Mungkinkah dinosaurus melihat asteroid yang membunuh mereka?


69

Wikipedia mengatakan penabrak Chicxulub dianggap sebagai objek berdiameter 10-15 km. Apakah itu akan terlihat oleh mata telanjang (manusia * ) sebelum tumbukan? Dan jika demikian, apakah itu akan tampak seperti bintang yang tumbuh semakin cerah setiap malam?

* Saya tahu, tidak ada manusia pada saat itu.


37
Saya berasumsi jika Anda benar di bawahnya , Anda pasti akan dapat melihatnya, Anda tahu, sebelum menghantam Anda.
Valorum

4
Kemungkinannya adalah jika mereka tidak melihatnya, mereka merasakannya.
Neil Meyer

4
Banyak dinosaurus tampaknya memiliki bubungan di mata dan leher mereka yang tidak fleksibel sehingga apakah mereka dapat melihat ke atas sama sekali masih dipertanyakan.
hwerwerh

3
Tidak, mereka hanya melihat makanan yang mereka makan. Itu yang membunuh mereka.
Mikhail Katz

3
Itu dan asteroid :-)
Laurence Payne

Jawaban:


88

Objek yang terkena dampak tata surya akan memiliki kecepatan penutupan relatif dari sekitar 11 hingga 72 km / s .

a=520d=1.14m=5.2f=f010?0.4mf0

fnandn

fn=f(ana)2(1+d1+dn)2(ddn)2

mn=m?2.5log?(f/fn)

fnfan=10

dn2(1+dn)20.0022

dn?1dn0.047

Bergerak dengan kecepatan 30 km / dtk, maka ia semakin dekat dengan 2,6 juta km per hari, sehingga menghantam Bumi sekitar 3 hari setelah menjadi objek mata telanjang. Jelas ini akan lebih lama untuk kecepatan pendekatan yang lebih lambat atau untuk asteroid yang lebih besar atau lebih reflektif. Tetapi lebih pendek untuk asteroid yang lebih kecil, lebih cepat atau jika asteroid mendekat dari arah yang tidak sepenuhnya diterangi oleh Matahari.

Dengan demikian tampaknya bagi saya bahwa ada adalah berbagai masuk akal parameter dan lintasan di mana asteroid dinosaurus-membunuh dapat diamati dan kemudian mengamati tumbuh lebih cerah selama beberapa malam, tapi mungkin tidak lebih lama dari itu.


3
Asumsi yang tidak tertulis adalah bahwa mata dinosaurus sama bagusnya dengan penglihatan malam seperti mata manusia, tidak lebih baik atau lebih buruk :)
gerrit

13
Pertanyaan @gerrit mengatakan mata telanjang "manusia". Tidak ada asumsi yang tidak tertulis di sana.
Rob Jeffries

5
itu akan lebih cerah daripada venus selama 20 menit dan lebih terang dari bulan selama sekitar 3 menit jika Anda berada pada 2000 mil yang sama.
com.prehensible

8
@gerrit Sebagian besar spesies dinosaurus yang ada memiliki penglihatan yang lebih baik daripada mamalia rata-rata Anda, jadi hal yang sama mungkin berlaku untuk spesies yang punah.
Mike Scott

2
@MikeScott Meskipun ini bukan saran yang sepenuhnya tidak masuk akal, itu tidak menyebutkan bahwa dinosaurus yang masih ada adalah a) secara agregat lebih kecil, jadi lebih bergantung pada penglihatan yang bagus, b) hampir terbang secara universal, jadi lebih tergantung pada penglihatan kasar, dan lebih tergantung pada perincian yang tajam pada kisaran, dan c) memiliki 65 juta tahun dinosaurus pada saudara-saudara mereka yang sudah punah.
Williham Totland

9

Condrite berkarbon memiliki reflektifitas yang sama dengan bulan sekitar 7-13%.

Jika ada es, jika ekornya 10 kali lebih kecil dari hujan es, itu akan menutupi separuh langit. itu bisa membuat tampilan yang luar biasa dalam 1-2 hari sebelum tabrakan, karena itu sedekat matahari dengan hale bopp, penampakan astronomi paling terang dalam sejarah, meskipun itu 100 kali lebih dekat ke bumi pada hari-hari terakhir daripada Hale Bopp. Jejak Hale Bopps adalah 1,5 juta km, jadi asteroid KT akan membutuhkan ekor 100 kali lebih kecil, untuk tampil seterang Hale Bopp dalam 2 hari terakhir! https://www.google.com/amp/s/www.space.com/amp/20354-dinosaur-extinction-caused-by-comet.html

jarak bulan / diameter bulan = bulan berjarak 107 bulan, jadi Anda dapat menutupi bulan dengan ibu jari pada panjang lengan (~ 1 cm / 107 cm) dan penabrak akan berukuran hampir ibu jari di: diameter komet * 107 = 1500 km.

Jika Anda berada 1000km selatan Chixculub, itu akan tetap berukuran ibu jari secara konstan selama 10-20 detik ketika tiba dari Tenggara pada 60 derajat, dan pada saat itu ia akan melakukan perjalanan dari 1500km di atas ke 1000km di cakrawala. Grafik menunjukkan bahwa ia memiliki periode rotasi sekitar 2 hingga 10 detik, jadi itu akan berputar secara nyata.

masukkan deskripsi gambar di sini

Jika Anda 100 km jauhnya dari benturan, itu akan tumbuh dari ukuran ibu jari ke ukuran tangan selama 10-20 detik. Kemudian akan mencapai atmosfer pada 50 km dan langit akan menyala sekitar 5 detik sebelum jatuh.

Untuk sebagian besar dinosaurus jauh, itu seperti memegang kacang polong atau batang korek api sepanjang lengan.

Mungkin itu akan menjadi lebih terang daripada venus dari jarak 75000 km itu sekitar 125 menit sebelum dampak.

Itu akan seperti lalat api mendarat perlahan di lapangan tenis jika dino itu berada di sisi lain dunia.

Mamalia adalah nokturnal sebelum dampak yang mengapa mamalia telah mengembangkan kumis, pendengaran yang mengagumkan dan hanya fotoreseptor bikromatik GB, dan kulit mamalia terbakar dari UV. Hanya primata yang memiliki RGB Dinosaurus yang memiliki RGB karena burung memiliki gen yang sama untuk menyandikan fotoreseptor merah seperti kura-kura yang juga dapat melihat warna merah, sehingga para ilmuwan berpikir bahwa dino memiliki penglihatan sebagus burung, dan memiliki penglihatan yang lebih baik daripada mamalia, terutama digunakan untuk mendeteksi pergerakan dan untuk terbang.

EDIT: Di wiki, perkiraan diameter komet telah berubah menjadi 10-80km. Komet Hale-Bopp berjarak 20-40 km, dan terlihat selama berbulan-bulan sebagai salah satu komet paling terang dalam sejarah manusia, dengan aphelion yang sama yaitu 0,914AU. Itu menyiratkan bahwa komet dinosaurus mungkin telah terlihat selama beberapa hari sebelum dampak, karena itu akan menjadi 5 kali lebih dekat daripada Hale-Bopp pada akhirnya. Mungkin saja itu sangat cerah di langit selama seminggu sebelum tumbukan.


1
Bisakah Anda bayangkan melihat objek berukuran bulan selama 10-20 detik sebelum tumbukan? Saya suka jawaban Anda, bahkan jika itu memerlukan kutipan, karena saya suka memikirkan seperti apa benda itu nantinya. Setelah menyentuh atmosfer, itu adalah bola api, tetapi objek 5 km akan berukuran sekitar 550 km (atau beberapa detik) jika Anda berada di bawahnya. Dampak paling menyenangkan adalah objek dekat Bumi, di mana jarak bumi tidak secara signifikan mempercepatnya pada awalnya, sehingga ia tumbuh lebih besar secara perlahan dan Anda bisa menontonnya seiring waktu, beberapa hari mungkin satu atau dua minggu sebagai bulan ke-2, seperti itu bergerak lebih dekat dan lebih mengancam.
userLTK

1
Sejumlah besar klaim, tidak ada referensi atau perhitungan untuk mendukungnya, dan tiga paragraf yang tidak dapat dipahami atau tidak relevan atau salah secara faktual. Bulan sedikit lebih besar dari 15 km dan sedikit lebih jauh dari 1470 km.
Nij

Komet itu 15km, seperti yang tertulis di posting pertama, jadi komet itu akan sebesar bulan di 1470km, aku akan mengeditnya agar lebih jelas. maaf soal itu.
com.prehensible
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola