EPSG 3857 atau 4326 untuk GoogleMaps, OpenStreetMap, dan Leaflet


168

Diskusi di Apa perbedaan antara WGS84 dan EPSG4326? menunjukkan bahwa 4326 hanyalah pengidentifikasi EPSG dari WGS84. .

Entri Wikipedia untuk Google Maps dan OpenStreetMap menunjukkan bahwa keduanya menggunakan WGS 84.

http://wiki.openstreetmap.org/wiki/EPSG:3857 menyatakan itu

EPSG: 3857 adalah sistem koordinat proyeksi Spherical Mercator yang dipopulerkan oleh layanan web seperti Google dan kemudian OpenStreetMap.

Status bantuan Leaflet:

EPSG3857 CRS paling umum untuk peta online, digunakan oleh hampir semua penyedia ubin gratis dan komersial. Menggunakan proyeksi Spherical Mercator. Diatur secara default di opsi Peta crs. |

EPSG4326 CRS umum di antara penggemar GIS. Menggunakan proyeksi Equirectangular sederhana.

Ini membingungkan - tampaknya Google Maps dan OpenStreetMap menggunakan EPSG3857 tetapi mereka menggunakan WGS84 yang 'adalah' EPSG4326. Sesuatu tidak mungkin ada di sini, kemungkinan besar pengertian saya.

Bisakah seseorang membantu saya mengerti?

Jawaban:


191

Ada beberapa hal yang Anda campur aduk.

  • Google Earth berada dalam sistem koordinat Geografis dengan datum wgs84. (EPSG: 4326)

  • Google Maps berada dalam sistem koordinat yang diproyeksikan yang didasarkan pada datgs wgs84. (EPSG 3857)

  • Data dalam database Open Street Map disimpan dalam gcs dengan satuan derajat desimal & datum wgs84. (EPSG: 4326)

  • Ubin Open Street Map dan layanan web WMS, berada dalam sistem koordinat yang diproyeksikan yang didasarkan pada datum wgs84. (EPSG 3857)

Jadi jika Anda membuat peta web, yang menggunakan petak dari Google Maps atau petak dari layanan web Open Street Map, mereka akan berada dalam Sperical Mercator (EPSG 3857 atau srid: 900913) dan karenanya peta Anda harus memiliki proyeksi yang sama.

Sunting:

Saya ingin memperluas titik yang diangkat oleh mkennedy

Semua ini semakin dikacaukan oleh fakta bahwa meskipun peta berada di Web Mercator (EPSG: 3857), koordinat aktual yang digunakan adalah lat-long (EPSG: 4326). Konvensi ini digunakan di banyak tempat, seperti:

  • Di Most Mapping API, s Anda dapat memberikan koordinat dalam Lat-long, dan API secara otomatis mengubahnya menjadi koordinat Web Mercator yang sesuai.
  • Saat Membuat KML, Anda akan selalu memberikan koordinat dalam panjang geografis, meskipun mungkin ditampilkan di atas peta web Mercator.
  • Sebagian besar perpustakaan pemetaan seluler menggunakan lat-long untuk posisi, sementara peta ada di web Mercator.

9
Sebagai tambahan, EPSG: 3857 menyebut unitnya meter, tetapi itu bukan meter nyata. Semakin ke utara Anda datang, semakin terjepit.
AndreJ

4
Yang juga membingungkan adalah Anda sering berinteraksi dengan Google Maps atau Bing Maps menggunakan EPSG: 4326, misalnya dalam file KML. Secara internal server mengonversi data menjadi setara dengan EPSG: 3857. Jika Anda menggabungkan data dengan salah satu ubinnya, ubin tersebut menggunakan EPSG: 3857 sehingga lebih cepat bagi Anda untuk mengonversi data Anda menjadi yang pertama.
mkennedy

Apakah ini berarti bahwa ketika menghitung nilai proyeksi, aman untuk menggunakan OSM untuk Google Maps? Seperti mengubah lat menjadi y: wiki.openstreetmap.org/wiki/Mercator#Spherical_Mercator
brendan

2
@brendan: Ya. Anda dapat menggunakan koordinat yang sama untuk OSM, serta Google Maps (dan juga banyak lainnya termasuk Bing, di sini, dll.)
Devdatta Tengshe

1
@ EtienneDesgagné: Ya
Devdatta Tengshe

54

Intinya:

EPSG: 4326 menggunakan sistem koordinat pada permukaan bola atau ellipsoid referensi.

EPSG: 3857 menggunakan sistem koordinat diproyeksikan dari permukaan bola atau ellipsoid ke permukaan datar.

Anggap saja seperti ini:

EPSG 4326 menggunakan sistem koordinat yang sama dengan GLOBE (permukaan melengkung). EPSG 3857 menggunakan sistem koordinat yang sama dengan MAP (permukaan datar).


10

Salah satu cara untuk menunjukkan kepada orang-orang apa perbedaan dalam proyeksi dalam praktik adalah menarik garis panjang di Google Earth. Yang dimaksud dengan "garis panjang" yang saya maksud adalah rute Great Circle. Semuanya baik-baik saja di Google Earth. Tetapi jika Anda menggambar garis antara dua titik yang sama di Google Maps, CartoDB atau OpenStreetMap, garis tersebut diratakan ke proyeksi datar. Memperbesar bagian tengah garis untuk melihat seberapa jauh titik tengahnya dipindahkan.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola