Apa yang dimaksud dengan "melakukan root pada telepon"?


141

Saya mendengar frasa ini atau varian (ponsel yang di-root, rooting, dll.) Di forum-forum android tetapi saya tidak tahu apa artinya. Bisakah Anda menjelaskannya secara sederhana?


2
Dua sumber yang bagus untuk memahami ini lebih dalam adalah: code.google.com/p/android-roms/wiki/Obtain_Root dan CyanogenMod Wiki . Yang terakhir melakukan besar pekerjaan mendefinisikan istilah seluruh, sehingga bahkan jika tujuan Anda adalah untuk tidak menginstal CyanogenMod (yang mereka juga menentukan :)), wiki adalah cara yang bagus untuk mengisi kesenjangan dalam pemahaman Anda.
Amanda

URL mati. Cyanogenmod.com menghilang baru-baru ini. Sebagai gantinya, coba wiki.lineageos.org .
Camille Goudeseune

Jawaban:


106

Untuk 'me-root' telepon Anda berarti mendapatkan hak administratif pada sistem file ponsel Anda (di linux, root adalah nama pengguna admin utama). Dengan akses root, Anda dapat menginstal dan menghapus instalan apa pun yang Anda inginkan di telepon.

Sebagian besar ponsel dilengkapi dengan akses terbatas mengenai apa yang dapat dan tidak dapat Anda lakukan. Ini tidak selalu merupakan hal yang buruk, karena hal itu dapat mencegah pengguna secara tidak sengaja merusak sesuatu yang seharusnya tidak mereka mainkan di telepon, terutama dalam hal sistem operasi. Namun, banyak pabrikan membatasi hak Anda untuk hal-hal yang tidak terlalu kritis terhadap misi, dan rooting ponsel dapat mengatasi hal ini.

Jika Anda memiliki beberapa aplikasi yang tidak perlu (bloatware) yang sudah diinstal sebelumnya di ponsel yang tidak dapat Anda hapus, rooting akan memberi Anda kemampuan ini. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan ke versi Android yang lebih baru sebelum pabrikan dan / atau penyedia ponsel Anda menyediakan pembaruan untuk Anda. Namun, berhati-hatilah bahwa rooting dapat membatalkan garansi Anda.

Untuk info lebih lanjut tentang rooting yang memungkinkan Anda lakukan dengan ponsel Anda, lihat pertanyaan ini .


Jawaban yang bagus ... Saya juga suka bagian di mana Anda mengatakan `Ini juga akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan ke versi Android yang lebih baru`. Adakah sumber daya bagus yang bisa Anda rekomendasikan untuk itu? (Mudah-mudahan Salah satu jawaban Anda sebelumnya ..)
Jason Krs

Mengapa bloatware merupakan masalah besar bagi banyak pengguna? Selama telepon berfungsi dengan baik, dan seseorang dapat menonaktifkan blatware (saya tidak melakukannya karena saya tidak memperhatikannya), semuanya harus baik-baik saja.
neverMind9

43

Ketika Anda "melakukan root" pada ponsel Anda, Anda membuka kunci hak administratif dari ponsel yang secara default dikunci oleh pabrikan. Ini mirip dengan "Jailbreaking" di dunia iphone.

Rooting perangkat Anda memungkinkan Anda melakukan hal-hal seperti overclock atau underclock CPU Anda, hapus aplikasi-aplikasi yang dimuat sebelumnya yang tidak akan dihapus ponsel Anda seperti Amazon MP3 atau Kalender Corp, instal aplikasi tertentu yang memerlukan akses root, muat custom ROM ...

Pabrikan tidak ingin Anda memiliki akses ke opsi ini karena sejumlah alasan termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  • Mereka ingin mengontrol dan memastikan pengalaman pengguna tertentu
  • Operator tertentu mengharuskan fungsi tertentu dikunci karena mereka ingin Anda membayarnya atau karena mereka tidak kompatibel dengan jaringan mereka
  • Jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan, Anda dapat "memblokir" (membuat tidak berguna) telepon Anda atau setidaknya menyebabkan cukup banyak masalah di mana Anda akan memanggil dukungan teknis yang menuntut untuk mengetahui mengapa ponsel Anda tidak berfungsi.

4
Yang besar adalah bahwa Anda dapat menghapus komponen sistem penting dan memerlukan penghapusan (instal ulang). Mereka tidak menginginkan ini. Terlalu banyak pelanggan yang tidak puas dan panggilan dukungan teknis :)
Dmitriy Likhten

1
@DmitriyLikhten Saya ragu bahwa dukungan teknis dan tidak kepuasan pelanggan, bukannya menghasilkan uang dari mengasapi dan pengawasan .
humanityANDpeace

22

Singkatnya, itu berarti mendapatkan akses administrator ke telepon. Untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna normal (bukan administrator) telepon.


22

Untuk mendapatkan akses root (administrator) ke telepon.

'root' adalah pengguna dengan UID 0, yang setara dengan 'Akun Administrasi Sistem' lengkap.

Itu berarti Anda memiliki izin untuk melakukan apa saja. Apa pun termasuk membuka port yang dilindungi (misalnya untuk penambatan WiFi), memperbarui dan memperbarui OS dan semua perangkat lunak, mengganti sistem operasi dengan perangkat lunak Anda sendiri, akses penuh ke setiap file pada mesin, dan kemampuan untuk menghapus file apa pun, termasuk seluruh sistem operasi.


1
"ganti sistem operasi dengan perangkat lunak Anda sendiri" tidak benar. Root tidak diperlukan untuk menginstal firmware baru. Ini mungkin membuat prosesnya lebih mudah.
jiggunjer

15

Ini sedikit amandemen untuk segalanya. Secara esensial Rooting adalah Jailbreaking. Anda adalah pengguna, Anda tidak memiliki akses administrator ke telepon Anda sendiri. Rooting adalah proses mendapatkan akses ke pengguna "root". Setelah Anda memiliki root, ada beberapa hal menyenangkan yang dapat Anda lakukan.

  • Hapus aplikasi "sistem" seperti aplikasi Sprint's Nascar atau NFL.
  • Gunakan alat-alat seperti Open Tethering untuk melakukan penambatan wifi (gratis)
  • Underclock atau Overclock prosesor Anda (underclocking dengan SetCPU membantu menjaga penggunaan baterai agar tidak benar-benar mempengaruhi kinerja ketika ponsel Anda dalam keadaan idle / dll.)
  • Instal alat pemulihan khusus.
    • Nandroid Backup - Tempat penyimpanan lengkap memori internal Android Anda ke kartu SD yang memungkinkan Anda melakukan pencadangan yang sangat bersih dan benar-benar mengembalikan android Anda ke titik itu saat diperlukan. Juga memungkinkan Anda untuk menukar sistem operasi dalam hitungan menit dengan memiliki 2 cadangan, masing-masing 1.

Baru-baru ini rooting menjadi lebih efisien dan dengan rooting 1-klik muncul, itu seharusnya sangat mudah bagi kebanyakan orang, hanya mengatur dan membiarkannya berjalan selama setengah jam.

Satu-satunya risiko adalah merusak ponsel Anda (mengacaukan beberapa perangkat lunak penting sehingga tidak memungkinkan untuk memulai atau menginstal perbaikan).


15

Jawaban di atas sudah benar, tetapi hanya untuk sedikit referensi aneh. Di semua sistem berbasis Unix ada pengguna "root" yang memiliki akses ke semua dan semua fungsi yang tersedia oleh sistem operasi. Ini adalah hak istimewa yang sangat kuat (dan berbahaya) karena begitu Anda root, Anda dapat melakukan apa saja dan banyak dari apa yang dapat Anda lakukan dapat sepenuhnya menghancurkan sistem.

Inilah sebabnya ketika Anda mengelola server Anda biasanya tidak melakukannya sebagai root, sehingga Anda dapat mengambil keuntungan dari sistem operasi yang mengatakan "umm ... Anda tidak ingin melakukan ITU!" ketika Anda secara tidak sengaja memintanya untuk membersihkan seluruh hard drive pada jam 3 pagi.

[EDIT] Saya akan mengubah jawaban saya untuk mengatakan "Di jawaban yang lain" tetapi kemudian menyadari bahwa efeknya akan membuat komentar di bawah (dengan asumsi mereka masih ada) tidak masuk akal.

Saya tidak melihat pemogokan melalui editor teks, jadi, saya hanya akan mengubah di sini bahwa saya seharusnya mengatakan "Di jawaban lain" daripada "Di jawaban di atas".


14
hati-hati menggunakan sesuatu seperti "jawaban di atas" dalam jawaban Anda sendiri - jika Anda terangkat ke atas, Anda tidak akan lagi masuk akal. Kemudian Anda akan downvoted, dan masuk akal lagi. Dan kemudian terpilih, dan ....
Michael Paulukonis

1
@MichaelPaulukonis - woh .. sekarang saya bingung - haruskah saya menjadi upvoting atau downvoting?
Scotty.NET

1
Saya tidak punya ide. Itu adalah dorongan lembut ke poster untuk memberikan tautan ke jawaban, alih-alih istilah relatif yang berubah berdasarkan parameter pemesanan eksternal.
Michael Paulukonis

7

Pertanyaan ini adalah salah satu yang paling banyak dilihat di situs ini, namun semua jawaban mengatakan hal yang sama: "mendapatkan hak admin, mari Anda melakukan hal-hal seperti xyz dan abc". Yang terakhir ini sebenarnya bukan bagian dari jawaban yang relevan, dan memang sudah ada pertanyaan di sini: apa yang dapat dilakukan oleh ponsel yang di-root? .

Tentu rooting sama dengan mendapatkan hak admin, tetapi mari kita tambahkan beberapa detail lagi: bagaimana hak admin diimplementasikan di Android. Apa yang terjadi, pada tingkat teknis, ketika Anda melakukan root pada ponsel? Program / applet baru tersedia: su . Itu duduk di folder / system / xbin / dan memungkinkan pengguna untuk beralih ke ID pengguna yang berbeda --termasuk root (alias admin).

Ingatlah bahwa dalam aplikasi android biasanya berjalan di bawah ID pengguna mereka sendiri. Jadi jika 1) su ada dan 2) aplikasi menggunakannya untuk mengubah ke root, maka aplikasi dapat melakukan apa saja yang bisa dilakukan pengguna root!

Tidak semua metode rooting menghasilkan perubahan yang sama. Sebagai contoh, banyak metode bergantung pada aplikasi tambahan bernama superuser.apk yang memiliki versi kustom dari binary su. Ini memungkinkan aplikasi bertindak sebagai manajer kontrol izin setiap kali su dipanggil oleh aplikasi.

Selain su dan superuser (atau SuperSu), busybox sering diinstal sebagai bagian dari skrip rooting. Ketiga file ini (secara teknis busybox adalah satu set file) adalah tambahan yang paling umum ketika kita berbicara tentang rooting ponsel.


Bukan sepele untuk hanya menyalin sendiri suke folder, karena partisi / sistem di-mount hanya baca dan Anda memerlukan hak root untuk (me-mount) sebagai dapat ditulis (dan Anda akan memerlukan izin menulis jika itu).

Salah satu cara 'tidak langsung' untuk melakukan ini adalah menggunakan pemulihan dengan fungsionalitas yang diperluas, ia dapat me-mount / sistem sebagai dapat ditulis dan menyalin file ke sana. Dalam sebagian besar kasus, ini berarti mem-flash pemulihan kustom, karena banyak pemulihan stok terbatas hanya dengan menambal file tertentu (OEM).

Cara yang lebih 'langsung' adalah dengan langsung mem-flash partisi / sistem baru (dengan file root) menggunakan beberapa alat flashing. Alat-alat tersebut meliputi:

  • odin (PC - Samsung saja)
  • fastboot (PC - Android Generik)
  • flashify (aplikasi - Android Generik)

Ini relatif mudah untuk menyalin partisi / sistem dari ponsel Anda - atau file gambar dari web, dan mem-flash partisi yang dimodifikasi root. Terakhir Anda mungkin bisa mendapatkan shell root menggunakan ADB, jika ROM dikompilasi untuk memperbolehkannya (tidak umum di stock ROM). Menggunakan shell root itu sepele untuk remount partisi dan menyalin file di mana pun Anda inginkan - jika Anda tahu perintah linux.

Metode sederhana ini berfungsi untuk ponsel yang tidak terkunci / mudah dibuka. Ketika bootloader terkunci, proses rooting dapat menjadi proses yang berbelit-belit yang mungkin berbeda di antara perangkat, lihat info rooting yang lebih spesifik di sini . Ini karena modifikasi kustom apa pun untuk partisi penting akan merusak 'tanda tangan' OEM dan menyebabkan bootloader menolak memuat (bootloop). Atau, dalam beberapa kasus, bootloader akan membatalkan perubahan apa pun.


" Terakhir, Anda mungkin bisa mendapatkan shell root menggunakan ADB, jika ROM dikompilasi untuk mengizinkannya (tidak umum di stock ROM). " - seluruh ROM tidak bertanggung jawab untuk itu, hanya kernelnya. Buat perubahan ke dalam kernel dan Anda akan memiliki adbd tidak aman berjalan di mesin Anda (adb root, yaitu).
Firelord

" modifikasi kustom apa pun untuk partisi penting akan mematahkan 'tanda tangan' OEM dan menyebabkan bootloader menolak memuat (bootloop). " - sesuai instruksi Google di sini , dalam kasus ketidakcocokan tanda tangan, bootloader harus mengeluarkan peringatan yang tidak sama dengan menolak pengguna untuk boot ke OS. Mengapa ini menyebabkan bootloop?
Firelord

@Firelord Anda benar tentang boot menjadi partisi yang mengontrol izin root ADB. Tetapi saya tidak ingin terlalu spesifik. Jangan ragu untuk menyarankan pengeditan.
jiggunjer

@Firelord Mengenai bootloop: karena jika semua bootloader yang dikunci lakukan adalah mengeluarkan peringatan (dan melanjutkan untuk boot), rooting akan mudah. Alasan partisi sederhana berkedip pada perangkat yang terkunci gagal adalah karena bootloader mendeteksi perubahan. Atau apakah saya melewatkan sesuatu?
jiggunjer
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola