Apa yang menghilangkan vokal dari audio ketika jack audio 1/8 "dicabut sebagian?


263

Sekali-sekali, jack audio saya yang kedelapan inci akan terlepas dan sepertinya saya hanya akan kehilangan bagian suara dari trek - meninggalkan sedikit versi "karaoke". Apa yang saya duga tentang bagaimana colokan audio bekerja menunjukkan bahwa saya akan mengada-ada; Namun, saya sudah bertanya dan yang lain mengatakan bahwa mereka juga pernah mengalami ini.

Apa yang menyebabkan vokal ini dilepaskan dari audio ketika jack audio 1/8 "dicabut sebagian?

Jawaban:


422

Ketika colokan mulai terlepas dari jack, sangat sering kontak tanah (selongsong) yang memutuskan koneksinya terlebih dahulu, meninggalkan dua kabel "panas" (kiri dan kanan, ujung dan cincin) masih terhubung.

Dengan ground terbuka seperti ini, kedua earphone masih mendapatkan sinyal, tapi sekarang ini sinyal "perbedaan" antara saluran kiri dan kanan; sinyal apa pun yang ada dalam fase di kedua saluran akan dibatalkan.

Teknisi perekaman cenderung menempatkan sinyal vokal utama tepat di tengah-tengah gambar stereo, jadi itu hanya satu contoh sinyal dalam-fase yang menghilang ketika Anda mendengarkan sinyal perbedaan.


11
Ya, untuk beberapa alasan, jawaban ini benar-benar mengejutkan (maafkan kata-kata :-) dengan banyak pengunjung. Benar-benar tak terduga ...
Dave Tweed

24
Ini karena Anda membuat berita hacker: news.ycombinator.com/item?id=4607895
bwawok

3
Mungkinkah efek ini digunakan untuk menyembunyikan pesan dalam rekaman stereo yang tidak terdengar di trek individu, atau bahkan ketika keduanya didengarkan - tetapi menjadi terdengar saat di lapangan terbuka ini, membatalkan-ke-'diferensi ' negara?
gojomo

2
@gojomo: Tidak bersembunyi sepenuhnya , tetapi tentu saja, Anda dapat membuat sinyal perbedaan benar-benar hening dan mencampurnya dengan sesuatu yang keras dan menggeser tepat ke tengah untuk menenggelamkannya ketika didengarkan secara normal.
Ilmari Karonen

2
@gojomo: Sistem suara surround sederhana mengirim audio anti-fase keluar dari saluran belakang. Sistem suara merek Dolby Pro Logic (R) melakukan beberapa hal yang sedikit lebih rumit dari itu, tetapi banyak video berformat surround akan bekerja dengan baik jika seseorang hanya mengirim audio anti-fase ke saluran belakang, dan itulah yang beberapa sistem surround murah melakukan.
supercat

91

Lagu vokal, terutama jika hanya satu penyanyi, biasanya ditemukan di tengah. Ini berarti dicampur secara merata ke kiri dan kanan.

Jika Anda menghasilkan sinyal perbedaan, LR atau RL, maka materi mode umum ini (apa pun yang dicampur dalam proporsi yang sama ke kiri dan kanan) akan dilemahkan.

Situasi seperti itu dapat terjadi pada headphone jika Anda memutuskan koneksi ground.

Perhatikan bahwa jack headphone hanya memiliki tiga konduktor (ujung, cincin, selongsong). Jadi headphone berbagi jalur pengembalian yang sama, atau ground.

Jika ground ini tidak terhubung dengan benar ke pemain, itu masih tetap terhubung dengan benar ke kedua headphone melalui jack. Headphone kemudian membentuk rangkaian seri: output amplifier kiri, headphone kiri, kesamaan, headphone kanan, output amplifier kanan.

Apa yang Anda dengar di headphone adalah perbedaan voltase di antara ampli. Komponen apa pun dari sinyal yang merupakan mode umum (dicampur ke kedua saluran secara merata) ditekan. (Jika amplifier menghasilkan sinyal yang persis sama, maka perbedaannya adalah nol!)

Jadi vokal di tengah, dan hal-hal lain yang digeser di tengah seperti (biasanya) gitar bass dan kick drum, samar-samar terdengar atau tidak sama sekali.

Anda mendengar sinyal yang kurang bass dan di mana vokal lemah dan jauh.

Tetapi reverb pada vokal mungkin terdengar besar, karena itu adalah efek stereo dengan sinyal kiri dan kanan yang berbeda! Mungkin terdengar seperti campuran reverb yang jauh lebih "basah" sehubungan dengan sinyal suara "kering" kecil.

Catatan tambahan:

Mengapa amplifier dapat bekerja tanpa ground? Karena setiap penguat dapat menganggap yang lain sebagai tanah, sehingga untuk berbicara. Penguat tegangan memiliki impedansi keluaran yang rendah. Output satu amplifier dapat berfungsi sebagai ground atau jalur pengembalian untuk output amplifier lain dan sebaliknya. Ini adalah dasar untuk bridging amplifier. Poin utamanya adalah bahwa koneksi dari satu amplifier ke amplifier lainnya adalah rangkaian lengkap; mengangkat ground headphone tidak mengganggu sirkuit.

Jenis koneksi antara dua amplifier ini dieksploitasi untuk menghasilkan bridging. Tetapi menjembatani mengharuskan salah satu amplifier menerima sinyal terbalik, sehingga perbedaannya benar-benar tambahan! Bridging adalah teknik menggunakan dua amplifier yang lebih lemah untuk membuat amplifier yang lebih kuat. Bridging juga memungkinkan amplifier untuk digabungkan DC ke speaker, bahkan jika didasarkan pada catu daya tunggal (artinya kapasitor kopling tidak diperlukan secara seri dengan speaker untuk memblokir DC). Teknik ini digunakan di beberapa IC penguat audio kecil yang menghasilkan satu pasokan, tetapi di dunia pro audio, amplifier stereo besar terkadang mendukung konfigurasi bridging. Parameter penting dari amp stereo (untuk beberapa pengguna) adalah apakah dapat dengan mudah "dijembatani mono" untuk lebih banyak daya, atau mengemudikan beban impedansi yang lebih kecil. Jadi, apa yang kamu


15

Jika Anda memperhatikan jackplug dengan hati-hati, kemungkinan Anda akan melihat tiga (atau lebih) kontak. Ini adalah tanah (dibagi), kiri dan kanan.

Saya kira vokal hanya ada di salah satu trek stereo (mis. Kiri atau kanan tetapi tidak keduanya). Ketika steker keluar sebagian, Anda mendapatkan mono.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>|