Mencari contoh peta yang indah? [Tutup]


184

Seringkali ketika kita membuat peta itu didasarkan pada interpretasi subyektif kita tentang apa yang menyenangkan secara estetika. Saya ingin jika orang-orang memposting contoh peta yang indah, menampilkan fenomena apa pun dengan cara apa pun.

Di bawah ini saya telah memposting salah satu peta favorit saya. Ini adalah contoh dari peta value-by-alpha yang baru-baru ini ditanyakan tentang Bagaimana cara mengimplementasikan peta value-by-alpha di GIS? , dan gambar diambil dari situs web GeoVista .

teks alternatif

Kutipan untuk pembuat peta :

Analitik geovisual untuk meningkatkan interpretasi statistik pemindaian spasial: analisis mortalitas kanker serviks AS Jin Chen, Robert E Roth, Adam T Naito, Eugene J Lengerich dan Alan M MacEachren International Journal of Health Geographics 2008, 7:57

Akan lebih baik untuk penanaman pengetahuan jika orang akan menguraikan mengapa peta tertentu yang mereka kutip itu indah.

Alasan saya percaya saya pikir peta value-by-alpha yang dikutip adalah indah adalah karena ia menciptakan hirarki visual yang sangat sederhana, tetapi jelas dan mencolok untuk menafsirkan rasio mortalitas standar. Ini khususnya bermanfaat dikombinasikan dengan rasio kematian terstandarisasi yang sangat "berisik", dan kelompok yang biasanya sangat bising dengan tingkat abnormal tinggi yang dihasilkan oleh teknik pengelompokan SatScan. Seseorang bahkan dapat dengan jelas melihat kelompok yang sangat kecil di sekitar Chicago dan Philadelphia.

Ada elemen tambahan lain dari peta yang memudahkan mata. Sebagai contoh, latar belakang hitam, garis putih lebih berat untuk di sekitar negara bagian dan garis putih untuk negara (yang dicampur sama dengan nilai atribut). Peta dengan banyak poligon dapat sangat mengganggu jika seseorang tidak berhati-hati ketika merencanakan garis besar poligon.

Legenda juga diciptakan dengan sangat baik, dan secara efektif menunjukkan konsep tersebut (walaupun tentu saja itu bukan legenda yang khas, jadi perlu pemikiran kreatif orisinal).

Jawaban:


77

Pertanyaan ini telah dikonversi ke Wiki Komunitas dan wiki dikunci karena ini adalah contoh pertanyaan yang mencari daftar jawaban dan tampaknya cukup populer untuk melindunginya dari penutupan. Itu harus diperlakukan sebagai kasus khusus dan tidak boleh dipandang sebagai jenis pertanyaan yang didorong pada ini, atau situs Stack Exchange, tetapi jika Anda ingin berkontribusi lebih banyak konten untuk itu maka jangan ragu untuk melakukannya dengan mengedit jawaban ini .


CARTOGRAPHY RADICAL menampilkan beberapa contoh yang sangat bagus.

Dua favorit saya:

  • Berliku Mississippi

teks alternatif

  • Statistik Statistik tahun 1870 Sensus AS

teks alternatif


Karya Eduard Imhof , terutama peta bukit yang digambar tangannya:

masukkan deskripsi gambar di sini


Karena pertanyaannya tidak menentukan bahwa peta harus menjadi peta statis tradisional, saya ingin mengusulkan peta waktu perjalanan London Mapnificent .

teks alternatif

Seperti biasa, Google benar-benar mendorong apa yang dapat Anda lakukan dengan API Pemetaan Online. Dalam hal desain peta, API v3 sekarang memberi Anda kontrol lebih besar untuk mengubah peta dasar yang mendasarinya.

Peta ini juga sangat ramah pengguna, tapi saya pikir kegunaannya mungkin berada di luar bidang keindahan.


58

Beberapa contoh peta aliran yang indah

Sebuah artikel di jurnal terbuka PLoS, Menggambarkan Peta Inggris Raya dari Jaringan Interaksi Manusia oleh: Carlo Ratti, Stanislav Sobolevsky, Francesco Calabrese, Clio Andris, Jonathan Reades, Mauro Martino, Rob Claxton, Steven H. Strogatz PLoS ONE, Vol. 5, No. 12. (8 Desember 2010)

teks alternatif

Pertemanan di seluruh dunia Facebook Dipetakan (melalui blog Data Mengalir ) teks alternatif

Saya awalnya memposting ini di utas lain tentang memvisualisasikan aliran jaringan . Siapa pun yang tertarik mewakili aliran harus memeriksa beberapa utas di situs ini yang ditandai dengan jaringan .


Adapun alasan mengapa saya percaya peta ini indah, flow map dapat dengan mudah menjadi sangat rumit. Kekacauan arus masuk dan keluar cenderung sulit untuk divisualisasikan dan diringkas secara efektif (lihat jawaban saya yang lain ini di mana saya membahas lebih detail tentang bagaimana memvisualisasikan garis aliran biasanya dilakukan).

Kedua peta aliran ini mencontohkan secara efektif memvisualisasikan informasi aliran tersebut secara ringkas. Artikel PLoS adalah contoh yang sangat bagus untuk menggunakan perspektif 3d (yang saya tidak pernah bisa membuat apa pun di 3d yang terlihat sangat bagus!).

Terkadang mengetahui apa yang masuk ke dalam penciptaan beberapa karya juga memberi Anda apresiasi yang lebih besar untuk itu. Membaca posting blog tentang pembuatan peta facebook adalah eksposisi yang luar biasa dari jenis-jenis keterampilan manajemen data sulit yang perlu ditangani, dan masuk akal, seperangkat data yang sangat besar.

Meskipun masing-masing peta memiliki kritik mereka, artikel PLoS telah dikritik karena dianggap sepele oleh Andrew Gelman, dan Laurent dalam komentarnya memposting serangkaian posting blog oleh Th. Joliveau, saya percaya masing-masing masih merupakan visualisasi peta aliran yang indah (dan sangat efektif) antara dua lokasi.





35

Inilah yang memulai semuanya untuk saya . Pada usia ~ 10 saya pertama kali membaca RL Stevenson Treasure Island.
Peta itu entah bagaimana merangkum misteri, petualangan, pencarian, dan penemuan cerita yang hebat. Bukan hanya itu, tetapi Bajak Laut! Har.

teks alternatif





29

Peta favorit saya adalah John Ogilby membuka peta rute di Inggris.

Dokumen aslinya berasal dari tahun 1675, meskipun ada juga cetak ulang resmi sekitar tahun 1700.

Saya punya yang satu ini (jalan dari Hereford ke Leicester) tergantung di kantor saya. Saya ingin mendapatkan atlas penuh, tetapi biayanya akan lebih dari yang saya mampu!

teks alternatif

Benar-benar indah, belum lagi hal-hal yang inovatif.


27

Dari penghargaan SND 2011 :

Peta tercetak terbaik -NG Peta 'Teluk Meksiko' (PDF tersedia di sini ):

masukkan deskripsi gambar di sini

Penghargaan Miguel Urabayen - Peta NG 'World of Rivers':

masukkan deskripsi gambar di sini

(Versi interaktif di sini )

(Via blog FlowingData )


25

Ini cukup banyak peta interaktif

Ini adalah utas yang benar-benar luar biasa untuk maplover seperti saya! Saya menemukan ini (dengan sedikit bantuan dari teman saya) Rock and roll.

Peta Logam

masukkan deskripsi gambar di sini


22

Dari pinggul jawaban saya adalah Stephen Walter 'The island': jenaka, tidak sopan, sedikit subversif ia telah menggambar peta London yang menggambarkannya sebagai sebuah pulau (mengolok-olok pemandangan London sentris London tentang dunia).

http://www.bl.uk/magnificentmaps/map4.html

Saya pikir itu indah karena sangat orisinal, terperinci, menarik dan saya menafsirkannya sebagai mengirimkan ide peta sendiri.

Setelah mengatakan bahwa saya pikir pertanyaannya terlalu kabur, akan lebih bermanfaat jika lebih spesifik. IMHO ada sejumlah karakteristik terpisah yang membentuk keindahan peta:

Fungsi: Apakah cocok untuk tujuan? Pilihan saya untuk jenis ini adalah peta tabung London: Asli dan sangat fungsional ini mengorbankan representasi jarak untuk menunjukkan jaringan dengan lebih jelas.

Estetika: Peta Pulau

Minat Historis: Favorit pribadi adalah peta Geologi Inggris oleh William Smith - yang pertama di dunia. teks alternatif

dia melakukan ini cukup banyak sendiri selama lebih dari 15 (saya pikir) tahun, sebelum dia tidak ada yang berpikir untuk memetakan apa yang ada di bawah tanah.

Saya paling tertarik mendengar contoh peta orang yang mewakili fungsi luar biasa.


22

Peta Interaktif Shanghai : masukkan deskripsi gambar di sini

Sebenarnya ada banyak kota lain di sana yang ditarik dengan gaya seperti itu.

Gunakan google translate;)

Renderer yang sangat menarik, saya pikir cukup bagus untuk peta publik interaktif.


22

Bagaimana dengan peta aliran Minard tentang Napoleon yang menginvasi Rusia, yang terkenal oleh Tufte? Cantik dan informatif. Ini mencapai yang terakhir terutama dengan mengabstraksi banyak elemen khas yang mengidentifikasinya sebagai carte , tetapi masih menyampaikan rasa yang kuat tentang geografi yang terlibat.

Peta Minard


20

Peta angin http://hint.fm/wind/ . Lihat angin berhembus di depan mata Anda. Di bawah ini adalah contoh tangkapan layar 30 Oktober 2012, ketika Badai Sandy menghantam pantai timur Amerika Serikat.

masukkan deskripsi gambar di sini


18

Saya suka peta Dymaxion. Dalam contoh ini dari Wikipedia, ini digunakan untuk memetakan migrasi manusia:

masukkan deskripsi gambar di sini

Mengingatkan saya pada betapa kecilnya Eropa.



16

Atlas Geografis Nasional Dunia, Edisi Kesembilan bukan satu peta tetapi seluruh Peta Atlas.

teks alternatif

Tersedia sebagai:

Atlas Geografis Nasional Dunia, Edisi Kesembilan (hardcover)

Atlas Geografis Nasional Dunia, Edisi Kesembilan (hardcover)

Atlas Geografis Nasional Dunia, Edisi Kesembilan (softcover)

Atlas Geografis Nasional Dunia, Edisi Kesembilan (dipersonalisasi)

Atlas Geografis Nasional Dunia, Edisi Kesembilan (Edisi Platinum dengan case)

Atlas Geografis Nasional Dunia, Edisi Kesembilan (Edisi Platinum tanpa wadah)

harga berkisar dari $ 109,00 USD hingga $ 1,798.00 USD

Pengakuan: mapperz memang memiliki beberapa input ke Database NGS (disubkontrakkan) tetapi ini bukan promosi penjualan! itu baik untuk melihatnya selesai dan tersedia untuk semua



15

Beberapa peta bagus dibuat di R:

masukkan deskripsi gambar di sini http://spatialanalysis.co.uk/2012/03/mapped-british-shipping-1750-1800/ masukkan deskripsi gambar di sini http://spatialanalysis.co.uk/2011/03/global-migration-maps/

Yang ini dibuat dengan data OpenStreetMap, walaupun saya tidak yakin bagaimana algoritma diimplementasikan (R atau tidak), plot dibuat dengan ggplot2:

masukkan deskripsi gambar di sini http://spatialanalysis.co.uk/2012/02/london-cycle-hire-pollution/

Saya memutuskan untuk memposting peta ini sebagai contoh dapat dicapai dengan perangkat lunak yang tidak tahu kemampuan untuk membuat plot yang bagus (termasuk peta geografis). Bagi saya ini adalah contoh peta terbaik atau terindah yang dibuat dalam R dalam beberapa tahun terakhir dengan banyak pekerjaan di belakang masing-masing.


15

Setiap Edit OpenStreetMap Yang Pernah Dibuat, Divisualisasikan.

Skala warna berkisar dari hijau untuk yang lama, hingga biru kemudian merah muda, hingga putih untuk yang terbaru. Di tingkat dunia terlihat cantik; memperbesar dan menarik. Anda dapat melihat seluruh peta di sini .

masukkan deskripsi gambar di sini

masukkan deskripsi gambar di sini


14

Saya seorang ahli biologi dan sebagian besar peta yang saya buat ada hubungannya dengan alam dan pengelolaannya. Saya benar-benar terinspirasi oleh peta-peta indah dari Kontes Pemetaan Konservasi ESRI . Kunjungi situs untuk beberapa contoh yang sangat bagus dan terlihat bagus.

Misalnya peta yang indah ini oleh Mark Endries dari US Fish & Wildlife Service, yang menyoroti area prioritas konservasi di Western North Carolina. Klik di sini untuk melihat gambar dalam resolusi penuh (Ukuran lebih dari 4MB).

Semua kredit menjadi Mark Endries.  Gambar dari ESRI CMC



11

Le monde diplomatique menawarkan beberapa peta yang sangat indah. Mereka terlihat seperti peta yang digambar tangan, tetapi saya tidak yakin apakah itu benar-benar peta yang digambar tangan.

Mengapa saya pikir peta ini indah? Saya lebih suka gaya buatan tangan - tetapi dengan cara modern: mereka tidak terlihat seperti peta sejarah. Peta-peta ini memvisualisasikan masalah ekonomi, sosial atau lingkungan global saat ini dengan akurasi tinggi dan konteks spasial yang selalu menarik.

Afrika tanpa batasnya.

Sesekali mereka menerbitkan Atlas der Globalisierung (hanya bahasa Jerman?) Dengan peta-peta ini.





10

Peta ini menunjukkan bagaimana batas-batas politik akan terletak jika Pangaea superkontinen masih ada. Harus ditunjukkan dalam setiap kursus geografi / geologi.

masukkan deskripsi gambar di sini


9

Imperium Japonicum oleh Adrien Reland dan Reiner & Josua Ottens

masukkan deskripsi gambar di sini

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di sini .

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola