Apakah ada risiko rooting perangkat?


138

Saya melihat banyak tutorial yang memberi tahu saya cara me -root ponsel saya (Motorola Droid), tetapi tidak ada yang menyebutkan potensi "efek samping".

Terlepas dari beberapa masalah yang relatif kecil yang tampaknya memerlukan rooting untuk memperbaikinya, pada dasarnya saya senang dengan telepon dan karena itu sedikit curiga mengacaukan perangkat yang menghabiskan banyak uang dan baru berusia beberapa bulan.

Dengan asumsi bahwa saya hanya berbicara tentang rooting, dan tidak ada tindakan pasca-root yang khas (seperti menginstal custom ROM), apakah saya mengambil risiko dengan memilih untuk melakukan root?

  • Apakah ada potensi untuk merusak perangkat?
  • Apakah ini akan membatalkan garansi saya?
  • Apakah saya akan berhenti mendapatkan pembaruan?
  • Apakah polisi akan muncul di pintu depan saya pada hari berikutnya? (Ya, saya sedang bercanda.)
  • Ada lagi yang harus saya ketahui?

(Lihat juga: Apakah ada risiko menginstal ROM? )


1
Lihat juga Risiko keamanan rooting Android , yang ditandai sebagai duplikat dari ini, tetapi sebenarnya tidak.
RomanSt

1
@romkyns, setuju. Saya heran secara berkelanjutan tentang jumlah orang yang mau menginstal dan menjalankan kode yang dikompilasi dari posting forum tanpa sumber. Baru memposting ini: android.stackexchange.com/questions/83038/…
jordanpg

Jawaban:


81

Apakah ada potensi untuk merusak perangkat?

Meskipun telah menjadi relatif sederhana pada Droid, beberapa metode rooting menimbulkan risiko lebih dari yang lain. Jadi singkatnya ya ada potensi.

Apakah ini akan membatalkan garansi saya?

Itu tergantung pada produsen Anda (dan kebijakan garansi mereka). Tetapi secara teknis ini membatalkan garansi Anda dalam banyak kasus.

Apakah saya akan berhenti mendapatkan pembaruan?

Sekali lagi ini tergantung. Beberapa pabrikan menyediakan pembaruan untuk perangkat yang di-rooting sementara yang lain tidak. Ini biasanya akan terus masuk dan dapat membatalkan root ponsel Anda jika Anda menginstalnya, atau bahkan mengharuskan Anda untuk membatalkan root secara manual sebelum Anda dapat menerima pembaruan mereka. Jika Anda menginstal ROM pihak ketiga, maka tidak ada lagi yang bisa dilakukan dengan produsen asli Anda.

Apakah polisi akan muncul di pintu depan saya pada hari berikutnya?

Saya tentu saja berharap tidak :) tetapi jika rooting melibatkan pemecahan bootloader, secara teoretis bisa membuat Anda dalam masalah hukum di beberapa yurisdiksi (undang-undang anti-pengelakan, dll.)

EDIT: Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa metode root yang didasarkan pada build mana yang sedang Anda jalankan.

EDIT: Ini mungkin (per 24 Mei 2017) mencegah Anda menginstal beberapa aplikasi: Google Play sekarang dapat mencegah pengguna yang di-rooting dari mengunduh aplikasi tertentu


18
re: garansi, Anda bisa membatalkan root jika membutuhkan garansi, bukan?
MGOwen

4
@ MOGOwen Biasanya ya; tidak ada jaminan.
Matius Baca

2
Rooting legal di nexus menurut AnswersFactory dan MakeUseOf
sms247

46

Apakah ada potensi untuk merusak perangkat?

Ya, ponsel Anda mungkin saja rusak, tetapi seharusnya sangat tidak mungkin. Biasanya ada jalan keluar bahkan dari apa yang tampak seperti batu bata.

Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan dan ingin menggunakan metode ADB (memasukkan perintah shell secara manual) untuk melakukan root pada ponsel Anda, maka pastikan untuk mengikuti semua arahan persis seperti yang tercantum. Jika Anda entah bagaimana merusak ponsel Anda, maka tidak masalah seberapa bagus asuransi ponsel Anda dengan penyedia seluler Anda; jika mereka mengetahui Anda melakukan root atau mencoba, mereka tidak akan memperbaikinya.

Jika Anda entah bagaimana melakukan brick pada ponsel Anda, maka jangan panik. Cobalah hal-hal ini:

  1. Posting utas ke tempat Anda mengunduh program root atau tempat metode root diposting.
  2. Posting ke XDA di bagian pertanyaan dan jawaban mereka .
  3. Cari di web . Orang lain mungkin memiliki masalah yang sama dengan Anda.

Sangat mungkin untuk membatalkan pemasangan ponsel Anda, tetapi akan membutuhkan waktu dan kesabaran untuk menyelesaikannya.

Apakah ini akan membatalkan garansi saya?

Iya. Tetapi dalam sebagian besar kasus, Anda dapat mengembalikan ponsel ke kondisi yang tidak akan pernah mereka ketahui bahwa Anda melakukan root pada ponsel Anda. Dan kadang-kadang mereka bahkan tidak memeriksa untuk melihat apakah Anda me-rooting ponsel Anda ketika Anda mengembalikannya.

Apakah saya akan berhenti mendapatkan pembaruan?

Iya dan tidak. Jika Anda menginstal rom, ya. Tetapi kemungkinan besar rom itu memiliki pembaruan konstan (seperti CyanogenMod). Juga jika Anda melakukan rooting dan menyimpan stok ROM, Anda masih akan mendapatkan notifikasi pembaruan OTA (tetapi menjalankan pembaruan akan membatalkan rooting ponsel Anda).

Ada lagi yang harus saya ketahui?

Semoga kekuatan bersamamu. Tidak, sungguh, ini adalah proses yang relatif tidak menyakitkan dengan banyak "alat root satu sentuhan mudah (un)" dan bahkan kemudian ada sejumlah besar panduan dan bantuan dari XDA untuk membimbing Anda dan memecahkan masalah yang mungkin Anda miliki. Tetapi jika Anda senang dengan telepon Anda seperti itu, maka jangan root.


31

Telepon yang di-rooting sama amannya dengan telepon yang tidak di-root jika Anda tidak pernah memberikan izin root ke aplikasi apa pun. Masalahnya adalah bahwa jika Anda me-root ponsel Anda, Anda pasti akan memberikan izin root (jika tidak, mengapa Anda me-rooting ponsel Anda di tempat pertama), dan aplikasi yang Anda berikan izin root mungkin ternyata nakal atau bocor izin mereka untuk memungkinkan aplikasi yang tidak dipercaya untuk mendapatkan izin seperti root.

Menjalankan ponsel yang di-rooting aman selama Anda tahu aplikasi mana yang memberikan akses root dan mana yang tidak. Masalahnya adalah, bahkan dengan asumsi bahwa Anda hanya memilih aplikasi yang dapat dipercaya, mereka masih dapat membocorkan izin secara tidak sengaja (dalam istilah keamanan, ini disebut masalah wakil bingung ), jadi Anda harus benar-benar berhati-hati ketika memilih aplikasi tepercaya.


Apakah rootsalah satu izin yang muncul di dialog izin saat memasang aplikasi?
Jeff

1
@ Jeff: tidak, itu bukan salah satu izin dalam dialog izin, setidaknya tidak pada perangkat yang tidak di-rooting. Saya pikir seorang manajer root berpotensi mengintegrasikan manajemen izin root ke dalam dialog izin, tapi itu kemungkinan besar bukan ide yang baik karena kebanyakan orang memiliki kebiasaan hanya mengklik melalui dialog izin tanpa memeriksanya dengan cermat.
Lie Ryan

8

Beberapa malwares dapat meningkat ke root izin bahkan pada ponsel yang tidak di-root. Seperti yang baru-baru ini mereka temukan di lebih dari 50 aplikasi (populer) di pasar android.

http://www.pcworld.com/businesscenter/article/221247/droiddream_becomes_android_market_nightmare.html


1
Itu adalah salinan dari aplikasi populer, bukan aplikasi populer itu sendiri.
Aistina

1
Maksud saya, mereka telah diunduh berkali-kali. Tetapi memang itu adalah salinan dari aplikasi yang relatif terkenal dengan kode malware ditambahkan ke dalamnya.
DrDro

Saya tidak berpikir salah satu trojan Android sejauh ini benar-benar peduli untuk meningkatkan ke root? Mereka hanya meminta lebih banyak izin daripada yang biasanya dibutuhkan oleh aplikasi semacam itu, dan itu memberi mereka akses yang cukup untuk melakukan semua yang mereka inginkan? Lagipula itulah yang dilakukan trojan klasik, membuat Anda membiarkannya dan memberikan akses yang diinginkannya.
Diambil

4
Does it have the potential to brick the device?

Iya.

Will it void my warranty?

Pastinya.

Will I stop getting updates?

Ya, jika Anda menginstal ROM khusus.

Will the cops show up at my front door the next day?

Ya, tetapi hanya jika Anda orang Cina ;-). Dan bahkan kemudian, hanya jika administrasi kepolisian Anda cukup dekat ke Beijing.

Dan Anda harus sadar bahwa itu adalah risiko keamanan. Pengguna root memiliki akses ke seluruh ponsel, termasuk semua fungsinya, dan memori semua aplikasi yang berjalan. Backdoor dapat diinstal dalam ROM khusus. Bahkan mungkin tidak merugikan Anda, tetapi ponsel Anda mungkin menjadi bagian dari botnet.


6
Ini sepertinya agak mengkhawatirkan. Sebagian besar ROM ini adalah open source, sehingga setiap backdoor akan ditemukan dengan cepat. Dan saya pikir sangat mudah untuk melakukan rooting Droid; dapatkah Anda mengarahkan saya ke tautan atau sumber tentang masalah Motorola ini sehingga saya mengerti apakah itu dapat memengaruhi ponsel saya atau tidak?
Aaronaught

Saya telah membacanya di buletin proyek, tidak memilikinya lagi. Saya tidak tahu lagi, tetapi bagian 'hancurkan' khusus untuk satu baris [ponsel terbaru]. (ini semacam sekering, yang PERMANEN menonaktifkan ponsel Anda jika Anda mencoba memuat ROM khusus) Lihat di sini untuk hal terdekat dari referensi: theunlockr.com/2010/07/14/…
Quandary

4
@Aaronaught: Saya belum pernah melihat sumber dari salah satu ROM ini. Mungkin saya tidak terlihat cukup baik. Tetapi bahkan jika saya memiliki sumber, Anda perlu mengkompilasi dari sumber itu, tidak ada yang tahu apakah gambar ROM sebenarnya dikompilasi dari sumber itu. Kemudian, Anda harus meninjau seluruh sumber. Semoga beruntung dengan itu. Jika Anda benar-benar baik, Anda perlu waktu sekitar satu tahun. Maka Anda harus membuat kartu emas, dan beberapa alat ini adalah sumber tertutup, dan itu membuat saya sedikit tidak yakin tentang motif FOSS mereka. Sama seperti perusahaan telepon yang tidak merilis driver atau menandatangani ROM booting secara digital.
Quandary

Anda tidak akan merusak ponsel, itu hanya akan menolak untuk mem-boot sampai Anda mem-flash rom yang sudah ditandatangani kembali. Seluruh "e-fuse" itu adalah ketakutan untuk mongering.
Broam


1

Versi TLDR (2017)

Apakah ada potensi untuk merusak perangkat?

Ya dan tidak , agak tergantung pada metode: Menginstal ROM resmi yang di-rooting atau sakelar pengaturan aman. Menggunakan skrip yang mengandalkan bug CPU untuk memecahkan keamanan kernel tidak.

Apakah ini akan membatalkan garansi saya?

Tergantung pada:

  1. ToS OEM (Ketentuan Layanan). Sebagian besar OEM besar mengatakan Anda kehilangan garansi.
  2. Validitas ToS di bawah hukum regional. Misalnya, di UE, ToS yang mengklaim garansi kosong saat rooting tidak dapat diberlakukan. Mereka tidak dapat secara hukum menolak garansi Anda karenanya. Tetapi dalam kasus terburuk Anda mungkin harus melawan mereka di pengadilan untuk mendapatkannya (belum pernah terdengar).

Apakah saya akan berhenti mendapatkan pembaruan?

50/50 , bervariasi menurut OEM. Dalam kasus negatif, Anda sering dapat membatalkan root lalu me-rooting kembali versi yang diperbarui. Tapi tidak selalu.

Polisi? Barang lainnya?

Tidak ada polisi Rooting tidak ilegal , di mana saja. Tapi:

  • play store dapat mendeteksinya dan dapat mencegah Anda mengunduh aplikasi tertentu, meskipun itu tidak mencegah Anda mendapatkan aplikasi itu di tempat lain.
  • aplikasi dengan izin root dapat lebih merusak sistem Anda, jadi waspadalah terhadap ancaman keamanan, lihat di sini
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola