Kapan Matahari akan mengakhiri semua kehidupan manusia di Bumi?


54

Jika tidak ada lagi yang menyapu keberadaan manusia sebelum ini, pada titik apa Matahari akan membuat Bumi tidak layak huni bagi manusia?


4
Anda sudah berasumsi kita tidak menghancurkan Matahari untuk sementara. Sumber bahan baku yang sangat bagus.
Patrick Stevens

6
@ PatrickStevens Tidak terlalu bagus. Ini terutama hidrogen dan itu tidak terlalu langka. Semua bahan itu sangat panas dan berada di dasar sumur gravitasi yang dalam. Paling tidak, kita tidak akan tidur di bawah sinar matahari sampai Jupiter hilang.
Shane

8
@corsiKa Dia menutupinya dengan, "Jika tidak ada yang menghapus keberadaan manusia sebelum ini" .
JBentley

8
Relevan: Masa depan Matahari dan Bumi yang jauh ditinjau kembali dan jawaban atas pertanyaan ini Apa yang akan terjadi pada kehidupan di Bumi ketika galaksi Andromeda dan Bima Sakti bertabrakan? Khususnya: Kita hanya punya 1, mungkin 2, miliar tahun sebelum air mendidih dari permukaan, pada titik mana saya pikir kita dapat membuat klaim bahwa Bumi tidak lagi menopang kehidupan.
Adam Davis

2
Apakah Anda berasumsi bahwa "manusia" akan sama dengan itu, dalam ribuan juta tahun, seperti kita sekarang, yang baru kita alami selama beberapa ratus ribu tahun?
CVn

Jawaban:


65

Matahari secara bertahap menjadi lebih besar dan lebih terang. Faktanya, seperti yang ditunjukkan oleh 2voyage, kecerahannya meningkat 1% setiap 100 juta tahun. Anda dapat melihat bagaimana Matahari akan berubah di masa depan dari grafik ini: ( Sumber )

masukkan deskripsi gambar di sini

Menurut makalah ini , dalam 1 miliar (skala pendek) tahun dari sekarang, luminositas yang terus meningkat akan membuat Bumi hampir tidak dapat dihuni. Suhu rata-rata akan mencapai 47 ° C, dibandingkan dengan suhu saat ini 15 ° C. Pada dasarnya tidak ada air yang tersisa, kecuali di kutub. Ini memungkinkan kehidupan sederhana bertahan hidup untuk sementara waktu.

Dengan 3,5 miliar tahun, Bumi tidak akan lagi menyerupai dirinya saat ini. Lautan, medan magnet, lapisan ozon, dan lempeng tektonik tidak akan ada lagi. Temperatur permukaannya akan meroket hingga sekitar 1.330 ° C, cukup panas untuk melelehkan batuan permukaan. Planet kita tidak lagi menyerupai titik biru pucat, dan akan lebih seperti Venus. Planet kita secara resmi mati, bersama dengan semua kehidupan di atasnya. ( Sumber )

~ 4,5 miliar tahun dari sekarang, Matahari akan menjadi raksasa merah dan mungkin mengkonsumsi Bumi. Namun, menurut makalah ini , mungkin memanaskan tubuh yang berpotensi dihuni seperti Triton, ke titik di mana mereka akan mendukung kehidupan. Sayangnya, Matahari tidak akan bertahan dalam tahap ini cukup lama - kehidupan biasanya membutuhkan miliaran tahun untuk berkembang.


39
Jawaban yang bagus, walaupun saya tidak yakin kita dapat dengan jujur ??menyatakan "kehidupan biasanya membutuhkan miliaran tahun untuk berkembang" ketika kita hanya "menyaksikan" sekali saja.
Lightness Races dengan Monica

2
@LightnessRacesinOrbit Saya setuju. Tidak jelas juga bentuk kehidupan seperti apa yang dimaksud.
dipanggil2voyage

4
@ SirCumference: Bagaimana bisa begitu?
Lightness Races dengan Monica

5
Itu juga tergantung pada definisi "berkembang" yang Anda gunakan, karena bukti paling awal untuk kehidupan yang kita miliki di sini menunjukkan bahwa kehidupan hadir dalam 400 juta tahun setelah pembentukan bumi.
whatsisname

12
Baiklah semuanya. Anda mendengar pria itu. Kita punya 1 miliar tahun sebelum benda ini tidak bisa dihuni. Ayo bergerak, teman-teman!
JS.

44

Pada titik mana matahari akan membuat bumi tidak bisa dihuni manusia?

Itu hampir terjadi pada 23 Mei 1967.
Menurut makalah sejarah yang dirilis kemarin, dirangkum dengan baik di sini di Space.com , di American Geophysical Union (penerbit kertas), dan di banyak media lainnya , sebuah ledakan matahari yang diarahkan oleh Bumi yang kuat terjadi di tanggal itu macet radar Sistem Peringatan Dini Balistik Rudal Angkatan Udara AS. Radar macet seperti itu, terutama di ketiga situs, dianggap sebagai tindakan perang, dengan Uni Soviet sebagai biang keladinya. Pesawat-pesawat yang sarat nuklir bersiap untuk menghancurkan musuh dan memulai perang nuklir yang kemungkinan akan membuat Bumi tidak layak huni bagi manusia.

Untungnya bagi kita semua, AS telah menginvestasikan sumber daya untuk memantau matahari beberapa tahun sebelumnya, dan seseorang menemukan bahwa ini adalah semburan matahari dengan cukup waktu untuk menghentikan pengiriman nuklir dan menjaga Perang Dingin tetap dingin.

Mekanika Populer menunjukkan :

Jika buletin itu tertunda beberapa menit, pesawat-pesawat nuklir itu bisa diluncurkan, dan suar matahari akan membuat mustahil untuk berkomunikasi di udara. Jika pesawat itu diluncurkan, tidak akan ada cara untuk memanggil mereka kembali.


Itu juga hampir terjadi pada 26 September 1983.
Dengan kekuatan super kembali pada ketegangan pemicu rambut, penyelarasan langka sinar matahari memantul dari awan ketinggian tinggidan orbit yang sangat elips dari satelit peringatan dini Soviet menyebabkan sistem deteksi melaporkan bahwa lima rudal balistik antarbenua, kemungkinan membawa hulu ledak nuklir, telah diluncurkan oleh Amerika Serikat terhadap Uni Soviet. Dengan hanya waktu yang singkat untuk menindaklanjuti laporan semacam itu, para pemimpin Soviet kemungkinan akan melancarkan serangan nuklir besar-besaran terhadap AS sebagai balasan atas serangan yang terdeteksi. Namun, manusia yang bertugas untuk menerima laporan deteksi ini adalah Stanislav Petrov yang terlatih sipil, yang skeptis terhadap deteksi dan mengklasifikasikan dengan benar ini sebagai alarm palsu. (Lima rudal nuklir tampaknya kecil untuk jenis serangan yang ia harapkan dari AS.) Keputusan ini telah dikreditkan dengan mencegah perang nuklir skala besar, yang sebaliknya akan dipicu oleh sinar matahari yang disalahtafsirkan.


Jadi jawaban yang mungkin adalah, " lain kali sistem sosio-teknis yang tegang kita telah membangun salah mengartikan Matahari. "

Terima kasih kepada pengguna JS untuk contoh dari September 1983, dan untuk semua orang yang kebetulan berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat dan membantu menjaga kami tetap aman.


6
Ini tidak menjawab pertanyaan kapan Matahari akan membuat Bumi layak huni. Anda cukup menyebutkan satu contoh kapan bisa .
Sir Cumference

2
Apakah "orang lain kali atau sistem otomatis atau sistem sosio-teknis yang sangat tegang yang mereka bangun salah menafsirkan peristiwa matahari sebagai agresi" akan menjadi jawaban yang lebih dapat diterima, Pak?
WBT

3
@SirCumference Belum tentu. Mungkin itu hanya jawaban yang tidak terduga! (OP bahkan bernama "Storm.") Mempelajari materi ini, saya merasa menarik. Orang lain yang peduli tentang astronomi dan / atau mencari contoh mengapa lebih penting untuk peduli tentang astronomi mungkin menganggapnya menarik juga.
WBT

3
@SirCumference Tidak ada yang bisa mengatakan kapan itu akan membuat Bumi tidak layak huni. Bahkan jawaban Anda, yang memberikan 1 miliar tahun sebagai tebakan, sementara jawaban yang baik, adalah spekulasi liar, paling-paling. 1 miliar tahun adalah waktu yang sangat lama dalam hal perkembangan teknologi manusia. Saya ragu sesuatu yang sepele seperti 47 derajat dan air di kutub akan menjadi masalah bagi umat manusia yang telah bertahan dan maju satu miliar tahun lagi. Kita baru hidup sekitar 0,02% dari satu miliar tahun, dan kita sudah bisa hidup dalam kondisi yang sangat keras seperti Antartika, atau ISS.
JBentley

4
@JBentley "Saya meragukan sesuatu yang sepele seperti 47 derajat" memberi tahu saya bahwa Anda memiliki pemahaman klimatologi yang kabur. Peningkatan rata-rata satu derajat di seluruh permukaan bumi berarti perubahan besar dalam iklim ekstrem. Ini tidak sama dengan tingkat tunggal pada kulit manusia - ini di seluruh planet. Antara 4 dan 5 derajat, hutan hujan akan terbakar dan berubah menjadi gurun. Pada akhir periode Permian (251 juta tahun yang lalu), ketika suhu global naik hanya enam derajat, 95% spesies musnah. 47 derajat akan mengubah planet ini menjadi batuan terpencil di ruang angkasa.
Sir Cumference

12

Menurut garis waktu Wikipedia di masa depan, ini akan terjadi setidaknya dalam 800 juta tahun dari sekarang:

Tingkat karbon dioksida jatuh ke titik di mana fotosintesis C4 tidak lagi mungkin. Oksigen dan ozon bebas hilang dari atmosfer. Kehidupan multiseluler mati.

Tapi itu mungkin sudah berakhir 200 juta tahun sebelumnya:

Luminositas Matahari yang meningkat mulai mengganggu siklus karbonat-silikat; luminositas yang lebih tinggi meningkatkan pelapukan batuan permukaan, yang memerangkap karbon dioksida di tanah sebagai karbonat. Saat air menguap dari permukaan bumi, batu mengeras, menyebabkan lempeng tektonik melambat dan akhirnya berhenti. Tanpa gunung berapi untuk mendaur ulang karbon ke atmosfer bumi, kadar karbon dioksida mulai turun. Pada saat ini, kadar karbon dioksida akan turun ke titik di mana fotosintesis C3 tidak lagi memungkinkan. Semua tanaman yang menggunakan fotosintesis C3 (~ 99 persen dari spesies saat ini) akan mati.


Sudah ada upaya untuk merekayasa fotosintesis C4 secara genetik ke dalam tanaman - 600My harus cukup lama untuk memecahkannya. Dan tidak mengherankan jika kita dapat meningkatkan sumber geologis CO of saat itu.
Chris H

1
Saya berasumsi bahwa kekurangan oksigen bebas disebabkan oleh kurangnya fotosintesis dan akan terhindarkan jika kita dapat memasok CO2
Chris H

2
Pertanyaan OP adalah kapan Matahari membuat Bumi tidak bisa dihuni manusia, bukan ketika perubahan atmosfer terjadi.
Sir Cumference

5
@Sir Cumference: Perubahan atmosfer disebabkan oleh meningkatnya luminocity matahari. Saya memperpanjang kutipan yang sesuai dalam jawaban saya.
Sebastian

