Apa lagi yang bisa diamati Teleskop Horison Acara?


11

Event Horizon Telescope dimungkinkan untuk mengamati detail lubang hitam supermasif. Ini membutuhkan banyak pekerjaan untuk menginstal teleskop ekstra dan mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk melakukan VLBI pada panjang gelombang yang pendek. Mereka telah mencapai resolusi spasial sekitar 25 mikro busur detik, sebanding dengan data astrometri dari wahana antariksa Gaia, tetapi dioptimalkan untuk tujuan yang sangat berbeda.

Jadi pertanyaan saya adalah apa lagi yang bisa mereka amati? Apa target ilmiah yang memiliki detail menarik pada skala sudut itu dan memancarkan radiasi yang cukup pada panjang gelombang itu untuk diamati?


EHT dapat digunakan untuk memantau bagaimana cakram akresi di sekitar M87 dan Sgr A * berkembang seiring waktu. Selain itu, saya tidak yakin. Bisakah ini digunakan untuk memeriksa jet dari galaksi aktif lainnya secara lebih detail?
MichaelB76

Ada dua jawaban bagus, dari Dave Gremlin dan Rob Jeffries. Saya telah memberikan hadiah kepada Dave dan menerima jawaban Rob sebagai jawaban terdekat yang bisa saya berikan untuk berbagi kredit.
Steve Linton

Jawaban:


4

Jika kita dapat mengasumsikan bahwa sebagian besar emisi gelombang mm dari bintang biasa adalah fotosfer, maka EHT dapat memberikan kontribusi besar untuk mengukur jari-jari bintang.

Pada saat ini, sifat dasar ini hanya dapat diukur untuk bintang-bintang dalam binari gerhana periode pendek atau untuk sekumpulan kecil bintang terdekat dan bintang raksasa yang lebih jauh menggunakan interferometri inframerah.

Keadaan seni untuk yang terakhir adalah array CHARA , dengan resolusi sudut 200 microarcsec. EHT dapat melakukan 10 kali lebih baik, membuka target seribu kali lebih banyak untuk pengukuran radius sudut, yang sekarang dapat dikombinasikan dengan paralaks Gaia untuk menghasilkan jari-jari fisik.

Ini berarti bahwa kita dapat menyelidiki dengan baik hubungan massa-jari-jari pada bintang bermassa rendah, menentukan apakah rotasi cepat dan / atau medan magnet membuatnya lebih besar. Ini juga akan mengarah pada penentuan yang lebih baik dari sifat-sifat transit exoplanet.

10

Tempat lain di mana resolusi super pada panjang gelombang mm akan sangat menguntungkan, adalah dalam studi disk protoplanet. Observatorium ALMA mm-wave telah menghasilkan beberapa gambar cakram yang sangat indah di sekitar bintang-bintang muda di dekatnya dengan resolusi puluhan miliarcsec. Ini mengungkapkan kemungkinan jejak cincin dan celah yang menandai awal pembentukan planet. Agaknya, pengamatan pada skala yang jauh lebih baik dapat digunakan untuk menguji model hidrodinamik yang terperinci.

Tentu saja, saya tidak tahu apakah salah satu di atas layak dalam hal kecerahan permukaan sumber!


4

Bagaimana dengan Betelgeuse ?

Betelgeuse berjarak sekitar 640 tahun cahaya dibandingkan dengan 54 juta tahun cahaya untuk M87. Ini memiliki diameter sudut 0,042-0,056 detik busur sedangkan resolusi yang dikutip dari EHT adalah 0,000025 detik busur sehingga Anda akan mengharapkan beberapa detail pada permukaannya.

Betelgeuse tampaknya sedang mengalami sejumlah perubahan cepat sekarang. Ini adalah bintang muda namun sangat masif dan sedang berpacu melalui evolusinya. Umurnya baru sepuluh juta tahun tetapi diperkirakan akan meledak sebagai supernova tipe II dalam jutaan tahun mendatang.

Gambar terbaik dari Betelgeuse adalah ini dari ALMA

Gambar Betegeuse oleh teleskop ALMA

Saya kira masalah dengan pertanyaan ini adalah bahwa ada banyak, banyak peneliti dan tim yang ingin waktu EHT untuk menyelidiki barang-barang mereka, tetapi masing-masing teleskop sudah berkomitmen untuk proyek lain. Orang- orang EHT berhasil melakukan ini karena sifat sensasional dari target, sebuah lubang hitam! Tidak ada subjek lain dalam astronomi yang akan mendapatkan perhatian begitu banyak, begitu banyak institut bekerja bersama, dan mendatangkan dana dan waktu


2
Struktur mm-wave apa yang diharapkan saat melihat Betelgeuse?
Rob Jeffries

0

Mungkin Anda bisa melihat beberapa objek paling jauh yang dikenal? Setidaknya ada satu galaksi yang diketahui pada Z = 11. Akan jauh inframerah pada sumbernya jadi saya kira Anda mungkin melihat sedikit bahkan jika itu tidak memancarkan banyak frekuensi radio. Anda juga memiliki quasar paling jauh , quasar paling cerdas secara optik dan quasar terdekat .

Cygnus A tampaknya sudah diselidiki menggunakan VLBI beberapa tahun yang lalu.


Anda salah paham di sini. Ini tidak menggunakan resolusi spasial array yang luar biasa.
Rob Jeffries
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>|