Apa yang dimaksud dengan kapasitor decoupling dan bagaimana saya tahu jika saya membutuhkannya?


190

Apa itu kapasitor decoupling (atau kapasitor smoothing sebagaimana dimaksud dalam tautan di bawah)?

Bagaimana saya tahu jika saya membutuhkannya dan jika demikian, ukuran apa dan ke mana harus pergi?

Pertanyaan ini menyebutkan banyak chip yang membutuhkan satu antara VCC dan GND; bagaimana saya tahu jika chip spesifik adalah satu?

Apakah SN74195N register geser akses paralel 4-bit yang digunakan dengan Arduino memerlukannya? (Untuk menggunakan proyek saya saat ini sebagai contoh) Mengapa atau mengapa tidak?

Saya merasa seperti saya mulai memahami dasar-dasar resistor dan beberapa tempat yang digunakan, nilai apa yang harus digunakan di tempat tersebut, dll, dan saya ingin memahami kapasitor di tingkat dasar juga.


7
Mereka disebut sebagai topi decoupling (bukan topi smoothing) di industri.
Brian Carlton

@Brian Terima kasih atas klarifikasi. Saya memodifikasi judul untuk memudahkan pengguna di masa depan untuk menemukan (tetapi meninggalkan referensi di tubuh untuk membuatnya dapat dicari melalui kapasitor smoothing).
Lawrence Johnston


Saya pikir ini berfungsi seperti smoothing kapasitor yang setelah "penyearah jembatan gelombang penuh".
Michael George

Jawaban:


133

Saya yang mengajukan pertanyaan itu. Inilah pemahaman saya yang belum sempurna:

Anda memasang kapasitor di / GND untuk mencoba dan menjaga voltase lebih konstan. Di bawah rangkaian DC, kapasitor bertindak sebagai sirkuit terbuka sehingga tidak ada masalah dengan korslet di sana. Saat perangkat Anda dihidupkan ( = 5V), kapasitor dibebankan ke kapasitas dan menunggu hingga ada perubahan tegangan antara dan GND ( = 4.5V). Pada titik ini, kapasitor akan melepaskan untuk mencoba dan membawa tegangan kembali ke tingkat pengisian di dalam kapasitor (5V). Ini disebut "smoothing" (atau setidaknya begitulah saya menyebutnya) karena perubahan voltase akan kurang jelas.VCCVCCVCCVCC

Pada akhirnya, tegangan tidak akan pernah kembali ke 5V melalui kapasitor, melainkan kapasitor akan dilepaskan sampai muatan di dalamnya sama dengan tegangan suplai (ke kesetimbangan). Mekanisme serupa bertanggung jawab untuk memperlancar jika meningkat terlalu jauh di atas rata-rata ( = 5.5V mungkin).VCCVCC

Adapun mengapa Anda membutuhkannya, mereka sangat penting dalam sirkuit digital dan analog berkecepatan tinggi. Saya tidak bisa membayangkan Anda akan membutuhkannya untuk SN74195, tetapi tidak ada salahnya!


1
Terima kasih atas jawaban ini. Ini menyampaikan banyak informasi berguna pada tingkat yang cukup mendasar sehingga saya bisa memahaminya.
Lawrence Johnston

13
Untuk menguraikan hal ini, topi decoupling digunakan dalam konteks yang dijelaskan di atas tetapi juga di tempat untuk memberikan permintaan arus agak instan ke chip itu "decoupling". Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hal seperti itu diperlukan jika persediaan Anda memiliki ketentuan saat ini yang cukup. Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus mempertimbangkan bahwa jejak dalam PCB, dan kawat apa pun secara umum, memiliki induktansi dan dengan demikian permintaan arus instan (yaitu pada setiap pulsa clock MCU) tidak dapat dipenuhi dengan cukup cepat mengingat arus hanya dapat berubah pada waktu tertentu menilai melalui induktor. Topi bertindak sebagai reservoir macam saat ini.
sherrellbc

"Saya tidak bisa membayangkan Anda akan membutuhkannya untuk SN74195" - Ini menyiratkan Anda belum pernah bekerja dengan 7400 logika. Percayalah pada saya, Anda perlu decoupler, dan satu per IC adalah aturan yang SANGAT bagus.
WhatRoughBeast

146

Catu daya lambat ... diperlukan kira-kira 10 kita untuk merespons (yaitu bandwidth hingga 100 kHz). Jadi ketika mikrokontroler multi-MHz Anda yang besar, buruk, mengalihkan banyak output dari tinggi ke rendah, itu akan menarik dari catu daya, menyebabkan tegangan mulai terkulai sampai menyadari (10 kita nanti!) Bahwa ia perlu melakukan sesuatu untuk memperbaiki tegangan terkulai.

Untuk mengimbangi pasokan daya yang lambat, kami menggunakan kapasitor decoupling. Kapasitor decoupling menambah "penyimpanan biaya" cepat di dekat IC. Jadi ketika mikro Anda mengganti output, alih-alih menarik biaya dari catu daya, ia akan terlebih dahulu menarik dari kapasitor. Ini akan membeli catu daya beberapa waktu untuk menyesuaikan dengan tuntutan yang berubah.

"Kecepatan" kapasitor bervariasi. Pada dasarnya, kapasitor yang lebih kecil lebih cepat; induktansi cenderung menjadi faktor pembatas, itulah sebabnya semua orang merekomendasikan untuk menempatkan topi sedekat mungkin dengan VCC / GND dengan lead terpendek dan terluas yang praktis. Jadi pilih kapasitansi terbesar dalam paket terkecil, dan mereka akan memberikan biaya paling cepat.


8
Bagus, jawaban yang akurat. Kapasitor keramik lebih baik untuk decoupling kecepatan tinggi karena mereka "lebih cepat". Kapasitor tantalum massal (terpolarisasi) hanya untuk frekuensi yang lebih rendah karena mereka "lambat" (karena ESR - pikirkan filter RC kecil di dalam kapasitor). Ketika orang mengatakan kapasitor "smoothing", saya pikir lebih dari kapasitansi massal pada output catu daya, bukan decoupling pada pin daya. Saya belum menggunakan istilah itu sejak ENG101.
Analog Arsonist

Bukankah IC selalu menarik dari kapasitor secara langsung? Bukan untuk membagi rambut di sini tapi ...
cbmeeks

@ cbmeeks: Jika suatu saat, suplai (termasuk semuanya kecuali tutup bypass) menghasilkan 1mA dan perangkat menggambar 1,5mA, perangkat akan menarik 1mA dari suplai dan 0,5mA dari tutup bypass. Jika pada beberapa saat kemudian pasokan meningkat ke output 1.1mA tetapi beban hanya menarik 1.0mA, maka perangkat akan menarik 1.0 dari pasokan dan tutupnya akan menarik 0.1mA dari pasokan.
supercat

51

Biasanya disebut "bypass cap", karena noise frekuensi tinggi memintas IC dan mengalir langsung ke ground, atau " decoupling cap ", karena mencegah penarikan arus dari satu IC dari menyambung ke catu daya IC lain.

"Bagaimana saya tahu jika chip tertentu adalah satu?"

Anggap saja mereka semua melakukannya. :) Jika sebuah chip menggambar arus sesekali, itu akan menyebabkan tegangan suplai terkulai sesekali. Jika chip lain adalah "downstream", ia akan melihat kebisingan pada pin kekuatannya. Jika itu cukup buruk, itu dapat menyebabkan kesalahan atau kebisingan atau apa pun. Jadi secara umum kami menempatkan bypass caps pada semuanya, "upstream" dari IC. (Ya, orientasi jejak dan lokasi komponen penting, karena tembaga bukan konduktor yang sempurna.)


6
Berikut ini adalah aturan praktis yang menarik yang saya temukan dari dokumen yang ditulis TI (dalam urutan: JENIS kemudian MAX FREKUENSI) Aluminium Elektrolit, 100 kHz; Tantalum Elektrolit, 1 MHz; Mica, 500 MHz; Keramik, 1 GHz
Kellenjb

Anda cocok dengan definisi saya untuk memotong dan memisahkan topi. Senang mendengar satu jiwa telah membaca terlalu banyak.
Kortuk

Bisakah Anda menambahkan lebih banyak tentang kasus hulu dan hilir?
abhiarora

@abhiarora Pura-pura semua kabel dalam skema Anda adalah resistor dan pikirkan di mana kapasitor seharusnya mendapatkan penyaringan terbaik
endolith

35

Sebuah kapasitor smoothing (alias decoupling capacitor ) digunakan untuk mengurangi perubahan tegangan catu daya. Ketika Anda menarik arus tinggi dari catu daya Anda (seperti ketika logika digital beralih negara) Anda akan melihat perubahan tegangan suplai. Switching mencoba untuk menggambar arus instan besar dan menghasilkan penurunan tegangan karena impedansi sumber tegangan dan hubungan antara sumber tegangan dan IC. Kapasitor decoupling akan membantu menjaga (atau memperlancar) tegangan suplai pada perangkat. Menempatkan elemen penyimpanan ini dekat dengan IC mengurangi perubahan tegangan pada IC.

Kecuali jika Anda mengukur tegangan suplai pada setiap IC ketika IC sedang menggambar arus switching maksimumnya, sulit untuk mengatakan seberapa efektif kapasitor tersebut. Untuk sebagian besar perangkat digital rekomendasinya adalah 0.1uF keramik yang sangat dekat dengan perangkat. Karena kapasitor kecil dan murah, sebagian besar desainer hanya akan menambahkan kapasitor. Kadang-kadang jika saya memiliki dua perangkat logika yang sangat dekat Anda mungkin dapat mengarahkan satu kapasitor antara dua IC. Ini biasanya tidak demikian.

IC catu daya memiliki persyaratan kapasitor smoothing yang lebih besar karena arus swithing lebih besar. Untuk perangkat tersebut, Anda perlu melihat lebih dekat pada persyaratan riak aplikasi untuk menentukan kapasitor penyaringan yang sesuai.


30

Hanya untuk menambah emisi EM.

Sebagian besar perusahaan akan merekomendasikan tutup 0,1uF pada setiap input daya. Perlu diingat ini hanya minimum yang diperlukan untuk menghindari penurunan tegangan yang dapat mempengaruhi pengoperasian. Jika Anda membuat papan PCB yang harus lulus FCC Bagian 15 untuk emisi, Anda harus melangkah lebih jauh.

Pada akhirnya Anda perlu menghitung seluruh kapasitansi yang dibutuhkan pada bidang catu daya berdasarkan desain PCB dan penggunaan daya. Aturan umum yang saya gunakan sebagai tempat awal adalah satu tutup tantalum 10uF per IC utama (mikrokontroler, ADC, DAC, dll) dan kemudian tutup 0.1uF dan 10nF di setiap pin daya pada setiap IC. Tutup 10nF harus berukuran kecil — lebih disukai 0402 atau paling banyak berukuran 0603 — untuk menghindari induktansi timbal dari paket yang membatalkan efek kapasitor.

Saya sangat merekomendasikan buku ini jika Anda berencana untuk masuk ke desain digital kecepatan tinggi, kecepatan tinggi yang berarti apa pun lebih dari 1MHz.


+1 untuk menyebutkan tutup 10nF. 0.1uF baik untuk default, tetapi tutup 10nF atau bahkan 1nF akan memiliki impedansi lebih rendah pada frekuensi tinggi karena mereka memiliki induktansi parasit yang lebih rendah.
Jason S

6
Induktansi parasit didominasi oleh ukuran paket, bukan total kapasitansi. Tentu, ada korelasi antara kapasitansi maksimum dan ukuran paket, jadi Anda sebagian besar benar, tetapi tutup 10nF dalam paket 0805 akan memiliki induktansi parasit yang sama dengan 10uF dalam paket 0805. Konsekuensinya adalah jika Anda memiliki 100 nF tutup dalam paket 0603, menambahkan tutup 10nF dalam paket 0603 tidak akan banyak membantu Anda, jika sama sekali.
ajs410

1
Dan jangan lupa bahwa EMI tidak selalu dapat diperbaiki dengan menambahkan tutup. Ketika Hitler menemukan youtube.com/watch?v=eeo8ZZTfwZQ
WhatRoughBeast

19

Pertanyaan yang terkait dengan decoupling tampaknya banyak muncul akhir-akhir ini. Saya memberikan jawaban yang terperinci di sini: Tutup decoupling, layout PCB

Itu berbicara tentang masalah dan tata letak decoupling. Perataan catu daya adalah masalah yang sangat berbeda. Yang pada umumnya memerlukan penutup yang lebih besar yang harus mampu menyimpan energi dalam jumlah yang wajar karena frekuensi riak catu daya jauh lebih rendah daripada frekuensi tutup pelepas yang dimaksudkan untuk ditangani.


12

Saya ingin menekankan salah satu poin jluciani. Sangat penting untuk meletakkan kapasitor sedekat mungkin dengan input daya chip. Ini dapat membantu menghilangkan kebisingan yang muncul di tempat lain, baik di sirkuit Anda, dari catu daya, atau bahkan beberapa kebisingan yang dipancarkan dari sumber di luar papan Anda.

jluciani benar bahwa 0.1uF sangat umum untuk ditempatkan di sebelah IC. Cukup pikirkan kapasitansi sebagai seberapa besar muatan yang dapat ditahan kapasitor, sehingga semakin besar kapasitansi, semakin banyak muatan yang ditahan. Jika Anda menempatkan kapasitor secara paralel, Anda menambahkan lebih banyak kapasitas yang menghasilkan kapasitansi efektif yang lebih tinggi.

Sejauh pertanyaan Anda tentang apakah chip itu memerlukannya atau tidak, saya akan mengatakan, tidak ada salahnya. Datasheet biasanya akan menentukan apakah chip membutuhkan kapasitor decoupling (alias smoothing) dan jika demikian, berapa nilai yang disarankan.


10

Hanya dengan menambahkan beberapa poin ke jawaban lain:

Untuk mengukur efek dari lonjakan arus pada tegangan suplai Anda memerlukan osiloskop cepat. Itu tergantung pada kecepatan sirkuit, tapi saya kira Anda akan membutuhkan bandwidth 200MHz ke 1GHz.

Juga, jika sirkuit catu daya yang membawa lonjakan arus besar maka akan menyebabkan emisi radio, yang disukai karena berbagai alasan teknis dan hukum. Kapasitor bypass berfungsi seperti pintasan untuk paku ini, jadi emisi yang ada jauh lebih sedikit.


5
Kebanyakan lonjakan tegangan dapat dilihat bahkan pada osiloskop 100MHz karena frekuensinya terkait dengan jam Anda. ATmega yang berjalan pada 8MHz akan menunjukkan lonjakan setiap 1/8MHz = 125ns.
jpc

9

Tutup Bypass cukup murah sehingga dalam banyak kasus tidak ada alasan untuk tidak menempatkan mereka di mana-mana. Namun, jika ruang atau biaya adalah masalah ekstrem, mungkin masuk akal untuk meninggalkan beberapa. Kuncinya adalah mengenali apa yang mungkin terjadi jika mereka ditinggalkan. Saran saya adalah untuk mengasumsikan skenario terburuk jika mereka tinggalkan: (1) Radiasi RF pada frekuensi switching input dapat ditingkatkan, dan (2) setiap kali input beralih, anggap output perangkat dan keadaan internal mungkin menjadi sewenang-wenang glitched. Jika salah satu dari perilaku ini menjadi masalah, diperlukan bypass cap. Jika tidak ada masalah (misalnya karena tidak ada input yang cukup sering berganti radiasi, perangkat tidak memiliki status internal,


8

Dalam kasus umum, beberapa atau banyak IC, transistor, atau katup (tabung) akan dihubungkan ke catu daya yang sama. Ketika perangkat dalam situasi ini beroperasi, ia menarik berbagai jumlah arus dari catu daya sesuai dengan sinyal yang melewatinya. Karena catu daya tidak sempurna, arus yang bervariasi menyebabkan voltase yang bervariasi muncul di rel pasokan. Semua perangkat lain yang terhubung ke catu daya yang sama kemudian akan merasakan tegangan ini yaitu. sinyal noise akan digabungkan ke dalamnya. Hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan di sirkuit analog atau kesalahan dalam koneksi digital. Dengan menempatkan kapasitor DEcoupling pada titik-titik yang dijelaskan di atas, tegangan catu daya menjadi lebih stabil, dan perangkat dipisahkan satu sama lain.


7

Seringkali datasheet untuk chip secara khusus menyebutkan berapa banyak dan ukuran kapasitor yang digunakan. Jika tidak, praktik terbaik adalah memasang tutup 1 uF ke pin daya masing-masing chip, ditambah tutup yang lebih besar di suatu tempat di papan tulis. (Sebelum 2001, praktik terbaik menggunakan 0,1 uF caps).

ps: sudahkah Anda mempertimbangkan untuk menggunakan 74HC595 atau 74HC166 daripada 74195? Saya menduga itu akan berhasil juga, dan membebaskan beberapa pin pada Arduino Anda.


3

Orang biasanya memberikan satu penjelasan ketika ditanya apa fungsi kapasitor decoupling, tetapi kenyataannya mereka memenuhi beberapa tugas.

Inilah daftar hal-hal yang saya ketahui:

Mereka mengurangi pentalan tanah

Ground bounce adalah fenomena di mana perbedaan tegangan yang berubah di bidang tanah mempengaruhi secara negatif (kebanyakan) sinyal analog dan (kadang-kadang) digital. Untuk sinyal analog, seperti audio misalnya, ini dapat memanifestasikan dirinya dalam bentuk noise bernada tinggi. Untuk sinyal digital, ini bisa berarti transisi sinyal yang hilang / tertunda / palsu.

Perbedaan tegangan yang berubah disebabkan oleh penciptaan dan keruntuhan medan magnet yang disebabkan oleh perubahan aliran arus.

Semakin lama jalur yang harus dilalui aliran saat ini, semakin tinggi induktansi yang terkait dengannya dan semakin buruk pentalan tanah. Beberapa jalur aliran saat ini juga memperburuk masalah, serta kecepatan perubahan saat ini.

Aliran arus jelas terjadi antara catu daya dan IC yang terhubung, tetapi agak kurang jelas juga antara IC yang "berkomunikasi". Aliran saat ini yang terkait dengan dua IC terlihat seperti ini; catu daya -> IC 1 -> IC 2 -> Ground -> catu daya.

Sebuah kapasitor decoupling secara efektif mengurangi panjang jalur saat ini dengan berfungsi sebagai sumber daya, sehingga mengurangi induktansi dan dengan demikian memantul.

Contoh sebelumnya menjadi; Cap -> IC 1 -> IC 2 -> Ground -> Cap

Mereka menjaga level tegangan stabil

Ada dua alasan mengapa level tegangan berfluktuasi:

  • Jejak / kawat induktansi mengurangi tingkat maksimum perubahan arus melalui jejak / kawat itu; peningkatan 'permintaan' mendadak untuk arus akan menghasilkan penurunan voltase; penurunan 'permintaan' mendadak untuk arus akan menghasilkan lonjakan voltase.
  • Pasokan listrik (terutama yang dari jenis switching) perlu waktu untuk merespons dan akan sedikit tertinggal dari permintaan saat ini.

Sebuah kapasitor decoupling akan memperlancar permintaan saat ini dan mengurangi setiap jatuh atau lonjakan tegangan.

Mereka BISA mengurangi EMI (transmisi)

Ketika kita berbicara tentang interferensi elektromagnetik, kita merujuk pada transmisi interferensi elektromagnetik yang tidak diinginkan atau penerimaan sinyal elektromagnetik yang dimaksudkan atau tidak disengaja yang mengganggu fungsi perangkat Anda. Biasanya mengacu pada transmisi itu sendiri.

Penempatan kapasitor (decoupling) antara daya dan bidang tanah mengubah koefisien transmisi di berbagai frekuensi. Tampaknya hanya menggunakan satu nilai untuk kapasitor Anda untuk seluruh PCB serta kapasitor lossy / resistensi tinggi adalah cara untuk pergi jika Anda perlu mengurangi EMI, namun ini bertentangan dengan praktik umum (yang menganjurkan peningkatan urutan kapasitansi semakin dekat Anda ke catu daya). Kebanyakan orang tidak benar-benar peduli dengan EMI jika mereka membuat sirkuit untuk hobi mereka (meskipun amatir radio biasanya), tetapi menjadi tidak dapat dihindari ketika Anda merancang sirkuit untuk produksi massal.

Kapasitor (decoupling) BISA mengurangi radiasi elektromagnetik yang tidak diinginkan yang diproduksi oleh sirkuit Anda.

Untuk menjawab pertanyaan Anda yang tersisa ..

Bagaimana saya tahu jika saya membutuhkannya dan jika demikian, ukuran apa dan ke mana harus pergi?

Biasanya Anda menempatkan kapasitor decoupling bila memungkinkan, memilih ukuran fisik terkecil dengan nilai terbesar sedekat mungkin dengan pin catu daya IC.

Apakah SN74195N register geser akses paralel 4-bit yang digunakan dengan Arduino memerlukannya? (Untuk menggunakan proyek saya saat ini sebagai contoh) Mengapa atau mengapa tidak?

Mungkin akan bekerja dengan baik, tetapi mengapa repot-repot dengan 'mungkin' jika Anda dapat meningkatkan peluang dengan menempatkan komponen yang harganya beberapa sen, bahkan satu sen dalam beberapa kasus?


2

Hampir setiap IC harus memiliki kapasitor decoupling. Jika tidak ada yang ditentukan oleh lembar data, paling tidak, letakkan 0,1 uF tutup keramik di dekat pin daya IC, dengan nilai setidaknya dua kali tegangan yang Anda gunakan.

Banyak hal akan membutuhkan lebih banyak kapasitansi pada input. Anda sering dapat menemukan rekomendasi tersebut dalam lembar data, catatan aplikasi, atau skema kit evaluasi.


2

Mari kita mengambil beberapa keajaiban tentang topi memotong, dengan meningkatkan model rangkaian; 7400 gerbang keluarga terlihat seperti ini: masukkan deskripsi gambar di sini

(5v?3?Vdiode)/130Ohm

Gerbang ini, tersedia 3-dalam-satu-paket, menyediakan drive tinggi (fanout besar) dan kecepatan cepat. Di dalam 74195, kita tidak perlu semua drive itu. Kami membutuhkan kecepatan. Kami akan mengasumsikan shoot-thru 2mA per gerbang (~~ 15 gerbang per FF)

skema

mensimulasikan rangkaian ini - Skema dibuat menggunakan CircuitLab

Kita perlu menyimpan biaya yang cukup untuk 1uS aktivitas pencatatan jam sibuk. MENGAPA? Mengapa menggunakan 1uS? Karena kapasitor besar dan kabel panjang akan RING, dan mengganggu VDD di IC, kecuali dibasahi. Apa frekuensi dering? 1uH dan 1uF menghasilkan 0,159KHz. Bagaimana cara meredamnya?

Gunakan Q = 1 [didefinisikan sebagai Q = ZL / R = 2 (pi Fring L / R)] dan Fring = 1/2 * pi sqrt (L C), kami menemukan Rdampen = sqrt (L / C). Untuk 1uH dan 1uF, perlu SATU OHM.

Pertimbangkan rangkaian ini untuk kontrol dering VDD yang baik:

skema

mensimulasikan rangkaian ini

Apa yang diberitahukan oleh Signal Chain Explorer tentang peredam 1_ohm ini?

masukkan deskripsi gambar di sini

Mengherankan? Insinyur logika juga perlu mendesain penyaringan VDD dan peredam VDD.


Tampaknya Anda tidak sengaja memposting jawaban yang sama dua kali dan harus menghapusnya.
Rev1.0

1

Untuk menjawab pertanyaan Anda secara singkat: DC tidak melewati kapasitor, AC tidak. Kebanyakan noise adalah AC coupled noise, atau / dan memiliki karakteristik AC, yaitu switching + - beberapa nilai DC. Untuk mengakomodasi perubahan ini, Anda menggunakan kapasitor DECOUPLING. Ini hanya memendekkan sinyal AC. Ada banyak catatan aplikasi hebat tentang mengapa dan bagaimana cara kerjanya: http://www.analog.com/media/en/training-seminars/tutorials/MT-101.pdf

Juga, pembicaraan tentang kapasitor penampung / penghalus - mengangkatnya di utas ini hanya membingungkan pendatang baru dalam hal terminologi.
Penghalusan dilakukan untuk menciptakan tegangan yang sangat mantap. Misalnya. Beberapa output sensor / sirkuit tergantung secara proporsional dengan tegangan suplai mereka. Riak-riak dalam pasokan akan secara langsung memengaruhi keluarannya.


Untuk IC logika, kapasitor "decoupling" benar-benar bertindak sebagai reservoir, menyediakan jalur impedansi rendah untuk arus switching yang tinggi. Jadi saya tidak berpikir istilah "reservoir / smoothing" membingungkan sehubungan dengan pertanyaan ini.
Rev1.0

Kapasitor menurut definisi adalah reservoir muatan. Pemulusan terjadi untuk kapasitor besar dan kecil. Ini benar-benar berakhir menjadi diskusi semantik, yang bagi yang belum tahu dapat membuat lebih banyak kebingungan. Namun, hal. 2 dari catatan aplikasi analog meringkaskannya dengan cara yang baik: Kapasitor elektrolitik besar (biasanya 10 μF - 100 μF) tidak lebih dari 2 inci dari chip. Tujuan dari kapasitor ini adalah untuk menjadi reservoir muatan untuk memasok kebutuhan muatan sesaat dari rangkaian secara lokal sehingga muatan tidak perlu datang melalui induktansi dari jejak daya.
Andreas HD

Tutup yang lebih kecil (ketik 0,01 μF - 0,1 μF) sedekat mungkin dengan pin daya chip. Tujuan dari kapasitor ini adalah untuk mempersingkat kebisingan frekuensi tinggi dari chip.
Andreas HD

0

Kapasitor adalah elemen penyimpanan dan akan menghemat energi dalam bentuk muatan. Kembali ke topi decoupling, itu juga disebut sebagai kapasitor bypass karena akan memotong pasokan riak dan tutup yang diisi ini akan mencoba untuk mempertahankan tegangan dc tetap pada pin VDD.


0

Mereka diperlukan untuk menurunkan impedansi sistem pengiriman daya. Pada frekuensi tinggi, catu daya menghadirkan impedansi seri yang tidak dapat diabaikan, terutama karena induktansi dari jaring daya. Lihatlah bagian "Rail collapse in Power Integrity" pada artikel berikut yang dapat membantu Anda memahami ide tersebut: https://www.cohenelec.com/considering-capacitor-parasitics/


1
Mungkin baik untuk mengambil beberapa informasi dan mengutipnya dari artikel sebagai jawaban ketika tautannya turun.
Voltage Spike
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>|