Akuntansi Kebutaan Warna saat mendesain peta?


112

Tergantung pada apa yang Anda baca, 7 hingga 15% dari populasi umum memiliki beberapa bentuk buta warna.

Bisakah ini diperhitungkan dalam desain peta dan, jika ya, bagaimana?


5
Saya menjawab kedua Swingley. Kecuali Anda tahu dengan kepastian 100% bahwa peta Anda (lunak atau cetak) akan dikonsumsi oleh suatu kelompok tanpa masalah aksesibilitas, Anda harus mencoba mengakomodasinya. Bagaimanapun, tujuan kartografi adalah untuk mengkomunikasikan pesan. Anda mungkin tidak ingin pesan Anda disalahpahami jika Anda dapat membantunya.
Tim Rourke

6
Pertanyaan ini juga berlaku jika Anda tahu media Anda akan berskala hitam, putih, dan abu-abu. Atau setidaknya jawabannya akan sangat mirip jika pertanyaannya adalah bagaimana menyampaikan peta tanpa warna.
Andy W

Saya dulu bekerja dengan seorang Analis GIS yang buta warna sangat parah. Saya berbicara lautan merah muda dan segala macam.
Simon

wow, 4 jawaban bagus dalam satu hari. Terima kasih semuanya. Saya berharap saya bisa menandai mereka semua 'diterima' :)
matt wilkie

1
Saya pikir Anda harus membuka ini sebagai pertanyaan baru. Ini akan mendapatkan lebih banyak pers, dan Anda dapat mengidentifikasi aspek-aspek tertentu dari makalah yang ingin Anda diskusikan secara lebih spesifik (bahkan semakin spesifik Anda mendapatkan respons yang lebih baik, saya kira akan Anda dapatkan, bukan hanya meminta umpan balik umum).
Andy W

Jawaban:


73

Salah satu klien saya buta warna, dan ketika saya membuat peta untuknya, saya menggunakan vischeck.com untuk memeriksa pekerjaan saya. Anda dapat mengunggah gambar Anda sendiri, dan itu akan mengembalikan versi yang sudah diproses yang menunjukkan seperti apa rasanya mewarnai orang-orang buta.

Ini memiliki opsi untuk berbagai jenis kebutaan warna, dan cukup mendidik untuk boot.


Beberapa opsi perangkat lunak lain: ryobi-sol.co.jp/visolve/en dan colorhelper.com
radek

Saya tahu ini adalah pos lama tetapi utilitas ini luar biasa! Saya memiliki kolega SIG buta warna dan akan mengirimkan ini kepadanya!
MappaGnosis


21

Ini adalah topik yang sangat bagus .... dan ada perangkat lunak di luar sana untuk kartografer.

Warna Oracle adalah simulator buta warna untuk Window, Mac dan Linux

http://colororacle.cartography.ch/index.html

Menu seluruh sistem dengan cepat mengubah seni Anda menjadi palet yang mensimulasikan apa yang orang buta warna lihat.

Meliputi berbagai aspek buta warna

Deuteranopia, protanopia, dan tritanopia.

"Merancang peta untuk gangguan penglihatan warna" [PDF]

http://colororacle.cartography.ch/design.html


Terima kasih untuk tautan ini. Bantuan besar untuk peta yang saya buat saat ini.
Maning

20

Saya sedikit warna merah-hijau (dalam hal itu saya masih bisa melihat merah dan hijau baik-baik saja, tetapi mengalami kesulitan dengan mengatakan garis merah dan hijau di sebelah satu sama lain). Apakah membuatnya sedikit lebih mudah bagi saya untuk membuat peta untuk orang-orang yang berwarna merah-hijau.

Selain color brewer dan vischeck yang disebutkan di atas, GIMP memiliki filter colourblind bawaan sehingga Anda dapat menyesuaikan gambar sebagai bagian dari pemrosesan posting. Photoshop memiliki jenis filter yang sama jika Anda memiliki akses.

Terakhir, pusat Pemetaan ESRI memiliki serangkaian gaya untuk diunduh yang mencakup serangkaian warna yang cocok untuk kekurangan warna .

Semoga itu bisa membantu!


+1 untuk filter GIMP dan Photoshop. Sangat menarik untuk dilihat.
underdark


9

kami sedang mengeksplorasi topik ini dan menghasilkan draft dokumen (tautan di bawah) yang mungkin dapat digunakan ... Saya akan sangat menghargai setiap umpan balik yang Anda miliki untuk meningkatkan dokumen ini

https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=explorer&chrome=true&srcid=0BymNZZfQQ3a0NjQxOGVmMjYtNzE5NS00ZGI1LTg4NDMtZTFkYTg0NDQ1Ym&hl=id

--- ADDENDUM ---

Seperti yang diminta di sini adalah tips utama ... banyak dari mereka juga terdaftar dalam tanggapan orang lain.

Kiat untuk membuat peta untuk orang buta warna

  1. Membesar-besarkan perbedaan kecerahan antara warna latar depan dan latar belakang. Hindari menggunakan warna-warna dengan cahaya yang serupa berdekatan satu sama lain, meskipun rona atau saturasinya berbeda.

  2. Minimalkan jumlah warna yang digunakan dalam peta tematik.

  3. Gunakan skema warna yang direkomendasikan di http://colorbrewer2.org/ seperti salah satu skema yang berbeda di atas. Mereka memiliki skema yang direkomendasikan untuk penggunaan buta warna.

  4. Variasikan kecerahan warna yang digunakan. Perbedaan intensitas terlihat untuk orang yang buta warna.

  5. Gunakan garis yang lebih tebal sehingga mata dapat menafsirkan warna dengan lebih baik.

  6. Jika memungkinkan, buat peta bergaya dengan informasi geografis yang lebih sedikit. Informasi yang berkurang berarti ada lebih sedikit warna untuk dibedakan.

  7. Gunakan lingkaran cahaya putih di sekitar garis karena ini membantu menjaga warna tetap berbeda dan mengurangi kebingungan saat garis berpotongan.

    • Instal http://colororacle.cartography.ch/ yang memungkinkan Anda mengubah seluruh tampilan menjadi 3 jenis buta warna untuk memeriksa apakah skema yang digunakan ok.
    • Periksa http://colororacle.cartography.ch/links.html untuk perangkat lunak lain yang dapat digunakan.
    • Baca http://jenny.cartography.ch/pdf/2007_JennyKelso_DesigningMapsForTheColourVisionImpaired.pdf
    • Proyek template Konservasi mengatasi masalah yang sama ini untuk alasan yang berbeda: Jika Anda menggunakan basemap dengan skema warna maka peta tematik yang Anda rancang untuk diletakkan di atas basemap tidak dapat menggunakan warna yang sama. Dalam melihat informasi maksimum yang dapat Anda bawa tanpa bergantung pada warna, kami menghabiskan waktu untuk melihat tekstur dan pola simbol, menggunakan metode serupa dari interpretasi foto hitam putih. Simbol garis ini hanya berfungsi dengan baik dalam rentang skala terbatas, dalam hal ini 20k hingga 1k. Maka Anda harus beralih ke set yang berbeda. Mereka semua bergantung pada garis offset dan properti lapisan untuk membuat 3 band, tetapi teknik itu mungkin tidak skala baik dalam layanan fitur dinamis jadi jika kita dapat menemukan desain yang berfungsi, kita dapat melihat opsi server lain seperti caching. Charles Convis, Koordinator Program Konservasi ESRI.

Terima kasih untuk referensi George, itu terlihat seperti dokumen yang bagus, meskipun saya hanya men-skimnya karena saya merasa tertekan waktu hari ini. Untuk meningkatkan jawaban Anda, Anda bisa menyertakan ringkasan eksekutif (precis) tentang apa dokumen itu, itu adalah ide utama (cf mikrokonten )
matt wilkie

9

Pertanyaan yang lumayan lama, tetapi karena saya sendiri yang sangat buta warna, saya akan memasukkan 2 ¢ ...

Metode cepat dan kotor adalah mencetak peta dalam skala abu-abu. Jika Anda tidak dapat membedakan antara dua warna (dan warnanya mirip pada peta berwarna), maka saya (dan, saya berasumsi, pengguna colourblind lainnya) mungkin tidak dapat membedakannya di peta berwarna.



7

Fitur baru dalam versi QGIS saat ini (diperkenalkan pada 2.4) adalah tes pratinjau untuk berbagai jenis buta warna.

Ini artikel blog dari awal tahun mengeksplorasi sedikit.



4

Saya menemukan situs web colarhexa.com bermanfaat dalam mengidentifikasi bagaimana pengguna akan mengalami warna yang Anda pilih.

Untuk menggunakannya cukup pilih atau cari warna dengan nama, kode hex, rgb, dll dan kemudian gunakan tautan simulator kebutaan (atau cukup gulir ke bawah halaman), misalnya untuk hijau .

Jika Anda tahu kode hex, langsung lekatkan ke url seperti: http://www.colorhexa.com/00ff00#blindness-simulator


1
Sepertinya situs yang bagus, terima kasih :) --- Hanya tautan jawaban yang tidak terlalu berguna, pasti tautannya putus dan kemudian berubah menjadi hanya satu jalan buntu lagi. Namun, tautan dengan nama dan konteks jauh lebih bermanfaat. Lihat hasil edit saya untuk contoh (dan ini hanyalah contoh, silakan bekerja kembali).
matt wilkie

2

Ada artikel bagus dalam Perspektif Kartografi :

Desain Warna untuk Penglihatan Warna Terganggu , Bernhard Jenny dan Nathaniel Vaughn Kelso

Ada banyak pertimbangan teoretis dan tips praktis. Ini menggunakan alat Color Oracle yang disebutkan oleh GeorgeC.


Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola