Menginstal dukungan File Geodatabase (* .gdb) di QGIS?


158

Saya telah menghabiskan sekitar 2 hari untuk menemukan cara untuk membuka GDB (Esri geodatabase) di QGIS (atau perangkat lunak open source lainnya) tetapi masih belum berhasil.

Saya telah mengunduh installer OSGeo4W terbaru dan mencoba setup - express desktop install - semua paket, serta instal lanjutan termasuk gdal-filegdb.

Bisakah Anda menjelaskan prosedur yang lebih rinci, termasuk instalasi dan cara membuka .gdb di QGIS (instalasi OSGeo4W)?


1
Apa versi gdal yang Anda gunakan?
Nathan W

Pertama saya telah menginstal osgeo4w-setup - Express desktop install - yang saya kira unduh perpustakaan terbaru untuk instalasi. Di "Advanced Install" saya mencoba gdal 1.9.1-RC2-1 dan 1.9.0-3 . Berbicara tentang gdal-filegdb hanya ada versi 1.9.0-1 saat ini.
Miro

Di versi apa ArcGIS File GDB Anda dibuat?
Dapatkan Spasial

2
Yah ini mungkin masalahnya - "File GDB harus versi ArcGIS 10, 9.3.1 tidak didukung." - Saya tidak tahu versi ESRI File Geodatabase (FileGDB), saya baru saja mendapat data. Pergi untuk mencari dan menguji beberapa data dalam versi 10 dengan instal saya dan beri tahu.
Miro

2
Sudahkah Anda mencoba mengikuti langkah-langkah ini dan melihat seberapa jauh Anda? Hanya karena tautan itu berumur dua tahun, bukan berarti tautannya masih belum relevan. Sejauh yang saya ingat instalasi untuk 2.0.1 sangat mirip jika tidak sama dengan instruksi dalam jawabannya.
MAJ742

Jawaban:


178

Perbarui Desember 2017

Sekarang Anda cukup drag & drop file .gdb (direktori) ke QGIS. Ini akses baca ke File Geodatabases saja. Jika Anda memerlukan akses tulis, silakan baca lebih lanjut.

Perbarui Juli 2015

Saatnya untuk membawa jawaban ini sedikit lebih terkini karena beberapa elemen dukungan FileGDB di QGIS telah berubah. Saya sekarang menjalankan QGIS 2.10.0 - Pisa. Itu diinstal menggunakan installer OSGeo4W.

Apa yang telah berubah adalah bahwa pada instalasi dasar QGIS, akses read-only File GDB diaktifkan secara default, menggunakan driver Open FileGDB. Kredit untuk mencatat pertama ini harus diberikan ke @SaultDon.
Akses Baca / Tulis dapat diaktifkan menggunakan penginstalan driver FileGDB melalui pustaka OGR_FileGDB. Perpustakaan perlu diaktifkan menggunakan proses di bawah ini, baik ketika Anda menginstal QGIS, atau secara individual. Lebih detail tentang driver di bawah ini:

  • Driver FileGDB : Menggunakan SDDB FileDB API dari ESRI - Baca / Tulis ke FGDB tentang ArcGIS 10 ke atas
  • Driver OpenFleGDB : Tersedia dalam GDAL> = 1.11 - Akses Hanya Baca ke FGDB's of ArcGIS 9 ke atas

Ketika Anda menambahkan Layer Vektor, Anda cukup memilih Source Typeberdasarkan pada driver yang ingin Anda gunakan.
Driver FileGDB ESRI Driver FileGDB Esri

Buka Driver FileGDB Buka Driver FileGDB

Proses di bawah ini menunjukkan secara lebih rinci langkah-langkah untuk menginstal QGIS dari installer OSGeo4W, memastikan pustaka OGR_FileGDB diinstal, kemudian memuat layer dari File Geodatabase.

  1. Unduh dan jalankan osgeo4w-setup-x86.exeuntuk 32bit atau osgeo42-setup-x86_64.exe64bit dari OSGeo4W .

  2. Pilih Instalasi Lanjutan, lalu Instal dari Internet. Pilih direktori paket root dan lokal Anda, dan kemudian jenis koneksi Anda, dalam kasus saya, "Sambungan Langsung". Setelah Anda klik berikutnya, itu akan memunculkan layar dengan sejumlah menu yang diciutkan. Pilih Paket Instalasi

  3. Buka menu "Desktop". Temukan entri untuk "qgis: Quantum GIS (desktop)". Di kolom "Baru", ubah entri dari "Lewati", untuk menampilkan versi 2.10.0-1. Pilih entri pemasangan QGIS

  4. Buka menu "Libs". Temukan entri untuk "gdal-filegdb: OGR FileGDB Driver". Di kolom "Baru", ubah entri dari "Lewati", untuk menampilkan versi 1.11.2-1. Pilih Driver GDDB File GDB

  5. Setelah Anda mengklik Berikutnya, itu akan menginstal QGIS dan semua pustaka terkait. Setelah ini selesai, buka Quantum GIS, dan Pilih "Tambahkan Data Vektor". Ubah opsi menjadi "Direktori". Di sinilah Anda memilih driver seperti yang ditunjukkan di atas. Pilih direktori dan driver FileGDB

  6. Telusuri ke File Geodatabase dan pilih direktori. Klik "Buka" Pilih lokasi File GDB

  7. Pilih Layer Vektor dan tekan "Ok". Harap dicatat bahwa API FileGDB tidak mendukung Gambar Raster . Pilih Layer Vektor

  8. Seperti yang Anda lihat, layer yang dipilih dimuat. Menggunakan driver Esri, pengeditan dimungkinkan. Jika Anda menggunakan driver Open FileGDB, data hanya baca. Lapisan vektor yang dimuat dalam QGIS

  9. Untuk referensi Anda, inilah jendela "Tentang" dari instal QGIS saya, yang menunjukkan versi perangkat lunak, dan pustaka GDAL / OGR yang digunakan. QGIS Tentang Jendela

Instalasi ini dilakukan pada komputer Windows 7 64bit. Dengan penginstal sebelumnya, ada beberapa hasil yang tidak konsisten. Ini mungkin telah berubah dengan beralih ke installer 32 atau 64bit. Utas di OSGeo ini membahas beberapa masalah lama yang dialami orang: Utas


1
FileGDBAPI.dlladalah bagian dari gdal-filegdbpaket dan harus sudah diinstal dalam %osgeo4w_root%\bin. Sayangnya, itu saja tidak cukup untuk sistem saya.
matt wilkie

4
menemukan bug, dan itu tipuan: FileGDB SDK tidak mendukung sistem koordinat kustom ( gdal # 4578 ). Orang berharap itu bukan batasan umur panjang; pilih untuk memperbaikinya di ideas.arcgis.com/ideaView?id=087E00000004DpoIAE
matt wilkie

5
@danagerous - Jawaban ini ditulis ketika QGIS 1.8adalah versi instalasi saat ini. Seperti yang telah Anda tunjukkan, versi saat ini sekarang hingga 2.2.0. Proses dan langkah-langkah untuk memastikan bahwa perpustakaan diinstal tetap sama, tetapi Anda selalu ingin menggunakan versi terbaru yang tersedia untuk keduanya QGISdan gdal-fgdbperpustakaan.
Dapatkan Spasial

1
Sangat bagus, terima kasih .... dokumen seperti ini sangat penting ketika Anda hanya perlu bangun dan berjalan segera.
T. Wayne Whitley

1
Anda juga dapat menarik dan melepas file .gdb ke QGIS.
tudorbarascu

42

Jika Anda menjalankan QGIS dan dikompilasi dengan GDAL 1.11.0, sekarang memiliki dukungan FileGDB asli melalui driver OpenFileGDB .

Untuk membuka geodatabase di QGIS, pastikan untuk memilih "Tambahkan layer vektor", "Source Type = Directory" dan sumber harus berupa "OpenFileGDB" atau "ESRI FileGDB". Kemudian cukup telusuri ke folder * .gdb pilihan, tekan "Buka" dan lapisan akan dimuat ke Daftar Isi Anda.

Ada beberapa batasan saat ini seperti tidak bisa menulis ke FileGDB, tetapi mendukung FileGDB <= 10.0 yang merupakan bonus dan "proyeksi kustom".

Spesifikasi engine reverse engine-work sedang diproses tersedia di GitHub untuk driver OpenFileGDB.


1
Terima kasih telah memposting ini ... ini jauh lebih pendek daripada jawaban yang lain (yang juga saya hargai, tetapi jika tidak perlu lagi melalui semua langkah itu, saya bersyukur mengetahui hal itu!)
LarsH

16

Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat mengkompilasi driver filegdb dari awal menggunakan instruksi ini .

UPDATE: Sudah 2 tahun sejak jawaban ini, Anda mungkin ingin mencoba ini sekarang: https://github.com/OSGeo/homebrew-osgeo4mac Juga, seperti yang dikatakan banyak orang sekarang, Anda dapat menggunakan driver OpenFileGDB yang tidak menggunakan ESRI binari untuk mencapai ini. Harap diingat bahwa ini adalah proyek yang telah direkayasa-balik bagaimana spec bekerja dan tidak disetujui oleh ESRI (masih bagus untuk memiliki alternatif dan itu merupakan pekerjaan yang luar biasa).


1
Halaman tertaut bergantung pada tautan pertama ("Unduh SDK dari situs web ESRI"), yang sudah mati sekarang.
Pavel V.

Yah, jawabannya adalah dari 2012. :) Dalam tiga tahun terakhir, banyak perubahan telah terjadi. Anda dapat mengkompilasi tanpa sihir khusus menggunakan homebrew dan juga tersedia dalam distribusi OSGeo Windows.
Ragi Yaser Burhum

1
Bisakah Anda mengedit dan memberikan instruksi tentang cara kompilasi menggunakan homebrew? Khususnya - apakah instalasi homebrew kompatibel dengan installer KyngChaos gdal-complete?
Simbamangu

Jika Anda menggunakan homebrew, Anda harus menjauh dari binari KyngChaos atau Anda berpotensi memiliki masalah selama kompilasi karena Anda akan berakhir dengan beberapa versi gdal.
Ragi Yaser Burhum

5
  • Unduh dan jalankan pengaturan OSGEO4W (saya sarankan versi 32 bit)

  • Jalankan sekali menggunakan opsi Instalasi Desktop, untuk menginstal QGIS (dan program desktop apa pun yang Anda inginkan).

  • Setelah semua selesai, jalankan OSGEO4W lagi dari menu Start, pilih Advanced instalasi, dan lanjutkan ke bagian setup di mana Anda memilih paket. Gulir ke bawah ke paket "gdal-filegdb" dan klik di mana dikatakan "Simpan" di tangkapan layar ini:

masukkan deskripsi gambar di sini

Dikatakan "Simpan" di sana karena saya sudah menginstal paketnya, Anda akan ingin mengkliknya sampai teks di sana cocok dengan angka "Saat Ini" di sebelah kiri itu.

  • Klik Berikutnya, Anda harus menyetujui beberapa persyaratan lisensi, lalu selesaikan instalasi dan Anda selesai.

hei terima kasih, haruskah saya menggunakan 32 bahkan saya menggunakan windows 64bit?
pitcherofnectar

Instalasi OSGEO 32-bit akan bekerja dengan baik pada versi Windows 64-bit, itulah yang saya gunakan pada Win7 x64 dan semuanya berfungsi. Instalasi OSGEO 64-bit dapat bekerja juga, tetapi banyak paket untuk itu berbeda dan saya punya masalah dengan beberapa di antaranya.
Dan C

Saya harap Anda melaporkan masalah Anda di bugtracker . FYI, Ada beberapa masalah hanya 32-bit juga (misalnya karena perpustakaan Qt yang lebih tua yang memiliki beberapa masalah dengan geometri yang rumit). YMMV
Matthias Kuhn

5

saya memiliki masalah / pertanyaan terkait sekitar 3 bulan yang lalu (lihat: qgis 2.8.1 arcgis filegdb daftar tidak lengkap dalam versi win )

beberapa hari yang lalu saya telah beralih dari 2.8.x ke 2.10.1-Pisa berharap untuk menyingkirkan masalah file geodatabase yang dijelaskan dalam pertanyaan saya. sayangnya tanpa berhasil beeing.

yang saya ketahui sejak saat itu adalah: tampaknya masih ada masalah dengan sistem koordinat kustom! pengujian saya dengan filegdb yang dibuat dengan arcgis 10.1 dan yang lainnya dengan arcgis 10.3 pada pcs berbeda menunjukkan bahwa mencoba membuka filegdb yang hanya berisi kelas fitur dengan CRS kustom mengembalikan kesalahan berikut:
" Sumber Data Tidak Valid: D: \ xxxx \ yyy \ zzzz.gdb bukan sumber data yang valid atau dikenali "

... kedua driver (driver FileGDB , driver OpenFileGDB ) mengembalikan kesalahan yang sama!
sementara Dapatkah FileGDB SDK dibuat untuk mendukung sistem koordinat kustom? artikel dan beberapa komentar / jawaban di sini menyatakan bahwa dukungan CRC kustom melalui OpenFileGDB diimplementasikan - ini tidak berfungsi pada sistem saya (gdal-filegdb: OGR FileGDB Driver 1.11.2-1)

jika filegdb berisi tabel - hanya tabel ini yang ditampilkan dalam daftar "pilih lapisan vektor untuk ditambahkan ..." dan mencampur data CRC- dan non-kustom dengan tampilan seperti ini

arccatalog:

filegdb konten arccatalog

qgis 2.10:

filegdb content qgis (driver FileGDB dan driver OpenFileGDB)

kesimpulan pribadi saya: selalu gunakan CRC standar! ! !


1

Ini bagus, pada 2019, Anda tidak perlu melakukan di atas, itu sudah didukung di qgis 3.6.

Sederhana dan mudah dengan 3 langkah:

Langkah 1: klik tombol tambah vektor (lingkaran merah)

masukkan deskripsi gambar di sini


Langkah 2: pilih direktori, openFileGDB, dan jalur file (panah merah)

masukkan deskripsi gambar di sini


Langkah 3: pilih semua lapisan (lingkaran merah) masukkan deskripsi gambar di sini


Selesai!!!!! Anda cukup menambahkan semua layer ke qgis

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola