Bagaimana Bumi bergerak di langit seperti yang terlihat dari Bulan?


63

Saya hanya ingin memastikan saya memvisualisasikan ini dengan benar, karena rasanya aneh. Bulan terkunci secara tidal ke Bumi tetapi ada goyangan karena gerakannya karena persembahan. Jadi dari titik di permukaan sisi dekat Bulan, Bumi akan selalu berada di dekat tempat yang sama di langit? Itu akan menggambarkan lingkaran kecil atau goyangan dari sisi ke sisi selama sebulan, tetapi tidak pernah bergerak jauh dari titik itu?

Itu akan tampak sangat aneh, seperti itu adalah alat peraga panggung raksasa atau sesuatu. Kami sangat terkondisi sehingga semuanya naik dan terbenam (kecuali beberapa bintang di dekat kutub).


Mungkin ini telah ditanyakan menggunakan terminologi yang tidak saya kenal. Saya mencari tetapi tidak menemukan apa pun.
pemegang kim

Menurut stellarium, bulan melacak lingkaran dengan diameter sekitar 10-15 derajat, tetapi ini mungkin hanya persembahan khusus.
barrycarter

Maaf, ya, itulah yang saya maksud. Itu salah ketik dan saya tidak bisa mengeditnya sekarang (terlalu banyak waktu telah berlalu).
barrycarter

@barrycarter Tetapi Anda dapat menghapus komentar asli Anda dan menggantinya dengan yang benar!
David Richerby

@DavidRicherby Saya tidak suka menghapus komentar karena mengganggu alur utas (misalnya, respons terhadap komentar yang tidak ada lagi). Plus, saya memiliki banyak kebencian diri untuk curhat;)
barrycarter

Jawaban:


45

Masih baru di stellarium tetapi di sini ada beberapa tangkapan cepat gif yang berlangsung satu bulan . Maaf tentang kualitas - terbatas 256 warna untuk gif kecil. Tanggal di sudut kiri bawah. Ngomong-ngomong matahari tentu saja paling terang dan saya menggunakannya sebagai referensi untuk merekam (mulai merekam ketika matahari berada dalam bingkai kemudian berhenti ketika muncul lagi di posisi yang sama yaitu kira-kira satu bulan)

Lokasi di Bulan: Laut Ketenangan

Anda melihat lurus ke atas

Garis kuning adalah azimuth

masukkan deskripsi gambar di sini

gambar kedua:

Tampilan bumi yang diperbesar

Satu hari penuh 24 jam (beri atau luangkan beberapa menit)

Lokasi di Bulan: Laut Ketenangan

Anda melihat lurus ke atas

Garis kuning adalah azimuth (gif itu sendiri diputar kurang lebih sesuai dengan orientasi garis azimuth 260 derajat pada gambar pertama)

masukkan deskripsi gambar di sini

Jawaban untuk komentar Emilio Pisanty tentang apakah osilasi terdeteksi oleh mata

stellarium

Bidang pandang 60 derajat (tampilan default ketika stellarium pertama kali dibuka)

Gambar 3

Memperlihatkan salah satu ujung osilasi dekat garis azimuth 200 (lihat panah kuning)

ujung elips dekat 185 garis azimuth

Anda dapat menggunakan Gemini (sudut kanan bawah) untuk referensi (lihat panah kuning) dari kepala ke selangkangan satu kembar Gemini akan menjadi referensi yang baik untuk seberapa lebar osilasi (tidak yakin apakah jam matahari Anda dapat mendeteksi perbedaannya)

masukkan deskripsi gambar di sini

gambar 4

menunjukkan ujung osilasi dekat 185 azimuth line (lihat panah kuning)

masukkan deskripsi gambar di sini

gambar 5 menunjukkan pengaturan lokasi stellarium saya di bulan

masukkan deskripsi gambar di sini


1
Bagus! Jawaban lain telah membahas segalanya kecuali pergerakan Bumi melintasi langit seperti yang terlihat dari Bulan. Jika saya memahaminya dengan benar, gerakan Bumi yang tampak adalah karena dua efek librasi : Eksentrisitas orbit bulan dan kecenderungan kecil sumbu rotasi bulan relatif terhadap bidang orbitnya. (The Moon tidak memiliki efek libration diurnal).
LocalFluff

Ya. pada gambar di bawah Anda hampir tidak bisa melihat ukuran bumi berubah. Saat ini saya memperlambat gif dan akan memperbarui secepat yang saya bisa
tls

Pada titik apa di bulan ini?
pemegang kim

Lautan Ketenangan. Saya memutar kamera sedikit untuk mendapatkan tanggal ke dalam frame.
tl

1
Terdeteksi Mungkin. Saya akan mencoba memposting gif lain, yang mencakup cakrawala bulan. Seperti Anda melihat osilasi bumi dengan cakrawala bulan di latar depan. Saya harus mengubah lokasi pemirsa ke suatu tempat (acak) di dekat bagian utara bulan untuk menempatkan osilasi Bumi yang terlihat di dekat cakrawala bulan. Apakah itu baik-baik saja?
tl

40

Anda benar. Bumi akan selalu muncul di lokasi yang kira-kira sama di langit, jika dilihat dari suatu titik di permukaan bulan. Dan itu akan terlihat berputar, benua yang masuk dan keluar dari pandangan selama hari Bumi (24 jam). Matahari akan melintasi langit, dari satu cakrawala ke cakrawala lainnya dalam waktu sekitar dua minggu, untuk bangkit kembali dalam dua minggu lagi.

Ini mungkin terdengar aneh, karena batu yang kita hidupi berputar cukup cepat relatif terhadap titik referensi yang paling jelas. Secara umum (dengan asumsi bahwa Anda melihat dari tempat yang tidak terlalu dekat dengan salah satu kutub) mayat yang kita lihat di langit naik di Timur, dan terletak di Barat sekitar 12 jam kemudian. Tetapi jika Anda melihat lebih dekat, Anda mulai melihat bahwa ini bukan keseluruhan cerita. Setiap malam, bulan terbit dan terbenam hampir satu jam lebih lambat dari malam sebelumnya. Bintang-bintang yang bisa Anda lihat pada malam hari bergeser selama satu tahun. Dan planet-planet bergerak dalam pola yang aneh sehingga sebelum Copernicus (setidaknya di Eropa), mereka tampaknya hanya berkeliaran .

Dan tidak semuanya tampak bergerak melintasi langit. Seperti yang Anda sebutkan, Polaris, bintang utara, tampaknya menggantung di satu tempat sepanjang waktu, meskipun Anda tidak dapat melihatnya di siang hari. Tetapi bahkan dengan mempertimbangkan semua ini, gagasan tentang sebuah planet besar yang hanya menggantung di satu tempat sepanjang waktu di langit, mungkin masih tampak ... um, alien. Dan untuk itu, saya bisa bilang, kita sudah lama berada di planet yang satu ini. Pasti terasa seperti rumah.


10
Saya bertaruh pada bulan orang telah tertarik bahwa selama beberapa ratus tahun terakhir mereka telah melihat sisi gelap bumi menjadi lebih cerah.
corsiKa

1
@corsiKa pertanyaan lanjutan: apakah dampak manusia di bumi menciptakan perbedaan dalam kecerahan "sisi gelap" Bumi, dilihat dari Bulan?
Tim

@TimGostony Itu pertanyaan yang sangat menarik. Saya membuat pertanyaan baru untuk itu di sini: astronomy.stackexchange.com/q/8105/2934 . Saya menyertakan gambar yang saya pikir dapat menunjukkan lampu buatan di Bumi seperti yang terlihat dari bulan, tapi saya tidak 100% yakin itu yang saya lihat.
reirab

Dan jika Anda berada di lintang selatan yang lebih tinggi dari bulan, Bumi selalu berada di tempat yang sama - terbalik. :
Pemegang

3
@ Jean Tidak. Sisi "gelap" bulan sebenarnya tidak gelap sepanjang waktu. Kita tidak pernah melihatnya (selain ketika kita menerbangkan pesawat ruang angkasa ke sisi lain). Sisi yang sama dari bulan selalu menghadap Bumi, tetapi ketika bulan berputar mengelilingi Bumi, yang hanya membutuhkan waktu lebih dari 4 minggu, matahari bersinar di berbagai sisi bulan. Ketika kita di Bumi melihat bulan purnama, itu karena matahari dan bulan berada di sisi Bumi yang berseberangan. Jadi sisi yang menghadap kita sepenuhnya menyala. Di bulan baru, bulan berada di sisi yang sama dengan matahari, jadi sisi bulan kita gelap, tetapi sisi "gelap" sebenarnya sepenuhnya menyala.
Mark Bailey

18

Untuk menambah jawaban Mark Bailey; Bumi memang akan menggantung di langit dan berputar, tetapi ia juga akan bertambah dan menyusut selama satu hari lunar (27,3 hari Bumi).

Mulai saat fajar di bulan, Bumi akan setengah penuh. Bumi kemudian akan menyusut (lebih banyak bayangan) menuju siang bulan. Pada siang bulan, Bumi akan semua dalam bayangan (Bumi Baru) dan cukup dekat dengan matahari. Dengan teleskop (untuk menghilangkan matahari), seorang lunian akan melihat cahaya kota dan cahaya atmosfer di sekitar tepinya.

Selama sore bulan, Bumi akan menjadi lilin (kurang bayangan) dan setengah penuh lagi (di sisi lain) saat matahari terbenam di bulan. Bumi Penuh akan terjadi pada tengah malam bulan. Ini akan menjadi sekitar 16 kali lebih terang dari Bulan purnama di Bumi, sehingga tidak pernah benar-benar gelap di Sisi Dekat bulan. Bumi kemudian akan menyusut lagi sampai setengah penuh saat fajar di bulan.


3
Dan Bumi Penuh adalah saat bulan serigala keluar
Jon Story

2
Belum lagi gerhana matahari akan luar biasa, sedangkan gerhana bumi (nomenklatur?) Tidak akan sedekat gerhana bulan.
Benjam

3
@ Benjam Saya pikir terestrial adalah kata yang Anda cari. Gerhana matahari Bumi / gerhana terestrial bulan adalah Matahari> Bulan> Bumi; gerhana matahari bulan / gerhana bulan bumi adalah Matahari> Bumi> Bulan;
Tim S.

2
Gerhana terran?
pemegang kim

2
@briligg Kelihatannya lebih seperti itu, tapi akhirnya, kita akan membutuhkan gerhana Zerg, dan gerhana Protoss. ;)
Benjam

10

Untuk memperluas sedikit lagi, ya Bumi akan menggantung di tempat yang sama di langit, bergerak dalam lingkaran kecil saat bulan berputar di sekelilingnya selama masing-masing orbit 28 hari. Itu akan memiliki fase, Bumi penuh ketika bulan berada di antara itu dan matahari, Bumi baru ketika Bumi berada di antara bulan dan matahari, dan lilin dan menyusut antara dua titik ini. Setiap kali Bumi penuh, bagian yang berbeda akan terlihat dari bulan, tergantung pada musim dan bagaimana hal itu terjadi untuk berbaris ketika Bumi penuh terjadi.

Bumi akan bergulir di langit sesuai dengan musim di Bumi dan presesi orbit bulan. Bulan hanya miring 1,5 derajat dari ekliptika dan karenanya pada dasarnya tidak memiliki musim. Orbit bulan dimiringkan 5 derajat dari ekliptika, sehingga ketika terjauh ke selatan bidang tata surya, lebih banyak bagian selatan planet kita yang terlihat, dan sebaliknya ketika itu adalah yang terjauh di utara. Tetapi Bumi dimiringkan 23 derajat dari ekliptika, jadi inilah yang sebagian besar akan menentukan bagian mana yang terlihat dari bulan. Berikut ini adalah ringkasan yang bagus dari hubungan Bumi dan Bulan. Jarak antara kedua badan itu bukan untuk skala, tetapi ukuran relatif dari satu ke yang lain adalah untuk skala.

orbit bulan di sekitar Bumi

Pada bulan Desember, Antartika akan terlihat - seperti pada foto Blue Marble yang terkenal dari Apollo 17, diambil pada 7 Desember 1972.

Apollo 17 memotret Bumi, menunjukkan Afrika, Arab, dan Antartika.

(Versi foto ini seharusnya seperti di foto aslinya. Mereka membawanya ke bulan, jadi orientasi kamera adalah satu-satunya hal yang menentukan ke arah mana 'naik'. Jika Anda di bulan di garis lintang paling selatan, ini sebenarnya terlihat dari sudut pandang Anda.)

Pada bulan Juli, Arktik akan terlihat. Apollo 11 mengambil foto ini pada 16 Juli 1969, ketika mereka setengah jalan ke bulan.

Apollo 11 foto Bumi, menunjukkan Afrika, Eropa, dan Timur Tengah

Di sini sebenarnya Anda tidak melihat banyak Kutub Utara. Orbit bulan telah membawanya sedikit ke selatan Bumi pada saat itu. Menuju ke sana berarti pergi ke selatan sedikit, jadi ketika mereka melihat kembali ke Bumi, mereka melihat jauh lebih sedikit ke utara.

Untuk memperjelas, sesuatu yang TIDAK PERNAH Anda lihat adalah ini, yang telah banyak disalahpahami sebagai foto seluruh planet dari ruang angkasa. Sebenarnya itu adalah foto sudut super lebar yang diambil dari orbit rendah bumi - garis horizon adalah untuk bagian dunia yang bisa dilihat oleh satelit, bukan belahan bumi.

masukkan deskripsi gambar di sini

Jika Anda memikirkannya sejenak, Anda menyadari ini tidak mungkin benar. Amerika Serikat adalah raksasa, jika benar-benar ukuran ini Kanada akan menempati seluruh Arktik dan berguling ke sisi lain dunia, menggusur sebagian besar Rusia. Argentina dan Chili akan menggantikan Antartika.


Gambar terakhir mengingatkan saya pada pembukaan Moral Orel di mana separuh dunia hanya memiliki AS di atasnya, bahkan Kanada atau Meksiko!
CJ Dennis

Dalam foto 11 Juli 1969 kita tidak dapat melihat Artic karena posisi Bulan. Jika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi kita akan melihat Bumi penuh dan Artik - atau setidaknya sebagian besar darinya.
Pere

Inilah sebabnya mengapa Bumi dengan bulan tidak dapat memiliki cincin planet yang jelas. Goyangan dan kemiringan Bulan menjadi luar biasa.
Muze Troll yang bagus.

Saya tidak terlihat tetapi Bumi juga akan bertambah dan berkurang ukurannya. Selama bulan baru akan menjadi gelap tetapi dengan Matahari memantul dari Bumi ke Bulan itu harus 80 kali lebih cerah lalu seperti apa bulan purnama dari Bumi?
Muze Troll yang bagus.
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola