Seberapa cepat sampah padat jatuh di pipa drain vertikal?


31

Beberapa bangunan benar-benar tinggi, jika Anda menyiram toilet dan isinya masuk ke dalam pipa dan lurus ke bawah, mungkin ada banyak energi, berpotensi cukup untuk menyebabkan kerusakan pada pipa selokan di akhir musim gugur.

Saya tahu bahwa di rumah saya, pipa lurus ke bawah dan kemudian hanya ada tikungan 90 derajat. Menurut Wikipedia perhitungan untuk kecepatan Terminal memiliki banyak variabel, tetapi pada dasarnya hal-hal yang jatuh mencapai kecepatan tertinggi dengan cepat.

Ketika benda padat jatuh lurus ke bawah pipa pembuangan di gedung bertingkat tinggi, seberapa cepat mereka jatuh? Apa potensi benda-benda yang jatuh untuk merusak pipa dan bagaimana hal ini ditangani ketika merekayasa struktur?


2
Bukan jawaban untuk pertanyaan itu, tetapi ini membuat saya bertanya-tanya berapa banyak energi yang dapat diperoleh kembali di gedung pencakar langit jika Anda dapat memanfaatkan energi kinetik dari limbah yang jatuh.
Petrichor

@Petrichor mengasumsikan jawaban dengan kaki kaki benar. Jumlah realistis pemulihan energi tidak akan ada. Menangkap energi akan memperlambat perkembangan, dan mungkin menghasilkan penyumbatan yang membutuhkan lebih banyak energi untuk dibersihkan kemudian akan pulih. Ingat bahwa benda padat dan cairan bergerak dalam pipa yang sama.
James Jenkins

Saya setuju sistem yang ada tidak bisa mengatasi ini, saya hanya membayangkan sistem yang secara teoritis bisa. Jika kita mengambil sekitar 1/3 dari ketinggian Burj khalifa (karena lebih banyak kamar ada di bawahnya) dan memberikan perkiraan harga untuk pembuangan limbah per hari dari bangunan adalah 15 ton (saya berasumsi ini termasuk semua cairan dan padatan ). Energi potensial yang tersedia dari ketinggian yang diasumsikan adalah 40,425 mega joule. Asumsi beberapa adil ... tapi itu sekitar 11 kWh ... cukup untuk menjaga kulkas / freezer berjalan sekitar satu setengah hari. Meh
Petrichor

Jawaban:


34

Harap dicatat : Saya bukan perancang bangunan berdasarkan perdagangan, tetapi saya harus menyelidiki pertanyaan terkait karena alasan lain.


Saya akan memberitahu Anda tentang rahasia kotor tentang garis sanitasi di dalam gedung - Kekhawatiran terbesar bukanlah tentang seberapa cepat hal-hal terbang, ini tentang menjaga tekanan udara dan menyediakan ventilasi yang memadai.

Panduan ini menyajikan sedikit latar belakang historis untuk desain bangunan tinggi sehubungan dengan desain sistem sanitasi. Presentasi ini memberikan beberapa perspektif yang lebih baru dan membahas beberapa penelitian yang menyempurnakan standar bangunan saat ini.

Sudut pandang tradisional adalah bahwa limbah membentuk aliran annular dan memiliki kecepatan terminal dalam kisaran 3 - 5 m / s . Penelitian saat ini menimbulkan keraguan pada asumsi-asumsi tersebut. Pendapatnya adalah bahwa drainase cenderung tidak stabil. Dan dengan beberapa aliran berkontribusi pada arus keluar, kecepatan aktual dapat bervariasi.

Tapi seperti yang disebutkan, kekhawatiran sebenarnya adalah memastikan aliran udara seimbang dan perangkap air tidak meledak. Orang-orang tidak begitu peduli dengan apa yang terjadi pada limbah saat mereka keluar selama mereka tidak perlu mencium prosesnya.

Biasanya, untuk bangunan tinggi, cerobong ventilasi sekunder digunakan untuk menyediakan udara ventilasi yang memadai ke perlengkapan yang digunakan. Kode bangunan saat ini di AS dan Inggris menentukan pipa drainase yang cukup lebar sehingga aliran udara penyeimbang yang memadai akan selalu tersedia. Presentasi kedua yang saya tautkan membahas tentang berbagai ukuran pipa drainase dan pertimbangan untuk bangunan yang sangat tinggi seperti gedung pencakar langit.

sistem ventilasi sekunder

Sekunder menyediakan ventilasi udara yang cukup sehingga perangkap air di tingkat bawah tidak terhempas oleh gelombang tekanan yang dihasilkan dari drainase yang berasal dari lantai atas.

Pendekatan lain yang digunakan adalah memisahkan tingkat bangunan yang berbeda menjadi zona drainase yang berbeda. Hal ini memungkinkan pipa berdiameter lebih kecil untuk digunakan sambil meminimalkan risiko jebakan air tingkat rendah akan meledak dari drainase tingkat atas.
drainase dikategorikan

Dan pendekatan lain yang digunakan adalah penggunaan "Attenuators Tekanan Udara Positif" (PAPA) seperti berikut.
katup pelepas tekanan
Catatan, ini hanya portofolio produk satu vendor. Vendor lain untuk perangkat ini ada.

Satu tantangan dengan PAPA adalah bahwa status mereka dengan kode bangunan saat ini di gedung tinggi tidak jelas. Saya pribadi telah memasang PAPA di tempat tinggal saya dan dapat membuktikan kemampuan mereka. Namun, kode bangunan lambat untuk diperbarui dan keandalan jangka panjang PAPA perlu diperagakan. Sekali lagi, dari pengalaman saya sendiri, menggunakan PAPA memerlukan modifikasi desain sistem dari pendekatan tradisional dan memerlukan pertimbangan tambahan.


17

Ini bukan faktor dalam praktiknya: Air (dan benda padat yang diarahkan) diarahkan ke segmen pipa vertikal yang melekat pada sisi-sisi pipa. Yaitu, tidak ada jatuh bebas di pipa limbah vertikal. Sebaliknya, cairan berputar di sekitar sisi pipa (menghasilkan efek pembersihan sendiri yang dikenal sebagai gerusan). Bahkan jika Anda berhasil memperkenalkan padatan padat dengan aliran air yang tidak mencukupi, ia akan masuk pada sudut dan memantul sisi pipa, tidak mendekati kecepatan terminalnya.


-4

Menarik kembali dengan Sistem Pipa Tunggal Studor sangat jelas bagi saya. Selain PAPA (mereka dapat digunakan pada sistem drainase jalur ganda) tidak ada pemisahan air Gray dari Hitam.

Ketika garis Black (limbah) tersumbat, Anda akan berjalan di limbah itu di kamar mandi Anda. Penggunaan saluran tunggal merupakan periode yang sangat tidak sanitasi!

Sungguh menakjubkan bahwa orang-orang Meksiko menggunakan satu saluran tanpa ventilasi meskipun sistem drainase publik belum diinstal. Semua Rumah Sakit mereka dibangun dengan cara ini! Sangat tidak sanitasi.

Kisah "SHIT" adalah bahwa "SHIT" kedua akan memakan "SHIT" pertama. Volume "SHIT" tidak akan pernah bertambah sampai Anda menambahkan air ke dalamnya!

Meminimalkan air dalam lubang limbah / lubang pembuangan melibatkan ventilasi untuk tujuan penguapan & mengurangi volume air yang memungkinkan "SHIT" untuk mendapatkan volume.

Jumlah air yang dibutuhkan dalam "Crapper" (tangki di belakang toilet) menjadi masalah untuk menghasilkan efek "gerusan" yang Anda tentukan untuk membersihkan saluran. Menguapkan air akses di tempat sampah / cess / systern / pit harus menjadi masalah utama. Tidak membuangnya ke sistem drainase publik yang mau tidak mau menyimpannya ke dalam lautan atau muka air. Limbah itu sendiri bisa menjadi pupuk yang hebat.

Dalam konstruksi Gedung Pencakar Langit harus ada 4 baris. 1 untuk drainase air abu-abu & ventilasi, 2 untuk drainase limbah & ventilasi, 3 untuk ventilasi sistem limbah (cess-pit sangat besar) & 4 untuk ventilasi sistem air abu-abu sebelum meluap ke sistem air publik atau unit RO di tempat (terbalik tanaman osmosis). Mereka semua harus pergi ke atas tingkat atap, meskipun beberapa memiliki systerns di sayap jauh lebih tinggi daripada gedung pencakar langit asli mereka pengurangan ketinggian ventilasi menambahkan hingga masalah tekanan balik. Tinggi dan diameternya harus sama.

Ventilasi silang dari saluran air Grey ke saluran air Hitam telah menjadi norma & telah didukung dengan pengurang jalan & mahal selama bertahun-tahun. Bersihkan di setiap lantai untuk memfasilitasi akses tukang ledeng dengan ular di ketinggian sampah di dinding dengan jalan-t juga membuktikan bahwa air & limbah tidak mencapai kecepatan terminal bahkan ketika air turun dari seratus kaki ke atas, diameter menjadi kuncinya.

Saya melihat dua baris yang terpisah completley & ditandai begitu. Menjepit uang pada sistem pipa dijamin untuk mencegah apresiasi properti & kondisi lingkungan yang sangat tidak sanitasi. Mungkin juga meningkatkan kemungkinan kematian manusia yang dapat diprediksi, tenggelam dalam "SHIT" mereka sendiri.


"Aku akan memberitahumu rahasia kotor tentang garis sanitasi di dalam gedung - Kekhawatiran terbesar bukanlah tentang seberapa cepat hal-hal terbang, ini tentang menjaga tekanan udara dan menyediakan ventilasi yang memadai."
Heinz Stapff

3
Ini terdengar seperti kata-kata kasar, pendapat pribadi dan tidak menjawab pertanyaan.
James Jenkins
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola