Aturan dan pedoman untuk menggambar skema yang baik


279

Ada banyak skema buruk di sini. Beberapa kali orang benar-benar meminta kritik atas skema mereka. Pertanyaan ini dimaksudkan sebagai repositori tunggal pada aturan gambar skematik dan pedoman dapat mengarahkan orang ke. Pertanyaannya adalah

Apa aturan dan pedoman untuk menggambar skema yang baik?

Catatan: Ini tentang skema sendiri, bukan tentang sirkuit yang mereka wakili.

Jawaban:


379

Skema adalah representasi visual dari suatu rangkaian. Dengan demikian, tujuannya adalah untuk mengkomunikasikan sirkuit kepada orang lain. Skema dalam program komputer khusus untuk tujuan itu juga merupakan deskripsi rangkaian yang dapat dibaca mesin. Penggunaan ini mudah untuk dinilai secara absolut. Entah aturan formal yang tepat untuk menggambarkan sirkuit diikuti dan sirkuit didefinisikan dengan benar atau tidak. Karena ada aturan keras untuk itu dan hasilnya dapat dinilai dengan mesin, ini bukan poin dari diskusi di sini. Diskusi ini adalah tentang aturan, pedoman, dan saran untuk skema yang baik untuk tujuan pertama, yaitu untuk mengkomunikasikan sirkuit ke manusia. Baik dan buruk akan dihakimi di sini dalam konteks itu.

Karena skema adalah untuk mengkomunikasikan informasi, skema yang baik melakukan ini dengan cepat, jelas, dan dengan kemungkinan kesalahpahaman yang rendah. Ini perlu tetapi jauh dari cukup agar sebuah skema menjadi benar. Jika suatu skema cenderung menyesatkan pengamat manusia, itu adalah skema yang buruk apakah Anda akhirnya dapat menunjukkan bahwa setelah mengartikannya, itu sebenarnya benar. Intinya adalah kejelasan . Skema yang secara teknis benar tetapi dikaburkan masih merupakan skema yang buruk.

Beberapa orang memiliki pendapat sendiri yang konyol, tetapi inilah aturannya (sebenarnya, Anda mungkin akan melihat persetujuan luas antara orang-orang berpengalaman tentang sebagian besar poin penting):

  1. Gunakan penunjuk komponen

    Ini cukup otomatis dengan program penangkapan skema, tetapi kita masih sering melihat skema di sini tanpa mereka. Jika Anda menggambar skematis Anda di serbet dan kemudian memindai, pastikan untuk menambahkan perancang komponen. Ini membuat sirkuit lebih mudah untuk dibicarakan. Saya telah melewatkan pertanyaan ketika skema tidak memiliki perancang komponen karena saya tidak merasa ingin repot dengan resistor 10 kΩ kedua dari kiri oleh tombol tekan atas . Jauh lebih mudah untuk mengatakan R1, R5, Q7, dll.

  2. Bersihkan penempatan teks

    Program skematis umumnya memasukkan nama bagian dan nilai berdasarkan definisi bagian generik. Ini berarti mereka sering berakhir di tempat yang tidak nyaman dalam skema ketika bagian lain ditempatkan di dekatnya. Memperbaikinya. Itu bagian dari tugas menggambar skema. Beberapa program penangkapan skematis membuatnya lebih mudah daripada yang lain. Dalam Eagle misalnya, sayangnya, hanya ada satu simbol untuk suatu bagian. Beberapa bagian umumnya ditempatkan dalam orientasi yang berbeda, horisontal dan vertikal dalam kasus resistor misalnya. Dioda dapat ditempatkan dalam setidaknya 4 orientasi karena mereka memiliki arah juga. Penempatan teks di sekitar bagian, seperti penunjuk komponen dan nilai, mungkin tidak akan berfungsi dalam orientasi lain daripada yang awalnya dibuat. Jika Anda memutar bagian stok, pindahkan teks di sekitar setelahnya sehingga mudah dibaca, jelas milik bagian itu, dan tidak bertabrakan dengan bagian lain dari gambar. Teks vertikal terlihat bodoh dan membuat skematisnya sulit dibaca.

    Saya membuat bagian-bagian redundan yang terpisah di Eagle yang hanya berbeda dalam orientasi simbol dan karenanya penempatan teks. Itu lebih banyak pekerjaan di muka tetapi membuatnya lebih mudah saat menggambar skema. Namun, tidak masalah bagaimana Anda mencapai hasil akhir yang rapi dan jelas, hanya itu yang Anda lakukan. Tak ada alasan. Terkadang kita mendengar rengekan seperti "Tapi CircuitBarf 0,1 tidak membiarkan saya melakukan itu" . Jadi dapatkan sesuatu yang bisa. Selain itu, CircuitBarf 0,1 mungkin membiarkan Anda melakukannya, hanya saja Anda terlalu malas untuk membaca manual untuk belajar bagaimana dan terlalu ceroboh untuk peduli. Gambarlah (rapi!) Di atas kertas dan pindai jika perlu. Sekali lagi, tidak ada alasan.

    Sebagai contoh, berikut adalah beberapa bagian dengan orientasi berbeda. Perhatikan bagaimana teks berada di tempat yang berbeda relatif terhadap bagian-bagian untuk membuat semuanya rapi dan jelas.

    Jangan biarkan ini terjadi pada Anda:

    Ya, ini sebenarnya potongan kecil dari apa yang dicampakkan seseorang kepada kami di sini.

  3. Tata letak dan aliran dasar

    Secara umum, baik untuk meletakkan tegangan lebih tinggi ke atas, tegangan lebih rendah ke arah bawah dan aliran logis dari kiri ke kanan. Itu jelas tidak mungkin sepanjang waktu, tetapi setidaknya upaya tingkat yang lebih tinggi untuk melakukan hal ini akan sangat menerangi sirkuit bagi mereka yang membaca skema Anda.

    Satu pengecualian penting untuk ini adalah sinyal umpan balik. Sesuai sifatnya, mereka memberi makan "kembali" dari hilir ke hulu, sehingga mereka harus ditunjukkan mengirim informasi yang berlawanan dengan aliran utama.

    Koneksi daya harus naik ke voltase positif dan turun ke voltase negatif. Jangan lakukan ini:

    Tidak ada ruang untuk menunjukkan garis turun ke tanah karena barang-barang lain sudah ada di sana. Pindahkan itu. Anda membuat kekacauan, Anda bisa menghilangkannya. Selalu ada cara.

    Mengikuti aturan-aturan ini menyebabkan sebagian besar sub-sirkuit ditarik hampir sama. Setelah Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman melihat skema, ini akan muncul pada Anda dan Anda akan menghargai ini. Jika barang digambar dengan cara apa pun, maka sirkuit umum ini akan terlihat berbeda secara visual setiap waktu dan akan membutuhkan waktu lebih lama bagi orang lain untuk memahami skema Anda. Apa kekacauan ini, misalnya?

    Setelah beberapa penguraian, Anda menyadari, "Oh, itu adalah penguat emitor yang umum. Mengapa tidak #% & ^ $ @ # $% menggambarnya seperti yang pertama !?" :

  4. Gambar pin sesuai fungsi

    Tunjukkan pin IC pada posisi yang relevan dengan fungsinya, BUKAN BAGAIMANA MEREKA TERJADI STICK OUT OF CHIP. Coba letakkan pin daya positif di bagian atas, pin daya negatif (biasanya menjadi dasar) di bagian bawah, input di sebelah kiri, dan output di sebelah kanan. Perhatikan bahwa ini cocok dengan tata letak skematik umum seperti yang dijelaskan di atas. Tentu saja, ini tidak selalu masuk akal dan mungkin. Bagian untuk keperluan umum seperti mikrokontroler dan FPGA memiliki pin yang dapat menjadi input dan output tergantung pada penggunaan dan bahkan dapat bervariasi pada saat dijalankan. Setidaknya Anda dapat meletakkan pin khusus daya dan ground di bagian atas dan bawah, dan mungkin mengelompokkan pin yang terkait erat dengan fungsi khusus, seperti koneksi driver kristal.

    IC dengan pin dalam urutan pin fisik sulit dipahami. Beberapa orang menggunakan alasan bahwa ini membantu dalam debugging, tetapi dengan sedikit pemikiran Anda dapat melihat bahwa itu tidak benar. Ketika Anda ingin melihat sesuatu dengan ruang lingkup, pertanyaan mana yang lebih umum "Saya ingin melihat jam, pin apa itu?" atau "Saya ingin melihat pin 5, fungsi apa itu?" . Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin ingin berkeliling IC dan melihat semua pin, tetapi pertanyaan pertama jauh lebih umum.

    Tata letak urutan pin fisik mengaburkan sirkuit dan membuat proses debug lebih sulit. Jangan lakukan itu.

  5. Koneksi langsung, masuk akal

    Luangkan waktu dengan penempatan untuk mengurangi persilangan kawat dan sejenisnya. Tema yang berulang di sini adalah kejelasan . Tentu saja, menggambar garis koneksi langsung tidak selalu mungkin atau masuk akal. Jelas, itu tidak dapat dilakukan dengan beberapa lembar, dan sarang berantakan kabel lebih buruk daripada beberapa "kabel udara" yang dipilih dengan cermat.

    Tidak mungkin untuk membuat aturan universal di sini, tetapi jika Anda terus-menerus memikirkan orang mistis yang melihat dari balik bahu Anda mencoba memahami rangkaian dari skema yang Anda gambar, Anda mungkin akan baik-baik saja. Anda harus mencoba membantu orang memahami rangkaian dengan mudah, bukan membuat mereka mengetahuinya meskipun ada skema.

  6. Desain untuk kertas ukuran biasa

    Hari-hari insinyur listrik memiliki tabel penyusunan dan sedang diatur untuk bekerja dengan gambar ukuran D sudah lama berlalu. Kebanyakan orang hanya memiliki akses ke printer ukuran halaman biasa, seperti untuk kertas berukuran 8 ? x 11-inci di sini di AS. Ukuran pastinya sedikit berbeda di seluruh dunia, tetapi semuanya kira-kira dapat Anda pegang dengan mudah di depan Anda atau diletakkan di meja Anda. Ada alasan mengapa ukuran ini berkembang sebagai standar. Menangani kertas yang lebih besar itu merepotkan. Tidak ada ruang di meja, ujungnya tumpang tindih keyboard, mendorong benda-benda dari meja Anda ketika Anda memindahkannya, dll.

    Intinya adalah untuk merancang skema Anda sehingga setiap lembar dapat dibaca dengan baik pada satu halaman normal, dan pada layar dengan ukuran yang hampir sama. Saat ini, ukuran layar umum terbesar adalah 1920 x 1080. Harus gulir halaman pada resolusi itu untuk melihat detail yang diperlukan adalah menjengkelkan.

    Jika itu berarti menggunakan lebih banyak halaman, silakan. Anda dapat membalik halaman maju dan mundur hanya dengan menekan satu tombol di Acrobat Reader. Membalik halaman lebih disukai daripada menggeser gambar besar atau berurusan dengan kertas berukuran besar. Saya juga menemukan bahwa satu halaman normal pada detail yang masuk akal adalah ukuran yang baik untuk menunjukkan subcircuit. Pikirkan halaman dalam skema seperti paragraf dalam sebuah narasi. Memecah skema menjadi bagian-bagian yang berlabel secara terpisah oleh halaman sebenarnya dapat membantu keterbacaan jika dilakukan dengan benar. Misalnya, Anda mungkin memiliki halaman untuk bagian input daya, koneksi mikrokontroler langsung, input analog, output daya drive jembatan H, antarmuka ethernet, dll. Ini sebenarnya berguna untuk memecah skematik dengan cara ini bahkan jika ia memiliki tidak ada hubungannya dengan ukuran gambar.

    Ini adalah bagian kecil dari skema yang saya terima. Ini dari tangkapan layar yang menampilkan satu halaman skema yang dimaksimalkan dalam Acrobat Reader pada layar 1920 x 1200.

    Dalam hal ini, saya dibayar sebagian untuk melihat skema ini, jadi saya memakainya, meskipun saya mungkin menggunakan lebih banyak waktu dan karena itu menagih pelanggan lebih banyak uang daripada jika skema lebih mudah untuk dikerjakan. Jika ini dari seseorang yang mencari bantuan gratis seperti di situs web ini, saya akan berpikir untuk mengacaukan ini dan melanjutkan untuk menjawab pertanyaan orang lain.

  7. Beri label jaring kunci

    Program penangkapan skematis umumnya memungkinkan Anda memberi jaring nama yang dapat dibaca dengan baik. Semua jaring mungkin memiliki nama di dalam perangkat lunak, hanya saja mereka default ke beberapa gobbledygook kecuali Anda secara eksplisit mengaturnya.

    Jika jaring dibagi menjadi segmen yang tidak terhubung secara visual, maka Anda benar-benar harus memberi tahu orang-orang bahwa kedua jaring yang tampaknya terputus itu benar-benar sama. Paket yang berbeda memiliki cara bawaan yang berbeda untuk menunjukkan hal itu. Gunakan apa pun yang berfungsi dengan perangkat lunak yang Anda miliki, tetapi dalam kasus apa pun, berikan nama pada net dan perlihatkan nama itu di setiap segmen yang digambar secara terpisah. Anggap itu sebagai penyebut umum terendah atau menggunakan "kabel udara" dalam suatu skema. Jika perangkat lunak Anda mendukungnya dan Anda pikir itu membantu dengan kejelasan, tentu saja, gunakan sedikit penanda "titik lompatan" atau apa pun. Kadang-kadang ini bahkan memberi Anda lembar dan koordinat satu atau lebih titik lompatan yang sesuai. Itu semua bagus tapi beri label jaring semacam itu.

    Poin penting adalah bahwa string nama kecil untuk jaring ini diturunkan secara otomatis dari nama jaringan internal oleh perangkat lunak. Jangan pernah menggambarnya secara manual sebagai teks arbitrer yang tidak dipahami oleh perangkat lunak sebagai nama bersih. Jika bagian terpisah dari jaring pernah terputus atau diganti namanya secara terpisah karena kecelakaan, perangkat lunak akan secara otomatis menunjukkan ini karena nama yang ditampilkan berasal dari nama internet yang sebenarnya, bukan sesuatu yang Anda ketikkan secara terpisah. Ini sangat mirip variabel dalam bahasa komputer. Anda tahu bahwa banyak penggunaan simbol variabel merujuk ke variabel yang sama.

    Alasan bagus lainnya untuk nama internet adalah komentar singkat. Kadang-kadang saya menyebutkan nama dan kemudian menunjukkan nama-nama jaring hanya untuk memberikan gambaran singkat tentang apa tujuan jaring itu. Misalnya, melihat bahwa jaring disebut "5V" atau "MISO" dapat banyak membantu dalam memahami rangkaian. Banyak jaring pendek tidak memerlukan nama atau klarifikasi, dan menambahkan nama akan lebih menyakitkan karena berantakan daripada yang akan diterangi. Sekali lagi, intinya adalah kejelasan. Tunjukkan nama bersih yang berarti ketika membantu dalam memahami sirkuit, dan jangan ketika itu akan lebih mengganggu daripada berguna.

  8. Simpan nama dengan cukup singkat

    Hanya karena perangkat lunak Anda memungkinkan Anda memasukkan nama net 32 ??atau 64 karakter, tidak berarti Anda harus melakukannya. Sekali lagi, intinya adalah tentang kejelasan. Tidak ada nama tidak ada informasi, tetapi banyak nama panjang berantakan, yang kemudian mengurangi kejelasan. Di antara keduanya ada tradeoff yang bagus. Jangan konyol dan tulis "8 MHz clock ke PIC saya", ketika cukup "CLOCK", "CLK", atau "8MHZ" akan menyampaikan informasi yang sama.

    Lihat standar ANSI / IEEE ini untuk singkatan nama pin yang disarankan.

  9. Nama simbol huruf besar

    Gunakan semua huruf besar untuk nama internet dan nama pin. Nama pin hampir selalu ditampilkan huruf besar dalam lembar data dan skema. Berbagai program skematik, termasuk Eagle, bahkan tidak memungkinkan untuk nama huruf kecil. Satu keuntungan dari ini, yang juga membantu ketika nama tidak terlalu panjang, adalah bahwa mereka menonjol dalam teks biasa. Jika Anda memang menulis komentar nyata dalam skema, selalu tuliskan dalam huruf besar tetapi pastikan huruf besar nama simbol untuk membuatnya jelas itu adalah nama simbol dan bukan bagian dari narasi Anda. Misalnya, "Sinyal input TEST1 menjadi tinggi untuk menghidupkan Q1, yang mengatur ulang prosesor dengan mengendarai MCLR rendah." . Dalam kasus ini, jelas bahwa TEST1, Q1, dan MCLR merujuk nama dalam skema dan bukan bagian dari kata-kata yang Anda gunakan dalam deskripsi.

  10. Perlihatkan topi pelepas sambungan oleh bagian

    Topi decoupling harus dekat secara fisik dengan bagian yang mereka decoupling karena tujuan dan fisika dasarnya. Tunjukkan pada mereka seperti itu. Kadang-kadang saya pernah melihat skema dengan banyak topi lepas di sudut. Tentu saja, ini dapat ditempatkan di mana saja di tata letak, tetapi dengan menempatkannya dengan IC mereka, Anda setidaknya menunjukkan maksud dari setiap tutup. Ini membuatnya lebih mudah untuk melihat bahwa decoupling yang tepat setidaknya dipikirkan, lebih besar kemungkinan kesalahan tertangkap dalam tinjauan desain, dan lebih mungkin tutupnya benar-benar berakhir di tempat yang dimaksudkan ketika tata letak dilakukan.

  11. Titik-titik terhubung, salib tidak

    Gambar sebuah titik di setiap persimpangan. Itu konvensi. Jangan malas. Setiap perangkat lunak yang kompeten akan memberlakukan ini dengan cara apa pun, tetapi yang mengejutkan kami masih melihat skema tanpa titik persimpangan di sini sesekali. Itu sebuah aturan. Kami tidak peduli apakah Anda menganggapnya konyol atau tidak. Begitulah cara melakukannya.

    Agak terkait, coba pertahankan persimpangan ke Ts, bukan persilangan 4 arah. Ini bukan aturan yang sulit, tetapi banyak hal terjadi. Dengan dua garis yang saling bersilangan, satu vertikal dengan horizontal lainnya, satu - satunya cara untuk mengetahui apakah mereka terhubung adalah apakah ada titik persimpangan kecil. Di masa lalu ketika skema secara rutin difotokopi atau direproduksi secara optikal, titik-titik persimpangan dapat menghilang setelah beberapa generasi, atau kadang-kadang bahkan dapat muncul pada persilangan ketika mereka awalnya tidak ada di sana. Ini kurang penting sekarang karena skema umumnya di komputer, tetapi itu bukan ide yang buruk untuk ekstra hati-hati. Cara untuk melakukannya adalah tidak pernah memiliki persimpangan 4 arah.

    Jika dua garis saling bersilangan, maka keduanya tidak pernah terhubung, bahkan jika setelah beberapa reproduksi atau kompresi artefak sepertinya ada titik di sana. Idealnya koneksi atau crossover tidak akan ambigu tanpa titik persimpangan, tetapi dalam kenyataannya, Anda ingin sesedikit mungkin kesalahpahaman. Buat semua persimpangan Ts dengan titik-titik, dan karena itu semua garis silang adalah jaring yang berbeda tanpa titik.

Lihatlah ke belakang dan Anda dapat melihat inti dari semua aturan ini adalah untuk membuatnya semudah mungkin bagi orang lain untuk memahami rangkaian dari skema, dan untuk memaksimalkan peluang bahwa pemahaman itu benar.

  • Skema yang bagus menunjukkan rangkaiannya. Skema buruk membuat Anda menguraikannya.

Ada titik manusia lain untuk ini juga. Skema ceroboh menunjukkan kurangnya perhatian terhadap detail dan menjengkelkan dan menghina siapa pun yang Anda minta untuk melihatnya. Pikirkan tentang itu. Dikatakan kepada orang lain, "Perburukan Anda dengan skema ini tidak layak waktu saya untuk membersihkannya" yang pada dasarnya mengatakan "Saya lebih penting daripada Anda" . Dalam banyak kasus, itu bukan hal yang cerdas, seperti ketika Anda meminta bantuan gratis di sini, menunjukkan skema Anda kepada pelanggan, guru, dll.

Kerapian dan jumlah presentasi. Banyak. Anda dinilai oleh kualitas presentasi Anda setiap kali Anda menyajikan sesuatu, apakah Anda berpikir itu seharusnya atau tidak. Dalam kebanyakan kasus, orang tidak akan repot memberi tahu Anda juga. Mereka hanya akan melanjutkan untuk menjawab pertanyaan yang berbeda, tidak mencari beberapa poin bagus yang mungkin membuat kelas satu tingkat lebih tinggi, atau mempekerjakan orang lain, dll. Ketika Anda memberi seseorang skema yang ceroboh (atau pekerjaan ceroboh lainnya dari Anda) , hal pertama yang akan mereka pikirkan adalah "Dasar brengsek" . Segala sesuatu yang mereka pikirkan tentang Anda dan karya Anda akan diwarnai oleh kesan awal itu. Jangan menjadi pecundang itu.


21
Sepuluh sen saya: meskipun saya suka menggunakan warna untuk disambiguasi di layar, saya lebih suka tampilan skematik monokrom di media cetak (atau PDF). Konvensi dan ?sthetics berevolusi untuk pekerjaan monokrom, dan tidak semua orang memiliki akses ke printer warna / mesin fotokopi sehingga informasi warna dapat hilang. Saya juga suka tidak bergantung pada warna (salah satu rekan kerja saya buta warna, yang kadang-kadang mengarah pada insiden semi-lucu yang melibatkan lampu status LED berkode warna. Jadi saya menjadi sangat peka terhadap hal ini).
Alexios

18
Mungkin karena latar belakang pemrograman saya, tetapi saya menemukan bahwa saya sering lebih suka "kabel udara" untuk banyak hal. Jika saya melihat dua pin pada CPU berlabel "DATA_TO_FTDI" dan "DATA_FROM_FTDI", saya dapat melihat secara sekilas bahwa pin-pin tersebut masuk (atau setidaknya seharusnya) data pin RX / TX pada chip FTDI. Pandangan sekilas pada chip FTDI dapat mengkonfirmasi hal itu. Saya kemudian dapat memeriksa nama-nama itu terhadap definisi pin pada perangkat (karena beberapa perangkat yang berperilaku sebagai jembatan komunikasi menggunakan TX sebagai output (mereka mengirimkan data pada pin itu), sementara yang lain menggunakannya sebagai input (menerima data untuk menjadi ditransmisikan di tempat lain)
supercat

9
@supercat - Masalah dengan kabel udara adalah bahwa meskipun kemana mereka pergi terlihat jelas, Anda tidak akan pernah bisa yakin (tanpa pencarian yang lengkap), bahwa Anda telah menemukan ke mana pun mereka pergi. Untuk contoh "DATA_TO_FTDI" Anda, bagaimana jika ada LED aktivitas serial di bus itu? Atau perangkat lain yang berbagi antarmuka serial? Saya tidak pernah bisa memastikan tanpa melihat secara manual SETIAP label-bersih pada seluruh skema.
Connor Wolf

5
Walaupun air-wires dapat bekerja dengan baik pada proyek-proyek sederhana, segera setelah Anda memiliki lebih dari beberapa IC, atau skematis Anda tumbuh hingga lebih dari satu halaman, itu benar-benar berantakan. Juga, ini racun mutlak di lingkungan mana pun di mana Anda memiliki banyak orang yang bekerja dengan skema. Analogi antara kabel udara dan GOTO sangat tepat. Keduanya memungkinkan Anda membuat jalan pintas, dan keduanya membuat sistem yang dihasilkan JAUH lebih sulit untuk dipertahankan.
Connor Wolf

3
Skema TIA yang ditemukan di atariage.com/2600/archives/schematics_tia/index.html menggunakan banyak kabel udara, tapi saya tidak bisa membayangkan bahwa menggambar semua koneksi "kabel udara" akan membuatnya lebih jelas. Bahkan tanpa sistem otomatis untuk menemukan koneksi internet, saya tidak dapat membayangkan bahwa menggambar semua koneksi ke HΦ1 / HΦ2, atau D0-D7, atau decode penulisan-alamat dari bagian bawah halaman 2, dll. Akan membuat skema lebih jelas. Sebenarnya, saya agak terkesan dengan skema itu; memang, mereka lebih baik daripada banyak yang lebih baru.
supercat

25

1. Tunjukkan Pekerjaan Anda Diagram Skematik dimaksudkan sebagai dokumentasi sirkuit. Karena itu, saya sangat merekomendasikan untuk memasukkan persamaan sederhana yang dapat digunakan. Ini termasuk perhitungan LED saat ini, frekuensi sudut filter, dll. Tampilkan pekerjaan Anda, sehingga orang berikutnya yang harus membaca skematik dapat memeriksanya dengan mudah.

2. Tunjukkan Arah UART Karena garis UART tidak selalu jelas ke arah mana mereka mengalir, tambahkan panah kecil di sebelah setiap baris untuk menunjukkan arah.

3. Bersikap Konsisten Jangan menggunakan VDD di satu tempat dan 3V3 di tempat lain. Membakukan.

4. Annotate Liberally Ini seperti komentar dalam kode sumber. Jika Anda menyalin sirkuit dari lembar data, letakkan referensi pada skema sehingga orang lain (atau Anda) dapat memeriksanya nanti.


15

Ini dua sen saya

1. Jatuhkan desain Anda ke dalam beberapa modul. Letakkan diagram blok sistem pada halaman pertama skema

2. Jawab siapa, apa, di mana, kapan, mengapa Siapa - Untuk setiap halaman modul, beri label "siapa" yang terhubung dengan modul. Letakkan keluar dari kiri ke kanan sehingga berbunyi seperti bahasa Inggris.

Apa - Dalam judul, tunjukkan modul apa itu. Untuk contoh di mana ada beberapa blok I / O (yaitu UART dan USB), beri label seperti itu pada halaman.

Di mana - Gunakan teks gratis dalam program CAD untuk menunjukkan penempatan komponen. Misalnya - tutup decoupling harus ditempatkan sedekat mungkin dengan IC. Ini akan bertindak sebagai referensi yang lebih cepat ketika meletakkan papan daripada merujuk ke beberapa dokumentasi lainnya.

Kapan - Apakah ada pertimbangan waktu seperti pengurutan catu daya atau sirkuit gagal daya? Masukkan persyaratan ini tidak hanya dalam dokumen desain tetapi dalam teks bebas pada halaman modul terkait.

Mengapa dan Bagaimana - Ini termasuk dalam dokumen desain yang menyertai untuk memverifikasi hal-hal seperti
a. Lingkup - apa yang dilakukan sirkuit, apa yang tidak dilakukan seperti yang disepakati oleh para pemangku kepentingan untuk proyek.
b. Teori operasi
c. Alasan mengapa pendekatan itu diambil sebagai lawan dari yang lain. Ini sangat penting karena berfungsi sebagai sejarah untuk sirkuit di jalan ketika Anda (atau orang lain) mewarisi / port desain untuk memperhatikan keputusan yang sama dengan desainer asli.
d. Pertimbangan tata letak
e. Referensi ke dokumentasi lain.
f. Perhitungan disipasi daya - membuktikan tidak hanya berfungsi, tetapi disipasi daya yang dihitung untuk semua komponen sedikit lebih rendah dari peringkat untuk komponen DAN pada semua suhu operasional.

3. Gaya Ini terserah Anda dan anggota tim lainnya, tetapi secara umum saya lebih suka yang berikut
a. Halaman judul / diagram blok
b. Satu "blok" per halaman, mempartisi komponen jumlah pin besar (mis. Mikrokontroler) menjadi simbol diskrit yang bermakna. Ini membutuhkan waktu untuk dilakukan, tetapi layak dibaca.

Modularisasi ini juga memungkinkan Anda untuk "merobek halaman" dan menggunakannya kembali dalam desain lain

c. Untuk setiap komponen menunjukkan penunjuk referensi, apakah atau tidak adalah no-pop, nilai / toleransi komponen, peringkat daya mana yang berlaku, dan ukuran paket dan beberapa cara untuk menentukan nomor bagian pabrikan. Poin terakhir akan membantu Anda untuk membuat beberapa komponen umum untuk mengurangi biaya pembuatan setup dan untuk membuat panggilan penilaian jika beberapa parameter desain dapat dilonggarkan untuk mengurangi jumlah komponen yang berbeda yang digunakan di papan tulis. Untuk komponen yang selaras secara vertikal, letakkan teks ini di sebelah kiri. Untuk komponen yang selaras secara horizontal, letakkan teks ini di atas komponen.

d. Letakkan sirkuit dari kiri ke kanan yang menunjukkan di mana antarmuka modul dengan teks

e. Untuk kejelasan power rails, JANGAN GUNAKAN VDD atau VCC karena ambigu. Buat simbol baru untuk menyatakan secara eksplisit apa voltase itu. Hal yang sama untuk ground (yaitu GND untuk ground dan AGND untuk ground analog).


5

Beberapa poin selain yang diposting di atas. Jawaban pertama cukup heroik tetapi ada satu hal yang tidak saya setujui.

Urutan pin dalam simbol skematis.

Mengapa mengatur ulang pin? Ini membuat skematis yang lebih menarik secara estetika yang mungkin lebih mudah untuk ditafsirkan tergantung pada bagaimana pin diletakkan.

Mengapa tidak menyusun ulang pin? Ini meminta masalah, titik. Dalam lembar data pin diberikan karena mereka berada dalam chip fisik sehingga Anda membuat sumber kesalahan yang signifikan jika Anda mulai mengatur ulang mereka. Tidak hanya membuat prototyping lebih sulit, Anda juga mengundang kesalahan dalam pinout fisik. Dalam pinout tinjauan desain dibandingkan dan jika itu mishmash, mudah untuk terlibat.

Komentar lain tentang "kabel udara" Jangan lakukan itu. Alih-alih menggunakan port yang mengharuskan Anda untuk secara eksplisit membuat koneksi antara dua jaring dalam lembar skematik yang sama atau terpisah. Jika Anda mengizinkan jaring untuk terhubung tanpa port / off-halaman, Anda membuka sekaleng cacing karena jaring yang tidak terkait mungkin akan disingkat dalam tata letak.

Jangan kemas terlalu banyak barang di halaman. Orang-orang mungkin mulai mengeluh jika skematis Anda tiga puluh halaman tetapi alternatifnya adalah membuat tikus-tikus bingung mengabel kabel di antara bagian-bagian. Pecah skema menjadi blok logis dari rangkaian dan tempelkan ke halaman terpisah seperlunya.

Sisakan ruang yang cukup di antara pin. Banyak simbol skematik premade mengemas pin perangkat sekencang mungkin. Meskipun ini meminimalkan area simbol, itu juga membuat sirkuit lebih sulit dibaca karena Anda memiliki koneksi yang konvergen dari "luar" ke pin yang padat. Anda harus meninggalkan ruang yang cukup sehingga Anda dapat menambahkan resistor seri terhuyung-huyung.

Perancang referensi Anda harus memiliki perancang referensi dalam skema dan tata letak. Untuk hal yang lebih kompleks, ini perlu dipesan. Ada dua pendekatan untuk itu.

  1. Anda dapat meminta program tangkap skematis untuk memberi label ini sehingga setiap halaman memiliki awalan sendiri. Dengan cara ini mudah untuk menemukan bagian tertentu dalam BOM dari skema. Dan juga ECO lebih mudah diikuti karena Anda tahu halaman mana perubahan itu ditujukan. Kelemahan dari ini adalah bahwa Anda berakhir dengan perancang referensi panjang dan menemukan bagian dalam tata letak bisa sulit.

  2. Anda dapat meminta program tata letak untuk memberi label ini. Dengan cara ini Anda akan memesan referensi pada PCB yang membuatnya lebih mudah untuk menemukan resistor R347. Lebih disukai pada PCB yang lebih besar ini harus dimasukkan ke dalam kuadran (sextant, oktan ..). The downside adalah bahwa tidak jelas di mana bagiannya dalam skema. Anda tidak bisa menang di sini, skematisnya lebih mudah dibaca atau tata letaknya.


17
Saya hanya tidak setuju tentang pin order. Skema seharusnya tidak ada hubungannya dengan tata letak fisik chip. Sebagai contoh, op amp harus terlihat seperti op amp dalam suatu skema. Sebuah quad op amp akan terlihat TIDAK ADA seperti chip. Juga, ketika berhadapan dengan jumlah pin tinggi yang rumit, gerbang harus dibagi menjadi unit fungsional.
Scott Seidman

5
Poin bagus, tapi saya setuju dengan Scott bahwa menghindari penataan ulang pin adalah omong kosong. Dengan chip kecil, tentu saja, tetapi skema 100% lebih membingungkan jika alih-alih menyambungkan kabel ke mana-mana, Anda menyusun ulang pin pada chip dan memastikannya diberi label dengan benar. Jika pin yang tidak teratur pada skema cukup untuk membingungkan seseorang, mereka mungkin tidak boleh main-main dengan papan untuk memulai. Titik op ampnya juga sangat valid.
I. Wolfe

1
Opamps adalah kasus khusus karena saya yakin Anda akan setuju, mirip dengan transistor dll. Jika Anda berakhir dengan respin karena pengaturan ulang pin skematik Anda menyebabkan jejak yang tidak valid, Anda tidak benar-benar melakukan bantuan siapa pun.
Barleyman

Jejak kaki harus dibandingkan dengan lembar data. Simbol juga. Itulah satu-satunya referensi yang diperhitungkan. Tidak masuk akal untuk menggunakan simbol yang ditarik sendiri sebagai referensi untuk tapak kaki. Tentu harus ada pemeriksaan konsistensi antara keduanya, tetapi setiap perangkat lunak yang layak akan melakukan itu dan menunjukkan Anda pin yang tidak terhubung di kedua sisi.
cx05

1
Jawab di utas yang lebih baru. Untuk poin Anda, @ScottSeidman.
Nick Alexeev

4

R100, R101, R102 Alih-alih R1, R2, R3

Saya ingin berbagi pengalaman dalam menetapkan nama untuk komponen.

Identifikasi blok sirkuit sesuai dengan fungsinya. Bahkan jika itu adalah sirkuit yang kompleks, Anda dapat mengidentifikasi mereka seperti tahap daya utama, pra-amplifier, amplifier, bagian konversi A / D, blok indikator / transduser, bagian sinkronisasi, timer atau bagian operasi logis lainnya.

Saran saya adalah beri nama komponen menggunakan angka yang lebih besar seperti R100, R101, R102 bukan R1, R2, R3 ... dll.

Anda dapat menetapkan 100, 200, 300 ... dll untuk setiap blok yang Anda identifikasi. Misalnya, Anda dapat menetapkan 100 hingga 199 angka untuk bagian daya. Kemudian semua komponen di bagian daya dalam bentuk 1xx seperti Q100, R101, R103, C100, D100, D106.

Keuntungan

  • Sangat mudah untuk mengidentifikasi bagian-bagian rangkaian dengan fungsi bijaksana dalam diagram skematik yang kompleks.
  • Mudah untuk memecahkan masalah.
  • Sangat mudah untuk memberi nama bagian ketika Anda harus menambahkan komponen baru ke bagian nanti. Karena Anda memiliki sekitar 100 opsi nama untuk dipilih.
  • Mudah menggambar tata letak PCB di perangkat lunak cad apa pun secara manual. Karena pada bagian paling awal gambar PCB setiap jenis komponen dikumpulkan di satu tempat. masukkan deskripsi gambar di sini

Anda dapat dengan mudah memisahkan mereka ke tempat yang berbeda dengan nomornya tanpa melihat berkali-kali pada skema.


1

Perselisihan terbesar yang saya lihat dalam diskusi adalah tentang urutan pin, tetapi ini hanya pertanyaan tentang topik yang lebih besar: Fungsional vs fisik! Jika saya membuat skema yang bagus untuk menyiapkan tata letak saya, maka jauh lebih baik untuk membuat skema tampak sedekat mungkin dengan tata letak, misalnya menggambar urutan pin tidak sesuai dengan apa yang dilakukan orang lain dalam lembar data, tetapi karena itu benar-benar aku s. Juga pertimbangkan untuk meninggalkan sedikit lebih banyak ruang di sekitar elemen besar, seperti perangkat daya, misalnya juga menggambar "simbol" heatsink. Jika tanah adalah pesawat besar, maka lebih baik mencari koneksi dengan nama, yang juga membantu untuk menghindari banyak penyeberangan. Di sisi lain jika tidak ada yang bisa menghindari penyilangan garis sensitif, maka buat skematisnya sehingga menjadi panduan untuk tata letak yang baik, misalnya
Untuk IC digital, saya cenderung menggunakan router otomatis dan tetap menggunakan perintah fungsional. Topik lain yang berlawanan adalah bagaimana cara menggambar penguat diferensial, dan misalnya penguat multistage, seperti apakah kita menggambar setiap tahap dengan cara biasa dan kemudian menyambung ke tahap berikutnya (yang sering berakhir di banyak persimpangan), atau kita harus benar-benar menggambar beda pasangan dengan cara simetris (sering dilakukan dalam skema osci Tectronics lama)? Di sini tergantung juga pada tujuannya, dan seberapa kritis menjaga simetri sebenarnya. Di sirkuit RF, karena sering tidak begitu banyak elemen, saya lebih suka lagi menggambar sangat dekat dengan tata letak.


1

Beberapa lagi:

  • (1) Gambar di grid normal.

Saya benar-benar benci harus berurusan dengan pekerjaan orang lain yang digambar dengan setengah-grid. Ini buang-buang waktu dan tidak menambah nilai pada gambar.

  • (2) Gunakan gaya 'fisik' untuk perangkat yang lebih kecil.

Menggambar IC dan komponen kecil dengan pin agar membantu menyampaikan maksud tata letak Anda, dan membuat proses debug jauh lebih mudah. Ini berlaku dua kali lipat untuk transistor dan dioda pada sot-23: Saya menggambar mereka menunjukkan urutan pin, dan sebagai hasilnya tidak harus mengerjakan ulang yang salah ditata dalam bertahun-tahun.

  • (3) Sadarilah batas (2) di atas.

Tidak mungkin menggambar BGA besar secara fisik, atau bahkan sebagai satu simbol. Tetapi Anda setidaknya dapat memisahkan dengan fungsi dan menunjukkan bagaimana pin berhubungan satu sama lain secara spasial. Misalnya, FPGA dapat ditarik dan dibagi untuk menunjukkan blok yang mewakili petak logika, dan petak itu sendiri ditempatkan / dipesan pada skema untuk menunjukkan bagaimana mereka merutekan keluar.

Secara historis, simbol multi bagian untuk elemen seperti op-amp atau gerbang masuk akal. Tapi ini menjadi semakin langka dalam desain.

  • (4) Intra-page alias alias tidak masalah, tetapi jangan dorong itu.

Alias ??bernama sama dengan off-pages sungguh: itu berarti Anda masih harus memindai halaman untuk mencari contoh lainnya. Dengan skema PDF dan Ctrl-F, ini bukan tugas besar seperti dulu (dan memalukan bagi Anda produsen yang membuat PDF yang tidak dapat dicari. Itu hanya timpang.) Yang mengatakan, off-halaman lebih teliti diperiksa oleh DRC dari alias.

  • (5) Blok diagram dan rencana mekanis sepadan dengan usaha

Upaya yang Anda habiskan untuk menyampaikan pemikiran Anda di sini akan menghemat banyak waktu sepanjang umur desain Anda - dari tata letak hingga perbaikan. Ya, perancang mekanis Anda akan membuat garis besar papan 'resmi', tetapi paling tidak Anda bisa menyampaikan di mana Anda mengharapkan barang ditempatkan - dan mengapa - dengan melakukan dua jenis diagram ini.

  • (6) Ketika Anda mengekspor skema Anda ke PDF, buatlah itu dapat dicari.

Apakah terlalu banyak bertanya?

  • (7) Miliki informasi komponen yang cukup.

Selain penunjuk referensi, beberapa desainer tergoda untuk memiliki semua atribut bagian pada skema. Tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Tidak, tidak. Toleransi, terkadang. Tegangan, kadang-kadang, ketika Anda memiliki bagian yang memiliki tegangan lebih tinggi. Jejak kaki - mungkin. Nomor bagian pabrikan? Jarang - Anda biasanya ingin beberapa sumber. Nomor AVL / MRP perusahaan? Tidak, tidak pernah.

Semua hal lainnya adalah untuk apa BOM itu.

  • (7a) Berpikir maju ke generasi BOM.

Yang mengatakan, mengembangkan semacam sistem nomor bagian bahkan di hari-hari awal Anda memungkinkan Anda untuk membuat BOM rinci bahkan jika Anda tidak memiliki sistem MRP. Setiap jenis bagian harus memiliki ID unik yang ditetapkan sebagai atribut tersembunyi dalam skema Anda yang sesuai dengan entri dalam daftar bagian utama Anda (daftar AVL.) Anda menggunakan ID itu nanti untuk menggabungkan info yang diperluas dari daftar AVL Anda untuk membuat BOM terperinci.

Bahkan nanti, Anda dapat mengimpor barang-barang ini ke sistem MRP atau PLM nyata seperti Oracle Agile.

  • (8) Kekuatan juga merupakan sinyal!

Dulu Anda menggambar skematis dengan pin daya / ground 'tersembunyi' yang akan secara otomatis alias VCC atau GND. Ini masih merupakan opsi ketika Anda membuat simbol di Orcad misalnya. Jangan sembunyikan koneksi daya itu! Tunjukkan pada mereka! Terutama mempertimbangkan desain saat ini dengan domain daya ganda, kepadatan daya tinggi, perutean, memotong, area loop, dan sebagainya.

Kekuatan sangat penting, sehingga jika Anda tidak menghabiskan setidaknya 1/3 dari waktu Anda untuk desain daya, Anda harus mempertimbangkan pekerjaan lain.

  • (9) Komentar adalah teman Anda.

Menyoroti elemen kunci dengan teks dapat menghemat banyak waktu dalam debugging. Saya biasanya akan berkomentar hal-hal yang berhubungan dengan perangkat lunak (misalnya, alamat, lokasi bit) dan desain daya (tipikal saat ini / maks, tegangan).

  • (10) Ukuran penting.

Gunakan 11x8.5 (ukuran A) untuk barang yang sangat sederhana, 17x11 (ukuran B) untuk sebagian besar hal lainnya. Menjadi lebih besar hanya jika Anda benar-benar perlu.

17x11 (atau setara metrik terdekat) adalah ukuran yang wajar untuk dilihat pada layar HD atau untuk pencetakan bahkan pada 11x8.5. Ini adalah ukuran yang baik untuk bekerja.

Di sisi lain saya menemukan bahwa saya tidak bisa mendapatkan barang yang cukup pada 11x8.5. Dan di sisi lain, sisi lain adalah ekstrim lain ketika saya telah menggunakan 23,5 x 15,2 (skala B, bukan C) untuk gambar yang sangat rumit yang dikelompokkan bersama (misalnya, bank DRAM): ini perlu dicetak pada 17x11 agar cukup mudah dibaca dalam bentuk cetak.

Karena saya jarang mencetak apa-apa lagi, jadi khawatir tentang bagaimana hard copy keluar lebih banyak masalah daripada nilainya sebagian besar waktu.

  • (11) Aliran sinyal kiri-kanan, aliran daya dari atas ke bawah. Kebanyakan.

Ini adalah standar umum untuk mempermudah memahami hubungan unsur-unsur. Namun terkadang memberi bobot lebih besar pada aliran arsitektur daripada aturan lama ini menghasilkan skema yang lebih jelas.

  • (12) Atur off-pages / ports dalam kelompok vertikal.

Tidak perlu atau berguna untuk menyeret port ke tepi skema. Tetapi setidaknya berbarislah dalam kolom yang terorganisir sehingga mudah dipindai secara visual.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>|