan sistem untuk perangkat yang ditinggalkan oleh pabrikan mereka. Anda dapat melihat ulasan ROM populer, sebagai contoh, di sini .

Rooting Android juga memungkinkan Anda menghapus instalasi aplikasi saham yang tidak Anda gunakan atau tidak inginkan, selain itu yang melanggar privasi pengguna (lihat CarrierIQ ). Alasan utama lain untuk melakukan itu adalah untuk mendapatkan lebih banyak ruang pada penyimpanan internal.

Perangkat yang di-rooting memungkinkan Anda menginstal hampir semua aplikasi yang membutuhkan akses root. Aplikasi tersebut umumnya bertujuan untuk melakukan sesuatu yang tidak mungkin terjadi tanpa hak istimewa itu. Banyak aplikasi berguna ditampilkan pada jawaban sebelumnya, tetapi Anda mungkin menemukan lebih banyak tersedia di Google Play. Anda dapat menemukan daftar aplikasi bagus di sini .


6

Google sedang berusaha mengurangi kebutuhan rooting dengan meningkatkan layanan sistem yang diizinkan. Saat ini tangkapan layar, perekaman layar dan penambatan biasanya tidak memerlukan root. Alasan saya bisa memikirkan untuk tetap root:

  • Untuk menghapus dan / atau mencadangkan aplikasi default.
  • Untuk memindahkan file dan aplikasi di sekitar tanpa batasan.

    • Salin / tempel / unzip di mana saja dengan root explorer
    • Integrasikan / migrasi aplikasi dari /datapartisi Anda ke /systempartisi untuk menghemat ruang dan melindunginya dari pengaturan ulang pabrik.
    • Edit file host sistem Anda untuk memblokir iklan (adaway). Edit file sumber daya ikon Anda (txt) untuk menyertakan ikon peluncur untuk aplikasi favorit Anda. Dll
  • Untuk menjalankan program dengan kekuatan lebih:

    • Lebih banyak fungsi Tasker
    • Manajemen daya yang lebih baik dengan aplikasi seperti Greenify.
    • Hubungkan ke aplikasi atau sumber daya apa pun dengan Xposed.
      • Ricing (kotak gravitasi)
      • Menambahkan fitur tidak resmi ke aplikasi Youtube (atau lainnya- populer).
      • Manajemen izin aplikasi berbutir halus dengan Xprivacy.
    • Jalankan utilitas baris perintah (busybox) seperti (kembali) memasang sistem file Anda, atau memindai semua file partisi untuk melihat apa yang memakan ruang.
    • Penambatan terbalik (gunakan laptop saya / internet desktop via usb atau wifi)
    • Ubah kebijakan kinerja CPU.
    • Flashing online dari gambar baru ke penyimpanan, atau membuat cadangan penuh. Cara non-root melibatkan metode recovery / fastboot.
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola