Apakah Matahari berputar?


79

Planet-planet berputar sebagai efek setelah penciptaan mereka, awan debu yang menekan bentang ketika mereka melakukannya dan kelembaman telah membuatnya berputar sejak saat itu.

Cukup mudah untuk membuktikan bahwa benda-benda planet berputar hanya dengan melihat fitur mereka bergerak melintasi cakrawala masing-masing.

Ini tampaknya kurang mudah untuk dilihat bagi para astronom amatir dalam hal matahari sekalipun.

Apakah Matahari juga berputar sebagai produk sampingan dari ciptaannya? Bukti apa yang ada untuk mendukung ini? Apakah matahari memiliki fitur cerdas yang membuatnya terlihat berputar?


4
Mengapa Galileo mengganggu?
Rob Jeffries

Jawaban:


80

Ya .

Meskipun tidak berputar secara seragam, bagian yang berbeda memiliki kecepatan sudut yang berbeda (seperti benda yang terbuat dari plasma, ia bisa lolos dengan ini).

Mengukur ini secara teori cukup mudah, kita hanya perlu melacak pergerakan bintik matahari. Ini tidak sesederhana menghitung perubahan dalam posisi relatif dari bintik matahari, meskipun, ketika Bumi berputar dan berputar, yang membuat perhitungan lebih sulit. Pengukuran ini dapat dilakukan dengan menggunakan bola langit (bidang bintang yang kita lihat) sebagai titik referensi "tetap" dan melihat bagaimana Bumi dan bintik matahari bergerak relatif terhadap itu.

Hampir segala sesuatu di alam semesta berputar / berputar, setidaknya sedikit, karena momentum sudut sulit untuk dihilangkan. Ia dapat ditransfer dari tubuh ke tubuh, tetapi agar tubuh berakhir dengan nol momentum sudut, ia perlu bertemu tubuh lain dengan momentum sudut yang sama persis dan bertabrakan dengannya dengan cara tertentu. Mengingat ini sangat langka, semua benda langit berputar.

Selain itu, benda yang tidak berputar yang berputar pada akhirnya akan mulai berputar karena kekuatan pasang surut.


Jadi jika matahari tidak berputar, itu akan mulai melakukannya (walaupun tampaknya sangat lambat) berkat revolusi di sekitar Bima Sakti?
VF1

32

Ya, Matahari berputar. Ini dapat diamati dengan melacak berbagai fitur pada Matahari, seperti bintik matahari, titik sinar-X, lubang koronal, filamen, dan elemen fluks magnetik kecil. Cara lain untuk menentukan kecepatan rotasi Matahari adalah dengan mengukur garis spektral di tepi cakram Matahari dan menentukan pergeseran merahnya.

Diperkirakan bahwa rotasi Matahari adalah karena cara awan gas purba runtuh dengan sendirinya untuk menciptakan Matahari. Juga, kemungkinan bahwa Matahari pada awalnya berputar jauh lebih cepat ketika awalnya terbentuk, daripada saat ini. Perlambatan ini mungkin disebabkan oleh 'kerusakan magnetik' di mana medan magnet yang kuat memasukkan Matahari purba kita ke dalam angin matahari melawan rotasi.

Hari ini, alasan bahwa Matahari berputar pada kecepatan sudut yang berbeda pada garis lintang matahari yang berbeda adalah karena efek hidromagnetik. Salah satu penyebab dianggap sifat konveksi dalam sepertiga terluar Matahari. Menariknya, di bawah amplop konvektif, di bawah batas yang disebut tachocline, Matahari berputar sebagai benda tegar. Anda dapat menemukan lebih banyak tentang ini di Schou et al., 1998


3
+1 Jawaban ini jauh lebih informatif daripada jawaban yang diterima. Anda mengemas banyak penjelasan yang jelas dan deskripsi fisik ke dalam sepuluh kalimat yang rapi!
uhoh

13

Meskipun sudah terlambat untuk menjawab pertanyaan menarik ini tetapi mencoba menambahkan beberapa poin lagi.

Ya, matahari berputar.

Sekarang muncul pertanyaan bagaimana kita bisa memeriksanya?

Kita bisa mengamati ini dengan mengamati bintik matahari . Semua bintik matahari bergerak melintasi muka Matahari. Gerakan ini merupakan bagian dari rotasi umum Matahari pada sumbunya. Pengamatan juga menunjukkan bahwa Matahari tidak berputar sebagai benda padat, tetapi berputar secara berbeda. Itu berarti bahwa ia berputar lebih cepat di ekuator Matahari dan lebih lambat di kutubnya. (Raksasa gas Jupiter dan Saturnus juga memiliki rotasi diferensial.) Pergerakan bintik matahari menunjukkan bahwa Matahari berputar sekali setiap 27 hari di ekuator, tetapi hanya sekali dalam 31 hari di kutub.

Anda dapat merujuk artikel yang menarik ini: - Apakah The Sun Rotate?


1
Inilah tempat yang bagus untuk menyaksikan pergerakan bintik matahari setiap hari: spaceweather.com
Wayfaring Stranger

Ini adalah utas lama, tetapi saya menemukan ini menarik. Matahari muda, ketika mereka baru saja terbentuk sering berputar sangat cepat. Tidak sekali setiap 31 hari, tetapi sekali sehari atau beberapa kali sehari. Ini mirip dengan skater yang berputar lebih cepat ketika dia menarik lengan mereka. Konservasi momentum sudut dapat membuat bintang-bintang muda berputar sangat cepat. Mereka melambat seiring berjalannya waktu, mungkin karena hambatan pasang surut planetary
userLTK

Tidak, mereka melambat karena kopling antara angin bintang dan medan magnet.
Rob Jeffries

6

Ya, Sun memiliki rotasi diferensial. Gerakan bintik matahari adalah salah satu bukti bahwa Matahari berputar. Rotasi diferensial menyebabkan medan magnet bengkok aneh yang menunjukkan keunggulan Matahari.



-1

Sejauh ini, semua jawaban telah menjelaskan alasan eksperimental. Tapi Anda bisa mengatakannya dengan penuh percaya diri tanpa pengamatan astronomi bahwa Matahari berputar.

Logikanya adalah bahwa setiap sistem tertutup memiliki pusat massa yang tidak berubah kecuali ditindaklanjuti oleh kekuatan eksternal. Jadi, mengingat bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari maka sistem yang membentuk Bumi dan Matahari harus memiliki pusat massa yang tidak berubah. Karena itu Matahari harus berputar untuk melawan perubahan pusat massa yang disebabkan oleh rotasi Bumi. Demikian pula halnya dengan sistem lain yang termasuk dalam tata surya kita.


1
Rotasi Matahari tidak akan melakukan apa pun yang menghalangi gerak Bumi. Matahari mengorbit pusat massa Tata Surya; itulah yang membuat pusat massa pada dasarnya tidak berubah.
HDE 226868
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola