Apa yang menyebabkan tingkat pengangguran 25% baru-baru ini di Spanyol?


27

Itu hanya berfluktuasi "sekitar 25%" selama dua tahun terakhir. Jika Anda menggunakan semua data yang ditawarkan situs , sepertinya puncaknya sudah berkurang.
curiousdannii

Ini adalah pertanyaan yang didefinisikan dengan buruk berdasarkan premis yang belum cukup terbukti benar.
curiousdannii

1
pengguna lain memahaminya dan memberikan jawaban yang tepat
Gergely

terus? Masih ditulis dengan sangat buruk.
curiousdannii

Saya bukan seorang ekonom akademis tetapi seseorang yang tertarik pada pertanyaan ekonomi.
Gergely

Jawaban:


36

Berikut penjelasan dari Paul Krugman. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang ini di buku Krugman, End This Depression Now! .


Sejak bergabung dengan Euro, Spanyol telah mengalami aliran modal masuk yang besar - uang mengalir ke Spanyol, sebagian besar dari Eropa Utara. Aliran masuk ini menyebabkan ledakan investasi , ditambah dengan kenaikan harga hampir semua hal (termasuk tenaga kerja) relatif terhadap negara-negara zona euro lainnya.

Salah satu konsekuensi dari ini adalah bahwa resesi di Spanyol telah diperburuk oleh kenyataan bahwa biaya produksi yang tinggi (terutama biaya tenaga kerja yang tinggi) membuat ekonomi Spanyol kurang kompetitif sehingga negara tidak dapat mengandalkan ekspor untuk menggantikan pengurangan permintaan domestik.

Untuk memperbaiki situasi ini, Spanyol perlu menjadi lebih kompetitif (yaitu untuk biaya tenaga kerja turun relatif terhadap yang di negara-negara lain). Biasanya, ini akan terjadi secara otomatis: ketika suatu negara mengurangi ekspor, permintaan akan mata uangnya dari importir (dan karenanya nilai mata uangnya) turun sehingga produk-produknya menjadi lebih murah bagi orang asing. Namun, fakta bahwa Spanyol ada di zona euro berarti ia tidak dapat mendevaluasi mata uangnya — ia tidak memiliki mata uangnya sendiri!

Sebaliknya, Spanyol harus mengandalkan 'devaluasi internal', yaitu mengurangi upah pekerjanya dibandingkan dengan yang lain di zona euro. Ini bermasalah karena pekerja biasanya enggan menerima pemotongan gaji (disebut kekakuan nominal turun). Dengan demikian, cara ekonomi menyesuaikan diri adalah memiliki bagian tenaga kerja yang cukup besar yang menganggur sehingga orang siap menerima pekerjaan dengan upah yang jauh lebih rendah daripada yang mungkin mereka harapkan pada tahun-tahun sebelum resesi.

Perlu dicatat bahwa alur pemikiran ini bukan tanpa kontroversi. Untuk satu, sebagian besar ahli ekonomi makro tidak percaya cerita kekakuan nominal.


4
Ini adalah bagian Krugman yang hebat, dan saya pikir itu memiliki banyak kebenaran, tetapi tampaknya juga ada sesuatu yang spesifik terjadi di Spanyol dengan pengangguran. PDB di Spanyol menurun lebih sedikit daripada di Portugal atau Italia , tetapi pengangguran jauh lebih buruk . Ini adalah pengulangan dari fenomena lama - Spanyol memiliki ~ 25% pengangguran pada tahun 1994 juga - dipelajari oleh Blanchard , antara lain, dan telah disalahkan pada hukum perburuhan Spanyol / tunjangan pengangguran.
nominal kaku

2
Jawaban yang bagus. Satu-satunya bagian dari teka-teki yang hilang di sini adalah penjelasan untuk aliran keluar tenaga kerja yang tidak mencukupi dari Spanyol
EnergyNumber

3
@ EnergyNumber Poin bagus. Memang, ide sentral dari teori bidang mata uang optimal adalah bahwa prasyarat untuk optimalitas mata uang bersama adalah mobilitas tenaga kerja lintas batas yang tinggi. Hambatan bahasa dan budaya terhadap mobilitas tenaga kerja di Eropa mungkin merupakan penghalang penting bagi kemampuan ekonomi untuk secara otomatis memperbaiki ketidakseimbangan semacam ini.
mana

14

Tidak ada jawaban yang diajukan di atas maupun komentar yang melenceng. Ketidakmampuan untuk menggunakan kebijakan moneter untuk menyesuaikan diri dengan guncangan tentu saja merupakan penyebab tingginya pengangguran setelahnya. Kebijakan fiskal idiot juga tidak membantu. Hal terakhir yang harus dilakukan setelah goncangan itu adalah menghilangkan defisit pemerintah dalam situasi seperti itu. Ini menjadi pengeluaran lingkaran setan - bukan berbudi luhur dan pegawai pemerintah diberhentikan. Hal ini menyebabkan penurunan belanja dan pengeluaran konsumen oleh perusahaan-perusahaan yang melayani sektor publik. Pendapatan pajak turun seperti pendapatan orang-orang ini. Yang mengarah ke luka lebih lanjut dan putaran di sekitar mangkuk toilet.

Masalah Spanyol diperburuk oleh banyak masalah yang sama yang dialami di AS sunbelt. Jauh, JAUH, FAAAAR terlalu banyak rumah dibangun dan spekulasi real-estate merajalela. Seperti di Florida dan Nevada, begitu banyak rumah sekarang yang kosong sehingga, selain bangunan khusus, industri perumahan real estat tetap berada dalam kepanasan. Di AS, kegiatan tersebut sekitar 12% dari PDB. Dengan itu tetap stagnan, dan kemungkinan akan tetap begitu selama bertahun-tahun yang akan datang, ada kader besar pekerja konstruksi yang pada dasarnya menganggur secara permanen.

Alasan ketiga adalah ekonomi 'tidak berdokumen'. Eropa Selatan tidak pernah menjadi sarang hukum-dan-ketertiban. Banyak dari mereka yang 'menganggur' akan mati kelaparan di Yunani, Italia, dan Spanyol jika mereka benar-benar tidak memiliki penghasilan sama sekali. Mereka hanya tidak memiliki penghasilan resmi saat ini. Dipekerjakan dengan benar jauh lebih disukai, tentu saja, tetapi tidak seolah-olah 25% orang Spanyol benar-benar tidak memiliki pemasukan. Mereka hanya tidak memiliki gaji yang bisa dilacak oleh para pejabat yang datang ke pintu.

Alasan terakhir adalah iklim dan biaya hidup. Sejujurnya ada banyak tempat yang lebih buruk untuk mencoba terus hidup tanpa gaji reguler daripada Eropa selatan. Seperti Minnesota. Cobalah tinggal di sana tanpa gaji selama 6 tahun dan Anda akan mendorong aster - setelah mencairkan dan membusuk - setelah musim dingin pertama. Tekanan untuk memperbaiki masalah 25% pengangguran jauh lebih tidak drastis ketika a) tidak benar-benar 25% dan b) Anda dapat hidup dengan cukup baik saat 'menganggur'


+1 Pemahaman saya adalah bahwa intinya adalah gelembung perumahan yang besar, menyebabkan runtuhnya konstruksi dan lonjakan awal dalam pengangguran, yang mengurangi permintaan, melukai ekonomi yang lebih luas dan mendorong PHK di industri lain, mengurangi pasokan dan permintaan lebih lanjut - kemudian penghematan kebijakan mendorong ini turun lebih jauh di lebih banyak bagian ekonomi. Lalu ada banyak faktor pendukung lainnya di sekitar ini.
user56reinstatemonica8

Saya setuju dengan faktor tidak berdokumen yang berperan di Spanyol. Namun, ada lebih dari itu hanya "cuaca yang bagus aku tidak merasa seperti bekerja". Tingginya tingkat biaya tenaga kerja dan peraturan gaji minimum memaksa pengusaha Spanyol untuk menggunakan pasar gelap untuk dapat mempekerjakan pekerja secara kompetitif.
JoaoBotelho

2

Itu pertanyaan bagus yang akan saya jawab dengan sempurna.

1o Ketika pemimpin sosialis Felipe Gonzalez tiba di tampuk kekuasaan, industri kami mewakili 39% dari PDB. Jadi krisis industri memukul banyak. Namun, jawaban dari partai sosialis adalah mengurangi industri di 2/3 dan diperkirakan untuk pertama kalinya, perusahaan bangunan untuk infrastruktur dan transportasi. Langkah-langkah ini terlihat bagus untuk saat itu, bagaimanapun, memprovokasi ketidakstabilan yang besar dalam tingkat pekerjaan. Saat-saat itu adalah: "kebijakan industri terbaik adalah kebijakan non-industri".

2o Aznar naik ke tampuk kekuasaan dan bukannya mendukung, meningkatkan, dan menggerakkan industri, dia lebih menggerakkan perusahaan bangunan.

3o Zapatero menerima ekonomi konstruksi dalam pertumbuhan yang kuat dan tak terkendali yang tak terbendung (kegilaan total). Walaupun dia mencoba menggerakkan investasi industri dan teknologi, dia tidak bisa menghentikan pengeluaran yang tidak terkendali dalam konstruksi yang memonopoli kredit bank. Jadi dalam krisis bank berhenti memberikan kredit karena mereka meminta banyak uang dari bank-bank Jerman. Itu menghasilkan keruntuhan ekonomi. Langkahnya adalah masuk ke hutang dan menggerakkan rencana pembangunan untuk mendorong pekerjaan tetapi dia gagal dalam diagnostik masalah dan menambahkan masalah lain peningkatan hutang. Konstruksi juga memprovokasi 30% pemuda Spanyol untuk meninggalkan pendidikan.

4o Rajoy tiba di tampuk kekuasaan dengan rencana yang baik, namun, juga muncul korupsi terkait operasi konstruksi besar-besaran di daerah. Selanjutnya, Jerman dan ECP menekan rajoy untuk memprioritaskan akun bersih terlebih dahulu. Tidak menggerakkan industri, maupun investasi teknologi, ia telah menggerakkan pekerjaan murah dan kontrak kerja murah untuk menyediakan pekerjaan bagi perusahaan-perusahaan Spanyol yang kelelahan secara finansial. Dan menyelamatkan bank-bank untuk membantu perusahaan-perusahaan dengan kredit, bagaimanapun, booming konstruksi, sangat menyakitkan bagi bank.

Hanya saja, kita harus melihat perbedaan antar wilayah: Negara Basque, kawasan industri, pengangguran 13%. Andalusia, kawasan pariwisata, pengangguran 30%.

Kesalahan masa lalu, akan berpengaruh ke masa depan.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola