Haruskah mesin cuci masuk ke sisi mur, atau sisi baut?


80

Seringkali saya mengambil sesuatu yang terpisah dan ketika saya memasang kembali, saya tidak ingat di sisi mana mesin cuci itu berada. Ketika hanya ada satu mesin cuci, apakah biasanya di sisi mur (ditekan ke mur) atau baut (ditekan ke baut)?


5
Jika Anda telah membongkar sesuatu dan mencoba untuk menyatukannya kembali, kadang-kadang Anda dapat melihat tanda atau kesan yang dibuat oleh mur, mesin cuci atau baut. Menyesuaikannya berdasarkan ukuran / bentuk dapat membantu Anda mengembalikan barang-barang dalam urutan yang benar.
Hank

6
Terkadang saya akan mengambil gambar dari hal yang saya pisahkan terlebih dahulu. Sayangnya ini adalah kamera digital yang sangat tua jadi saya membawanya ke PC saya untuk menatapnya sebelum kembali untuk benar-benar bekerja, tetapi setidaknya menjawab pertanyaan seperti ini. :)
Mark Allen

Jawaban:


34

Jika hanya ada satu mesin cuci, umumnya akan masuk ke sisi mur karena mur memiliki area permukaan yang lebih sedikit dalam kontak dengan benda yang terhubung daripada sisi baut.


2
Kepala baut mungkin tidak harus memiliki lebih banyak kontak dengan bagian yang dirakit daripada mur. Banyak kali kepala dan mur memiliki ukuran yang sama.
Michael Karas

2
Benar - karenanya "umumnya".
The Evil Greebo

2
seperti aturan 'i before e', saya akan menambahkan ini ", Kecuali di mana sisi kepala baut lebih lembut (seperti kayu) daripada bahan di sisi mur. * Tidak termasuk baut kereta"
BrownRedHawk

83

Mesin cuci digunakan untuk berbagai keperluan ketika bagian mekanik dipasang menggunakan baut dan mur. Berikut adalah beberapa penggunaan dan seperti yang Anda lihat, tidak mungkin bahwa jawaban umum dapat dirancang untuk langsung menjawab pertanyaan Anda!

  1. Beberapa mesin cuci memiliki desain khusus yang berusaha membantu menjaga mur dan / atau baut terlepas. Dikenal sebagai mesin cuci kunci, ini dapat berupa tipe cincin split, tipe bintang, bergelombang atau salah satu dari sejumlah desain lainnya. Mesin cuci kunci akan digunakan dengan bagian perakitan yang kemungkinan besar bisa berubah seperti mur. Ini dapat digunakan di bawah kepala baut dalam kasus di mana baut sekrup menjadi ulir di satu bagian rakitan.

  2. Mesin cuci kadang-kadang digunakan untuk melindungi permukaan bagian yang dirakit. Mur atau baut dibelokkan selama proses pengetatan dapat merusak permukaan bagian di sekitar lubang dan mesin cuci dapat digunakan untuk mengambil pelecehan yang bertentangan dengan bagian. Ini dapat diterapkan terutama ketika bagian-bagiannya adalah bahan yang lebih lunak seperti plastik, kuningan atau aluminium dan mesin cuci yang terbuat dari bahan yang lebih keras digunakan.

  3. Terkadang bahan tipis adalah bagian dari rakitan dan mesin cuci berdiameter lebih besar digunakan untuk membantu mendistribusikan tekanan baut kencang melintasi bagian yang lebih besar dari bahan tipis tersebut. Dalam kasus ini mesin cuci akan digunakan terhadap bahan yang tipis. Ini dapat membantu menjaga bahan tetap rata atau mencegah penarikan pengikat.

  4. Ada kalanya mesin cuci berdiameter besar yang digunakan seperti dalam # 3 di atas dapat digunakan dengan mesin cuci lain yang lebih kecil dengan mesin cuci berdiameter lebih tinggi di atas mesin cuci pertama. Ini akan dilakukan untuk kasus-kasus di mana mesin cuci berdiameter lebih besar mungkin cenderung menjamur ketika baut dikencangkan.

  5. Sidang sering memiliki lubang berlubang atau besar di satu sisi. Ini dirancang untuk memungkinkan toleransi dalam ukuran lubang dan lokasi di bagian yang dirakit. Variasi lain dari ini adalah lubang berlubang panjang yang memungkinkan penyesuaian satu bagian relatif terhadap yang lain sebelum baut dan mur sepenuhnya dikencangkan. Sebuah mesin cuci akan digunakan di atas lubang yang ditempatkan untuk memungkinkan tekanan baut yang diperketat menyebar melintasi slot dan naik ke bagian itu sendiri. Dalam beberapa kasus, mesin cuci juga akan membantu mencegah kepala baut atau mur berubah bentuk pada bagian yang berlubang selama proses pengencangan.

  6. Beberapa rakitan dirancang untuk membuat bagian-bagian bergerak saling menghormati satu sama lain ketika baut benar-benar kencang. Perjalanan mur dapat dibatasi oleh desain baut yang disangga atau selongsong dapat dipasang di sekitar baut pada lubang. Dalam kasus ini mesin cuci sering digunakan untuk menjaga bagian yang bergerak dari mengenakan kepala baut atau mur. Mesin cuci dapat dibuat dari bahan yang dirancang untuk mengurangi gesekan antara dirinya dan bagian yang bergerak. Ini juga dapat membantu menjaga bagian yang berputar dari mencoba melonggarkan mur melalui gesekan.

Sering kali mesin cuci akan memainkan peran yang merupakan kombinasi dari penggunaan di atas. Salah satu contoh umum adalah melihat mesin cuci kunci digunakan bersama dengan mesin cuci datar berdiameter lebih besar.


13

Jika hanya ada satu mesin cuci yang digunakan dengan mur / baut, biasanya dipasang di sisi mur.

Kacang di sebagian besar keadaan lebih dapat bergerak, dan lebih umum diputar untuk mengencangkan perakitan. Mesin cuci membantu mencegah kerusakan pada permukaan benda yang diikat. Dalam kebanyakan kasus di mana baut lebih mudah diputar, baut memiliki kepala bundar yang akan menyebabkan lebih sedikit kerusakan.

Untuk alasan yang sama, mesin cuci kunci selalu berada di sisi mur untuk menghentikan mur bergerak. Mesin cuci kunci hampir selalu digunakan dengan mesin cuci datar juga.

Mur juga sering lebih kecil dalam profil daripada baut kepala. Tidak selalu, tetapi sering. Mesin cuci membantu mendistribusikan tekanan yang ditempatkan mur pada permukaan benda yang diikat.


5

Penggunaan tiga kali lipat (seperti yang saya lihat setelah bertahun-tahun bekerja sebagai mekanik):

1) Mesin cuci sering digunakan untuk menghindari penggilingan penyangga saat Anda mengencangkan mur.

2) Mesin cuci menghindari kepala baut atau mur untuk menembus / merusak pendukung.

3) Mesin cuci membantu benda-benda bergerak dalam rakitan yang diperkuat jika Anda sedikit memberi minyak (mis. Artikulasi).

Mengikuti komentar Niall C: pengamatan dan sedikit logika akan membuat Anda meletakkan mesin cuci di tempat yang tepat, sekarang Anda tahu apa yang bisa dilakukannya.

SUNTING

Ada begitu banyak jenis mesin cuci, saya akan menyarankan yang lebih umum:

masukkan deskripsi gambar di sini (gambar dari wikipedia)

Pencuci pipih (baris pertama gambar):

  • "Flat not wide": menghindari degradasi dukungan (cat, ...)
  • "Datar lebar": untuk pivot, saat kepingan yang Anda lewati harus bergerak
  • "Datar lebar dan tebal": untuk menghindari penetrasi baut / mur pada penyangga yang tidak terlalu keras (kayu pinus, plastik, ...)

Mesin cuci kunci (baris kedua dan ketiga dari gambar):

  • Semua jenis: menembus bahan pendukung untuk mengunci baut / mur dan dukungan

Semua tipe lainnya untuk penggunaan khusus ...


3
Ini menjelaskan untuk apa mesin cuci, bukan tempat mesin itu diletakkan
Niall C.

2
Memang kamu benar. Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Tempatkan di tempat yang Anda inginkan untuk melakukan pekerjaan yang diinginkan. Secara umum, saya lebih suka meletakkannya di sisi mur, karena mur sering harus berputar lebih dari kepala baut.
Benj

1
Satu dapat menyimpulkan di mana mesin cuci harus digunakan dari jawaban ini, yang tergantung pada bagaimana Anda menggunakan baut dan mur. Jika Anda bermaksud untuk memutar baut (untuk alasan pembersihan atau apa pun), mungkin lebih masuk akal untuk menggunakan mesin cuci di bawah kepala baut. Jawaban ini lebih benar daripada jawaban yang membabi buta.
isherwood

@isherwood Anda benar, itulah yang ingin saya maksud ketika saya menulis "logika akan membuat Anda meletakkan mesin cuci di tempat yang tepat"! Saya memperluas jawaban saya dengan beberapa perincian tentang tipe mesin cuci.
Benj

3

Pada umumnya, ketika memasang baut, Anda memasukkan baut melalui berbagai komponen yang sedang dibaut bersama-sama, tempatkan mesin cuci di atas ulir dan kemudian kencangkan mur. Biasanya Anda tidak ingin memutar baut di dalam komponen yang disatukan. Mesin cuci memberikan permukaan bebas gesekan yang relatif halus tempat mur dapat diputar. Jika Anda tertarik dengan nilai torsi untuk mengatur baut, tidak mungkin untuk memungkinkan gesekan betis baut berputar di dalam komponen yang dibaut bersama-sama karena ini adalah nilai yang sangat bervariasi sedangkan mur pada ulirnya menghadap mesin cuci memberikan nilai torsi yang cukup konsisten. Jika bagian di bawah kepala baut berkarat atau lubangnya besar maka Anda dapat mempertimbangkan mesin cuci di bawah kepala baut untuk memberikan distribusi beban yang lebih baik.


2

Jika Anda mengikat potongan kayu bersama-sama Anda akan ingin menempatkan mesin cuci di kedua sisi mur dan baut kepala. Kalau tidak seperti yang ditunjukkan itu biasanya masuk ke dalam kacang, di luar dan terhadap bagian yang diikat.


2
Pertanyaan yang cukup spesifik menyatakan bahwa ini adalah sesuatu yang sebelumnya diambil terpisah, jadi tidak seperti penanya memiliki pilihan mengenai jumlah mesin cuci.
The Evil Greebo

1
@TheEvilGreebo Kadang-kadang kita harus menambahkan (atau menghapus) mesin cuci untuk membuat semuanya lebih baik atau kurang rattle (mis. Suspensi truk). Jika bautnya cukup panjang, ini seharusnya tidak menjadi masalah.
ALAN WARD

0

Ketika hanya ada satu mesin cuci, itu bisa jadi karena seseorang lupa untuk memakai mesin cuci kedua selama perakitan awal, atau ketika item tersebut terakhir dibongkar dan dipasang kembali - tidak ada jaminan mutlak bahwa di mana mesin cuci itu, sebelum Anda mengambilnya off, adalah tempat yang seharusnya pergi.

Sementara peluang lebih suka menempatkan mesin cuci di bawah mur, daripada di bawah kepala, ada begitu banyak variabel untuk mempertimbangkan bahwa jawaban sederhana 'selalu di bawah kacang' lebih menyesatkan daripada berguna.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah melihat situasinya, dan putuskan di mana tampaknya paling masuk akal untuk meletakkan mesin cuci. Beberapa percobaan & kesalahan mungkin diperlukan, dan / atau penambahan mesin cuci kedua, dan / atau mesin cuci kunci, dll.

Kemungkinannya adalah Anda tidak akan membongkar benda itu sejak awal, jika sudah berfungsi dengan baik, jadi membuat perubahan mungkin merupakan peningkatan.


0

Saya biasanya setuju dengan konsensus bahwa mesin cuci kunci harus menempel pada mur. Saya pernah mengalami saat-saat di mana ini tidak praktis (ruang yang tidak memadai di ujung mur, untuk satu), dan saya tidak ragu untuk menggunakan mesin cuci kunci di sisi baut. Ini bukan dosa, dan fungsinya hampir sama baiknya dengan sebaliknya.

Pertimbangkan: Apa yang Anda miliki adalah cincin baja, potong di satu tempat. Kemudian, kedua ujungnya ditekuk sehingga tidak berada di bidang yang sama, kemudian ditempa untuk membentuk pegas dasar. Oleh karena itu, ketika mur dipasang pada mesin cuci kunci, dibutuhkan kekuatan besar untuk meratakan mesin cuci kunci kembali ke pesawat tunggal. Karena itu adalah baja pegas, ia tidak hanya membengkokkan mesin cuci kembali ke rata; gaya yang diterapkan dipertahankan sebagai energi potensial yang tersimpan di mesin cuci. Mendorong kembali terhadap kacang, sehingga mencegah kacang menjadi longgar. Ini tidak akan membiarkan mur bergetar longgar, karena kekuatan penghitung ini mencegah ruang yang berkembang di mana getaran fisik dapat terjadi.

Hal yang sama juga berlaku, jika seseorang menempatkan kunci mesin cuci ke baut. Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa kontrol getaran (melonggarkan) akan sedikit lebih baik di sisi mur, karena gaya pegas yang sama perlu membatasi massa kacang yang agak lebih kecil. Saya berpendapat bahwa perbedaan dalam keefektifan akan sulit untuk diukur, apa pun pihak yang menempatkan kunci mesin cuci. Biasanya, jika hanya ada satu mesin cuci pipih, itu juga akan menjadi gila. Selain menerapkan tekanan pengikatan yang lebih merata, praktik ini memberikan permukaan rata yang bagus untuk dikunci dengan mesin cuci kunci.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola