Apa perbedaan antara


279

Saya telah melihat banyak skema menggunakan VCC dan VDD secara bergantian.

  • Saya tahu VCC dan VDD adalah untuk tegangan positif, dan VSS dan VEE adalah untuk ground, tetapi apa perbedaan antara masing-masing dari keduanya?
  • Apakah C , D , S , dan E berarti sesuatu?

Untuk kredit tambahan: Mengapa VDD dan bukan hanya VD ?


Sekarang artikel en.wikipedia.org/wiki/IC_power-supply_pin sudah matang
gavenkoa

Jawaban:


258

Kembali pada pleistoscene (1960-an atau sebelumnya), logika diimplementasikan dengan transistor bipolar. Lebih khusus lagi, mereka NPN karena untuk beberapa alasan saya tidak akan masuk, NPN lebih cepat. Saat itu masuk akal bagi seseorang bahwa tegangan suplai positif akan disebut Vcc di mana "c" berarti kolektor. Kadang-kadang (tetapi lebih jarang) pasokan negatif disebut Vee di mana "e" adalah singkatan dari emitor.

Ketika logika FET muncul, jenis penamaan yang sama digunakan, tetapi sekarang suplai positif adalah Vdd (tiriskan) dan Vss negatif (sumber). Dengan CMOS ini tidak masuk akal, tapi tetap saja. Perhatikan bahwa "C" dalam CMOS singkatan dari "komplementer". Itu berarti perangkat saluran N dan P digunakan dalam jumlah yang kurang lebih sama. Inverter CMOS hanyalah saluran P dan saluran N MOSFET dalam bentuknya yang paling sederhana. Dengan jumlah perangkat saluran N dan P yang kira-kira sama, saluran tidak lebih positif dari sumber, dan sebaliknya. Namun, nama Vdd dan Vss macet karena alasan historis. Secara teknis Vcc / Vee adalah untuk bipolar dan Vdd / Vss untuk FET, tetapi dalam praktiknya hari ini Vcc dan Vdd berarti sama, dan Vee dan Vss berarti sama.


9
Pertanyaan yang bagus dan jawaban yang bagus. Juga, saya bisa menebak, bahwa penggandaan huruf adalah cara untuk mengekspresikan kelipatan emitor, kolektor dll. Mereka mungkin menggambar Vccc..c, lalu memutuskan untuk tetap menggunakan Vcc.

17
"Vcc" juga bisa berarti "tegangan kolektor umum", yang kemudian rusak untuk menghasilkan label lain.
endolith

3
Tahu mengapa TI menggunakan keduanya secara bersamaan dalam lembar data ini? i.stack.imgur.com/Al6O0.png
AndreKR

2
@AndreKR: Pertama, kita berbicara tentang empat disignator berbeda, jadi berbicara tentang "keduanya" tidak masuk akal. Kedua, lembar data itu menggunakan Vcc dan Vss. Jika Anda telah mengikuti diskusi, Anda akan tahu bahwa Vcc adalah persediaan positif dan Vss adalah negatif, meskipun itu campuran aneh untuk menggunakan Vcc (bipolar) bersama dengan Vss (FET), masih cukup jelas apa artinya.
Olin Lathrop

1
Dan bagaimana GND masuk ke dalam gambar?
Erik Allik

77

Anda sudah tahu dari jawaban lain bahwa untuk bipolar

Cmengacu pada kolektor, dan
Emengacu pada emitor.

Demikian juga untuk CMOS

Dmengacu pada saluran pembuangan, dan
Smengacu pada sumbernya.

VCC
VDDVSSVDD

Inverter CMOS

VDD

masukkan deskripsi gambar di sini


5
Sebenarnya, pull-up untuk pin keluaran NMOS biasanya akan menjadi transistor N lain. Gerbang internal sering menggunakan pullup pasif (setara dengan logika resistor-transistor) tetapi pin keluaran biasanya berupa NFET yang dianalogikan dengan NPN sisi-tinggi dalam output tiang-total TTL. Bahkan pull-up pasif sering berupa keluaran mode deplesi daripada resistor.
supercat

76

Saya pikir saya mungkin memiliki jawaban yang pasti untuk ini. Penamaan ini berasal dari standar IEEE 1963 255-1963 "Simbol Huruf untuk Perangkat Semikonduktor" (IEEE Std 255-1963). Saya seorang fanatik sejarah elektronik dan ini mungkin menarik bagi yang lain (fanatik), jadi saya akan membuat jawaban ini sedikit lebih luas dari yang diperlukan.

Pertama-tama, huruf kapital pertama V berasal dari paragraf standar 1.1.1 dan 1.1.2, yang mendefinisikan bahwa v dan V adalah simbol kuantitas yang menggambarkan tegangan; dalam huruf kecil berarti tegangan sesaat (1.1.1) dan dalam huruf besar berarti tegangan maksimum, rata-rata atau RMS (1.1.2). Untuk referensi Anda:

? ? ? ? ? ? IEEE Std 255-1963 paragraf 1.1.1-1.1.2

Paragraf 1.2 mulai mendefinisikan langganan untuk simbol kuantitas. Huruf subscript dalam huruf besar berarti nilai DC dan huruf kecil berarti nilai AC. Tegangan suplai jelas merupakan tegangan DC, jadi huruf mereka harus dalam huruf besar.

Standar mendefinisikan 11 akhiran (huruf) s. Ini adalah:

  • E, e untuk Emitter
  • B, b untuk Base
  • C, c untuk Kolektor
  • J, j untuk terminal perangkat semikonduktor generik
  • A, a untuk Anode
  • K, k untuk Kathode
  • G, g untuk Gerbang
  • X, x untuk simpul umum dalam suatu rangkaian
  • M, m untuk Maksimum
  • Min, min untuk Minimum
  • (AV) untuk Rata-Rata

Standar ini mendahului transistor MOS (yang dipatenkan pada Agustus 1963) dan dengan demikian tidak memiliki huruf untuk Sumber dan Tiriskan. Sejak itu telah digantikan oleh standar yang lebih baru yang mendefinisikan surat-surat untuk Tiriskan dan Sumber, tetapi saya tidak memiliki standar yang tersedia.

Nuansa lebih lanjut dari standar ini, yang menentukan aturan lebih lanjut tentang bagaimana simbol-simbol ditulis membuat bacaan yang menarik. Sungguh menakjubkan bagaimana semua ini telah menjadi pengetahuan umum yang sekarang diam-diam diterima dan dipahami bahkan tanpa referensi normatif.

?

Paragraf 1.3 mendefinisikan bagaimana langganan ditulis, terutama ketika ada lebih dari satu. Silakan baca kata-kata standar:

IEEE Std 255-1963

Jadi misalnya V bE berarti nilai RMS (modal V) dari komponen AC (huruf kecil b) dari Tegangan pada Basis perangkat semikonduktor mengacu pada nilai DC Tegangan dari perangkat semikonduktor Emitter (huruf besar E ).

Dalam hal emitor semikonduktor tersebut terhubung langsung ke ground, yang tentunya dipahami sebagai referensi yang diketahui, maka tegangan AC RMS di pangkalan adalah V b . Tegangan DC atau RMS di pangkalan adalah V B dan tegangan sesaat di pangkalan adalah v b .

?

Sekarang untuk kredit tambahan: Mengapa V CC bukannya V C atau V DD bukan V D ? Saya dulu berpikir bahwa itu bahasa sehari-hari dari "Tegangan dari Kolektor ke Kolektor" tapi jelas tidak mengherankan bahwa itu juga didefinisikan dalam standar:

IEEE Std 255-1963

Jadi V CCB berarti tegangan suplai DC pada Kolektor perangkat semikonduktor mengacu pada Basis perangkat dan V CC berarti tegangan suplai DC pada Kolektor sehubungan dengan ground.

Pada insting pertama kelihatannya reduplikasi dari subkrip akan menyebabkan ambiguitas, tetapi kenyataannya tidak. Pertama-tama, kasus-kasus yang tampaknya ambigu sangat jarang terjadi; membaca V CC berarti tegangan dari kolektor perangkat ke kolektor perangkat yang sama adalah nol sehingga tidak ada gunanya menggambarkannya. Tetapi apa yang terjadi jika perangkat memiliki dua pangkalan? Standar memberikan jawaban. Tegangan dari basis 1 perangkat ke basis 2 perangkat ditulis V B1-B2 . Dan tegangan dari dasar perangkat 1 ke dasar perangkat 2 (perhatikan di sini - ini menarik) ditulis V 1B-2B .

?

Masih ada satu pertanyaan: Kasus Misterius Sirkuit CMOS. Seperti telah ditunjukkan dalam jawaban lain, standar penamaan tampaknya tidak berlaku untuk sirkuit CMOS. Untuk pertanyaan ini saya hanya dapat menawarkan wawasan yang berasal dari kenyataan bahwa saya bekerja untuk perusahaan semikonduktor. ("whoah" diharapkan di sini.)

Memang, dalam CMOS baik rel positif dan negatif terhubung ke Sumber saluran N dan P - hampir tidak dapat dibayangkan melakukannya dengan cara lain - tegangan ambang batas akan menjadi ambigu di gerbang standar dan saya bahkan tidak ingin memikirkan struktur perlindungan ... jadi aku hanya bisa menawarkan ini: Kami sudah terbiasa melihat V DD di sirkuit NMOS (Greetz untuk @supercat, resistor rel atas adalah memang biasanya transistor - bagi mereka yang tertarik, silakan lihat 1983 buku yang sangat bagus " Pengantar Desain MOS LSI "), dan V SS adalah sama untuk NMOS dan CMOS. Jadi akan konyol bagi kita untuk menggunakan istilah lain selain V DD dan V SS (atau V GND) di lembar data kami. Pelanggan kami terbiasa dengan istilah-istilah ini dan mereka tidak tertarik pada esoterika tetapi dalam menjalankan desain mereka, sehingga bahkan gagasan untuk mencoba memperkenalkan sesuatu seperti V SS POSITIF atau V SS NEGATIF akan sangat konyol dan kontraproduktif.

Jadi saya harus mengatakan bahwa itu hanya diterima secara universal bahwa V CC adalah tegangan suplai dari sirkuit bipolar dan V DD adalah tegangan suplai dari rangkaian MOS dan yang berasal dari sejarah. Demikian pula V EE adalah tegangan suplai negatif (sering ditanahkan) dari sirkuit bipolar dan V SS adalah tegangan suplai negatif dari sirkuit MOS.

Jika seseorang dapat menawarkan referensi normatif ke poin terakhir yang dibahas, saya akan sangat berterima kasih!


16
+1 untuk melacak ini ke standar yang diterbitkan hanya sedikit lebih tua dari saya. ;-)
RBerteig

1
Itu sebenarnya di "1.2.6 Tegangan suplai Tegangan suplai ke terminal harus diindikasikan dengan mengulangi subskrip terminal, seperti VBB, VCC, VEE" yang juga berlaku untuk Vdd dan Vss.
Fizz

2
Artikel Wikipedia tentang CMOS mengutip Fairchild AN-77 : "Catu daya untuk CMOS disebut VDD dan VSS, atau VCC dan Ground tergantung pada pabrikannya. VDD dan VSS adalah barang sisa dari sirkuit MOS konvensional dan singkatan dari drain dan sumber pasokan. Ini tidak berlaku langsung ke CMOS karena kedua pasokan benar-benar sumber persediaan. VCC dan Ground adalah akumulasi dari logika TTL dan nomenklatur tersebut telah dipertahankan dengan diperkenalkannya garis CMOS 54C / 74C. "
Fizz

1
Juga salah satu standar JEDEC pada CMOS JESD8C.01 , yaitu tentang LVTTL dan LVCMOS, menggunakan Vdd, meskipun tidak cukup mengatakan Anda harus menggunakannya.
Fizz

1
"Sungguh menakjubkan bagaimana semua ini telah menjadi pengetahuan umum yang sekarang diterima dan dipahami dengan tenang bahkan tanpa referensi normatif." - Saya sangat setuju!
Jonathon Reinhart

55

Mengapa V DD dan bukan hanya V D ?

Konvensi huruf V AB untuk tegangan berarti potensi antara A dan B. Tegangan adalah potensi yang diukur sehubungan dengan titik lain dalam rangkaian. Misalnya V BE adalah tegangan antara base dan emitor. Ground tidak memiliki "surat" tertentu. Jadi konvensi huruf berulang digunakan, seperti V DD atau V EE untuk merujuk ke titik relatif ke tanah. Menggunakan huruf tunggal dalam konteks ini menambah lebih banyak kebingungan karena Vs dapat merujuk pada tegangan sumber "s" (yang mungkin berbeda dari V SS jika ada banyak sumber secara seri, dll.) Dan bukan tegangan antara emitor transistor & tanah.

Bahkan tanpa transistor dalam suatu rangkaian, tegangan dapat disebut dengan gaya V AB atau V 12 untuk mencerminkan potensi antara A dan B atau titik 1 dan titik 2. Jelas urutan penting, karena untuk dua titik di sirkuit A dan B, V BA = -V AB .

Referensi bibliografi: "Jika huruf yang sama diulang, itu berarti tegangan catu daya: Vcc adalah tegangan catu daya (positif) yang terkait dengan kolektor, dan Vee adalah tegangan catu daya (negatif) yang terkait dengan emitor". Abstrak teks dari Paul Horowitz dan Winfield Hill (1989), The Art of Electronics (Second ed.), Cambridge University Press, ISBN 978-0-521-37095-0. Bab 2 - Transistor, halaman 62, Pendahuluan.


3
Tidak menahan IMO air. Kita tidak berbicara tentang tegangan antara drain dan drain, yang akan menjadi nol.
stevenvh

13
@stevenvh apa maksudmu "tidak menahan air"? Jawaban ini dengan benar mencerminkan notasi teknik elektro standar dan benar menurut pengalaman saya dan setiap referensi sejarah yang saya ketahui. Selain itu, buku teks teknik elektro yang sangat tua dan modern menggunakan nomenklatur ini pada diagram ketika menjelaskan operasi transistor. Apakah Anda mengetahui etimologi alternatif dari konvensi penamaan "Vxx"?
wjl

4
@ wjl: Ini etimologi yang masuk akal, tapi begitu juga yang lain. Butuh referensi.
endolith

6
Jawabannya jelas dan benar bagi mereka dengan gelar EE yang menyelesaikan mikroelektronika digital termasuk sirkuit LSI.
Jonathan Cline

20
@ Jonathan, tanpa merujuk ke akurasi teknis dari jawabannya, itu adalah alasan yang sangat buruk. "Entah kamu bisa melihat mengapa aku benar atau kamu idiot / kurang berpendidikan." Itu bukan dasar dari argumen teknis yang kuat tetapi upaya untuk meremehkan mereka yang tidak setuju. Ini hanya pendapat saya dan sepertinya 3 orang lainnya setuju dengan pernyataan Anda.
Kortuk

13

Vdd biasanya digunakan untuk perangkat CMOS, NMOS dan PMOS. Itu singkatan dari tegangan (at) drain. Dalam beberapa perangkat PMOS itu negatif, tetapi chip PMOS murni jarang (jika pernah) ditemukan hari ini. Ini biasanya tegangan paling positif tetapi tidak selalu, misalnya pengontrol motor mungkin memiliki pin Vs untuk tegangan motor, atau prosesor mungkin menggunakan tegangan inti dan tegangan IO. Vss adalah singkatan dari sumber tegangan (at); Perangkat PMOS mungkin positif, tetapi sekali lagi, PMOS adalah peninggalan, jadi untuk semua maksud dan tujuan itu adalah tegangan paling negatif yang tersedia. Ini sering dikaitkan dengan media, jadi itu pasti yang paling negatif, atau chip tidak akan berfungsi dengan baik.

Vcc adalah singkatan dari voltase (at) collector dan terutama digunakan untuk perangkat bipolar, meskipun saya telah melihatnya digunakan dengan perangkat CMOS, mungkin di luar kebiasaan. Vee adalah singkatan dari (at) emitor tegangan dan biasanya yang paling negatif.

Saya juga telah melihat Vs + dan Vs-, serta V + dan V-, tetapi V + / V- dapat dikacaukan dengan pin input pada op-amp / komparator dan amplifier lainnya.


4
Hanya ingin menunjukkan bahwa "tujuan intensif" harus menjadi "maksud dan tujuan." Setidaknya, saya kira begitu ... lihat: english.stackexchange.com/questions/1326/…
JYelton

7

Apa yang mereka katakan, sebagian besar waktu, tetapi masih ada kesempatan di mana perbedaan itu nyata dan / atau berguna:

Ada sebagian kecil perangkat yang menggunakan beberapa suplai relatif ke arde dan dalam beberapa di antaranya mungkin masuk akal untuk menggunakan mis Vee gnd atau Vss. Dalam kasus lain mungkin ada beberapa persediaan atau alasan yang berpotensi sama tetapi terpisah karena alasan sistem. misalnya

  • IC prosesor mungkin memiliki persediaan analog dan digital + ve. Ini dapat dinamai misalnya Vccd dan Vcca. Demikian pula Anda dapat memperoleh Vssa dan Vssd.

  • Logika ECL dari varietas Olde memiliki 2 persediaan ditambah tanah. Vee adalah tanah negatif.

  • Level menerjemahkan IC (atau yang MUNGKIN digunakan dalam mode itu) seperti CD4051 - lihat datasheet di sini Cukup berbeda dan cukup edukatif untuk layak dikutip: .................. .... Multiplexer analog CD4051B, CD4052B, dan CD4053B adalah switch analog yang dikontrol secara digital yang memiliki impedansi ON rendah dan arus bocor OFF sangat rendah. Kontrol sinyal analog hingga 20VP-P dapat dicapai dengan amplitudo sinyal digital 4,5V hingga 20V (jika VDD-VSS = 3V, VDD-VEE hingga 13V dapat dikontrol; untuk perbedaan level VDD-VEE di atas 13V, diperlukan VDD-VSS minimal 4.5V). Misalnya, jika VDD = + 4.5V, VSS = 0V, dan VEE = -13.5V, sinyal analog dari -13.5V ke + 4.5V dapat dikontrol dengan input digital dari 0V ke 5V.

  • Gerbang seperti CD4049 / CD4050 TERLIHAT seperti inverter standar atau buffer tetapi memungkinkan sinyal input di atas Vcc sehingga pergeseran level dapat dilakukan. IC hanya memiliki sinyal Vcc dan Vss ( pada pin 1 dan 8 pada IC 16 pin !!! ) tetapi sinyal input beralih antara Vss dan "Vigh" = Vinhigh. Dalam sistem yang digunakan dalam Vih ini mungkin akan disebut Vdd atau nama lain untuk membedakannya dari Vcc. Lembar data CD4049 / CD4050:

  • Ada beberapa gerbang yang memungkinkan konversi level dengan cara lain. Ini mungkin gerbang pengumpul terbuka seperti LM339 (quad) / LM393 (ganda) dengan pin Ye LME9E yang benar-benar aneh di dunia LM339 atau supir bus spesialis atau lainnya. Dalam cas LM339 catu daya (pin 3 = Vcc, pin 12 = gnd dalam IC 14 pin) memiliki nama yang menghibur tetapi beroperasi hanya dengan pasokan 2 Volts, pinout yang sangat menarik dan operasi kolektor terbuka memberikan petunjuk bahwa ini adalah throwbacks dari sebelum awal waktu - tetapi masih sangat bermanfaat.


LM339 bukan komponen logis, tetapi pembanding analog .
stevenvh

2
"... bukan komponen logis ..." // Cukup benar seperti yang sering digunakan. Namun secara historis kabur. Pertanyaan aslinya tidak diutarakan dengan logika atau analog. Sifat kolektor terbuka dan respons komparator 339/393 telah melihat penggunaannya sebagai perangkat logis dan banyak gerbang CMOS, terutama yang sebelumnya tidak dibuat-buat sebenarnya adalah penguat analog murni yang "kebetulan" biasanya digunakan dalam rel ke rel mode. Ada banyak aplikasi di sekitar menggunakan CMOS inverter sebagai penguat linier dan ini bahkan bukan "tidak tepat" penggunaannya - hanya kurang biasa. Tapi, poin diambil.
Russell McMahon

6

VCCVCVCCVCVCCVC

Huruf tersebut menunjukkan bagian transistor: sumber, tiriskan, gerbang, kolektor, emitor, basis.

VBEVCC

Mari kita menciptakan alasan.

VXYnotasi yang menunjukkan tegangan antara dua titik. Jika C diulangi, maka kita tahu itu tidak bisa menjadi sebutan tidak berguna dari tegangan dari C ke C, yang mengingatkan kita bahwa notasi memiliki arti lain. Jika karakter kedua akan menjadi mesin terbang, maka itu mungkin harus menjadi sesuatu selain +atau -karena ini terlihat seperti polaritas.

Jadi cara terpendek yang mungkin untuk menunjukkan tegangan suplai sisi-kolektor adalah sesuatu yang berbasis glyph seperti atau .VC@VCC

Jelas, argumen dapat dibuat bahwa adalah pilihan yang bijaksana dan dipertimbangkan dengan baik untuk mengekspresikan apa yang ingin diungkapkan oleh penemu notasi, yang menjadi perhatian.VCC


Saya pernah mendengar argumen "voltase yang lebih tinggi dari yang terlihat pada kolektor" sebelumnya. Tidak harus "lebih tinggi", tetapi "di luar", melampaui beban atau lebih. Juga terlihat penggunaan yang serupa untuk V (BB), tegangan di ujung resistor basis.
jippie

5

Saya telah melihat banyak skema menggunakan VCC dan VDD secara bergantian

Sebenarnya ini jauh lebih buruk. Dalam banyak pustaka komponen penangkapan skematis, pin tegangan suplai kadang-kadang tersembunyi di dalam (beberapa) simbol komponen. Tidak jarang mengunduh pustaka komponen di mana beberapa komponen memiliki jaring "VCC" atau "GND" tersembunyi yang terhubung ke pin tegangan suplai. Dalam komponen lain, jaring tersembunyi mungkin disebut nama lain. Hal yang tidak terlalu lucu adalah bahwa jika Anda tidak memiliki jaring dengan nama itu di lembar skema Anda dan Anda tidak memperhatikan pesan DRC dari editor skema, Anda mungkin berakhir dengan tegangan suplai Anda dan / atau pin ground sama sekali tidak terhubung di PCB Anda.


Saya menambahkan ini sebagai jawaban terpisah untuk menghindari kebingungan. Harap perbaiki saya jika saya salah.


2
Saya menghabiskan banyak waktu di akhir tahun 80-an merawat perpustakaan komponen untuk sistem penangkapan skematis yang sudah lama tidak digunakan yang digunakan perusahaan saya pada saat itu. Ada banyak masalah konsistensi yang saya periksa, tetapi masalah ini adalah salah satu yang saya temukan cukup sering. Jika tidak hati-hati, sangat mudah untuk mendapatkan koleksi chip dengan kekuatan pribadi mereka sendiri / tanah tidak terhubung ke hal lain. Hari ini, dengan perangkat lunak EDA autorouting murah atau gratis di luar sana, saya bayangkan tidak akan sulit untuk tidak memperhatikan sampai Anda memiliki papan di depan Anda.
RBerteig
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>|