2
Tentu saja, ini adalah jenis prediksi yang mengasumsikan bahwa segala sesuatu kecuali kuantitas yang dipantau tetap sama. Misalnya, ketika kadar karbon dioksida turun perlahan, fotosintesis C4 (atau pendekatan apa pun yang lebih baik saat ini) akan sangat disukai - pada saat tanaman C3 mulai mati, tidak akan ada lagi yang tersisa di tempat pertama. Dan dengan tektonik lempeng terhenti, banyak karbon tidak akan kembali ke mantel untuk membutuhkan daur ulang - yang Anda butuhkan hanyalah kehidupan yang mendaur ulang karbonat, bukan tidak mungkin terutama dengan meningkatnya energi matahari.
Luaan

4

Saya membaca buku bagus yang membahas skenario matahari yang mengembang. Saya tidak ingat garis waktu tetapi pada suatu saat dalam hidupnya matahari akan tumbuh lebih besar dan menelan Merkurius dan bumi akan menjadi terlalu panas untuk menopang kehidupan.

Saya pikir ini adalah skenario yang Anda tanyakan dan orang lain telah menjawab, tetapi dalam buku itu ia menunjukkan bahwa selama skala waktu yang terlibat, itu bukan masalah yang sangat besar bagi peradaban ruang angkasa untuk memindahkan Bumi ke tempat yang aman. jarak kemudian kembali ketika matahari menyusut.

Saya akan mengharapkan beberapa jenis teknologi tingkat Star Trek, tetapi dia menjelaskan cara menggunakan traktor Gravitasi sederhana (tidak menjadi bingung dengan Tractor Beam) untuk menyesuaikan jalur penerbangan komet untuk mempercepat bumi (kebalikan dari ketapel gravitasi yang digunakan untuk mempercepat probe ruang kita saat ini) memindahkannya lebih jauh dari matahari.

Jadi untuk menjawab pertanyaan awal Anda dengan asumsi kehidupan manusia di bumi masih maju dan luar angkasa, kehidupan manusia di bumi dapat bertahan sampai matahari terbakar dan mungkin sedikit lebih dari itu.


1
Matahari akan menjadi raksasa merah dan menelan Merkurius dan mungkin Venus dalam waktu sekitar 5 miliar tahun, tetapi itu akan membuat Bumi terlalu panas untuk sebagian besar kehidupan jauh sebelum itu. Meningkatnya luminositas matahari dapat membuat kehidupan tidak berkelanjutan bagi kita manusia hanya dalam waktu 600 juta tahun. Traktor gravitasi akan membutuhkan banyak kerja dan energi, tetapi dengan 600 juta tahun untuk mencapainya, itu tentu saja mungkin. Bantuan gravitasi juga dimungkinkan.
userLTK

Jawaban di atas adalah pengingat untuk tidak menghitung sumber daya manusia (jika kita tidak bunuh diri terlebih dahulu). Saya pikir kita akan dapat dan harus memindahkan Bumi lebih jauh dari Matahari selama periode 600 juta tahun (atau lebih). Tidak akan pernah ada tempat yang lebih baik untuk kehidupan di Bumi (termasuk manusia) daripada tempat kita berevolusi bersama selama 4 miliar tahun. Saya pikir pertanyaannya mengasumsikan bahwa kita tidak menggerakkan Bumi.
Jack R. Woods

3

Saya akan sangat terkejut jika matahari mengakhiri semua kehidupan di Bumi.

1) Jika kita peduli dengan Bumi, kita akan memindahkannya. Jika kita masih ada pada saat itu maka itu pasti akan berada dalam teknologi kita.

2) Saya akan mengatakan hasil yang paling mungkin (dengan asumsi kita selamat) adalah bahwa Bumi dibongkar untuk bahan bangunan. Banyak sekali massa yang digunakan sebagai sumber gravitasi - sangat tidak efisien.


1
Saya pikir cermin orbital di L1 akan memecahkan masalah lebih mudah.
user259412
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola