Apa perangkat IoT paling sederhana yang dapat diprogram yang dapat terhubung ke Wi-Fi?


44

Saya mencoba membangun pelacak aset murah yang dapat ditenagai oleh baterai. Yang perlu saya lakukan perangkat IoT, adalah menghubungkan ke titik akses jaringan WiFi yang dikenal. Saya memiliki akses ke sistem backend yang mengelola titik akses WiFi.

Saya menganggap komputer CHIP atau PiZero W tetapi keduanya memiliki kekuatan pemrosesan yang tidak saya butuhkan. Mencari papan lengkap dengan Wi-Fi.


5
Jika kekhawatiran utama Anda tentang Raspberry Pi Zero W adalah konsumsi daya, lihat situs ini: raspi.tv/2017/how-much-power-does-pi-zero-w-use - menggunakan miniscule 100-150mA!
Dan Esparza

3
@DanEsparza Terima kasih atas tautannya. Meskipun konsumsi daya menjadi perhatian, saya tidak membutuhkan daya pemrosesan. Ini adalah kerja keras untuk kebutuhan saya. Saya hanya perlu perangkat IoT kecil yang dapat saya programkan untuk terhubung ke titik akses WiFi yang dikenal. Mirip dengan apa yang dilakukan Tile atau TrackR tetapi terhubung ke WiFi.
domba jantan

7
@ DanEsparza Saya akan menganggap apa pun lebih dari 5mA sebagai sangat haus daya untuk perangkat melakukan kira-kira tidak ada pekerjaan (yaitu tingkat ping rumah telepon sesekali dibatasi oleh aktivitas sensor).
Sean Houlihane

2
Selain konsumsi daya, mengapa Anda peduli jika ada daya pemrosesan lebih banyak dari yang Anda butuhkan?
user253751

3
@immibis - Tepat untuk konsumsi daya. Jika platform Anda menjalankan Linux, itu tidak akan berdaya rendah. Bagian <200 MHz menjalankan RTOS adalah pilihan yang tepat di sini, dan fokus untuk jawaban yang baik harus pada bagaimana memilih perangkat yang baik (daripada bagian tertentu).
Sean Houlihane

Jawaban:


38

Lihat modul ESP. Saya sudah 3 papan NodeMCU berjalan di rumah memeriksa suhu dan kelembaban, dan mengendalikan soket daya dan strip dipimpin. NodeMCU dapat ditemukan sekitar $ 4-5.

Jika Anda menginginkan dukungan yang tepat dan kesempatan untuk mengubah kode dari setiap tempat, lihatlah Particle Photon , itu sedikit lebih (sekitar $ 20) tetapi bekerja sangat bagus.

Jika Anda ingin menggunakan yang murah, dapatkan NodeMCU, tapi Photon itu papan yang bagus untuk bermain-main.


6
Jika Anda mencari referensi pada ESP8266 (mungkin salah satu yang lebih terkenal dari modul ESP), Internet of Things dengan ESP8266 berguna untuk membaca dan memiliki banyak detail tentang lokasi pembelian dll.
Aurora0001

4
Tidak ada yang bernilai bahwa ESP8266 (papan biasa yang bisa Anda dapatkan) mampu menjalankan versi modifikasi Arduino - yang sangat berkontribusi untuk membuatnya mudah untuk masuk.
Knetic

4
Papan telanjang telanjang ESP8266 kurang dari 2 $.
Codo

2
@codo - tergantung pada kualitas papan, tentu saja. ESP01 murah, mungkin semurah $ 1 jika Anda membeli dalam jumlah besar, tetapi hanya memiliki 2 GPIO dan keduanya perlu menarik nilai-nilai tertentu selama boot, jadi tidak terlalu berguna untuk interaksi aktual dengan dunia. OTOH, saya baru saja membeli banyak ESP201, yang jauh lebih bagus: 7 GPIO, 1 di antaranya dapat digunakan sebagai ADC, dan koneksi antena eksternal opsional. Plus mereka menggunakan pin header baris tunggal sehingga dapat digunakan di papan tempat memotong roti dengan mudah, yang ESP01 tidak bisa. Saya membayar sekitar $ 3 masing-masing untuk mereka, dan mereka pasti sepadan.
Jules

2
Ada papan kecil dengan modul ESP8266, 22 titik solder dan antena seharga kurang dari $ 2.
Codo

18

Ada Omega2 dari perusahaan Onion . Harganya $ 5. Mereka masih melakukan crowdfunding, oleh karena itu saya tidak yakin dengan keandalannya dan saya belum pernah menggunakannya. .

Seperti yang ditunjukkan oleh Aurora0001, Onion menyelesaikan crowdfunding mereka dan mereka berhasil menjanjikan pendanaan 45 kali lebih besar dari tujuan awal mereka, yang membuat IMO dapat diandalkan.

Memiliki CPU 580 MHz, memori DDR2 64 MB dan Wi-Fi b / g / n. Mereka menggambarkan papan sebagai komputer IoT di Kickstarter mereka:

Memperkenalkan Omega2, komputer $ 5 IoT.

Apa itu komputer IOT? Ini adalah komputer Linux yang dirancang khusus untuk membangun aplikasi perangkat keras yang terhubung. Ini menggabungkan faktor bentuk kecil dan efisiensi daya dari Arduino, dengan kekuatan dan fleksibilitas Raspberry Pi.


5
Memperoleh 45 kali tujuan awal mereka hanya mengatakan bahwa banyak orang berpikir produk itu terlihat seksi. Ia tidak mengatakan seberapa andal mereka benar-benar dapat memproduksinya sekarang karena mereka memiliki uang. The Zano mikro-drone adalah contoh yang terkenal: itu Eropa terbesar yang pernah Kickstarter dan mengangkat £ 2.300.000 (~ $ 3M di kurs saat ini), sekitar 18 kali tujuan awal mereka. Perusahaan gagal dan tidak ada produk yang dikirim yang memenuhi spesifikasi yang diklaim.
David Richerby

1
@ DavidRicherby Benar, tetapi Omega2 tersedia untuk pembelian langsung melalui gudang Amazon; sehingga mereka memiliki produk pengiriman. Mencapai tonggak sejarah itu sering tidak menjamin bahwa mereka masih akan tersedia beberapa tahun dari sekarang; tetapi satu-satunya cara untuk menjawabnya adalah menunggu beberapa tahun dan melihat apa yang terjadi. Jika OP hanya berencana untuk membangun sejumlah kecil perangkat dengan ini, mungkin masuk akal untuk melakukan lindung nilai dari taruhan dengan memesan semua yang akan diperlukan dalam satu transaksi sekarang.
Dan Neely

1
Baca forum mereka sendiri, dan Anda akan melihat bahwa papan ini - dan terutama perangkat lunak mereka - memiliki banyak masalah. Mereka juga sepenuhnya tidak cocok untuk daya baterai durasi lama.
Chris Stratton

Papan kecil yang hebat, dengan Linux dalam flash, bukan pada kartu SD. Ada juga flash pengguna untuk program Anda, dan Anda bisa mendapatkan model dengan kartu SD.
Mawg

Saya suka papan ini, TETAPI itu bukan berbasis ARM, dan pengaturan toolchain C / C ++ sungguh menyebalkan. Mereka bagus untuk Python, atau HTML & JS.
Mawg

13

Salah satu yang saya perhatikan , tetapi belum mencoba, adalah VoCore . Itu juga crowdfunded seperti Omega2.

Ini menjanjikan perangkat $ 4- $ 18, tetapi yang tersedia mulai dari $ 17,99. Yang relevan tentang VoCore adalah bahwa ia memiliki perangkat keras dan perangkat lunak open source sepenuhnya . Jadi, secara teori, Anda bisa mendapatkan harga per unit rendah pada skala. Rincian dan sumber teknis ada di sini .

Ukuran Kecil: Satu inci persegi, mudah disematkan ke perangkat.

OpenWrt / LEDE: Mudah dikodekan, kompilasi; sistem stabil.

Biaya Rendah: $ 4 ~ $ 18 untuk masing-masing, kinerja yang tak tertandingi.

Antarmuka: Perangkat keras mendukung USB, Ethernet, I2C, SPI dll.

OpenSource: Baik perangkat lunak dan perangkat keras, benar-benar GRATIS


Ini tidak benar-benar cocok untuk daya baterai berdurasi lama, mengingat konsumsi tinggi saat menjalankan dan waktu boot yang lama yang akan diderita bahkan jika semacam pengawas daya diam rendah dapat ditambahkan untuk mengaktifkannya secara berkala.
Chris Stratton

13

Sebagai alternatif yang lebih murah daripada NodeMCU dari Luis answer, saya ingin menyebutkan ESP-12E atau ESP-12F * yang kosong , modul yang digunakan pada NodeMCU. Mereka bahkan lebih murah daripada NodeMCU, menarik daya lebih sedikit (karena mereka kekurangan konverter USB) dan dapat didukung langsung dari baterai 3V. Anda akan memerlukan satu konverter USB-ke-serial (3.3V **, misalnya CP2102) dan Anda harus menyolder kabel ke mereka (atau pin jika Anda mendapatkan papan adaptor) untuk memprogram mereka.

* Satu-satunya perbedaan tampaknya adalah bentuk antena ** Saat ini saya tidak dapat mengkonfirmasi bahwa ia bekerja dengan antena
5V


1
Ya, menggunakan esp telanjang akan lebih murah, tetapi juga lebih sulit dan Anda perlu masuk ke desain solder dan pcb (setidaknya di papan tempat memotong roti atau perfboard), tapi terima kasih telah menunjukkannya
Luis Diaz

1
"Anda akan membutuhkan satu konverter USB ke serial" - perhatikan bahwa Anda memerlukan satu yang mendukung output 3.3v, karena chip ESP8266 tidak ramah ttl.
Jules

1
@LuisDiaz - Anda dapat membeli ESP-12F yang siap dipasang di papan breakout yang kompatibel dengan papan tempat memotong roti untuk sekitar setengah biaya NodeMCU.
Jules

1
@ Jules Cool! Saya tidak melihat itu sebelumnya! Senang tahu :)
Luis Diaz

1
Meskipun ESP8266 tampaknya toleran terhadap 5V, CP2102 yang saya gunakan adalah konverter 3.3V, jadi saya menambahkan informasi selama saya belum mengonfirmasi sebaliknya.
AndreKR

10

Menentukan masa pakai baterai (dan mungkin ukuran baterai) akan memberi tahu Anda berapa lama barang Anda harus bertahan. Itu kemudian dapat membuat Anda memutuskan untuk hanya mengaktifkannya ketika (a) Anda perlu membaca dan (b) kapan mengirim data.

Jika Anda hanya ingin bangun mengatakan, setiap jam, maka Anda menginginkan sesuatu dengan Real Time Clock (RTC) atau sesuatu yang menghitung detik di papan, atau tersedia sebagai unit pendukung untuk memberi tahu Anda pengontrol mikro agar dapat bekerja.

RTC kemudian dapat memberitahu wifi untuk dihidupkan, mendeteksi jika berada dalam jangkauan jaringan yang diizinkan, masuk dan mengirimkan data.

Sisi lain dari koin itu hanya membiarkan sesuatu seperti GPS terus mendapatkan perbaikan (setiap detik) dan polling wifi terus-menerus. Dengan skenario ini, baterai kecil dapat bertahan hanya beberapa jam, bukan minggu atau bulan seandainya Anda menggunakan arus Anda dengan bijak.

Singkatnya, itu akan menjadi dilema awal Anda.

Saya melakukan apa yang saya pikir adalah beberapa due-hati sebelum memulai hal semacam ini sama, dan saya akan merekomendasikan Anda melihat Espruino mikrokontroler. Jika Anda memiliki keterampilan JS yang ada maka Anda bisa mendapatkan hasil yang sangat cepat - Anda akan merasa seperti di rumah. Espruino memiliki RTC, sudah 3.3V dan menggunakan desain arus rendah. Menampar GPS sangat mudah.

Saya sarankan Anda mendapatkan Espruino hijau normal untuk bermain-main dengan dan kemudian mencoba Wifi Espruino baru alih-alih berjuang untuk menambahkan ESP8266 sendiri (saya belum mencoba ini, BTW). Espruino bukan yang termurah, tetapi mereka dibuat dengan baik (IMO) dan nikmati dukungan yang baik. Di forum mereka, Anda biasanya bisa mendapatkan pengakuan dari orang yang membuatnya.

Info ini mungkin lebih bermanfaat bagi Anda jika Anda memiliki keterampilan JS, dan keterampilan EE yang dapat diabaikan (seperti saya).


3
Ini adalah bagian penting dari jawaban - menjelaskan fitur yang diperlukan untuk membantu dalam pemilihan. Kekuatan diam adalah hal yang penting - dan mungkin itu berarti Anda benar-benar menginginkan integrasi sebanyak mungkin dalam satu SoC. Cari perangkat yang lebih baru - ini adalah permintaan yang muncul.
Sean Houlihane

9

Tombol AWS IoT

AWS IoT Button adalah tombol yang dapat diprogram berdasarkan perangkat keras Amazon Dash Button. Perangkat Wi-Fi sederhana ini mudah dikonfigurasikan dan dirancang untuk pengembang untuk memulai dengan AWS IoT, AWS Lambda, Amazon DynamoDB, Amazon SNS, dan banyak Layanan Web Amazon lainnya tanpa menulis kode khusus perangkat.

Saya pikir ini akan menjadi perangkat Iot yang paling mudah diprogram untuk saya

Dalam artikel ini , Ted Benson berbicara tentang bagaimana ia meretas tombol Amazon Dash seharga $ 5 untuk melakukan hal-hal ketika perangkat boot dan terhubung ke jaringan (saat klik).

Perangkat hanya menyala dan terhubung ke Wi-Fi saat ditekan, dan itu berisi baterai yang tidak dapat diganti dengan mudah.


Anda harus (jelas) meretasnya. Dan jangan mengandalkan pasokan di masa depan. Dasbor bertuliskan [Akhir Kehidupan] ( cnet.com/news/amazon-is-going-to-kill-your-dash-button (dalam 9 hari, pada akhir Agustus, 2019.
Mawg

1

Saya sarankan Anda untuk menggunakan FireBeetle ESP32 Board oleh DFRobot. Ini dirancang khusus untuk IoT. Meskipun NodeMCU juga dapat digunakan tetapi masih mengkonsumsi lebih banyak daya bahkan ketika dalam mode tidur nyenyak. Saya menghadapi masalah dalam mengurangi konsumsi saat ini dalam mode tidur nyenyak menggunakan NodeMCU. Sedangkan FireBeetle cocok untuk perangkat IoT Daya Rendah karena dioptimalkan secara khusus untuk tujuan ini. Jadi Anda tidak perlu upaya ekstra. Cukup sambungkan baterai dan tidur nyenyak saat tidak diperlukan pengindraan. Juga mudah diprogram.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola