Apa perbedaan antara: Rooting, Jailbreak, ROM, Mod, dll?


165

Apa perbedaan antara:

  • Membuka kunci bootloader (prasyarat untuk melakukan banyak hal, meskipun tidak semua, hal-hal lain di bawah)
  • Rooting
  • Penjebolan
  • ROM
  • NAND dan Nandroid
  • Sistem operasi
  • Mod (mis. CyanogenMod)
  • Pemulihan (ClockworkMod, Amon Ra)
  • Kernel Kustom (mis. Kernel LeshaK)
  • Firmware
  • Sopir
  • Pembaruan Over The Air (OTA)
  • Fastboot
  • Membuka kunci SIM
  • Berkedip
  • SPL (Program Loader Kedua)

(ada istilah lain yang sering membingungkan yang saya lewatkan?)


Jawaban:


140

Rooting dan Jailbreaking pada dasarnya adalah hal yang sama, Jailbreaking adalah kata pengguna iPhone untuk apa yang disebut pengguna Android Rooting. Rooting adalah ketika Anda mendapatkan akses "Rooting" ke telepon yang memberi Anda kekuatan untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan (itu berasal dari Pengguna Root Unix , pada dasarnya setara dengan Unix untuk akun Administrator Windows). Biasanya Anda dicegah untuk menjadi Root untuk kebaikan Anda sendiri, karena sangat mudah untuk mematahkan ponsel Anda setelah Anda memiliki akses root, dan cukup sulit untuk mematahkannya tanpa.
Info lebih lanjut: Apa yang dimaksud dengan "me-root telepon"? dan saya sudah me-root ponsel saya. Sekarang apa? Apa yang saya dapatkan dari rooting?

Sebuah Nandroid backup adalah backup dari ponsel Anda yang merupakan gambar yang tepat dari keadaan ponsel Anda. Jadi Anda dapat membuat salinan yang tepat dari ponsel Anda saat ini, kemudian melakukan perubahan besar, dan kemudian mengembalikan ke cadangan Anda sebelumnya dengan mem - flash cadangan kembali ke telepon. Berkedip berarti menyalin atau menginstal .... Anda pada dasarnya menghapus perangkat dan memulihkan status sebelumnya (cadangan) atau Anda menginstal ROM baru (lihat di bawah). NAND adalah penyimpanan flash perangkat Anda, oleh karena itu menyalin file yang disebut "berkedip".

Sistem operasi Android adalah perangkat lunak yang mengelola perangkat keras di ponsel Android seperti layar, komunikasi data, penyimpanan, kamera, dan GPS. Ini memberikan lapisan umum yang memungkinkan aplikasi penggunaan dan akses ke sumber daya ini pada berbagai perangkat yang berbeda tanpa aplikasi harus mengetahui sesuatu yang istimewa tentang perangkat keras aktual yang sedang berjalan. Sistem Operasi Android juga mencakup sejumlah aplikasi dan layanan standar seperti Kontak, Kamera, Galeri Foto dan aplikasi browser web dan memungkinkan pengguna untuk melakukan hal-hal seperti mengontrol kecerahan layar atau menghubungkan ke jaringan wifi.

Meskipun definisi sebenarnya berbeda, di dunia Android, ROM , Mod , dan Firmware semuanya digunakan seolah-olah mereka pada dasarnya berarti hal yang sama. Mereka semua merujuk ke versi khusus dari sistem operasi Android yang telah dimodifikasi untuk bekerja pada merek ponsel tertentu dengan sejumlah penyesuaian atau perubahan tertentu. Hal ini dapat dilakukan agar ponsel lama seperti G1 dapat diberikan versi Android yang baru, seperti 2.2 bahkan jika pabrikan telah memutuskan untuk tidak menyediakannya. Atau bisa juga menyediakan fungsionalitas tambahan yang tidak tersedia di versi Android yang disediakan pabrikan, atau untuk memperbaiki masalah di versi pabrikan yang disediakan. Info lebih lanjut: Apa perbedaan antara ROM AOSP dan ROM stok?, Apa keuntungan dari custom ROM? , Mengapa ada begitu banyak kernel Android yang berbeda dan Di mana saya dapat menemukan stok atau ROM khusus untuk perangkat Android saya?

Sebuah driver adalah apa yang memberitahu perangkat lunak Android sistem operasi bagaimana berbicara dengan semua hardware yang berbeda yang ada di ponsel Android. Ketika seseorang menyusun ROM untuk model telepon tertentu, mereka harus menyertakan semua driver telepon di dalam ROM (untuk hal-hal seperti modem seluler, akses WiFi, jenis kamera tertentu, prosesor spesifik, dll) jika tidak ROM tersebut entah tidak akan berfungsi pada telepon itu, atau hanya akan dapat mengerjakan bagian-bagian tertentu dari telepon dan, misalnya, mungkin tidak dapat menggunakan kamera yang menghadap ke depan, atau mungkin tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi. Ini persis sama dengan ketika Anda mencolokkan sesuatu yang baru ke Windows dan menjalankan wizard Tambah Perangkat Keras Baru dan mencari driver baru sebelum Anda dapat menggunakannya. Driver dimuat oleh kernel, inti dari sistem operasi.

Sebuah Over The Air (OTA) update ketika ponsel Anda menerima update untuk sistemnya Android operasi "melalui udara", yakni dikirim file secara otomatis melalui jaringan selular baik dari Google atau dari jaringan telepon Anda tanpa pernah perlu untuk menjadi dicolokkan ke PC. Ini kontras dengan cara yang, misalnya, iPhone awalnya diperbarui di mana ia perlu dicolokkan secara fisik ke komputer yang menjalankan iTunes untuk mendapatkan pembaruannya.

The bootloader mengontrol bagaimana sepatu perangkat. Alat sisi PC Google untuk masuk ke bootloader dan tugas terkait lainnya disebut Fastboot , dan menjalankan bootloader secara interaktif dapat disebut "mode Fastboot". Sebuah bootloader terkunci akan memverifikasi partisi sistem Android dan mengembalikannya ke saham jika tidak cocok, sedangkan bootloader unlocked tidak melakukan pengecekan yang sama, itulah sebabnya mengapa membuka bootloader diperlukan untuk secara permanen membasmi perangkat.

Istilah pemulihan sering digunakan untuk mengartikan beberapa hal berbeda. Itu bisa berarti mode operasi untuk telepon. Sebagai contoh, untuk boot ke mode pemulihan pada Atrix 4G MB860 olympus, seseorang harus:

  1. matikan telepon
  2. tahan tombol PWR dan VOL BAWAH secara bersamaan hingga tampilan ponsel menunjukkan "Fastboot"
  3. sentuh dan lepaskan VOL BAWAH berulang kali (tujuh kali) hingga "Fastboot" berubah untuk membaca, "Android Recovery"
  4. sentuh dan lepaskan tombol VOL UP untuk memilih opsi ini
  5. Akhirnya, ketika ponsel menampilkan segitiga yang mengelilingi tanda seru yang berdekatan dengan robot android hijau, maka:
    • jika menggunakan Android 2.2 (Froyo), lalu sentuh sudut kanan bawah layar ponsel
    • jika menggunakan Android 2.3 (Gingerbread), maka tahan kedua tombol VOL UP dan VOL DOWN secara bersamaan

untuk masuk ke mode Pemulihan Android .

Ini adalah mode operasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat perubahan besar pada ponsel. Atau pemulihan juga bisa berarti partisi pemulihan di ponsel. Atau pemulihan juga bisa berarti file gambar (filename.img) yang dapat di-flash ke partisi pemulihan . Sebagai contoh, Atrix 4G MB860 olympus dikirimkan dengan gambar pemulihan stok yang dilintas ke partisi pemulihan , dan mem-boot ke mode pemulihan pada telepon biasa memungkinkan pengguna untuk membuat beberapa perubahan besar pada telepon:

  • sistem reboot sekarang
  • terapkan sdcard: update.zip
  • menghapus data / reset pabrik
  • menghapus partisi cache

Mungkin saja (meskipun ini biasanya membutuhkan bootloader yang tidak dikunci ) untuk mengganti kode yang dijalankan dalam mode Pemulihan Android dengan mengganti gambar pemulihan stok yang dipasang oleh produsen pada partisi pemulihan dengan gambar pemulihan khusus seperti ClockworkMod . Menginstal dan mengeksekusi kode dalam gambar pemulihan kustom sering memungkinkan pengguna untuk membuat banyak perubahan yang lebih komprehensif untuk telepon dan juga sering memungkinkan pengguna untuk membuat cadangan Nandroid dan mengembalikan cadangan ini ke telepon.

Bootloader juga dapat berperan dalam mem-flash firmware, meskipun ini biasanya merupakan bagian dari pemulihan . Meskipun Anda biasanya tidak ingin mengacaukan dengan bootloader, pengguna tingkat lanjut akan sering mem-flash pemulihan kustom seperti ClockworkMod(meskipun bootloader yang terkunci dapat mencegah hal ini). Ini memungkinkan seseorang untuk mem-flash firmware yang belum ditandatangani oleh pabrikan (seperti custom ROM), karena pemulihan stok biasanya memeriksa tanda tangan, dan melakukan tugas-tugas lanjutan seperti backup Nandroid yang lengkap. Pemulihan sedikit mirip dengan layar boot BIOS pada PC yang Anda gunakan dengan menekan kombinasi tombol khusus saat telepon dinyalakan. Pemulihan juga dapat melakukan hal-hal seperti menjalankan file pembaruan dari kartu SD ponsel, atau membiarkan Anda terhubung dari PC melalui ADB (Android Debug Bridge) untuk mengelola perangkat dari baris perintah.
Info lebih lanjut: Apa hubungan antara ROM Manager, ClockworkMod dan Nandroid? Yang mana yang saya butuhkan?

Banyak jaringan telepon seluler yang menjual telepon GSM dengan kontrak membatasi telepon sehingga hanya dapat digunakan di jaringan telepon mereka, ini dikenal sebagai kunci SIM , kunci jaringan atau kunci subsidi . Ini memungkinkan penyedia untuk memastikan bahwa telepon yang mereka subsidi hanya dapat digunakan pada jaringan yang akan membantu mereka mendapatkan kembali uang itu. Ponsel membaca kode IMSI dari kartu SIM yang dimasukkan dan memeriksa apakah sesuai dengan negara atau kode jaringan yang diizinkan yang telah diprogram dengan ponsel. Membuka kunci SIMmenghapus batasan ini dari telepon sehingga kartu SIM jaringan apa pun dapat dimasukkan dan digunakan. Ini biasanya melibatkan pengetikan kode ke dialer ponsel yang menghilangkan kunci. Ada berbagai cara untuk mendapatkan kode ini tergantung pada perangkat dan jaringan Anda, beberapa jaringan akan memberi Anda kode pembuka kunci setelah Anda mencapai akhir masa kontrak Anda, beberapa produsen menerbitkan kode-kode ini di situs web mereka, beberapa produsen menanamkan kode-kode ini ke perangkat mereka dengan cara yang dapat diekstraksi oleh aplikasi dan beberapa memerlukan penggunaan perangkat lunak PC khusus untuk memprogram ulang ponsel. Kunci SIM biasanya diimplementasikan dalam perangkat keras / firmware hanya-baca, sehingga umumnya tidak mungkin untuk membuka kunci perangkat Anda tanpa kode.
Info lebih lanjut: Dapatkah saya menggunakan perangkat saya pada operator yang berbeda?


Terkait : Pertanyaan lain yang menjelaskan beberapa bagian platform Android dalam istilah yang biasa bagi pengguna sistem komputer tradisional adalah:
Dalam istilah komputer normal, apa saja bagian berbeda dari sistem Android?


1
Jailbreak dan rooting serupa tetapi tidak identik dari perspektif proses abstrak. Jailbreaking menyiratkan berkeliling bootloader (atau mengabaikan keamanan Apple) dan kemudian mendapatkan hak istimewa admin, sedangkan rooting adalah murni mendapatkan hak istimewa - tidak ada hal lain yang tersirat. Juga keuntungan dalam hak istimewa (kebebasan!) Bisa dibilang lebih besar dengan jailbreaking, karena sideloading sudah diizinkan dengan android.
jiggunjer

@ GAThambar Apakah benar untuk mengatakan bahwa driver adalah bagian dari OS? Atau setidaknya beberapa set driver dasar akan menjadi bagian dari OS, dan jika Anda menginginkan sesuatu yang spesifik maka Anda perlu menginstal drivernya sebelum Anda dapat mulai menggunakannya?
hagrawal

29

Rooting dan Jailbreaking mengacu pada hal yang sama. Istilah Jailbreaking berasal dari komunitas iPhone Apple, istilah yang lebih disukai di Android adalah rooting.

Rooting / Jailbreaking mengacu pada mengaktifkan pengguna administrator / superuser / root / user-id-0 di telepon. Di perangkat yang tidak di-root, akun pengguna super dinonaktifkan untuk tujuan keamanan. Pengguna super memiliki hak istimewa penuh atas sistem, termasuk menghapus atau memodifikasi file sistem kritis.

Lebih lanjut tentang rooting: Apa yang dimaksud dengan "melakukan root pada ponsel"?


4
Rooting = Dapatkan akses root (pengguna root, pengguna 0). Jailbreaking = sama dengan rooting kecuali di android Anda tidak pernah terikat oleh bootloader / perangkat lunak berpemilik sehingga tidak bisa di-jailbreak per kata, konsep yang sama.
Dmitriy Likhten

6

Firmware merujuk ke seluruh Stack Perangkat Lunak Android: Kernel (termasuk driver), Dalvik VM, dan Sistem Operasi. Namun, itu tidak termasuk aplikasi yang diinstal dari Market.

Firmware bisa resmi (dirilis oleh pabrikan dan / atau penyedia layanan) atau bisa tidak resmi (dirilis oleh komunitas modding).


6

CyanogenMod memiliki definisi ROM yang baik (dan banyak istilah lain dalam daftar itu)

Memori Hanya Baca. Dalam konteks perangkat Android, ROM adalah memori flash internal tempat sistem operasi inti berada. Itu juga dapat merujuk ke firmware versi tertentu yang dapat diterapkan ke perangkat melalui proses yang biasanya disebut sebagai flashing. ROM yang di-flash dengan cara yang salah sering dapat merusak perangkat, menjadikannya tidak dapat digunakan.


4

Pertanyaan ini sudah dijawab dengan baik, tetapi satu hal yang saya temukan kebanyakan orang non-teknologi semakin bingung adalah perbedaan antara rooting / jailbreaking dan SIM Unlocking.

Ini adalah penjelasan sederhana yang saya gunakan untuk orang-orang non-teknologi.

Smartphone pada dasarnya adalah 2 hal

  1. Telepon

    Membuka kunci relevan dengan bagian ponsel pada smartphone.

    Di beberapa negara (biasanya AS), bagian ponsel dari smartphone dikunci oleh operator sehingga tidak dapat digunakan dengan operator lain.

  2. Komputer

    Rooting / Jailbreaking relevan dengan bagian komputer smartphone.

    OS telepon (Android / IOS / Windows) dikunci oleh penulis OS (Google / Apple / Microsoft) sehingga Anda hanya dapat mengakses fungsionalitas dengan OS dan antarmuka yang disediakan Pabrikan. Anda tidak memiliki izin administrator di perangkat Anda (tidak seperti PC Windows tempat Anda dapat masuk sebagai administrator).

    Ini dilakukan karena banyak alasan
    1. Anda harus membeli melalui appstore dll.
    2. Banyak pengguna tidak cukup teknis, maka ini dilakukan untuk melindungi mereka dari melakukan sesuatu yang bodoh.

    Memotong langkah-langkah ini untuk mendapatkan akses administrator ke perangkat Anda sendiri disebut rooting atau jailbreaking.


Tapi apakah tidak ada perbedaan antara pembukaan kunci SIM dan pembukaan kunci bootloader? Jika demikian, maka saya kira pada dasarnya hanya ada 3 langkah utama yang terlibat dalam melewati batasan ponsel: 1) membuka kunci SIM / membuka kunci subsidi; 2) membuka kunci bootloader (yang, saya kira, memungkinkan instalasi firmware khusus); dan 3) rooting perangkat. Atau (2) dan (3) di sini pada dasarnya sama? Sangat membingungkan ...
Osteoboon

2 (membuka kunci bootloader) memungkinkan 3 (rooting).

Hanya untuk menambahkan: tetapi 2 tidak selalu diperlukan untuk 3 (lihat eksploitasi root). Tetapi sebagian besar tweaker hardcore menginginkan 2 bahkan jika dimungkinkan untuk mendapatkan 3 tanpa 2. Karena 2 memungkinkan Anda melakukan lebih dari 3 - terutama ROM / pemulihan kustom. 3 Cukup keren untuk menghapus bloatware dan memasang beberapa aplikasi niche.
jiggunjer 3-15

4

TL; versi DR:

Membuka kunci bootloader

  • Program awal saat Anda boot adalah bootloader. Jika "dikunci" mungkin: 1) memblokir upaya flashing 2) menolak untuk mem-boot telepon jika sesuatu yang tidak diotorisasi telah di-flash. Membuka kunci itu berarti mengubah pengaturan yang memengaruhi perilaku ini.

Rooting

Penjebolan

  • kata iphone untuk rooting. Jailbreak dan rooting serupa tetapi tidak identik dari perspektif proses abstrak. Jailbreaking menyiratkan berkeliling bootloader (atau mengabaikan keamanan Apple) dan kemudian mendapatkan hak istimewa admin, sedangkan rooting adalah murni mendapatkan hak istimewa - tidak ada hal lain yang tersirat. Juga keuntungan dalam privilege (kebebasan!) Bisa dibilang lebih besar dengan jailbreaking, karena sideloading sudah diizinkan dengan android

ROM

  • ROM adalah istilah umum untuk semua data yang dapat Anda flash ke NAND. Dalam sebagian besar konteks Android, flashing ROM = memasang sistem operasi seluler. Dalam konteks lain itu mungkin hanya berarti mengganti beberapa file untuk menyesuaikan kulit Anda. Dll.
    Meskipun ROM mungkin sedikit keliru (sebenarnya mengacu pada memori yang tidak mudah menguap - bukan data), kebanyakan orang tidak tahu perbedaan antara kernel, OS, bootloader, dll. Begitu banyak modifikasi yang disebut ROM. , ini menghindari kebingungan dan flamewars (seperti ketika orang menyebut linux OS bukan mengatakan GNU / linux adalah OS atau bahkan GNU / linux / X).
    Lihat juga. Mengapa mereka tidak dapat membuat OS telepon umum?

NAND

  • Jenis penyimpanan solid state, contoh lain adalah memori NOR.

MMC / SD

  • MMC adalah pesaing SD. Keduanya adalah standar kartu memori yang menggunakan memori NAND. Terlepas dari bentuk fisik standar-standar ini mendeklarasikan antarmuka / protokol yang digunakan untuk mengakses NAND. Ini berarti format memori ini datang dengan pengontrol memori yang berbeda atau tambahan.
    Sementara format MMC lebih lama, banyak perangkat menggunakan eMMC, bukan eSD. "E" adalah singkatan dari embedded dan artinya penyimpanan tidak dapat dilepas dalam arti yang khas.
    Dibandingkan dengan MMC, SD memiliki lebih banyak pin, lebih tebal dan mendukung DRM. Ini juga sedikit lebih mahal. Keduanya menggunakan protokol SPI untuk mengakses NAND.

Nandroid

  • Gambar sistem yang digunakan untuk cadangan. Seringkali tidak termasuk bootloader.

Sistem operasi

  • Android, Windows, distro linux lainnya, Mac OS X, iOS adalah semua sistem operasi. Dalam arti yang lebih teknis, kernel dapat disebut sistem operasi. Ini adalah program yang menyediakan lingkungan bagi program lain untuk berjalan dengan aman dan menggunakan HAL -nya .

Mod (mis. CyanogenMod)

  • File pihak ke-3 yang dapat di-flash ke ponsel untuk memberikan fitur tambahan / lainnya. Bisa jadi sistem operasi yang lengkap seperti CM.

Pemulihan (ClockworkMod, Amon Ra)

  • Ponsel dapat boot ke OS utama atau Pemulihan. Ini seperti OS mini yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan pemeliharaan seperti menghapus, mencadangkan atau menginstal file. Sering berada di partisi / pemulihan.

Kernel Kustom (mis. Kernel LeshaK)

  • Bagian dari sistem operasi yang mengontrol perangkat keras dan semua program lain yang berjalan. Ini adalah kode non-bootloader pertama yang dimuat. Sering berada di partisi / boot.

Firmware

  • Perangkat lunak pada perangkat tertanam.

Sopir

  • program yang digunakan oleh kernel untuk berkomunikasi dengan perangkat keras. Biasanya ditulis oleh produsen perangkat keras. Source tree android hadir tanpa kernel dan driver untuk sebagian besar perangkat. Inilah sebabnya mengapa perangkat non-google memiliki waktu lebih sulit untuk selalu mendapatkan informasi terbaru.

Pembaruan Over The Air (OTA)

  • Pembaruan dapat Anda unduh dan instal dengan telepon Anda saja (artinya tidak perlu kabel / USB).

Fastboot

  • Program PC dari ADK diproduksi oleh google. Mengizinkan bootloader mem-flash data ke NAND.

Membuka kunci SIM

  • Penyedia seluler tertentu dapat menawarkan perangkat sebagai bagian dari kontrak. Perangkat ini memiliki batasan perangkat lunak pada kartu SIM apa yang dapat Anda gunakan - untuk mencegah perubahan penyedia.

Berkedip

  • Menyalin / menulis ke memori NAND. Jadi, bahkan memindahkan file ke sdcard Anda bisa disebut flashing.

SPL (Program Loader Kedua)


3

Android Kernel mengacu pada Kernel Linux dan sekumpulan driver yang datang dengan kernel Linux. Kernel tidak termasuk Aplikasi yang datang dengan Android atau Java / Dalvik Virtual Machine.

Kernel Costum mengacu pada modifikasi buatan masyarakat terhadap Kernel Linux. Kernel menyediakan layanan tingkat rendah, manajemen sumber daya, dan keamanan.

Driver adalah bagian dari kernel yang berbicara langsung dengan perangkat keras, ia menyediakan antarmuka standar yang menyembunyikan seluk-beluk perangkat keras tertentu.

Modifikasi pada Kernel dan Driver biasanya mencakup perbaikan bug khusus perangkat keras, mengoptimalkan manajemen sumber daya, dan membuka kunci fitur perangkat keras yang dinonaktifkan di tingkat driver.


2

Selama Update Air mengacu pada update resmi dari produsen perangkat dan operator, update didorong secara otomatis ke perangkat Anda.

Pembaruan OTA pada dasarnya adalah pembaruan firmware resmi, karena mencakup seluruh tumpukan Android (driver, firmware, kernel, VM, aplikasi).


2

Pemahaman saya adalah bahwa mod / rom berbeda mirip dengan orang-orang seperti ubuntu dan fedora (varian linux berbeda) di dunia PC. Kernel lebih rendah dari ini, seperti ubuntu 10.10 dan fedora 14 menggunakan kernel linux 2.6.35 yang sama

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola