Perbedaan antara DEM, DSM dan DTM?


100

Saya mencantumkan beberapa akronim yang digunakan dalam pekerjaan kami dan harus berhenti untuk memikirkan apakah akan mendaftar bersama atau secara terpisah:

  • DEM: Model Ketinggian Digital
  • DSM: Model Permukaan Digital
  • DTM: Model Terrain Digital

Di beberapa kalangan mereka tampak sinonim, di yang lain mereka tampaknya memiliki makna yang berbeda.

Apakah ada definisi yang disepakati untuk masing-masing yang memungkinkan mereka untuk dibedakan?

Jawaban:


81

Dalam pengalaman saya, DEM sebagian besar waktu digunakan sebagai istilah generik untuk DSM dan DTM. Saya pikir gambar di Wikipedia ini menggambarkan perbedaan antara DSM dan DTM dengan baik:

masukkan deskripsi gambar di sini

  • DSM = permukaan (bumi) termasuk benda-benda di atasnya
  • DTM = permukaan (bumi) tanpa benda

Definisi berbeda ditemukan dalam [Li et al., MODELING TERRAIN DIGITAL - Prinsip dan Metodologi]:

DEM adalah bagian dari DTM dan komponen paling mendasar dari DTM.

Dalam praktiknya, istilah-istilah ini (DTM, DEM, DHM, dan DTEM) sering dianggap sinonim dan memang ini yang sering terjadi. Tetapi kadang-kadang mereka benar-benar merujuk pada produk yang berbeda. Artinya, mungkin ada sedikit perbedaan antara istilah-istilah ini. Li (1990) telah membuat analisis komparatif dari perbedaan-perbedaan ini sebagai berikut:

  1. Tanah : "permukaan bumi yang kokoh"; "Dasar atau fondasi yang kokoh"; "Permukaan bumi"; "dasar laut"; dll.
  2. Tinggi : "pengukuran dari dasar ke atas"; "Ketinggian di atas tanah atau tingkat yang diakui, terutama yang dari laut"; "Jarak ke atas"; dll.
  3. Ketinggian : "ketinggian di atas tingkat tertentu, terutama laut"; "Ketinggian di atas cakrawala"; dll.
  4. Terrain : "bidang negara yang dipertimbangkan dengan fitur alami, dll."; "Tingkat tanah, wilayah, wilayah"; dll.

2
DEM bukan nama generik untuk DSM dan DTM
WolfOdrade

1
Ya, ada banyak definisi berbeda. Saya menambahkan yang berbeda plus sumbernya.
underdark

1
Saya juga berpikir bahwa DEM digunakan sebagai nama generik untuk DSM / DTM. Apa itu DEM?
Simon

@Underdark Saya menemukan kutipan ini sangat membingungkan, karena tidak mengungkapkan perbedaan apa yang dimaksudkan antara "tinggi," "ketinggian," dan "medan." (Memang, deskripsi medan tampaknya menyiratkan mereka berbicara tentang data LULC, bukan DEM atau DTM!) Apakah Anda memiliki tautan yang akan memberikan konteks yang lebih lengkap untuk memahami hal ini?
whuber

4
@Underdark Saya menemukannya di tehran.academia.edu/aliasgharheidari/Books/194823/… . Perbedaan mendasar yang mereka buat antara DEM dan DTM adalah bahwa DTM "akan berusaha untuk menggabungkan fitur medan tertentu seperti sungai, garis punggungan, ..." Dari semua jawaban sejauh ini, perbedaan ini jelas hanya dibawa oleh @WolfODrade. Khususnya, artikel Wikipedia tentang DEM tidak berguna dalam hal ini.
whuber

34

Model elevasi digital (DEM) adalah superset dari model terrain digital (DTM) dan model permukaan digital (DSM). Penginderaan jauh umumnya menangkap ketinggian permukaan, sehingga bagian atas kanopi pohon atau bangunan dikembalikan, bukan ketinggian tanah yang telanjang. Jika data ini dikoreksi untuk menghapus elemen-elemen yang mengusir di atas ketinggian medan, Anda dihadapkan dengan DTM.

Secara umum, kebanyakan orang menggunakan DEM secara bergantian dengan dua istilah lainnya, tetapi bisa jadi masalah: Saya pernah membangun model hidrologi menggunakan data SRTM di Amerika Selatan di medan kering yang sangat datar, tetapi karena ketinggian kanopi di sepanjang sungai itu sendiri, yang sebenarnya lokasi sungai menjadi titik tertinggi di medan, menyebabkan keributan.

Artikel Wikipedia tentang model terain digital juga menyertakan beberapa latar belakang yang berguna dan contoh-contoh yang mungkin bermanfaat bagi Anda.


1
Artikel itu mengatakan TIN 3 dimensi. Saya selalu berpikir mereka 2.5 dimensi, artinya mereka tidak bisa memodelkan benda padat, hanya permukaan. Apakah menurut Anda DEM secara umum adalah 2,5 dimensi?
Kirk Kuykendall

@Kirk ya, saya setuju - mereka merujuk pada 'ketinggian' yang bervariasi di atas permukaan tetapi tidak memiliki dua pengukuran pada pasangan yang sama (x, y) (misalnya tebing yang menggantung adalah masalah dalam DEM). Halaman Wikipedia dan halaman USGS yang situsnya tidak akurat dalam pernyataan mereka.
scw

31

Dalam pengalaman saya, jawaban yang lebih lengkap untuk pertanyaan ini terletak pada mendefinisikan perbedaan antara DEM, DTM dan DSM. DTM BUKAN nama generik yang mencakup DEM dan DSM. Begitu...

DEM adalah model elevasi 'bare earth', tidak dimodifikasi dari sumber data aslinya (seperti lidar, ifsar, atau permukaan fotogrametri autokorelasi) yang seharusnya bebas dari tumbuh-tumbuhan, bangunan, dan benda-benda 'non-tanah' lainnya.

DSM adalah model ketinggian yang mencakup puncak bangunan, pohon, kabel listrik, dan benda lainnya. Umumnya ini dilihat sebagai model kanopi dan hanya 'melihat' tanah di mana tidak ada yang lain melebihi itu.

Sebuah DTM secara efektif DEM yang telah ditambah dengan unsur-unsur seperti breaklines dan pengamatan lain dari data asli untuk mengoreksi artefak yang dihasilkan oleh hanya menggunakan data asli. Ini sering dilakukan dengan menggunakan linework yang diturunkan secara fotogrametri yang dimasukkan ke permukaan DEM. Contohnya adalah hydro-flattening yang biasa terlihat pada model elevasi yang dilakukan untuk spesifikasi FEMA

Kebetulan, DEM jauh lebih murah untuk menghasilkan DTM.


Semantik pemilih saja, tetapi ketika Anda mengatakan "tidak dimodifikasi dari sumber data aslinya", apakah itu tidak termasuk penyaringan pengembalian non-tanah?
blah238

Hanya dalam beberapa tahun terakhir telah dikaitkan dengan LIDAR. The usgs telah menciptakan dem selama bertahun-tahun.
Brad Nesom

Benar - tidak apa-apa, saya melihatnya dari sudut pandang LiDAR.
blah238

1
Para ahli di bidang ini ( bloglidar.wordpress.com/2010/12/06/dem-dsm-dtm ) membuat perbedaan yang sama dengan 'DTM' lebih dari istilah umum untuk 'semacam permukaan dalam bentuk digital'
WolfOdrade

1
@ Wolfolfdrade ini adalah jawaban terbaik karena komponen DTM.
Jika Anda tidak tahu- hanya GIS

8

Tidak jarang ditemukan dalam literatur LiDAR / kehutanan akronim DTM dan DEM yang digunakan sebagai sinonim.

Namun, menurut Behrendt (2012; paragraf 6 di halaman 15), ada perbedaan di antara mereka:

DTM : representasi bare-earth dengan spasi tidak beraturan di antara titik-titik (non-raster).

DEM : representasi raster gridded dari DTM.

Masih menurut Beherendt (2012; paragraf 4, di halaman 15):

DSM sebagai raster. Ini mewakili gema pertama yang diterima laser untuk setiap pulsa laser yang dikirim, dan mewakili puncak bangunan, pohon, dan benda lain, atau tanah, jika tidak terhalang.

Dan untuk melengkapi, CHM (Canopy Height Model) atau nDSM (Normal Surface Model Digital) adalah DEM yang dikurangkan dari DSM, yaitu CHM = DSM - DEM.


Referensi:

Behrendt, R. Pengantar LiDAR dan kehutanan, bagian 1: alat 3D baru yang kuat untuk manajer sumber daya. Sumber Kehutanan, hal. 14-15, atur. 2012. tautan .


7

model permukaan digital (dsm) - model permukaan reflektif pertama yang berisi ketinggian fitur medan alami selain fitur vegetasi dan budaya seperti bangunan dan jalan.

digital terrain model (dtm) - model telanjang-tanah yang berisi ketinggian fitur medan alami seperti puncak bukit tandus dan lembah sungai. Elevasi vegetasi dan fitur budaya, seperti bangunan dan jalan, dihilangkan secara digital.

Sumber : http://www.intermap.com/Portals/0/doc/Brochures/INTERMAP_Digital_Elevation_Models_English.pdf


4

Dalam pengalaman saya, DEM mengacu pada model elevasi berbasis raster yang digunakan dalam program-program seperti ArcGIS ESRI. DTM adalah model elevasi berbasis vektor yang digunakan oleh program-program seperti Autodesk CivilCad.


2
Dalam konteks ini raster dan / atau vektor hanyalah format penyimpanan atau metode representasi, bukan karakteristik yang menentukan. DEM dapat direpresentasikan sebagai titik atau triangular irregular network (TIN) dan DTM sebagai permukaan raster yang mulus. Downvoters: mohon luangkan waktu untuk menyatakan mengapa Anda berpikir jawaban itu tidak pantas sehingga poster memiliki kesempatan untuk belajar - terutama ketika mereka baru di sini.
matt wilkie

1
@ Mat saya bingung. Jika perbedaan DTM / DEM tidak didasarkan pada format, maka itu harus bergantung pada perbedaan makna antara kata "terrain" dan "elevation." Apa perbedaan yang ditekankan, mengingat keduanya (tampaknya) berlaku untuk model "bumi kosong"?
whuber

2
@whuber Kami membangun model elevasi yang diberlakukan drainase untuk wilayah kami dari kontur, aliran air, dan data tambahan lainnya. Mengikuti definisi WolfOracle, produk ini akan disebut DTM. Namun dalam 12 tahun sejak dibuat kami telah menyebutnya dalam publikasi dll sebagai Model Ketinggian Digital, mungkin kesalahan. Itu selalu didistribusikan dalam format raster tetapi beberapa telah mengubahnya menjadi TIN dll untuk bekerja lebih baik di lingkungan asli mereka. Secara umum saya tidak tahu bahwa perbedaan ketinggian / medan benar-benar berguna tanpa mendahului diskusi dengan definisi.
matt wilkie

3
@ Matt Terima kasih. Tampaknya @WolfOdrade telah menangkap perbedaan terbaik (dan lebih baik daripada artikel Wikipedia). Ini juga membantu saya menghargai balasan di sini oleh @Chris, karena biasanya, ketika Anda memasukkan fitur terain secara eksplisit, Anda dapat melakukannya dengan format vektor. Jika DTM itu nanti dikonversi ke grid, kita tidak lagi memiliki representasi eksplisit sungai, punggung bukit, dan sebagainya. Jadi tampaknya memang ada hubungan intim, jika agak samar-samar, antara format yang mendasarinya dan menjadi DEM atau DTM.
whuber
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola