Program gratis apa yang harus diinstal setiap pengguna GIS?


142

Catatan: Pertanyaan ini khusus tentang perangkat lunak desktop yang diinstal. Ada pertanyaan lain secara khusus tentang perangkat lunak dan layanan berbasis cloud gratis.

Program gratis apa yang harus diinstal setiap pengguna GIS?

Saya tidak perlu merujuk pada ekstensi ESRI atau produk sumber terbuka, tetapi yang lain meningkatkan produktivitas dan kemampuan Anda untuk menangani tugas GIS.

Sebagai contoh:

  • Notepad ++ untuk menulis cuplikan kode atau mengedit XML. Paint.NET atau GIMP untuk mengedit grafik cepat.
  • Saya menggunakan Tugas Google setiap hari dan saya pikir itu layak disebutkan. Ini tidak spesifik GIS, tetapi ini adalah alat yang hebat, terutama jika digunakan secara independen dan pada beberapa proyek di mana pembelian perangkat lunak manajemen waktu tidak masuk akal.
  • Meskipun tidak berfokus pada pengembangan GIS, Rainmeter telah terbukti sangat berguna dalam hal peningkatan produktivitas dan sumber daya sistem pemantauan. Saya telah membuat "sidebar" GIS di desktop saya yang menampung semua alat pengembangan saya, serta tautan ke sumber daya online yang paling sering saya gunakan. Sangat menyenangkan bisa menggunakan satu lokasi, daripada banyak (mis. Bilah tugas, bookmark di browser, mesin pencari).

4
Utas ini sudah lebih baik karena semuanya gratis / open source.
blah238

13
Saya pikir kualifikasi "gratis" membuat pertanyaan ini cukup berbeda.
blah238

2
Sebagian besar alat yang disebutkan berkisar pada dev GIS., Daripada alat GIS yang belum saya dengar tetapi seharusnya sudah. Untuk sebagian besar dan kecuali untuk satu atau dua program niche, alat yang terdaftar di sini dan di Q lainnya berputar di sekitar "Membuat GIS", daripada "Menggunakan GIS". Mereka juga alat yang harus Anda ketahui tentang anyways jika Anda terlibat dengan jenis pengembangan lain atau GIS. Keluhan terakhir saya adalah pemutusan antara GIS Tools untuk OSEs yang berbeda: Arc vs. Else.
dassouki

1
Saya pikir ini adalah jenis pertanyaan yang seharusnya segera ditutup, wiki atau tidak. Maksud saya, lihat saja jawabannya sejauh ini .. hampir semuanya berjalan. Dari Fiddler ke GIMP ke ColorBrewer ke VirtualDub ke SharpDevelop (dan tidak, SharpDevelop bukan untuk mengubah dari C # ke VB.NET). Di mana nilai sebenarnya?
Petr Krebs

2
@Petr, saya pikir nilainya adalah bahwa hal itu memaparkan orang yang berpengalaman dan tidak berpengalaman terhadap aplikasi sumber terbuka dan gratis yang mungkin belum pernah mereka dengar tetapi yang digunakan rekan-rekan mereka dalam pekerjaan GIS sehari-hari mereka. Saya tidak berpikir itu akan menjadi pertanyaan bulan ini jika tidak memiliki nilai!
blah238

Jawaban:


135

Pertanyaan ini telah dikonversi ke Wiki Komunitas dan wiki dikunci karena ini adalah contoh pertanyaan yang mencari daftar jawaban dan tampaknya cukup populer untuk melindunginya dari penutupan. Itu harus diperlakukan sebagai kasus khusus dan tidak boleh dipandang sebagai jenis pertanyaan yang didorong pada ini, atau situs Stack Exchange, tetapi jika Anda ingin berkontribusi lebih banyak konten untuk itu maka jangan ragu untuk melakukannya dengan mengedit jawaban ini .


  • Google Earth , untuk melihat dan membuat file KMZ / KML
  • Trimble Sketchup , untuk membuat model 3D
  • PointVue LE , Fusion / LDV , LAStools , untuk melihat file LAS (LiDAR) dalam 3D
  • PyScripter , untuk skrip Python
  • ArcGIS Diagrammer 10.0 , untuk mendesain geodatabases dan memodifikasi skema (dokumen ESRI XML workspace) ( untuk 10.1 dan untuk 10.2 ) ( dihentikan pada 10.3 )
  • Visual Studio Express (C # atau VB.NET), untuk pengembangan .NET
  • SharpDevelop , IDE alternatif ke Visual Studio untuk pengembangan .NET - juga berguna untuk mengkonversi antara VB.NET dan C #
  • TortoiseSVN , TortoiseCVS , TortoiseGit , atau TortoiseHg untuk kontrol versi di Windows
  • Oracle SQL Developer , untuk melihat-lihat bagian belakang ArcSDE, menjalankan kueri, dll.
  • PrimoPDF , untuk mencetak / menambahkan ke PDF
  • LightShot , untuk mengambil dan mengunggah tangkapan layar dengan cepat, atau GreenShot yang serupa tetapi sedikit lebih kuat / dapat dikustomisasi (terima kasih @Mike Toews karena menyebutkannya di salah satu komentar).
  • VLC media player , untuk perekaman video desktop dan pemutaran video
  • Open Broadcaster Software , untuk perekaman dan screencasting video 2D dan 3D (memerlukan Windows Vista atau yang lebih baru)
  • MSI Afterburner , untuk merekam video 3D
  • VirtualDub , untuk pengeditan video non-linear dasar
  • XnView , GIMP , Paint.NET , dan InkScape untuk berbagai tugas grafik (masing-masing memiliki setelan kuat sendiri)
  • FileZilla , untuk situs FTP
  • 7-Zip , untuk file ZIP / RAR
  • UnxUtils - Untuk port ringan (asli Win32) dari utilitas GNU umum seperti "tail" dan "grep". Tail sangat bagus untuk menampilkan file log secara realtime, sementara grep adalah alat pencarian teks yang kuat (berbasis ekspresi reguler).
  • Salin Jalur - Ekstensi shell untuk Windows XP, Vista, 7, dll. Yang menambahkan item menu konteks "Salin Jalur" ke file dan folder di Windows Explorer. Membuat pekerjaan singkat untuk menemukan path lengkap (dan juga menormalkan ke path UNC jika berada di drive jaringan yang dipetakan). Penghemat waktu yang hebat!

Daftar luar biasa - terima kasih atas tautannya! Saya telah menemukan kembali GIMP untuk Windows dan itu sudah membantu saya keluar pada beberapa tugas pengeditan.
Radar

ArcGIS Diagrammer telah menyelamatkan saya dari sakit kepala!
Roy

Saya memutar kembali hasil edit terakhir karena saya tidak terbiasa dengan aplikasi yang disarankan. Harap tambahkan mereka ke jawaban yang terpisah sehingga mereka dapat dipertimbangkan sendiri.
blah238

Anda melewatkan semua barang backplane!
huckfinn

Daftar ini agak lucu. Saya sudah menginstal salah satu dari ini: VLC. Yang tidak ada hubungannya dengan GIS.
Steve Bennett

78

QGIS . Meskipun saya melakukan sebagian besar analisis saya menggunakan alat berbasis ESRI, QGIS sangat cepat untuk memeriksa shapefile dengan cepat, dan melakukan zooming / panning / membaca atribut.

Saya tidak bermaksud ini dengan cara merendahkan, karena QGIS juga merupakan GIS desktop open-source yang luar biasa; tetapi untuk membuka / menutup file cepat itu luar biasa dan tercepat yang saya temukan.


4
pastikan untuk disetel ke QGIS Browser (dalam bagasi), yang mirip dengan ArcCatalog
Mike T

Poin bagus - tidak ada "kebutuhan" untuk menggunakan Arc dan QGIS pada sebagian besar keadaan, tetapi senang memiliki solusi gratis, terutama jika Anda ingin mengizinkan orang lain (rekan kerja non-GIS, pelanggan) untuk melakukan beberapa hal dasar eksplorasi data.
Radar

+1 untuk QGis - browser baru sangat bagus untuk pencarian cepat dan caranya menyediakan front untuk Grass membuatnya berguna untuk sebagian besar tugas.
Adrian

QGIS brilian, dan dapat melakukan hampir semua hal yang dapat dilakukan ArcGIS
bgordon

52

Fiddler luar biasa.

Memperbarui

Misalkan saya sedang melihat Aplikasi Web, seperti Esri's Redistricting Online ...

masukkan deskripsi gambar di sini

... dan saya menjadi ingin tahu tentang layanan peta yang digunakannya. Saya dapat menjalankan Fiddler dan melihat Url apa yang diaksesnya.

masukkan deskripsi gambar di sini

Saya dapat mengklik kanan dan menyalin url dan menempelkannya ke peramban web, karena kita sedang berurusan dengan REST ...

http://redistricting.esri.com/arcgis/rest/services/Redistricting2010/Texas_2010/MapServer/1/query

Saya perhatikan bahwa ketika saya menambahkan blok sensus ke sebuah distrik, ia hanya melakukan kueri; itu tidak membuat panggilan ke layanan geometri untuk menyatukan blok ke dalam sebuah distrik seperti yang saya harapkan. Dari sini saya dapat menyimpulkan bahwa Esri menahan kami: di suatu tempat di klien harus ada kode yang menyatukan geometri - tetapi tidak ada kemampuan yang didokumentasikan dalam api SDK web .

Karena tidak ada pesan di halaman root dari layanan map redistricting mereka yang mengatakan saya tidak boleh menggunakannya, saya kira saya bebas untuk menggunakannya di aplikasi saya sendiri ... atau setidaknya sampai mereka menerapkan ide yang saya sarankan .


Bisakah Anda mengatakan sedikit tentang apa manfaatnya dan mengapa itu baik?
whuber

6
Mirip tetapi lebih spesifik WMS adalah Inspektur WMS untuk Firefox addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/wms-inspector
Sean

1
Fiddler adalah Alat yang hebat, tetapi memiliki kurva belajar yang curam. Saya menemukan addon Firebug jauh lebih mudah digunakan ketika hanya mencari tahu REST Query / layanan. Tetapi ada kegunaan lain dari Fiddler, di mana tidak ada alat lain yang lebih dekat
Devdatta Tengshe

@devdatta Ya, saat menggunakan Fiddler untuk mencari tahu layanan peta apa yang digunakan aplikasi web sangat mudah - dan sangat berguna - memeriksa url sedikit lebih terlibat.
Kirk Kuykendall

4
Alat dev default di Chrome melakukan hal yang persis sama.
Calvin

48

Benjamin telah menyebutkan SAGA GIS , tetapi hanya namanya jadi saya ingin menambahkan lebih banyak info tentang SW yang luar biasa ini:

SAGA (Sistem untuk Analisis Geoscientific Otomatis)

SAGA GUI

SAGA juga gratis dan sumber terbuka seperti QGIS, tetapi berfokus pada analisis dan pemrosesan data raster.

Modul standar adalah:

  • Akses file: antarmuka ke berbagai format file tabel, vektor, gambar dan kisi, termasuk shapefile, kisi Esri (ASCII dan binary), dan berbagai format kisi file yang didukung oleh perpustakaan GDAL, di samping format SGRD asli SAGA GIS .

  • Filter untuk kisi: Gaussian, Laplacian, multi-directional Lee filter.

  • Gridding: interpolasi dari data vektor menggunakan triangulasi, tetangga terdekat, jarak terbalik. (Favorit saya adalah interpolasi B-Spline Multilevel)

  • Geostatistik: analisis residual, kriging biasa dan universal, analisis regresi tunggal dan berganda, analisis varian.

  • Kalkulator grid: menggabungkan grid melalui fungsi yang ditentukan pengguna.

  • Diskresi jaringan: skeletonisation, segmentasi.

  • Alat bantu grid: penggabungan, pemasangan kembali, pengisian celah.

  • Klasifikasi gambar: analisis klaster, klasifikasi kotak, kemungkinan maksimum, pengenalan pola, pertumbuhan wilayah.

  • Proyeksi: berbagai transformasi koordinat untuk data vektor dan grid (menggunakan perpustakaan Proj4 dan GeoTrans), georeferensi grid.

  • Simulasi proses dinamis: TOPMODEL, distribusi nitrogen, erosi, pengembangan lanskap.

  • Analisis medan: perhitungan geomorfometrik seperti kemiringan, aspek, kelengkungan, klasifikasi kelengkungan, hillshading analitis, eliminasi bak cuci, analisis alur aliran, penggambaran daerah tangkapan air, radiasi matahari, garis saluran, ketinggian relatif.

  • Alat vektor: persimpangan poligon, garis kontur dari kisi.

Menurut para pengguna itu sebagian dapat menggantikan alat komersial seperti analis Spatial di ArcGIS dan beberapa orang mengatakan, bahwa alat hidrologi bahkan lebih baik daripada ArcHydroTools.

Menurut pendapat saya itu adalah pilihan yang baik untuk orang-orang yang tidak terbiasa dengan GRASS dan yang membutuhkan solusi ramah pengguna dan gratis yang dapat berbagi data dengan alat GIS lainnya.

Saya menggunakannya bersama dengan QGIS dan bekerja sangat bagus - SAGA untuk data raster, QGIS untuk vektor dan finishing peta akhir dan untuk pemetaan cepat.


44

GIMP dan INKSCAPE

Saya menggunakan keduanya untuk tujuan kartografi.

Gimp memiliki dukungan raster yang baik (sampai mereka mendapatkan ukuran besar / GB, maka Anda menjalankannya pada OS linux!) Dan Inkscape menangani vektor dengan sangat baik.


3
+1 di Gimp. Ini hampir sama baiknya dengan Photoshop, untuk sebagian besar tugas yang saya temukan
Stephen Lead

Telah menggunakan keduanya dengan sangat sukses - ketika photoshop belum menjadi pilihan.
Mapperz

41

ColorBrewer adalah freebie yang bagus untuk siapa saja yang menerbitkan peta. Meskipun ini bukan program yang terinstal , ini adalah alat yang ampuh untuk memilih skema warna yang efektif, dan unduhan tersedia untuk berbagai perangkat lunak GIS (lihat tautan di bawah). Bahkan ada versi JavaScript baru untuk mereka yang tidak bisa atau tidak ingin menggunakan Flash.

ColorBrewer memungkinkan Anda memilih skema warna yang efektif dan menarik berdasarkan jumlah kelas, tipe data (misalnya berurutan atau kualitatif), dan banyak parameter opsional. Ini juga memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau skema warna dengan fitur-fitur umum seperti nama jalan dan kota, dan mengekspor skema untuk (relatif) mudah digunakan dalam perangkat lunak atau kode Anda.

Jalur landai ColorBrewer dapat diinstal ke QGIS dan ArcMap melalui paket simbol dan peralatan tambahan.


Jalur landai warna dapat diinstal ke QGIS dan ArcMap melalui addons.
Michael Markieta

Saya menambahkan beberapa unduhan terkait ColorBrewer. Jika ada yang punya yang lain saya pikir mereka akan bagus untuk menambahkan jawaban ini.
blah238

Palet ColorBrewer juga tersedia untuk digunakan dalam R melalui paket
RColorBrewer

36

Suite Topologi JTS , khususnya JTS TestBuider (untuk pengguna Windows, buat Shortcut keC:\Program Files\JTS\jts-1.11\bin\testbuilder.bat).

Dengan JTS TestBuilder, Anda dapat menyalin / menempelkan WKT atau WKB ke input geometri, dan men-debug geometri (terutama jika itu tidak valid dan Anda ingin tahu mengapa) atau menjelajahi fungsi spasial dan operator predikat spasial , dll. Sebagian besar fungsi dikembangkan di JTS menetes ke bawah ke GEOS , Shapely , JSTS , NetTopologySuite , dll, sehingga merupakan alat bantu grafis yang baik untuk bekerja dengan.

JTS TestBuilder


2
+1 Salah satu dari sangat sedikit di antara daftar jawaban yang masuk akal.
Petr Krebs

35

Firebug untuk Firefox

Periksa HTML dan modifikasi gaya dan tata letak secara real-time. Gunakan debugger JavaScript tercanggih yang tersedia untuk browser apa pun. Menganalisis penggunaan dan kinerja jaringan secara akurat. Perluas Firebug dan tambahkan fitur untuk membuat Firebug semakin kuat.

http://getfirebug.com/

Sukai karena Anda dapat mengedit halaman web secara online dan melihat perubahannya secara instan tanpa mengunggah kembali file.

Ini dengan Fiddler (disebutkan di wiki komunitas ini) adalah alat yang sangat berguna dan menghemat waktu.


33

Untuk analisis statistik, ada R . Integrasi R dengan ArcGIS menyediakan Lingkungan Pemodelan Geospasial . Menggunakan pustaka yang tepat Anda dapat dengan mudah menangani shapefile dan data raster di R
RStudio adalah IDE yang kuat dengan debugging dan penanganan data yang ditingkatkan untuk R.


Tentu saja R adalah alat yang hebat dan menggunakan gdal juga. Melihat dan mengedit shapefile juga dimungkinkan menggunakan perpustakaan yang benar.
Riccardo

29

Color Oracle - simulator buta warna untuk Window, Mac dan Linux. Saya menggunakan ini untuk memeriksa "tampilan" peta yang saya buat.


23
  • Eclipse dan PyDev untuk pengkodean Python - versi terbaru (akhirnya) memungkinkan Anda untuk menjalankan skrip tanpa ada dalam proyek, dan memiliki beberapa fitur hebat lainnya (tidak termasuk dalam pengecualian dll). Itu dan jumlah ekstensi lainnya yang hampir tidak terbatas yang dapat Anda instal di Eclipse.
  • Git untuk kontrol versi. Gratis, mudah, dan Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun di server.
  • TrueCrypt untuk menyimpan data sensitif dengan membuat volume tertulis dengan sejumlah opsi keamanan.

Setuju dengan Eclipse dan PyDev. Dalam kasus saya, kami menyimpan data kami di bawah kontrol versi menggunakan Mercurial karena Git tersedak pada file biner besar. Banyak pengguna VCS akan mengatakan tidak versi file biner besar, tetapi dalam kasus GIS, itu sering menjadi bagian dari intinya.
nicksan

PERINGATAN: Menggunakan TrueCrypt tidak aman! truecrypt.sourceforge.net : ((
SIslam


17

Alat baris perintah Gdal cukup berguna.

ogrinfo myshapefile.shp

gdalinfo myrasterfile.tif

ogr2ogr untuk mengonversi file.

Kadang-kadang saya juga menggunakan alat xpath (disediakan dengan pustaka gnome libxml2) untuk memeriksa file xml / xsd / kml:

cat my-insanely-complex-xml-file.xml | xpath "http://Placename/text()"

Anda mendapatkan idenya.


+1 untuk "kucing"; terminal (Ubuntu?) bawaan (dari GNU) pasti dapat membuat tugas-tugas duniawi lebih mudah.
SaultDon

14
  • Irfanview - untuk melakukan pengeditan gambar sederhana, seperti memotong tangkapan layar. Jauh lebih berguna daripada MS Paint, dan pemrosesan gambar secara batch!
  • Editor JavaScript Gratis - untuk mengedit JS, tetapi juga CSS, HTML, dll. Berisi beberapa fungsi pemeriksaan kesalahan yang hebat, termasuk tautan langsung ke JSLint
  • Firebug - tak ternilai harganya saat men-debug aplikasi web di FireFox
  • PythonWin - debugging yang lebih mudah daripada Idle karena memungkinkan penggunaan breakpoints dan "step over", "step into" handling

13

FugroViewer - Program yang fantastis untuk melihat data LIDAR yang disimpan dalam file LAS. Ini memiliki tampilan 2D, 3D, dan profil. Anda dapat menyimbolkan titik dengan semua atribut yang disimpan dalam file LAS bersama dengan warna RGB.

masukkan deskripsi gambar di sini


12

Notepad ++ serta pengaturan tambahan dari TWIAV.nl terutama penyorotan kode. Datang sangat berguna setelah mengubah struktur server karena semua file .wor kami rusak. Satu menemukan dan mengganti kemudian dan semuanya bekerja!


12

Tautan-sendiri, tetapi TileMill sangat berguna untuk menjelajahi geodata, membuat peta yang bagus, melakukan analisis, dll. Ini terutama untuk langkah-langkah presentasi dan eksplorasi, sedangkan analisis yang berat dapat dilakukan dalam QGIS atau serupa.


10

Anda dapat menggunakan: ArcGIS Explorer

Dengan ArcGIS Explorer, Anda bisa

  • Akses basemaps dan layer ArcGIS Online yang siap digunakan.
  • Padukan data lokal Anda dengan layanan peta untuk membuat peta khusus.
  • Tambahkan foto, laporan, video, dan informasi lainnya ke peta Anda. Lakukan analisis spasial (misalnya, visibilitas, pemodelan, pencarian kedekatan).

Desktop

Tautan


10

Whitebox Geospatial Analysis Tools ( http://www.uoguelph.ca/~hydrogeo/Whitebox/ ) adalah paket GIS open-source dan penginderaan jauh yang memiliki kemampuan analitis yang luas. Ini berjalan di MS Windows, Mac OSX, dan Linux. Ini memiliki antarmuka pengguna yang ramah dan intuitif, bantuan tertanam yang luas, dan kemampuan untuk membuat peta yang menyenangkan secara kartografis.

masukkan deskripsi gambar di sini


Ini terlihat bagus. Saya sarankan Anda juga memposting ini di utas Iklan Promosi Komunitas sehingga memiliki peluang muncul di bilah samping. Pastikan untuk mengikuti aturan dan membuat gambar yang bagus dan menarik untuk itu.
blah238

@ blah238 Itu saran yang bagus, terima kasih. Saya baru dalam hal ini, jadi saya harus memeriksanya sekarang.

7

Tidak ada yang menyebutkan tentang proj.4

Proj.4 adalah perpustakaan proyeksi open source dan alat yang berfungsi tersembunyi di sebagian besar desktop gis, database spasial, dan perangkat lunak layanan gis (barang web). Anda dapat menggunakannya juga sangat efektif di baris perintah dan di samping geotrans (yang memiliki akar militer) itu adalah IMO alat open source untuk mengubah koordinat antara notasi geodetik / geografis dan memiliki kemungkinan untuk menggunakan deskripsi datum abstrak (seperti + datum = UTM + zone = 32) atau angka-angka seperti EPSG (+ init = epsg: 32632) serta deskripsi sistem koordinat yang kompleks seperti Proyeksi Swiss Oblique Mercator:

+proj=somerc +lat_0=46d57’8.660"N +lon_0=7d26’22.500"E
+ellps=bessel +x_0=600000 +y_0=200000
+k_0=1. no_defs

.


jawaban ini tidak benar-benar memberi tahu kami apa-apa tentang proj.4 itu atau mengapa itu adalah jawaban untuk pertanyaan ..
Dan C

Yang menarik adalah, bahwa kita terlambat atau tidak ingat sama sekali apa yang bekerja sebagai mesin dasar di balik alat GUI.
huckfinn

Sepenuhnya setuju, ada banyak alat gratis yang tersedia yang mengoordinasikan transformasi / proyeksi tetapi sangat sering jumlah proyeksi yang didukung cukup terbatas. Dalam Proj.4 Anda akan menemukannya.
Wernfried Domscheit

6

Saya akan menambahkan TileMill ke daftar. Ini cara mudah untuk meletakkan peta di web. Mapbox memiliki paket gratis yang dapat dilakukan untuk sebagian besar pengguna kecil.

Saya pasti melewatkannya, tetapi PostgreSQL / PostGIS juga harus!


4

soapUI adalah alat yang sangat bagus untuk menguji layanan web SOAP dan REST. Ini dirancang lebih untuk membangun suite pengujian yang luas, tetapi juga cara yang cukup cepat untuk menjalankan panggilan satu kali sederhana ke layanan web Anda.



3

Sulit untuk menambahkan banyak ke daftar komprehensif ini, tetapi untuk pengembangan peta web Anda mungkin melihat FlashDevelop untuk Flash / Flex / AIR (hanya Windows) dan Aptana Studio 3 untuk Javscript dll ...



3

GPSBabel untuk mengonversi titik arah, trek, dan rute antara penerima GPS populer dan program pemetaan.

masukkan deskripsi gambar di sini


3

Saya tidak berpikir ada orang di sini yang menyebutkan CartoDB yang merupakan alat GIS berbasis cloud untuk memvisualisasikan dan menganalisis data geospasial. Data Anda secara otomatis diimpor ke database postGIS yang memungkinkan untuk query SQL yang kompleks. Ini juga memiliki seperangkat alat yang kuat untuk menata data Anda (termasuk CSS Carto ), dan Anda dapat memilih peta dasar dari layanan lain seperti MapBox.

Saya melihat beberapa orang menyebutkan TileMill tetapi tidak percaya saya melihat ada yang menyebutkan MapBox , perusahaan yang menciptakan TileMill dan sedang melakukan pekerjaan yang sangat mengagumkan dengan data OpenStreetMap dan GIS berbasis cloud. MapBox dan CartoDB memiliki opsi akun gratis.

Berbicara tentang OpenStreetMap , saya tidak berpikir ada yang menyebutkan itu sebagai sumber data / data bebas yang sangat bagus. Data tersebut di bawah lisensi opendb. Berikut adalah beberapa tempat untuk mengambil data shapefile dari OSM:


3

TatukGISViewer sangat bagus untuk melihat file raster dan vektor dengan cepat. Saya bekerja dengan ESRI dan MapInfo yang memaksa saya melakukan banyak konversi .tab menjadi .shps atau sebaliknya. Tatuk sangat bagus karena menangani kedua format, hanya drag-and-drop dan mereka semua muncul dengan baik. Itu juga benar-benar menunjukkan lokasi geografis data jika dua set data memiliki sistem koordinat yang berbeda (saya tidak suka kompensasi otomatis ESRI).


2

Ini dia solusi lain: Geobide SDK satu set komponen untuk pengembangan aplikasi profesional gis. Versi gratis alat tersedia.

Geomap , Sistem untuk melihat, mengedit, dan menganalisis; [ Geoconverter ] [3], sistem referensi geodetik dan konverter format geografis: Mengkonversi format, bidang ipdate ... (tersedia dalam bahasa Inggris); [ Geobuilder ] [4], solusi untuk desain dan eksekusi diagram geoprocessing. (tersedia dalam bahasa Inggris); [ Geobridge ] [5], plug-in untuk akses ke data CAD / GIS dari Autocad, Microstation, ArcGIS ...


2

OpenRefine (sebelumnya Google-Perbaiki) .

Alat gratis dan sumber terbuka ini luar biasa untuk membersihkan data yang berantakan. Saya biasanya menggunakannya untuk operasi yang cukup sederhana seperti penggabungan, pemangkasan, penggantian satu karakter dengan yang lain, menghilangkan kesalahan ejaan, dll.

Salah satu kasus penggunaan saya yang paling umum adalah mengelompokkan item serupa melalui alat pengelompokan . Ini bagus untuk menemukan kesalahan pengejaan atau masalah singkatan (misalnya Jalan, jalan, naik, rd, rd.) Dan mengubah semuanya menjadi satu nilai yang benar.

Memiliki data yang bersih membuat operasi basis data dan permintaan definisi JAUH lebih mudah untuk dilakukan. Anda bahkan dapat "merekam" operasi yang telah Anda lakukan pada sekumpulan data untuk digunakan kembali pada sedikit data berantakan berikutnya yang Anda temui.

Saya tidak menggunakan potensi perangkat lunak ini, tetapi saya merasa mudah untuk mengambil dan menggunakannya untuk tugas-tugas sederhana yang telah saya jelaskan. Berikut adalah beberapa screencast yang menyentuh beberapa operasi yang lebih maju. Oh ya, Anda juga bisa menggunakannya untuk geocoding !

Proyek telah pindah dari SINI ke GitHub .

Inilah yang dikatakan ReadMe:

OpenRefine adalah alat listrik yang memungkinkan Anda memuat data, memahaminya, membersihkannya, merekonsiliasi secara internal, dan menambahnya dengan data yang berasal dari Freebase atau sumber web lainnya. Semua dengan kenyamanan dan privasi komputer Anda sendiri.

Wiki memiliki semua yang perlu Anda ketahui termasuk tautan unduhan.


OpenRefine adalah mulia; ini memungkinkan Anda untuk mengambil file berformat aneh, dan membersihkannya dari analisis. Sangat kuat, jika sedikit membingungkan untuk dijalankan. Semuanya berjalan melalui browser Anda di port lokal.
scruss
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola