Pelanggan saya ingin menggunakan produk saya untuk melakukan sesuatu yang tidak aman. Apa kewajiban etis saya?


43

Kami menjual produk yang melekat pada bus DC drive motor. Kami juga sebelumnya menjual kit dioda yang memungkinkan Anda menghubungkan satu produk hingga beberapa drive. Kami berhenti menjual kit dioda itu karena tidak dapat diandalkan dengan perangkat keras modern, dan kami memiliki solusi yang lebih baik. Pelanggan saya memberi tahu saya bahwa dia ingin terus menggunakan kit dioda lama, karena dia dapat meminta teknisi perbaikannya memutus daya ke satu drive dan menggantikannya, sementara yang lain masih dinyalakan.

Saya berpendapat bahwa ini adalah praktik yang tidak aman, karena dioda bukan perangkat yang dinilai aman. (Lihat pertanyaan di sini .) Tetapi pelanggan saya agak ngotot. Apa kewajiban etis saya dalam kasus ini?


2
Pertanyaan dijawab dengan sangat baik oleh GlenH7, jadi saya tidak akan memberikan jawaban ... hanya berkomentar mengatakan Anda bisa melakukan riset pasar untuk melihat apakah pelanggan lain (atau pelanggan potensial) memiliki kasus penggunaan yang sama, dan menghasilkan brankas. cara untuk melakukan itu.
jhabbott

Proses ECO / ECN yang Baik akan mengatasi aspek manajemen proyek dari dilema Anda. Ini sangat umum dalam prosedur dalam industri elektronik
706Astor

Jawaban:


31

Saya akan mengesampingkan aspek tanggung jawab hukum potensial dari pertanyaan Anda. Sebagian karena Anda tidak bertanya tentang mereka, tetapi juga karena pertanggungjawaban akan berbeda berdasarkan yurisdiksi. Jelas, konsultasikan dengan seorang pengacara yang akrab dengan hukum yang relevan.

Secara etis, saya pikir Anda sudah melakukan semua yang wajib Anda lakukan.

Anda telah menghubungi pelanggan dan memberi tahu mereka tentang situasi atau konfigurasi produk yang tidak aman. Dan Anda (sangat) memberi tahu mereka bahwa mereka harus menghentikan penggunaan produk yang lebih lama dalam konfigurasi yang tidak aman.

Jika pelanggan tetap bersikeras untuk menggunakan produk dengan cara yang tidak aman, Anda bisa menyajikan bagian singkat yang menunjukkan kepada mereka mengapa itu tidak aman. Seperti disebutkan dalam jawaban untuk pertanyaan EE Anda, jika arus atau tegangan melebihi batas kebalikan dari dioda, hal-hal buruk akan terjadi. Kadang-kadang seorang pelanggan perlu melihat angka-angka di balik rekomendasi untuk memahami besarnya kesalahan yang mungkin terjadi.

Tetapi katakanlah Anda sudah melakukan itu dan pelanggan masih bersikeras menggunakan produk dengan cara yang dipertanyakan. Jujur saja tidak banyak lagi yang bisa Anda lakukan. Anda tidak dapat masuk ke fasilitas mereka dan menyita produk. Demikian juga, Anda tidak dapat membawa mereka ke pengadilan dan memaksa putusan pengadilan terhadap mereka. Secara potensial, Anda dapat menghubungi administrasi keselamatan lokal Anda (OSHA di AS) dan memberi tahu mereka tentang kekhawatiran Anda.

Tetapi semua langkah itu berjalan di atas dan melampaui apa yang Anda wajib lakukan dalam kasus khusus ini. Ini khususnya terjadi ketika ada penggunaan yang aman untuk produk bersamaan dengan pendekatan yang tidak aman. Dan salah satu tindakan itu kemungkinan besar akan merusak hubungan Anda dengan klien itu. Merusak hubungan akan merusak kredibilitas Anda dengan mereka dan memperkecil kemungkinan mereka mendengarkan kekhawatiran Anda.

Jadi, kewajiban Anda adalah membeberkannya kepada mereka dalam istilah yang jelas bahwa Anda yakin mereka harus berhenti menggunakan produk dengan cara "pilihan" mereka dan bahwa perusahaan Anda tidak akan lagi memberikan dukungan apa pun mengenai penggunaan produk tersebut di masa depan dalam konfigurasi tersebut.


8

Hampir setiap produk yang diproduksi dapat disalahgunakan dengan cara yang tidak aman oleh pengguna yang cukup kreatif.

Jika pelanggan meminta pendapat Anda tentang melakukan sesuatu yang ternyata tidak aman, saya sarankan (atas dasar akal sehat, bukan pada hukum negara tertentu) bahwa Anda mengajukan keberatan secara tertulis, sehingga tidak ada argumen di masa depan di pengadilan tentang "siapa yang mengatakan apa kepada siapa". Di luar itu, Anda tidak bisa menghentikan orang menjadi bodoh, jadi jangan kehilangan waktu tidur.


5

Katakan padanya untuk menambahkan saklar penutup (tiang ganda) yang tepat dan mendidik teknisi untuk menggunakannya saat mengganti motor. (Atau buat interlock mekanis sehingga kontak yang terbuka tidak pernah hidup)

Ini akan membuatnya benar-benar aman karena ketika terputus kontak yang dapat diakses tidak akan terhubung ke sumber daya.

Secara umum cobalah memberikan alternatif yang aman. Seringkali ketika praktik ceroboh terjadi itu karena mereka nyaman. Maka tujuan Anda adalah untuk memberikan keamanan dengan kenyamanan serupa dalam pengoperasian.


4

Saya pikir ini agak tergantung pada bagaimana perusahaan Anda melakukan bisnis. Jika ini adalah situasi di mana Anda hanya memiliki katalog produk dan pelanggan membeli produk, menentukan sepenuhnya apa yang mereka butuhkan untuk proyek mereka, tidak banyak yang dapat Anda lakukan. Anda menjual apa yang ingin Anda jual, memastikan bahwa produk tersebut sehat dari ujung Anda, dan menaruh pemberitahuan keselamatan pada bagian yang menyatakan jenis penggunaan apa yang dapat mereka tangani dengan aman.

Namun, sepertinya Anda bekerja dengan pelanggan, mendasarkan apa yang Anda jual pada aplikasi yang mereka gunakan, dan menentukan bersama apa yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam hal ini, untuk apa yang telah Anda jual kepada mereka, memberi tahu mereka bahwa Anda tidak memaafkan cara mereka menggunakannya mungkin adalah batas tanggung jawab Anda. Tidak masuk akal bagi Anda untuk pergi ke situs mereka dan secara fisik mengambil bagian dari mereka.

Untuk penjualan di masa depan, jika Anda tahu mereka akan menggunakan produk dengan cara yang tidak dirancang, saya pikir Anda memiliki kewajiban etis (dan berpotensi legal, tergantung pada lokasi Anda) untuk memberi tahu mereka bahwa Anda menang ' t menjual mereka produk untuk aplikasi itu. Di sisi hukum, itu lebih merupakan langkah "tutupi pantatmu", tetapi lebih baik aman daripada menyesal. Orang yang melihat intinya mungkin tidak menyukainya, tetapi penjualan yang hilang akan lebih rendah daripada biaya penyelesaian pengadilan ketika terjadi kesalahan dan bagian Anda terlibat (karena tidak masalah siapa yang bersalah, semua orang yang terlibat akan disebutkan dalam jas.)


3

Saya sudah mencoba, tetapi belum menemukan cara untuk menanggapi pertanyaan ini yang tidak berdasarkan pendapat. Sesuai sifatnya, etika seseorang hanyalah itu; etika seseorang. Mereka biasanya sangat dipegang, keyakinan pribadi. Kata-kata lain untuk etika mungkin moral, nilai-nilai, hati nurani, dll., Sekali lagi, ini tidak selalu universal dalam arti pentingnya. Mereka pribadi. Selain itu, bagaimana seseorang berperilaku di tempat kerja, biasanya masih akan mencerminkan kepercayaan pribadi mereka sendiri.

Poin utama yang muncul pada saya dari pertanyaan, adalah bahwa pertanyaan itu ditanyakan sama sekali. Fakta bahwa itu ditanyakan, berarti "kewajiban etis" adalah sesuatu yang penting bagi orang yang mengajukan pertanyaan. Tidak semua orang akan memberikan jumlah pemikiran, atau prioritas yang sama. Fakta bahwa hal itu ditanyakan dalam sebuah forum publik, seolah-olah telah ada beberapa konflik nyata tentang tindakan apa yang harus diambil, berarti hal itu mungkin sangat membebani Mr. Collings.

Jawaban saya adalah melakukan sesuatu yang hampir tidak pernah kita lakukan, dan itu adalah memikirkan segalanya sampai tuntas, pada berbagai kesimpulan mereka. Misalnya, seperti apa "skenario terburuk" akan terlihat? Atau skenario kasus terbaik? Kemudian, seperti yang disarankan oleh Mr. Christianson, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah kesimpulan itu cocok dengan Anda, dan cocok dengan Anda sendiri, secara pribadi sampai pada nilainya. Jika ya, maka Anda baik untuk pergi. Jika tidak, Anda mungkin perlu mencari jawaban Anda lebih jauh.

Juga perlu diingat bahwa apa yang memenuhi definisi legal, atau profesional tentang perilaku etis, atau tidak etis, tidak selalu akan memenuhi definisi kita sendiri tentang istilah-istilah yang sama, juga tidak seharusnya demikian. Bahkan, telah dikatakan bahwa menghadapi dilema moral semacam ini, adalah yang membangun karakter. Sejujurnya, saya hanya mengada-ada. Itu sebenarnya hanya pendapat saya.


Hai kegelapan, selamat datang di Engineering SE. Untuk menjernihkan kemungkinan kesalahpahaman — tidak apa-apa jika jawaban Anda didasarkan pada pendapat. Tentu saja, seberapa berguna jawaban semacam itu dan bagaimana mereka akhirnya diberi skor selalu terserah pemilih, tetapi ada seperangkat pedoman untuk apa yang membuat pertanyaan subyektif yang hebat di Stack Exchange dan bahkan pertanyaan obyektif kadang-kadang mendapat manfaat dari jawaban yang mengkomunikasikan suatu pendapat terinformasi.
Air

3

Pemberitahuan Perubahan Rekayasa (ECN) adalah praktik yang diterima industri untuk memberi tahu vendor tentang penggantian suku cadang, yang menghindari masalah kewajiban etis yang dibahas dalam pertanyaan. Proses Engineering Change Order (ECO) mencakup langkah-langkah ECN yang dibahas secara singkat di sini di bawah manajemen siklus hidup produk. ECN akan memungkinkan pelanggan untuk melakukan perubahan bisnis yang diperlukan secara tepat waktu termasuk memulai pembelian suku cadang seumur hidup. Juga proses memungkinkan vendor untuk membuat perubahan desain yang sesuai tanpa mengganggu bisnis.

Berikut ini adalah skenario umum untuk memulai ECN dalam konteks pertanyaan ini.

  • Kurangnya permintaan suku cadang dalam kondisi ekonomi / bisnis saat ini
  • Regulasi seperti ROHS atau WEEE
  • Perubahan bahan baku atau vendor

Catatan tambahan: Selain situasi pembelian seumur hidup, beberapa organisasi membuat keputusan bisnis yang radikal. Misalnya pemerintah AS telah mengarahkan vendor untuk melanjutkan pembuatan komponen, sebagian besar untuk mempertahankan peralatan militer strategis. Juga Rochester Electronics sebuah organisasi yang memproduksi bagian yang usang oleh perusahaan semikonduktor besar seperti Intel.

Membuat keputusan bisnis atau rekayasa berdasarkan etika adalah bidang abu-abu dan situasi menentukan keputusan. Oleh karena itu informasi lebih lanjut adalah bentuk bisnis pemasok, bisnis vendor, industri dan informasi lainnya bermanfaat untuk saran tentang cara mengatasi komponen kewajiban etis dari pertanyaan. Di bawah ini adalah beberapa contoh situasi terkini dan masa lalu yang dikenal luas di mana kewajiban etis telah ditangani.

  1. Kent Brantly dan Nancy Writebol, dua pasien Ebola yang sangat terkenal diberi obat percobaan di Emory University Hospital di Atlanta Georgia, AS. Dianggap tidak etis untuk memberikan pengobatan eksperimental kepada pasien, ini merupakan contoh pelanggaran praktik etika yang diterima secara umum untuk menyelamatkan nyawa dua pasien.
  2. Ada beberapa perusahaan yang berbasis di AS yang memindahkan produksinya ke bagian lain dunia karena bahan kimia tertentu diberi label racun oleh Environmental Protection Agency (EPA), sehingga penggunaannya di AS dilarang. Lokasi pembuatan tujuan tidak memiliki peraturan seperti itu. Jika suatu bahan kimia beracun di AS, itu adalah racun di bagian lain dunia. Berdasarkan informasi yang tersedia, menurut saya praktik ini tidak etis.
  3. Madu Asia yang dilarang di Eropa dan AS karena antibiotik berbahaya dan logam berat telah dijual di AS melalui cara ilegal. Berdasarkan informasi yang tersedia, menurut saya tidak etis. " Madu Asia, Dilarang di Eropa, Membanjiri Rak Toko Kelontong AS " menyoroti situasi.

Lebih terkait dengan rekayasa " 1981 jalan Hyatt Regency runtuh " dan " bencana Space Shuttle Challenger - O-ring " adalah dua studi kasus yang tahu etika teknik.

Dalam ringkasan, pengambilan keputusan tentang kewajiban etis adalah bidang abu-abu. Apa pun keputusannya, itu harus menjadi keputusan yang membuat Anda nyaman selama sisa hidup Anda. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, saya sarankan mengeluarkan ECN, biarkan pelanggan Anda membuat keputusan terbaik untuk bisnis pelanggan.

Semoga berhasil


3

Solusi (hampir) aman:

Dengan informasi yang tersedia dari pertanyaan ini PLUS pertanyaan sebelumnya yang sangat relevan. Apakah aman untuk memperlakukan sistem hilir dari dioda bias terbalik sebagai de-energized? ada metode yang masih tidak aman 100% yang lulus peraturan, tetapi metode yang kemungkinan besar memiliki peluang bagus untuk memastikan tidak ada yang terluka.

Karena isolator dioda dimaksudkan untuk MEMASTIKAN bahwa rangkaian de-energi tidak dialiri daya dan tetap pada potensial bumi saat sedang dikerjakan, " buat begitu ".

  • Hubungkan kedua terminal keluaran di "tongue here" bersama-sama dengan kuat dengan konduktor dan terminasi yang sesuai dan

  • Hubungkan sirkuit gabungan dengan kuat ke ground.

Jika metode isolasi berhasil maka tidak ada yang akan rusak.

Jika dioda isolasi bocor secara minor dan dengan cara yang diharapkan, arus akan dihambat ke tanah dan semua akan tetap manis dan ringan.

Jika diode isolasi gagal sampai taraf signifikan - apakah Anda menjual tiket ringside? - akan ada beberapa teknik kembang api dan beberapa hal mungkin mati tetapi, jika Anda / mereka telah menerapkan penjepit dengan benar, itu bukan orang.

Saya akan mempertimbangkan bekerja pada sirkuit seperti itu, asalkan saya secara pribadi memeriksa bagaimana hal itu dilakukan pertama kali, tetapi saya akan memperlakukan sirkuit sebagai berpotensi hidup semaksimal mungkin. Saya telah bekerja pada sirkuit hidup yang diketahui dengan faktor risiko yang lebih besar daripada yang dimiliki - tetapi sepenuhnya secara sadar dan sukarela.


Kewajiban dan peringatan:

IANAL TETAPI:
Di sini "Anda" adalah siapa pun yang dianggap bertanggung jawab oleh pihak berwenang. Itu mungkin atau mungkin tidak termasuk "Anda" pabrikan.

Sangat penting secara etis dan mungkin secara hukum bahwa orang yang mengerjakan peralatan ini sepenuhnya menyadari semua aspek tentang apa yang sedang dilakukan dan mengapa.
Jika seseorang meninggal dan pekerja itu menyadari apa yang sedang dilakukan dan mengapa serta berbagai implikasinya secara terperinci, Anda dapat mengharapkan penuntutan peraturan - tetapi MUNGKIN melarikan diri dari pembantaian atau penuntutan yang setara.
Jika seseorang meninggal dan pekerja TIDAK menyadari apa yang sedang dilakukan dan mengapa serta berbagai implikasi secara terperinci Anda tidak layak untuk melarikan diri dari pembantaian atau penuntutan yang setara.

Linemen digunakan untuk mengerjakan sirkuit yang harus diputus dan yang harus tetap terhubung dan yang mungkin dan akan. Tongkat pembumian dan sejenisnya biasa digunakan.

masukkan deskripsi gambar di sini

Daftar periksa:

NB: Tugas terkait harus memiliki daftar periksa yang terkait dan 5 item terakhir harus ada.
-Hapus semua koneksi korslet dan pembumian.
-Periksa bahwa semua koneksi korslet dan pembumian telah dihapus
-Periksa bahwa semua koneksi korslet dan pembumian telah dihapus
-Periksa bahwa SEMUA koneksi korslet dan pembumian telah dihapus

- TELAH ANDA MEMERIKSA BAHWA SEMUA PENDEK DAN ...


Jawaban Anda sepertinya tidak ada informasi tambahan. Elips tambahan setelah "Sudahkah Anda memeriksa itu ..." menyiratkan bahwa ada lebih banyak jawaban Anda.

@ GlenH7 Ini dimaksudkan untuk menyiratkan regresi tanpa batas. Memeriksa. Lalu periksa. Kemudian PERIKSA. Kemudian tanyakan SAYA TELAH MEMERIKSA. yaitu cepat atau lambat Anda menemukan diri Anda menerapkan kembali 480 VAC ke bus dengan tali pengikat bumi pada KECUALI prosedur benar-benar ditetapkan dalam batu harus melakukan prosedur mengikuti dll. Meskipun ini mungkin membuat bumi mengikat kewajiban, alternatifnya adalah cepat atau lambat menerapkan 480 VAC untuk seseorang.
Russell McMahon

0

Pertanyaan yang harus Anda jawab untuk DIRIMU (bukan perusahaan Anda) adalah apakah Anda akan bisa tidur nyenyak jika salah satu dari mereka digoreng? Karena pelanggan telah mengungkapkan niatnya yang tidak aman, saya pikir Anda tidak perlu merasa berkewajiban untuk menyediakan bagian tersebut. Ya, dia mungkin pergi ke tempat lain untuk mendapatkan bagian itu, tetapi itu ada pada dirinya.


0

Tanggung jawab minimum mutlak Anda adalah untuk memberi tahu pelanggan Anda bahwa Anda menganggap penggunaan yang dimaksud tidak aman dan Anda tidak merekomendasikan atau mendukung penggunaannya dengan cara ini. Ini harus dilakukan secara tertulis dan diakui oleh pelanggan.

Tingkat selanjutnya tergantung pada konteks. Bukan tidak mungkin pelanggan Anda memiliki alasan kuat untuk melakukan ini dan memiliki prosedur sendiri untuk memastikan bahwa itu digunakan dengan cara yang aman. Namun jika Anda percaya bahwa mereka hanya mengambil jalan pintas maka kita semua tahu bahwa itu tidak etis untuk memasok mereka dengan cara untuk melakukannya.

Jika Anda ingin melakukan ini dengan benar maka satu-satunya cara adalah melakukan diskusi mendalam dengan pelanggan Anda untuk memastikan bahwa mereka akan menggunakan produk Anda secara bertanggung jawab.

Perhatikan bahwa pendekatan etis yang benar jauh melampaui pelepasan tanggung jawab hukum nominal Anda dan dalam hal apa pun Anda mungkin tetap bertanggung jawab secara hukum bahkan jika Anda mencentang kotak pada sesuatu yang Anda tahu berbahaya.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola