Bagaimana cara membuat cadangan penuh perangkat yang tidak di-rooting?


302

Saya tahu saya meminta yang hampir mustahil - karena full-backup yang sesungguhnya tentu membutuhkan izin root. Tetapi masih ada banyak orang di sekitar tidak ingin me-root perangkat mereka - takut membatalkan jaminan mereka atau merusak perangkat mereka, atau hanya tidak memiliki perangkat mereka didukung oleh metode rooting.

Saya juga tahu ada banyak pertanyaan yang sudah diajukan tentang topik ini, dan saya memeriksa semuanya dengan memiliki tag cadangan - tidak ada yang mencakup seluruh topik, semua hanya memiliki bagian, dan terutama orang-orang yang baru mengenal Android (tetapi non-power lainnya -menggunakan juga) akan mengalami kesulitan mencari cara terbaik.

Jadi saya ingin jawaban kanonik terperinci untuk pertanyaan:

Tidak melibatkan solusi root, bagaimana cara mencapai cadangan sedekat mungkin ke cadangan penuh ?

Harap tidak memberikan sederhana jawaban satu-kapal seperti "Gunakan aplikasi xyz [full-stop]." Jika menyebutkan aplikasi (dan saya ragu satu aplikasi akan menjadi jawabannya di sini), sertakan bagian apa yang dicakup olehnya - serta gagasan tentang cara mengisi celah yang ditinggalkannya. (Dan untuk membuatnya sangat jelas: Saya tahu hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah Titanium Backup - Saya menggunakannya sendiri, tetapi ini tidak berlaku di sini: Pertanyaan ini hanya mengenai metode untuk perangkat yang tidak di-rooting! ) Selain itu, jawabannya harus generik mungkin dalam hal penerapan ke berbagai perangkat (yaitu tidak boleh terbatas pada satu perangkat atau pabrikan).

Saya sudah menyebutkan telah menyelidiki semua pertanyaan di sini yang ditandai dengan cadangan . Ini tentu akan sangat membantu memberikan perincian untuk jawaban di sini, jadi saya akan mendaftar yang paling atas tentang pertanyaan saya:

Semua ini memberikan beberapa detail untuk pertanyaan saya (jadi silakan terinspirasi oleh mereka) - tetapi saya merasa masih ada detail yang hilang. Juga akan sangat membantu untuk memiliki ringkasan - katakanlah, sebuah jawaban termasuk deskripsi lengkap tentang "semaksimal mungkin".

Kriteria terakhir: Sementara saya menganggap solusi berbasis cloud sah, saya lebih menyukai solusi lokal. Jika Anda dapat memberikan keduanya: semuanya lebih baik. Tetapi beberapa orang menilai privasi cukup tinggi (saya salah satunya), dan karenanya tidak akan mempercayai data mereka ke layanan cloud.


Berkat Ryan, kami sekarang memiliki solusi untuk pencadangan lengkap semua aplikasi dan data mereka - yang saya tidak berani harapkan! Satu-satunya kelemahan: Solusinya hanya bekerja untuk kurang dari 10% dari semua pengguna Android; yaitu mereka yang perangkat berjalan setidaknya dengan 4.x Android .

Jadi sekali lagi, saya bertanya hampir mustahil: Ada solusi yang berlaku setidaknya pada Gingerbread (2.3.x) atau, lebih baik, bahkan Froyo (2.2.x) - sehingga mereka mencakup sebagian besar perangkat saat ini? Solusi-solusi ini mungkin melibatkan banyak alat (cobalah untuk membuatnya sesederhana mungkin; pikirkan ibumu untuk mengikuti instruksi Anda;)

Dan perlu diingat: TANPA ROOT!


Untuk lebih memotivasi jawaban berkualitas tinggi (dan mudah-mudahan menghindari jawaban berkualitas rendah), saya akan bersikap keras di sini: Seperti yang jarang saya lakukan, saya akan menurunkan pilihan jawaban yang tidak sesuai dengan kriteria yang disebutkan di satu sisi - tetapi di sisi lain akhirnya, saya akan menyiapkan hadiah untuk jawaban terbaik (yang tidak dapat dilakukan segera, tetapi paling awal setelah 2 hari).


4
versi android apa yang ingin Anda backup? karena dengan 4.x ada solusi 'adb backup' yang berfungsi untuk perangkat yang tidak di-rooting.
Ryan Conrad

1
Karena saya tidak mencari sendiri (perangkat saya sudah di-root, dan jadi saya bisa menggunakan backup NANDroid dan Titanium Backup ), ini akan bernilai jawaban - karena akan berlaku untuk semua orang yang sudah memiliki 4.x di / nya perangkatnya. Berapa penutupnya - dan bagaimana dengan kesenjangan yang tertinggal, jika ada? Tolong tunjukkan juga bahwa SDK perlu diinstal di komputer (termasuk pro dan kontra untuk pengguna yang tidak berpengalaman).
Izzy

1
Saya membuat pertanyaan - android.stackexchange.com/questions/33479/... untuk menindaklanjuti perangkat dengan Android 2.3.x dan di bawah ini karena saya perhatikan bahwa solusinya adalah untuk perangkat Android 4.X
Jack

Jawaban:


241

Solusi Tersedia untuk Perangkat 4.0+:

Untuk perangkat 4.0+ ada solusi yang disebut "adb backup".

Catatan: Ini hanya berfungsi untuk aplikasi yang tidak melarang pencadangan! Aplikasi yang melarang pencadangan diabaikan begitu saja saat membuat cadangan menggunakan cara ini.

Ini menggunakan adb sehingga Anda harus menginstal Android Software Development Kit (SDK) di komputer Anda (pada beberapa distribusi Linux: hanya paket android-tools-adbdan android-tools-adbd).

CATATAN: Solusi ini tidak akan mencadangkan dan memulihkan informasi kontak, SMS atau kalender

Opsi untuk perintah adb adalah:

adb backup [-f <file>] [-apk|-noapk] [-obb|-noobb] [-shared|-noshared] [-all] [-system|nosystem] [<packages...>]
  • -f: lintasan file * .ab yang akan disimpan di komputer Anda. File ini adalah file terkompresi yang berisi arsip data / apks dari perangkat Anda.
  • -apk | -noapk: menunjukkan apakah file * .apk harus dicadangkan (defaultnya adalah -noapk)
  • -obb | -noobb: aktifkan / nonaktifkan cadangan dari semua ekspansi apk yang diinstal (alias .obb) yang terkait dengan setiap aplikasi (standarnya adalah -noobb)
  • -shared | -noshared: mengaktifkan / menonaktifkan cadangan konten penyimpanan bersama / kartu SD (standarnya adalah -noshared)
  • -semua: menunjukkan bahwa Anda ingin seluruh sistem didukung. Anda dapat menggunakan filter paket untuk hanya membuat cadangan paket tertentu, atau menggunakan -semua untuk cadangan sistem lengkap.
  • -system | -nosystem: menunjukkan apakah semua aplikasi sistem dan data dimasukkan saat membuat cadangan. (standarnya adalah -sistem)
  • <packages>: ini adalah tempat Anda dapat membuat daftar paket khusus untuk dicadangkan. Gunakan ini jika Anda ingin mencadangkan hanya aplikasi tertentu. Jika menggunakan -all, Anda tidak perlu menentukan paket.

Cara membuat cadangan perangkat Anda:

Pertama, Anda harus mengaktifkan "USB debugging" pada perangkat Android Anda:

  1. Buka bagian "Tentang perangkat" (atau "Tentang ponsel" atau "Tentang tablet") di Pengaturan
  2. Ketuk 7 kali pada baris "Build number" (biasanya baris terakhir). Setelah itu bagian "Opsi pengembang" akan muncul di Pengaturan

Mengaktifkan "Opsi pengembang"

  1. Buka bagian "Opsi pengembang" di Pengaturan
  2. Ketuk kotak "USB Debugging"

Mengaktifkan "USB Debugging"

Kedua, pada PC Anda dari command prompt Anda harus dapat menemukan adbperintah dan file cadangan Anda. Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan menjalankan adbperintah dari direktori di mana adbberada.

Di Windows Explorer navigasikan ke tempat Anda menginstal Android SDK dan SHIFT+RIGHT CLICKpada platform-toolsfolder. shift + klik kanan

Ini akan membuka prompt perintah (jendela Anda akan terlihat berbeda dari saya).

Di Terminal Mac Anda dapat mengetik cddan kemudian tarik folder platform-alat folder dari finder ke jendela terminal dan jalur akan dimasukkan. Hit dan Anda akan berada di tempat yang tepat.

Di Linux, saya harap Anda tahu cara mencari dan melakukan cd ke direktori induk dari perintah adb. Bagaimanapun, Anda menggunakan Linux .

Dari sini ketik perintah berikut:

Windows:

adb backup -apk -shared -all -nosystem -f backup08262012.ab

Linux & Mac

./adb backup -apk -shared -all -nosystem -f backup08262012.ab
## Notice that -all doesn't mean ALL. See the big bold NOTE at the top of this answer.
# drop the `./` in the command if you are using `android-tools-adb` package

(jika Anda ingin menyimpan cadangan di direktori yang berbeda, sertakan jalur untuk file ".ab" seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.)

cmd

Anda kemudian akan diminta kata sandi di perangkat Anda (ini digunakan untuk mengenkripsi cadangan):
layar cadangan

Untuk mengembalikannya, cara kerjanya hampir sama.

Windows:

adb restore backup08262012.ab

Linux & Mac

./adb restore backup08262012.ab

Kemudian Anda akan diminta kata sandi untuk memulihkan perangkat: mengembalikan layar


Sekarang untuk promosi diri yang tak tahu malu:

Droid Explorer ( v0.8.8.7 +) akan dapat menangani ini untuk perangkat 4.0+. Sementara Droid Explorer saat ini dioptimalkan untuk perangkat yang di-rooting, fungsi ini juga akan berfungsi untuk perangkat yang tidak di-rooting.

Droid Explorer akan melakukan pencadangan penuh perangkat dan menyimpannya %USERPROFILE%\Android Backups\. Di dalam folder itu ada folder bernama untuk perangkat, dan di dalam folder itu ada cadangan.

de backup

Mengklik dua kali pada file Android Backup akan memungkinkan Anda memulihkan perangkat Anda dari file cadangan.


4
BTW: Menambah solusi Anda, baru hari ini saya menemukan posting di Berita XDA: Perangkat Cadangan Mutakhir, Tidak Perlu Root . "Ultimate Backup Tool" ini hanyalah .batfile sederhana yang memanggil perintah ADB yang Anda sebutkan ( Pastebin ) - dan dengan demikian dapat berfungsi sebagai "inspirasi" bagi teman-teman Linux / Unix / Mac untuk membuat skrip shell yang serupa;)
Izzy

4
Ya, itu memang data. Sebenarnya, itu hanya data secara default. Satu-satunya hambatan adalah bahwa itu untuk perangkat 4.x dan itu adalah fitur adb cukup banyak tidak berdokumen.
Ryan Conrad

3
Apakah ini hanya berfungsi untuk pemulihan perangkat yang sama, atau model yang sama? Saya harus mengganti telepon saya (One X dengan wifi cerdik) dan ingin dapat mengembalikan semuanya ke versi baru ...
cjk

18
! Waspadalah! adb restore masih jauh dari selesai, setidaknya pada Android 4.3 yang tidak di-root pada Nexus 3! Beberapa hal dipulihkan, beberapa tidak! Saya memeriksa pemulihan beberapa fitur. TIDAK DIPULIHKAN, pada dasarnya semua fitur telepon kunci : Kontak, sms, ringtone & notifikasi suara, diaktifkan bahasa input (= kbd layout), OwnerName (OwnerName diatur dalam booting penyihir pertama disimpan sebagai gantinya) BENAR DIPULIHKAN : kosakata, wallpaper, posisi ikon peluncur kustom, aplikasi dan pengaturannya. Pernyataan penutup: Ini adalah solusi cadangan yang tidak cocok! Apakah cadangan adb selesai pada ponsel yang di-rooting?
maaf

4
@RyanConrad Saya kira jawaban ini mungkin memerlukan beberapa pembaruan: aplikasi dapat menyisih dari adb_backup(pengaturan ALLOW_BACKUPke "tidak" dalam Manifestfile mereka ). Jika "pengguna root" ingin mengatasi ini, ada modul Cadangkan Semua Aplikasi Xposed, tetapi tidak ada jalan lain tanpa root. Mungkin Anda juga harus menunjukkan apa yang tidak tercakup (terlepas dari apa yang telah Anda sebutkan - lihat komentar "! Waspadalah!" Di atas). Plus mungkin mengintegrasikan petunjuk lain dari komentar, dan kemudian meminta pembersihan komentar?
Izzy

32

Ada aplikasi yang disebut Backup ADB Sederhana .

masukkan deskripsi gambar di sini

Backup ADB Sederhana Mencadangkan Ponsel Android Anda dari Desktop, Tidak Perlu Root. Sebagian besar perangkat cadangan Android memerlukan root, atau dijalankan dari ponsel Anda dan menyimpan data Anda ke kartu SD Anda. Backup ADB yang sederhana berbeda. Aplikasi ini berjalan dari dan mencadangkan data ponsel Anda ke desktop Anda, dan melakukan semuanya tanpa root.

Untuk menggunakan Backup ADB Sederhana, Anda harus mengaktifkan Mode Debugging USB pada perangkat Android Anda (Buka Pengaturan> Pengembang, aktifkan opsi pengembang, kemudian aktifkan USB debugging) dan utilitas yang diinstal pada desktop Anda. Begitulah: cukup colokkan ponsel Anda, luncurkan aplikasi di sistem Windows atau Linux Anda, dan pilih opsi cadangan. Anda memiliki opsi untuk mencadangkan seluruh perangkat Anda, hanya aplikasi, semua data dengan atau tanpa aplikasi sistem, atau bahkan satu aplikasi jika Anda mau.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda mengembalikan data yang dicadangkan ke perangkat Anda. Sebelum mencadangkan, Anda akan diminta untuk membuat kata sandi. Anda juga harus mengetikkan aplikasi di ponsel Anda sebelum pencadangan dapat dimulai, tetapi setelah itu, prosesnya berjalan dengan lancar. Ini sangat sederhana, sepenuhnya gratis, dan tidak mengharuskan Anda melakukan root terlebih dahulu.

Sementara Titanium Backup adalah aplikasi yang lebih penuh fitur jika Anda ingin melakukan root (terutama jika Anda menginginkan sistem cadangan anti peluru untuk Android Anda), dan MyBackup Pro sangat bagus jika Anda bermigrasi ke ponsel baru dan tidak ingin desktop sebagai perantara, tetapi Simple ADB Backup gratis dan tampaknya sangat mudah digunakan sehingga pemula Android pun dapat dengan mudah dan cepat mencadangkan data penting mereka.

Backup ADB yang sederhana dirilis secara gratis di forum Pengembang XDA. Tekan tautan di bawah untuk mengunduhnya di sana.

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?p=36499906

Harap Dicatat: Ini adalah aplikasi baru yang saat ini masih dalam Beta


1
Dan juga perhatikan bahwa, setidaknya sesuai dengan namanya, itu mungkin memerlukan setidaknya Android 4.0 - seperti halnya solusi Ryan . Namun demikian, +1 dari saya karena ini membuatnya lebih mudah bagi orang-orang yang takut pada baris perintah :)
Izzy

2
@Izzy: Ya untuk mengklarifikasi Windows / Linux / Android (4.0+)
Simon

@Izzy Baru saja menemukan artikel ini, haruskah saya mengeditnya menjadi jawaban saya di atas lifehacker.com/...
Simon

Saya agak skeptis, tetapi sepertinya yang ini juga melakukan backup lengkap termasuk apps (?) Dan data mereka. Tentu, silakan! Hanya saja jangan lupa untuk menyebutkan bahwa itu tidak berfungsi tanpa akun cloud (baik milik avast atau GDrive), yang mengesampingkannya untuk saya :) Terima kasih atas petunjuknya!
Izzy

1
@Celeritas ini bukan area diskusi (selamat datang di ruang obrolan kami ). Tetapi bahkan di komputer, Anda akan memformat disk dalam kasus seperti itu. Saya tidak pernah mendengar memulihkan cadangan untuk menghapus "file ekstra" tanpa diberi tahu secara eksplisit. Itu akan sangat mengasingkan saya. Terlebih lagi karena cadangan ADB dapat berupa cadangan penuh atau hanya mencakup satu aplikasi; dalam kasus terakhir, bahkan tidak masuk akal akan menghapus semua yang lain pada restore.
Izzy

24

Secara teknis, Anda BISA membuat cadangan Nandroid penuh tanpa me-rooting perangkat. Anda hanya perlu mem-flash CWM (atau, setiap pemulihan yang mendukung cadangan Nandroid) melalui USB. Misalnya, Anda dapat menggunakan Odin (Windows) untuk mem-flash CWM ke perangkat Samsung setelah masuk ke mode unduhan, semuanya tanpa menyentuh Android. Jadi, tidak ada akses rooting atau root sama sekali.


12
Nah, saya pikir apa pertanyaan sebenarnya, setidaknya bagaimana saya melihatnya, adalah Bagaimana Anda bisa melakukan backup penuh tanpa membatalkan garansi Anda. Rata-rata pengguna tidak akan mau, atau bahkan tahu caranya, untuk melakukan root, apalagi mem-flash pemulihan penggantian.
Ryan Conrad

2
@RyanConrad saya setuju. :) Setidaknya, jawaban saya akan menghapus kesalahpahaman ..
Android Quesito

2
@Izzy Unlocking tidak mendapatkan akses root. Tapi itu membatalkan garansi. Mem-flash pemulihan kustom tidak memerlukan akses root, hanya membutuhkan bootloader yang tidak dikunci. Setelah pemulihan kustom dilakukan, pemulihan memang memiliki akses root (tetapi tidak sama dengan memiliki root dalam pengertian OS). Namun saya pikir mem-flash pemulihan kustom merupakan penghalang besar bagi sebagian besar pengguna. Dalam banyak kasus, lebih mudah untuk melakukan root pada suatu perangkat kemudian mem-flash pemulihan. Juga peluang yang lebih besar untuk melakukan soft bricking perangkat dengan mem-flash pemulihan.
Ryan Conrad

4
Masalah utama dengan solusi ini adalah untuk perangkat yang terkunci bootloader, 'fastboot oem unlock' akan menghapus perangkat.
tutup

1
@lid Tunggu sebentar .. Apakah pertanyaan Anda sebelumnya terkait dengan diskusi? Lihat .. saya katakan, Anda tidak perlu mendapatkan root sama sekali. Mengapa Anda mencoba mencari exploit untuk rooting?
Android Quesito

18

Koushik Dutta (alias Koush alias Mr. ClockworkMod) telah menerbitkan Helium Backup , yang seharusnya membuat semuanya mungkin bahkan tanpa memerlukan komputer dan kabel USB:

Cadangan Karbon

Helium Backup harus dapat mencadangkan aplikasi dan data ke kartu SD, perangkat USB yang terpasang, Dropbox, Google Drive atau Box.

Ini bukan "full backup" sejauh datang ke pengaturan sistem, tetapi tidak mengembalikan pengaturan aplikasi dan data. Itu tidak mencadangkan penyimpanan internal Anda (file pengguna), jadi Anda harus mencadangkan file-file itu secara terpisah.

Jika Anda menemukan diri Anda tidak dapat melihat cadangan Anda di daftar pemulihan, beberapa metadata cadangan mungkin hilang dalam terjemahan. Cadangan itu sendiri masih dapat dipulihkan, tetapi Anda akan memerlukan beberapa pekerjaan tambahan untuk mendapatkannya.

Sunting: Untuk petunjuk lengkap tentang penggunaan Helium , silakan lihat Cara Membackup Aplikasi dan Data tanpa Root menggunakan Helium Android App (terima kasih atas petunjuknya, Simon!). Dan sebelum mengeluh tentang apa pun, pastikan Anda sudah memeriksa dengan Helium Wiki (terima kasih kepada golimar karena telah menunjukkan ini!).


1
Sayangnya membutuhkan Android 4.0, sama seperti solusi Ryan.
Phoenix

Tentu: Seperti solusi Ryan, digunakan adb backupsebagai backend.
Izzy

1
@Izzy Baru menemukan tulisan yang bagus tentang Karbon: maketecheasier.com/another-way-to-back-up-android-without-root/…
Simon

1
@Beruntung untuk perangkat yang tidak di-rooting yang sayangnya benar, karena komponen ADB pada perangkat pertama-tama harus diaktifkan (setelah setiap boot) - yang memerlukan hak istimewa yang tinggi, sehingga tidak dapat dilakukan secara langsung di-perangkat tanpa root, tetapi dimungkinkan melalui ADB sendiri.
Izzy

1
Disarankan membaca sebelum menginstal: github.com/koush/support-wiki/wiki/Helium-Wiki
golimar

11

Jawaban ini bukan petunjuk yang Anda harapkan dari pembaca tetapi hasil dari tes dunia nyata saya:

cadangan adb masih jauh dari selesai, pada Nexus 3, keduanya di bawah stok Android 4.3 tanpa root dan jika dijalankan dengan adb root di Cyanogenmod 10.1.3!


Beberapa hal dipulihkan, beberapa tidak! Saya memeriksa pemulihan beberapa fitur:

TIDAK DIPULIHKAN: pada dasarnya semua fitur telepon utama: Kontak, sms, nada dering & suara notifikasi, bahasa input yang diaktifkan (= tata letak kbd), nama pengguna (nama pengguna yang ditetapkan dalam panduan boot pertama disimpan sebagai gantinya)

DIPRESTASI DENGAN BAIK: Kosakata khusus, wallpaper, posisi ikon peluncur, aplikasi dan pengaturannya.


Ini adalah persyaratan saya, yang membawa saya ke topik:

  1. Maksimalisasi privasi Android
  2. Keamanan fisik untuk mencegah drive melalui unduhan ( PDF ), artinya:
    • bootloader terkunci, pemulihan stok, ADB mati
    • bahkan lebih aman dengan: enkripsi disk lengkap
  3. Cadangan lokal lengkap, tidak ada cadangan cloud (topik utas ini ada di sini)

Pada Cyanogenmod situasinya sedikit berbeda: SMS dipulihkan sepenuhnya, tetapi kontak dan log panggilan masih belum dipulihkan. Bahkan ketika adb mencadangkan dan mengembalikan tempat berlari dengan adb berjalan sebagai root adb root.


Jadi saya akan mencoba menggunakan custom ROM, dengan root (untuk mendapatkan beberapa fitur tambahan), bootloader yang dikunci, pemulihan kustom, dan hanya mem -flash pemulihan sementara (secara teori dimungkinkan dari perangkat yang di-root dengan flash_image , tetapi bagi saya ini gagal juga ) , dari mana saya kemudian melakukan backup NANDROID (atau adb backup + solusi cadangan khusus untuk sms / panggilan-log / kontak) ditambah pembaruan ROM kustom.


8

Kita dapat mengambil cadangan perangkat kita tanpa menggunakan aplikasi apa pun atau tanpa me-rooting ponsel kita.

Android menyertakan cara bawaan untuk mencadangkan dan mengembalikan konten ponsel atau tablet Anda. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan perangkat yang menjalankan Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) atau yang lebih baru.

Buka adt-bundle-windows-x86\sdk\platform-toolsfolder dan buka promt perintah di sini.

  1. Pastikan USB Debugging Diaktifkan.

  2. Periksa apakah perangkat Anda terhubung dengan menjalankan " adb device".

  3. Sekarang jalankan " adb backup -apk -shared -all -f C:\Users\UserName\backup.ab".

  4. Buka kunci perangkat Anda, berikan kata sandi enkripsi dan seluruh perangkat Anda akan dicadangkan.

  5. Untuk mengembalikan lagi cukup jalankan " adb restore C:\Users\UserName\backup.ab".

Saya telah menulis prosedur langkah demi langkah dengan tangkapan layar untuk hal yang sama di sini . Semoga ini membantu!


1
Iya. Itulah yang dinyatakan oleh jawaban Ryan sebagai awalnya :) Tapi terima kasih atas detail tambahan dan panduan langkah demi langkah!
Izzy

7

Saya sedikit terkejut dengan jawaban (rumit) lainnya. Mungkin saya salah paham pertanyaannya, jadi silakan berkomentar dan memberikan suara yang sesuai.

  1. Menurut definisi, cadangan lengkap (termasuk ROM, aplikasi, dan data) disebut cadangan Nandroid . Oleh karena itu pertanyaannya adalah bertanya "bagaimana cara saya melakukan backup Nandroid pada perangkat saya yang tidak di-root".
  2. Anda tidak perlu perangkat yang di-rooting untuk dapat melakukan pencadangan Nandroid. Cadangan Nandroid biasanya dilakukan melalui pemulihan khusus (seperti TWRP atau Clockwordmod) yang tidak selalu memerlukan perangkat yang di-rooting untuk menginstal. Misalnya menggunakan TWRP ADB dapat diinstal, sesuai petunjuk di sini . Dimungkinkan untuk memuat sementara pemulihan khusus, sehingga menjaga pemulihan stok (dan garansi Anda; untuk TWRP ini dapat dilakukan menggantikan fastboot flash recovery twrp*.imgdengan fastboot boot twrp*.imgdalam langkah 4 tutorial terkait). Beberapa perangkat memerlukan bootloader untuk dibuka kuncinya untuk menginstal pemulihan khusus, yang lain tidak. Perhatikan bahwa membuka kunci bootloader biasanya mengatur ulang pabrik perangkat Anda.

3
Tidak. Cadangan nandroid bukanlah definisi dari cadangan penuh, tetapi pertanyaannya gagal untuk mendefinisikan apa itu. Metode Anda membutuhkan bootloader yang tidak dikunci dan pengetahuan untuk mem-flash pemulihan (yang berbeda per model). Sebenarnya bukan hal-hal yang tidak ingin di-root oleh seseorang yang ingin dipusingkan.
jiggunjer

@ jiggunjer apa yang membuat Anda mengatakan cadangan nandroid bukan cadangan penuh? Juga beberapa telepon dilengkapi dengan bootloader yang tidak dikunci. Juga dibandingkan dengan jawaban lain saya tidak akan mengatakan yang satu ini kompleks.
Celeritas

1
Cadangan penuh adalah setiap sektor dari eMMC, nandroid seringkali merupakan gambar dari sekumpulan sektor, mereka biasanya mengecualikan bootloader dan pemulihannya sendiri. Bisa dibilang cadangan lengkap seperti itu tidak sering diperlukan. Jawaban Anda memang sederhana tetapi tidak praktis untuk 95% pengguna yang tidak di-root.
jiggunjer

@jiggunjer baik-baik saja, mungkin Anda benar bahwa secara teknis Nandroid tidak persis berarti hal yang sama dengan "cadangan penuh" meskipun saya pikir itulah yang kebanyakan orang pikirkan. Metode yang saya jelaskan tidak memerlukan root. Memang membutuhkan sementara mem-flash pemulihan kustom, tetapi diberi jawaban lain menggunakan adbdari baris perintah (yang itu sendiri memerlukan mengunduh file besar) Saya tidak berpikir itu jauh lebih kompleks.
Celeritas

1
Cadangan penuh dalam pandangan teknisi mungkin merupakan replikasi dari seluruh perangkat keras termasuk keadaan semua bit. Tetapi karena ini adalah situs yang berorientasi pada pengguna, cadangan lengkap hanya berarti: Saya dapat memulihkannya dan berakhir persis pada keadaan di mana cadangan dibuat (semua pengaturan, aplikasi & data tercakup). Selain itu: Sementara apel adalah buah, buah belum tentu merupakan apel; ya, cadangan Nandroid biasanya adalah cadangan penuh (meskipun misalnya TWRP melewatkan "penyimpanan bersama") - tetapi itu tidak berarti cadangan penuh selalu merupakan cadangan Nandroid;)
Izzy

7

"Cadangan penuh" tampaknya merupakan istilah yang sangat kelebihan di dunia Android. Izinkan saya untuk terlebih dahulu mendefinisikannya (memparafrasekan komentar):

Cadangan lengkap adalah apa saja yang akan mengembalikan status sistem Anda ketika Anda membuat cadangan. ~ Izzy (OP)

Jadi pertanyaan tindak lanjut yang jelas seharusnya: memulihkan keadaan Anda dari apa?

  • Skenario 0: Ponsel Anda rusak secara fisik.
  • Skenario 1: Seluruh drive Anda (eMMC) telah kosong.
  • Skenario 2: Anda hanya dapat boot ke mode flash USB seperti fastboot / ODIN.
  • Skenario 3: Anda dapat boot ke fastboot DAN pemulihan (kustom?)
  • Skenario 4: Ponsel Anda telah diatur ulang ke mode pabrik. Anda memiliki fungsi normal yang tidak di-root.
  • Skenario 5: Anda tidak sengaja menghapus gambar wallpaper kucing favorit Anda.
  • Dll

Masing-masing skenario ini dapat memiliki solusi cadangan yang berbeda. Sebuah penuh cadangan harus dapat mengatasi semua dari mereka. Tentu saja saya sedikit troll dengan skenario telepon rusak (0), tetapi menunjukkan betapa tidak jelasnya pertanyaan kanonik ini. Ini mencerminkan fakta bahwa banyak orang dan perusahaan cenderung menyederhanakan pencadangan dan mengabaikan bagian terpenting: memulihkan.

Pertimbangkan bahwa dalam komunitas Android tersirat bahwa hardbricks (0 & 1) adalah pemberat kertas; Anda diharapkan mendapatkan telepon baru. Jadi mari kita bagi solusi cadangan yang tersisa menjadi 2 kategori:

  1. Pengembang mengembalikan (2+).
    Biasanya melibatkan menggunakan Nandroid (salinan sektor dari sebagian besar partisi) dan mungkin mem-flash pemulihan kustom. Sedikit teknis. Dapat mempengaruhi garansi.
  2. Pemulihan konsumen (4+).
    Biasanya mengembalikan aplikasi dan data, termasuk foto kucing Anda. Pemulihan parsial dapat bekerja di berbagai model.

Keduanya dapat dianggap sebagai cadangan lengkap untuk kasus penggunaannya. Biarkan konteks menentukan apakah seseorang meminta cadangan penuh ingin opsi 1 atau 2. Ada sedikit wilayah abu-abu (3,5?) Antara skenario 3 dan 4, misalnya jika pengguna menghapus file dari /systempartisi, metode pemulihan mungkin tergantung pada apa yang ada. hilang.

Waspadalah konsumen mengembalikan

Berdasarkan jawaban paling banyak dipilih saat adb backupini adalah pengembalian konsumen yang dapat memulihkan aplikasi dan data, dengan beberapa peringatan:

  • Tampaknya menghilangkan beberapa file
  • Hasil variabel tergantung pada ROM (mis. Tidak bekerja pada beberapa model Sony, menghilangkan item yang berbeda pada CyanogenMod vs TouchWiz).

Meskipun baru-baru ini di Oreo ada perbaikan kecil (berita XDA) saya masih tidak dapat mengkonfirmasi apakah itu dapat menyalin semua file pengguna seperti foto dan musik yang disalin dari pc Anda.

Untuk pemulihan dev, Anda menginginkan Nandroid.

Anda tidak bisa mendapatkan Nandroid lengkap tanpa rooting ATAU menggunakan pemulihan. Pengecualian mungkin adalah gambar kartu SD Anda, memberi Anda Nandroid parsial. Jadi, Anda harus mengambil risiko memasang gambar atau melakukan rooting sementara, atau menunggu sampai OEM menawarkan pemulihan yang lebih baik.

Ingatlah untuk memberi nama cadangan Anda dengan informasi penting seperti tanggal dan partisi yang disertakan.

Anda tidak perlu mencadangkan apa yang tidak Anda keberatan untuk diciptakan kembali

Nandroid biasanya tidak termasuk pemulihan, karena mereka biasanya diterapkan dari pemulihan sehingga berlebihan. Tetapi jika perangkat Anda berantakan dan pemulihan Anda hilang, Anda mungkin panik, mengira Anda tidak mencadangkannya sehingga tidak ada yang dikembalikan. Tetapi seringkali sederhana untuk mengunduh dan menginstal ulang pemulihan dengan alat flash USB (mis. Fastboot).

Demikian pula, jika Anda menyimpan kontak di cloud, biasanya tidak perlu mencadangkannya. Sinkronkan lagi setelah memulihkan.

Ingat, cadangan lengkap bergantung pada apa yang ingin Anda pulihkan. Tidak ada solusi sempurna di 'tingkat konsumen' yang saya jelaskan. Di negara-negara UE / Asia, di mana orang tidak begitu khawatir tentang penolakan garansi, ada sedikit alasan untuk tidak menginstal pemulihan khusus jika ada.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola