Bagaimana saya bisa menambahkan kawat "C" ke termostat saya?


93

Jadi, termostat wi-fi baru yang keren menginginkan daya pada kawat C dari termostat, tetapi termostat lama tidak memiliki kawat C di situ. Apa cara termudah untuk menambahkan kabel C / 24 volt ke lokasi termostat?


Apakah ada kabel tambahan di kabel?
Tester101

Sayangnya, tidak, hanya 4 yang sudah berakhir pada termostat - Merah, Putih, Hijau, Kuning
Aaron

Bisakah Anda menjalankan jumper dari salah satu kabel lainnya? Seperti melompat merah ke C

1
@ Elcook melompat netral dengan panas hanya akan menghasilkan singkat. Anda membutuhkan kabel yang tidak digunakan, atau yang Anda tidak keberatan selalu aktif (mis. Kipas angin).
BMitch

1
@ user9956 ya, semua kabel benar-benar tidak melakukan apa-apa kecuali di mana Anda memilikinya. Jika Anda memilih untuk mengatur ulang semuanya agar sesuai dengan tujuan Anda, itu tidak masalah.
Aaron

Jawaban:


124

Lebih dari yang ingin Anda ketahui tentang Ckawat:

Mari kita mulai dengan menjelaskan apa itu Ckawat, dan mengapa itu diperlukan.

Kamu sudah tua termostat

Di masa lalu, termostat adalah alat sakelar sederhana, yang menggunakan Sakelar Merkurius untuk melengkapi sirkuit dan menghidupkan panas / AC.

Saklar merkuri biasa digunakan pada termostat bimetal. Berat dari penurunan merkuri bergerak memberikan beberapa histeresis dengan menggerakkan pegas bimetal sedikit melebihi titik yang biasanya diasumsikan, sehingga menahan termostat sedikit lebih lama sebelum membalik ke keadaan aktif dan kemudian memegang termostat sedikit lebih lama sebelum membalik kembali ke off state. Merkuri juga memberikan aksi switching on / off yang sangat positif dan dapat menahan jutaan siklus tanpa degradasi kontak. Sumber

Karena itu, tidak ada alasan untuk menjalankan kawat balik ke termostat. Misalnya termostat yang hanya mengendalikan panas, hanya akan membutuhkan 2 kabel.

Kabel termostat tanpa kabel C.

Kabel termostat tanpa kabel C menunjukkan listrik

Selamat datang di masa depan

Termostat baru yang menawarkan jam, tampilan lampu latar, WiFi, dll. Dikontrol menggunakan papan sirkuit dan sirkuit terintegrasi. Sirkuit baru ini memerlukan jalur untuk listrik untuk kembali ke sumbernya, dan karenanya membutuhkan kabel tambahan. Kawat baru ini dikenal sebagai Ckawat, atau Commonkawat.

Kabel termostat dengan kabel C.

Kabel termostat dengan kabel C yang menunjukkan listrik

Bagaimana cara mendapatkan Ckawat?

Jika Anda beruntung ketika Anda memutakhirkan ke termostat yang lebih baru yang memerlukan koneksi ini, akan ada kabel tambahan (tidak terpakai) pada kabel di termostat. Jika tidak, Anda harus menjalankan kabel baru ke termostat.

Jika Anda memiliki panas dan AC, Anda harus menarik kabel 18/5. Jika Anda baru saja memanaskannya, Anda dapat melepaskannya dengan menarik kabel 18/3, tetapi Anda mungkin ingin tetap menarik 18/5 agar penambahan AC di masa depan lebih mudah.

masukkan deskripsi gambar di sini

Apa yang dilakukan semua kabel ini?

Tidak ada standar untuk warna kawat, sehingga kawat apa pun dapat digunakan untuk tujuan apa pun. Kode warna yang paling umum adalah ( catatan: ini untuk tungku udara paksa, pompa panas dan sistem lainnya mungkin berbeda ).

  • Merah - R- 24VAC
  • Merah - Rh- 24VAC (didedikasikan untuk panggilan panas)
  • Merah - Rc- 24VAC (didedikasikan untuk panggilan pendinginan)
  • Hijau - G- Kipas menyala
  • Putih - W- Panggilan panas
  • Kuning - Y- Panggilan keren
  • Biru atau Hitam - C- Biasa

Solusi alternatif

Solusi ini diilustrasikan dalam video ini dari Honeywell . Dengan solusi ini Anda kehilangan kemampuan untuk menyalakan kipas blower secara manual, tetapi kipas masih akan berjalan dengan benar di Autoposisinya.

PERINGATAN: Prosedur ini melibatkan memodifikasi kabel di tungku, dan mungkin tidak disetujui oleh setiap produsen. Periksa dengan produsen tungku, dan semua kode lokal sebelum mencoba prosedur ini. Pastikan pemutus untuk tungku MATI sebelum Anda mulai.

  1. Pastikan pemutus untuk tungku dalam posisi OFF.
  2. Mulailah dengan melepas panel akses pada tungku, dan temukan kabel termostat.
  3. Lepaskan kabel dari Gterminal, dan hubungkan ke Cterminal.
  4. Menggunakan sepotong pendek kawat AWG 18, buat jumper dan hubungkan antara terminal Ydan G(ini hanya diperlukan jika Anda memiliki panas dan udara sentral).
  5. Pasang kembali panel akses.
  6. Lepaskan termostat dari dinding untuk mendapatkan akses ke kabel.
  7. Lepaskan kabel dari Gterminal, dan hubungkan ke Cterminal.
  8. Ganti termostat.
  9. Nyalakan kembali tungku pemutus.

Lebih banyak tentang transformer dan Ckabel.

Sebuah transformator menggunakan gulungan kawat, magnet, dan sedikit sihir untuk mentransfer energi dari sisi primer transformator ke sisi sekunder transformator. Biasanya selama transfer, tegangan naik atau turun. Dalam kasus tungku kami, kami mungkin berbicara tentang mengambil 120VAC, dan mengubahnya menjadi 24VAC. Setelah tegangan dikurangi, kita dapat menggunakan voltase yang lebih rendah dan termostat untuk mengontrol tungku.

Sekarang Anda tahu lebih sedikit tentang transformer daripada yang Anda lakukan sebelumnya, mari kita lihat diagram.

Diagram Tungku Berkedip Tinggi

Ini adalah diagram kabel yang sebenarnya dari tungku, tetapi Anda akan melihat bahwa saya telah menyoroti beberapa hal. Pertama, dalam warna merah saya telah menyoroti sisi utama 120V dari transformator. Saya juga menyoroti sisi sekunder transformator dalam beberapa nuansa biru. Hal ini dilakukan untuk menggambarkan bahwa satu sisi lilitan sekunder transformator (biru muda), melekat pada Rterminal daya. Sementara sisi lain gulungan sekunder (biru tua), terpasang ke Cterminal atau "netral".

Menemukan transformer

Skematis

Pada diagram skematik atau perkabelan, transformator akan terlihat seperti ini.

Simbol Transformer

Seringkali Anda akan melihat angka yang ditulis di setiap sisi, yang menunjukkan tegangan yang diharapkan di setiap sisi transformator. Perhatikan dalam skema di atas bahwa bagian atas daftar 120V (120 volt), sedangkan bagian bawah daftar 24V (24 volt).

Di dunia nyata

Ketika benar-benar menggali melalui peralatan HVAC, transformator akan terlihat seperti ini.

Transformator Transformator

Perhatikan bagian tengah persegi panjang, diapit oleh tonjolan di setiap sisi. Ini adalah karakteristik fisik khas transformator.

Volt-Ampere

Transformer biasanya memiliki peringkat volt-ampere (VA) , yang dapat digunakan untuk menentukan jumlah arus yang dapat mengalir dengan aman melalui kabel koil transformer. Untuk menentukan arus maksimum, cukup bagi nilai VA dengan voltase.

Sebagai contoh, 120V / 24V 40 VA transformator akan mampu 1,66667 ampere pada sekunder.

40VA / 24V = 1.66667A

dan 0,3333 ampere pada primer

40VA / 120V = .3333A

Biasanya ini bukan masalah, karena satu-satunya hal yang disediakan oleh transformator adalah sakelar dan relay. Jika Anda memasang termostat yang menarik lebih banyak arus daripada yang dapat dibawa transformator, Anda akan mengalami masalah. Jadi dalam hal ini, Anda harus memutakhirkan transformator dan sekering yang melindunginya (karena ukuran sekeringnya didasarkan pada peringkat VA).

Bagaimana dengan sistem dengan banyak transformer?

Dalam beberapa sistem, akan ada transformer terpisah untuk sistem pemanas dan pendingin. Dalam situasi ini, Anda harus memeriksa dengan produsen termostat, untuk menentukan sistem mana yang harus menyediakan Ckabel. Dalam kasus Nest dan Honeywell (dan mungkin yang lain), termostat mereka mengharapkan Ckawat berasal dari sistem pendingin.

Saat Anda menghubungkan kabel ke termostat di sistem ini, Anda harus menghapus jumper di antara Rterminal. Anda akan mengirim Rkawat dari sistem pemanas, ke Ratau Rh, dan Rkabel dari sistem pendingin, ke Rc. Maka Anda harus menghubungkan Ckawat dari sistem pendingin, ke Cterminal termostat.


Jika Anda memiliki kabel termostat 18/4, apakah ada salahnya menjalankan kabel 18/2 tambahan untuk menghubungkan C? Daripada memutuskan segala sesuatu, menghubungkan kembali, dan menghabiskan lebih banyak uang untuk mengganti 4 kabel di 18/4 yang sudah berfungsi?
eaglei22

@ eaglei22 tidak ada masalah menjalankan kawat ekstra, bahkan bisa 18/1. Untuk Tester101 jawaban yang bagus. Anda mungkin mencatat bahwa 24VAC dapat berarti sekitar, Anda mungkin melihat 23VAC atau 27VAC pada voltmeter Anda.
Bryce

12

Gunakan Perangkat Add-a-Wire

Dengan asumsi termostat dan tungku Anda kompatibel dan Anda hanya kekurangan konduktor di antara mereka, Anda dapat menggunakan salah satu perangkat tambahan ini .

Perangkat ini tidak akan berfungsi untuk kabel C. Namun, ini memungkinkan seseorang untuk menggabungkan dua kabel relai lainnya ke 1, membebaskan kabel khusus untuk C. Misalnya, dalam kabel 4-kawat standar (R / W-heat / Y-cool / G-fan) termostat, Anda bisa menggabungkan kabel Y dan G melalui perangkat Add-A-Wire, dan menggunakan kabel yang dibebaskan sebagai C secara langsung.


1
Anda harus mencatat bahwa menggunakan salah satu dari ini mencegah kontrol manual kipas.
Gordon

7

Jika tungku Anda memiliki terminal C maka Anda dapat menjalankan kabel baru dari terminal C ke termostat Anda. Anda dapat menghubungkan banyak kabel ke terminal C selama yang Anda inginkan selama Anda melakukannya secara paralel (yaitu: semua kabel harus berakhir pada terminal itu sendiri, jangan "rantai daisy" mereka). Jika tungku Anda tidak memiliki terminal C, Anda dapat menggunakan trafo eksternal untuk menyediakan saluran netral yang seharusnya disediakan oleh kawat C. Sementara sebagian besar termostat WiFi menerima berbagai voltase, pengalaman saya adalah yang terbaik untuk menggunakan transformator 24V. Pastikan untuk memverifikasi persyaratan tegangan dan arus listrik dengan spesifikasi termostat Anda.


Bisakah Anda memberikan produk yang merupakan transformator 24V? Saya ingin memastikan bahwa saya melihat peralatan yang tepat.
Aaron

Sebenarnya ada dua jenis. Kawat dan plug-in langsung. Kawat langsung biasanya menempel pada kotak listrik: homedepot.com/h_d1/N-5yc1vZ12kxZ12ky/R-202278728/h_d2/… Jenis plug-in yang akan Anda kenal sebagai kotak hitam yang disertakan dengan sebagian besar elektronik: homedepot.com/h_d1 / N-5yc1vZ12kxZ12ky / R-100201044 / h_d2 / ...
Steven

2
Saya telah melihat jawaban ini, tetapi tidak mengerti bagaimana transformator ke-2, yang terhubung dengan satu sisi sekunder yang terhubung pada 'C' termostat, akan memungkinkan tenggelamnya arus untuk elektronik (yang disuplai dengan 'panas' dari trafo tungku (sepertinya aksi seram di kejauhan)).
HerrBag

3

Lupakan kabelnya. Gunakan termostat nirkabel , tempatkan penerima di ruang bawah tanah di tungku Anda dan pemancar di mana pun Anda inginkan. The Venstar Add-A-Wireless Thermostat T1119RF mungkin melakukan trik. Jika Anda harus memiliki termostat wifi, letakkan di ruang bawah tanah, dan tambahkan sensor jarak jauh ke dalam campuran.


3

Jawaban yang jelas adalah menjalankan kabel termostat baru dengan lima kabel alih-alih mencoba menggunakan jumper dll yang pada akhirnya hanya menyebabkan lebih banyak masalah, seperti menghancurkan papan sirkuit. Dalam kebanyakan kasus jika bisa sesederhana memasang yang baru di mana yang lama naik tembok dari ruang bawah tanah jika terbuka. Jika itu adalah ruang bawah tanah selesai maka sedikit lebih banyak pemikiran yang terlibat. Lalu ada pertanyaan pamungkas, apakah Anda benar-benar mempercayai sistem nirkabel untuk mengontrol tungku Anda jika Anda pergi selama sebulan?


2

Anda dapat menggunakan kabel G secara teknis (terhubung ke common di tungku dan common di stat. Kemudian melompat G ke Y di furnace. Ini akan menghilangkan kemampuan Anda untuk membawa kipas angin terlepas dari AC secara independen dan tergantung pada status tidak berfungsi. Beberapa dari mereka merasakan kabel apa yang terhubung dan bisa sulit untuk memotong langkah itu. Beberapa statistik pintar seperti Ecobee datang dengan perangkat untuk menambahkan kabel kelima melalui perangkat kecil yang dipasang di kompartemen blower. FastStat menawarkan after market solusi yang melakukan hal yang sama. Anda juga dapat melihat apakah stat Anda memungkinkan untuk resistor pencurian daya dipasang (biasanya tidak hanya pada statistik pemanasan radiasi hidronik)


0

Saya hanya menjalankan 18/2 di samping 18/4. Tidak ada gunanya menarik kabel yang sangat bagus. Menghemat uang juga, dan menghindari memutuskan yang lama. Dibayar $ 10 untuk 50ft dari 18/2.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola