Siapa yang pertama kali menemukan CMYK?


101

Ini telah digunakan untuk pencetakan warna selama bertahun-tahun, tetapi siapa (dan kapan) pertama kali menemukan bahwa warna pink cerah (magenta), biru muda (cyan), kuning dan hitam dapat dicampur untuk membuat hampir semua warna? Bagaimana mereka menemukan ini?

(Atau lebih tepatnya "CMY" - Black (K) tidak sepenuhnya diperlukan)


5
Perlu dicatat (kecuali saya melewatkannya dalam jawaban) bahwa CMY hanyalah negatif dari RGB. Jika Anda mengambil foto hitam putih pemandangan menggunakan gel merah (di mana merah dikalibrasi ke sistem RGB), negatif yang dihasilkan akan menjadi nilai C. Untuk mendapatkan nilai 0-255 untuk R menggunakan nilai 0,0 - 1,0 dari C, Anda dapat menghitung R = (1-C) * 255
Yorik

@Yorik itu akan menjadi jawaban yang bagus untuk "bagaimana CMY ditemukan?", Jika Anda mengambilnya dan bergabung dengan referensi Stan untuk Herbert E. Ives di bawah ini , saya akan mendapatkan jawaban terbaik.
Armfoot

1
@ Kaki itu akan membuatnya Newton. Masalahnya adalah bahwa teknologi itu tidak tersedia sampai ratusan tahun kemudian. Jika Anda pergi dengan Newton, Anda harus mengakui Alhazen yang mendahului hampir semua [-] penemuan-Newton Newton selama hampir satu milenium! Alhazen menemukan pelengkap oleh bayangan yang bertahan ketika Anda menatap dan kemudian berpaling dari rona jenuh. Cobalah.
Stan

@Yorik Silakan lihat komentar untuk penemuan awal dan notasi Armfoot tentang fenomena warna pelengkap dari sifat dan penampilan "afterimages"
Stan

@ Yorik dan penonton Begitulah cara kerja film pembalikan warna, dengan menggabungkan gambar pewarna yang merupakan warna kebalikan dari sensitivitas warna lapisan film di masing-masing dari tiga lapisan film warna (lama) atau gambar elektronik (baru) elektronik sensor.
Stan

Jawaban:


90

Menurut Joe Scout , perusahaan pertama yang menggunakan CMYK dalam pencetakan adalah Eagle Printing Ink Company dan tahun itu adalah 1906. Baru pada tahun 1956 menjadi standar karena Pantone mencoba merampingkan alur kerja. [1]

Namun ini tidak benar-benar menjawab siapa yang benar-benar menemukan / menemukan pilihan warna, literatur ilmiah pertama yang menyebutkan ini tampaknya diterbitkan pada tahun 1908. Lebih jauh kelihatannya kita memiliki masalah yang signifikan. Tampaknya ada ambivalensi tertentu dalam penamaan warna. Dalam sumber-sumber tertentu kemudian kita melihat bahwa cyan dan magenta berwarna biru dan merah bahkan sampai tahun 1950-an. Jadi bahasa tidak lagi berfungsi dengan baik mencari sumber-sumber sebelumnya dan menjadi sulit untuk mengikuti petunjuknya. Pigmen kedua memudar sehingga kita tidak bisa membandingkan dengan mudah apa artinya. Tentu saja banyak pekerjaan untuk menemukan pendahuluan telah dilakukan sejak abad ke-18. [2]

Sudah cukup lama diketahui bahwa mata manusia peka terhadap 3 panjang gelombang warna (disebut nilai tristimulus dalam pengetahuan ilmiah). Beberapa sumber menghubungkan ini sejauh 1613 [3]. Tetapi tentu saja itu diketahui dan diverifikasi pada pertengahan 1800-an melihat teori Young-Helmholtz. Jadi pendahuluan indera dikenal untuk beberapa waktu. RGB primer dipilih untuk mencocokkan 3 sensor di mata kita. Namun, kertas tidak memancarkan cahaya, kertas memantulkan cahaya. Jadi kertas biasanya berwarna putih, mewakili refleksi maksimal. Setiap tinta kemudian mengurangi satu warna dari palet karena Anda harus dapat memanipulasi setiap saluran RGB secara independen. Fakta ini sudah dikenal sejak Newton [2]. Jadi, Anda perlu menemukan kebalikan dari RGB yang hanya CMY. Warna hitam sebagian besar ada di sana, dan awalnya, untuk menghindari masalah registrasi karena hitam adalah tinta warna teks tubuh yang paling umum. Padahal hitam memang memudahkan untuk mencampur nada gelap tertentu.

Tentu saja pencetakan CMYK ada sebelum monitor RGB dengan margin nyaman 60 tahun. CMYK tidak berasal dari RGB tetapi intuisi yang dibutuhkan adalah sama. Para penulis pasti mengetahui atau secara tidak langsung menyimpulkan cara kerja alat indera mata. Tapi itu tidak sesederhana ini seperti menemukan pigmen yang baik untuk pekerjaan itu adalah perjalanan sendiri. Mengetahui apa yang harus dicari tidak sama dengan mengetahui apa yang ada di sana.

Referensi:

  1. Scout, Joe, Sejarah Model Warna CMYK , Club Ink Blog, 2016-05-02. http://www.clubink.ca/blog/print/history-behind-cmyk-colour-model/ direferensikan 2016-06-07

  2. Briggs, David. 2006. http://www.huevaluechroma.com/062.php

  3. Weale, R. Ophthalmic Physiol Opt. 2007 November; 27 (6): 525-6.


12
Saya ingin menunjukkan bahwa: Penggunaan komersial pertama tidak sama dengan penemuan, jadi kita masih tidak tahu siapa yang menemukan kombo. Masih melakukan beberapa penelitian tentang masalah ini. Kami sekarang membuat kesalahan yang sama dengan menghubungkan Watt untuk penemuan mesin uap dan bola lampu ke Edison. Kemungkinan besar situasi sebenarnya lebih rumit.
joojaa

16
Titik informasi: Magenta dikenal sebagai printer merah dan cyan dikenal sebagai biru printer.
Stan

10
Singkatan dari Eagle Ink Ink Company adalah EPIC!
Octopus

6
@Stan dan, sayangnya, anak-anak sekolah masih diajarkan "merah, kuning, dan biru" dan tidak pernah diajarkan perbedaan ketika usia bertambah. Sejumlah besar orang dewasa masih akan berpikir Anda berbohong ketika Anda mengatakan "lampu merah dan hijau, bercampur menjadi satu, menjadi kuning."
Jamie Hanrahan

7
"RGB primer dipilih untuk mencocokkan 3 sensor di mata kita." Tidak terlalu. Kerucut yang secara longgar disebut "merah" dan "hijau" sebenarnya berpusat pada oranye dan hijau kekuningan. Ini memberikan diskriminasi yang baik di antara sebagian besar warna yang menarik bagi manusia purba - yaitu warna yang terlihat di alam di dataran Afrika. Karena TV berwarna perlu memprorosi banyak warna "non-alami" juga, pemilihan RGB utamanya dipilih untuk memberikan kisaran warna terbaik (dengan beberapa pengaruh dari apa yang bahkan tersedia fosfor). hyperphysics.phy-astr.gsu.edu/hbase/vision/colcon.html
Jamie Hanrahan

42

CMYK adalah peningkatan dari CMY yang merupakan peningkatan dari model RYB, yang telah digunakan selama berabad-abad (jika tidak ribuan tahun).

Sangat sulit untuk mengatakan di mana ujung yang satu dan yang lainnya dimulai, terutama karena beberapa menggunakan kata "merah" dan "biru" dalam pengertian yang lebih umum. Misalnya. Grafik George Field dari tahun 1841 mencantumkan "merah, biru, kuning" tetapi warna merah di mata kita terlihat lebih dekat dengan magenta daripada yang sekarang kita anggap "merah". Warna birunya juga pucat, sehingga grafik "RYB" -nya dapat dilihat sebagai upaya awal untuk mencapai model CMY. Kita juga perlu mempertimbangkan bahwa orang-orang bekerja dengan pewarna yang dapat mereka akses - sehingga mereka dapat menyadari bahwa biru yang "tepat" seharusnya lebih berwarna sianish, tetapi tidak tersedia bagi mereka. Pindah dari RYB ke CMY adalah proses bertahap.

Menambahkan hitam sebagian besar merupakan perbaikan pemotongan biaya (atau solusi untuk tinta CMY yang tidak sempurna) jadi saya pribadi tidak akan membuat perbedaan yang jelas antara CMY dan CMYK pada tingkat konsep dasar. Kegunaan tinta hitam sangat bervariasi tergantung pada gambar yang sebenarnya dicetak.

Wikipedia memiliki artikel sejarah yang bagus di bawah model warna RYB


3
Jawaban yang menarik. Bisakah Anda mendukung penjelasan Anda dengan beberapa sumber?
Luciano

1
Ya ini cukup mencerminkan apa yang muncul dalam penelitian saya. Tampaknya nama magenta dan cyan mulai digunakan pada pergantian abad. Tentu saja mereka mencari warna-warna primer di abad ke-18 sebagaimana ditunjukkan dalam sumber kedua saya. Jadi mereka mungkin sebenarnya telah mencatat ini dengan cukup baik. Tetapi mungkin tidak memiliki sumber pigmen yang melimpah sehingga tidak menamainya seperti ini. Hampir dapat dipastikan bahwa merah digunakan untuk magenta, tetapi bagaimana situasi cyan masih agak tidak jelas bagi saya. Tapi perburuan pigmen ini sebenarnya relevan bagi siapa saja yang melakukan penelitian
joojaa

Hanya beberapa hal sepele tambahan: K sangat penting dalam pencetakan komersial karena sebagian besar teks dicetak dalam warna hitam (yang akan sangat sulit untuk dicapai dengan CMY yang diberikan masalah salah pendaftaran di media)
DA01

@ DA01 Saya memegang karton yogurt jeruk di sini dan melihat tanda-tanda pencetakan itu dilakukan tanpa hitam sama sekali. Tetapi memiliki tinta oranye tambahan sebagai gantinya untuk membuat gambar utama pop. Teks di sisi-sisinya berwarna biru tua - dan ada juga tinta biru tua ke-5. Inilah yang saya katakan - tinta lain (kecuali CMY) adalah penambahan tujuan khusus tergantung pada konten.
Agent_L

29

Tidak ada titik tunggal yang dapat ditentukan saat pencetakan Warna Proses CMYK ditemukan. Pencetakan reproduksi warna proses dengan kesetiaan tinggi telah menjadi seri penyempurnaan teknis bertahap.

Namun, orang yang bertanggung jawab diketahui.

Reproduksi warna cetak tumbuh dengan cepat dalam popularitas di akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 hingga saat ini, ketika (tidak termasuk surat kabar) sebagian besar dari semua reproduksi bergambar berwarna. Prinsip dasar reproduksi warna fotomekanis tetap sama hari ini seperti pada tahun 1900, tetapi ada banyak kemajuan penting selama bertahun-tahun yang mengarah pada peningkatan kualitas dan biaya yang lebih rendah.

Proses Warna untuk Reproduksi Warna tergantung pada beberapa faktor yang berbeda.

Pertama, adalah pengembangan tinta TRANSPARAN yang diperlukan. Karena reproduksi warna tergantung pada sistem subtraktif, tumpang tindih warna proses tidak dapat bekerja dengan tinta buram yang mengaburkan tinta yang kurang dicetak dan substrat kertas (biasanya).

Pigmen asli yang digunakan dalam tinta cetak terutama pigmen anorganik yang memiliki gamut terbatas, dan, dalam beberapa kasus, transparansi yang buruk. Pengembangan pigmen organik meningkatkan gamut warna yang tersedia sambil tetap mempertahankan keabadian yang wajar. Perkembangan utama adalah sebagai berikut:

  • Warna azo untuk pembuatan tinta dikembangkan antara tahun 1899 dan 1912. Sebagian besar pigmen Kuning berasal dari kelas ini.
  • Penemuan pigmen tungstated dan molybdeated pada sekitar tahun 1914. Proses magenta terbaik termasuk dalam kelas ini.
  • Penemuan pigmen phthalocyanine pada tahun 1928, yang memungkinkan cyan brilian permanen pertama yang cocok untuk pencetakan warna proses.

Perkembangan lain yang menyebabkan penggunaan pencetakan warna proses termasuk mesin cetak empat warna.

Penggunaan rekaman pertama dari pers empat warna litografi sheetfed adalah oleh Traung Label dan Lithograph Company dari San Francisco, California, pada awal 1932. Mesin cetak offset ini dibuat oleh Perusahaan Harris-Seybold-Potter di Cleveland, Ohio (sekarang Harris). Grafik). Press offset web empat warna didahului dengan press sheetfed. Pada 1926 di Melbourne, Australia, surat kabar harian The Argus memasang mesin offset web Vomag buatan Jerman yang memiliki empat unit percetakan (dapat mencetak pada kedua sisi lembar pers yang sama). Pers ini digunakan untuk mencetak suplemen dan majalah warna mingguan. Perusahaan Messrs di Berlin, Jerman, Dr. Selle and Company dilaporkan mencetak karya empat warna dengan web offset pada tahun 1926.

The Cottrell Company dilaporkan membuat mesin cetak letterpress silinder dengan empat warna kesan umum sekitar 1912, tetapi film tinta letterpress tebal (lapisan) membuat proses-warna basah-pada-basah (tinta "menjebak") tidak praktis.

Cetakan tiga warna (intaglio) pertama yang direkam diproduksi pada mesin web di Siegburg pada tahun 1914. Silinder kesan umum ada pada mesin ini.
Sekitar waktu yang sama, sebuah pers intaglio Goss multiunit dipasang di The Chicago Tribune . Mesin ini memiliki konstruksi tipe unit terpisah untuk setiap warna. Namun, diperkirakan bahwa proses gravure pertama yang berhasil, pekerjaan empat-warna pada mesin multi-warna tidak diproduksi sampai akhir 1920-an atau awal 1930-an, mungkin pada mesin yang dibuat oleh perusahaan Albert.

Jawaban spesifik untuk pertanyaan Anda ada di entri ini:

Elemen utama [untuk pencetakan warna proses CMYK yang kita kenal sekarang] adalah magenta merah, kuning dan biru kehijauan. Ketiga rona dasar ini disempurnakan oleh Herbert E. Ives (1882–1953) dan mewakili warna minimum "primer" yang, dalam kombinasi, akan menghasilkan beragam intermediet yang cukup murni menggunakan pigmen rata-rata. (Ives menggunakan istilah achlor untuk magenta, zanth untuk kuning, dan syanuntuk pirus biru.) Campuran magenta dan kuning membentuk merah dan jeruk. Campuran bentuk hijau dan pirus hijau. Campuran magenta dan pirus membentuk ungu. Ketiga, dengan kata lain, adalah yang paling sedikit yang dapat digunakan untuk menghasilkan lingkaran warna yang memuaskan. Namun, untuk warna yang kaya dan kuat, lebih dari tiga warna menjadi penting.

Sebelum , dan inspirasi untuk , proses pencetakan warna layar CMYK dot otomatis sebagai sarana untuk membuat warna menengah dalam cetakan adalah dengan menggunakan titik-titik pigmen secara manual. Para seniman yang memelopori efek yang dikenal sebagai campuran optik adalah pelukis Prancis seperti Georges Seurat dan Paul Signac pada tahun 1886. Dari kejauhan kita tidak dapat dengan jelas melihat ujung-ujung bentuk kecil. Demikian pula, dari kejauhan area kecil warna tampaknya menyatu satu sama lain dan dipandang sebagai campuran daripada sebagai warna yang terpisah. Efeknya terjadi pada mata daripada pada pigmen. Pada dasarnya, pointillism adalah prekursor langsung ke layar dot 4-warna yang digunakan oleh proses pencetakan 4-warna modern

Efek ini adalah fokus percobaan untuk sekelompok pelukis yang disebut pointillist , yang berteori bahwa campuran optik akan memberikan ekspresi warna yang lebih dinamis daripada pencampuran pigmen tradisional .

Pengukir Kanada, Phillip Desbarates , datang dengan proses otomatis serupa menggunakan garis dan titik untuk membuat gambar halftones di Montreal, Kanada, yang menemukan proses pencetakan untuk Bintang Montreal sekitar waktu yang sama (1885). Desbaretes kemudian mengambil konsep ke Currier & Ives Co . di mana porselen Cina dihiasi dengan adegan menggunakan proses "halftone" awal dengan bahan warna.

Tabrakan acara dekat pergantian abad ke-20 menandai proses pencetakan CMYK 4-warna yang kita miliki saat ini menggunakan tinta dan titik transparan.

Sumber:

  1. Warna Kreatif , Faber Birren, Lutton Publishing Compary, 1961
  2. Prinsip Persepsi Visual , Carolyn M. Bloomer, Litton-Van Nostrand Reinhold, 1976
  3. Fotografi Seni Grafik: Warna , Fred Wentzel dan Ray Blair dan Tom Destree, Yayasan Teknis Seni Grafis, 1983
  4. Warna Dan Reproduksinya , Gary Field, Yayasan Teknis Seni Grafis, 1988.

1
Sangat menarik untuk dicatat bahwa hitam paling sering digunakan dalam pencetakan dua warna, tiga warna, dan proses warna. "K" dalam pencetakan CMYK menunjukkan warna "kunci" yang paling gelap yang pada umumnya berwarna hitam. Hitam "Kaya" adalah kombinasi hitam di samping satu atau lebih warna proses lainnya dalam register (penyelarasan).
Stan

18

Pada tahun 1906, Eagle Ink Ink Company menggabungkan tinta proses basah empat warna untuk pertama kalinya. Keempat warna ini adalah cyan, magenta, kuning, dan hitam (juga dikenal sebagai kunci), karenanya dinamai CMYK. Ditemukan bahwa keempat warna ini dapat digabungkan untuk menghasilkan jumlah nada yang lebih kaya dan lebih gelap yang hampir tak terbatas.

Tautan: http://www.clubink.ca/blog/print/history-behind-cmyk-colour-model/


4

Kemungkinan tergantung pada apa yang Anda sebut sebagai 'CMYK'. Jawaban lain telah menetapkan bahwa K itu berlebihan - ada di sana untuk memudahkan pencetakan, bukan karena itu diperlukan untuk warna.

Sehingga membuat kita bertanya-tanya siapa yang pertama kali mapan bahwa kita dapat membuat (kebanyakan) warna hanya menggunakan tiga warna ... dan saya percaya bahwa setidaknya di Barat, itu dikreditkan pada karya Thomas Young yang mengusulkan pada 1802 bahwa manusia memiliki tiga warna reseptor, yang diperpanjang oleh Hermann von Helmholtz , dan kemudian dibuktikan oleh James Clerk Maxwell .

Jika kita kembali lebih jauh, Isaac Newton yang dikreditkan pada tahun 1686 dengan penemuan metamers - bahwa Anda dapat menggabungkan dua warna cahaya untuk mendapatkan sesuatu yang dianggap cocok dengan warna ketiga bahkan jika mereka sebenarnya tidak cocok secara spektral.

Jadi ... untuk meringkas ... sangat mungkin orang yang memberi kita Hukum Gerak Newton , Modulus Young , atau Persamaan Maxwell ... atau yang sama dengan Asosiasi Helmholtz


3

Saya tidak berpikir itu akurat untuk mengatakan bahwa CMYK "ditemukan". Saya adalah apa pun kecuali seorang seniman atau sejarawan, jadi ambil apa yang saya miliki dengan sebutir garam. Tapi, pikirkan itu. Tinta hanyalah cat untuk kertas. Setiap pertanyaan tentang tinta harus merujuk kembali ke cat, dan tentu saja kami telah menggunakan cat selama 8 ribu tahun. Jadi, pertanyaannya tidak produktif. CMYK adalah sistem INVENTED untuk mengukur (mengindustrialisasi) proses dan deskripsi pembuatan warna. Menggabungkan CMYK dengan fakta (yang diketahui sebagian besar anak berusia 5 tahun) bahwa warna dapat dicampur dan tiga ditambah hitam dan putih memberi Anda palet besar bukan cara yang paling berguna untuk memikirkannya. Saya seorang teknolog, saya menganggapnya lebih seperti standardisasi warna. Saat pembuatan kertas semakin canggih dan kualitas (keseragaman dan stabilitas warna) kertas meningkat, Saya akan menemukan bahwa para seniman dari abad yang lalu membuat cat mereka sendiri, beberapa pigmen mereka sendiri, dan bahwa keseragaman jarang terjadi. HTH Saya akan menemukan bahwa para seniman dari abad yang lalu membuat cat mereka sendiri, beberapa pigmen mereka sendiri, dan bahwa keseragaman jarang terjadi. HTH


2
Tidak, itu tidak ditemukan sebagai tindakan tunggal tidak. Tetapi ada perkembangan panjang penemuan ilmiah yang mendahului itu. Tetapi seperti beberapa orang mengatakan itu sulit untuk menentukan waktu dan tempat juga karena kita tidak tahu apa yang mereka sebut warna. Jadi ya hal yang sama dengan apa yang Anda katakan pada dasarnya apa artinya semua jawaban lainnya. Tetapi tidak ada pelukis yang jarang menggunakan sistem 4 warna, mereka dapat mencampur lebih banyak cat.
joojaa

1
Saya pikir kuncinya di sini adalah bahwa cyan, magenta dan kuning adalah basis universal dari model warna yang subtraktif. Anda tidak bisa mendapatkan cakupan penuh dengan warna merah, biru dan kuning, mereka harus bernuansa khusus. Jadi ada satu momen ketika seseorang "menemukan" warna cyan dan magenta yang menghasilkan hasil terbaik.
Agent_L

1
@ Agent_L Saya setuju dengan itu, tetapi saya rasa jawaban ini tidak banyak menambah jawaban Anda. Tapi ya mereka sedang mencari para pendahuluan bahkan sebelum mereka tahu bahwa mereka tahu atau tidak mengetahui dasar-dasar teoretis. dan karena Anda dapat menyimpulkan ini dengan cara lain selain teori mereka kemungkinan besar sangat dekat. Seperti saya katakan saya punya referensi bahwa merah sebenarnya magenta, tetapi saya tidak begitu yakin tentang warna biru. Ini juga mungkin bahwa ini disempurnakan dan tidak sempurna beberapa kali sejak jaman dahulu. Saya mungkin akan memilih jawaban ini, jika tidak menggunakan setiap lima tahun tahu ini.
joojaa

3
Beberapa pilihan pemilihan pendahuluan memberi Anda lebih banyak cakupan daripada yang lain tetapi "cakupan penuh" (menghasilkan setiap warna yang dapat dilihat mata) tidak mungkin dilakukan dengan sistem pencampuran subtraktif.
Peter Green

1
@PeterGreen jangkauan penuh tidak dimungkinkan dengan sistem tritimulus apa pun, bahkan rgb. Alasannya adalah bahwa kurva respons tumpang tindih dan ada area di indera di mana tidak ada yang menunjukkan kecukupan panjang gelombang yang sangat spesifik, area tersebut hadir dalam hijau dan jeruk.
joojaa

2

Proses tiga dan empat warna ditemukan oleh Jacob Le Blon sekitar tahun 1725. Model warna aslinya menggunakan RYB (merah, kuning, biru) dan RYBK (merah, kuning, biru, dan hitam). Dia menulis sebuah buku berjudul The Coloritto, di mana dia menjelaskan penemuan dan hasil yang membawanya untuk menggunakan rangkaian warna tertentu dan alasan untuk menambahkan hitam ke proses tiga warna aslinya untuk menghasilkan warna alami yang lebih realistis. Anda dapat menemukan buku itu di Library of Congress.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola