Apakah ekstensi 'dinonaktifkan' memperlambat Joomla! kinerja situs?


22

Jika saya memiliki ekstensi "terpasang tetapi dinonaktifkan" di manajer ekstensi saya (sebagai lawan dari "dihapus sepenuhnya"), apakah ekstensi yang dinonaktifkan ini memperlambat kinerja situs web untuk pengunjung situs web?

Jika ya, mengapa?


Saya hanya dapat melihat bahwa itu akan mempercepat kinerja tidak memperlambat situs.
chesedo

1
Ya, menonaktifkannya akan membantu mempercepat kinerja :) Jika Anda tidak akan menggunakannya lagi, menghapus instalan akan lebih baik.
chesedo

2
@Pieter Saya pikir OP membandingkan ekstensi "diinstal tetapi dinonaktifkan" versus "tidak memiliki ekstensi yang diinstal sama sekali".
MrWhite

1
@ w3d mungkin. NivF007 dapatkah Anda menambahkan lebih banyak info ke pertanyaan untuk menghapusnya?
chesedo

1
@ NivF007 dalam hal ini saya pikir Anda harus merujuk pada jawaban Lodder karena itu adalah jawaban yang benar (menurut saya). Dan terima kasih atas klarifikasi :)
chesedo

Jawaban:


16

Sebenarnya itu memperlambat situs sedikit pun dengan memiliki mereka dinonaktifkan daripada dihapus, seperti ketika memuat plugin, itu memeriksa yang diaktifkan dan menjalankannya. Jika Anda memiliki 100 plugin misalnya dan 50 di antaranya diaktifkan, maka where()klausa harus menyaring 50 yang dinonaktifkan juga. Ini bukan kecepatan yang akan Anda perhatikan sebanyak itu (tergantung pada berapa banyak ekstensi yang Anda miliki), tetapi akan lebih baik untuk menghapusnya.

Saat melihat pengelola ekstensi di backend, Anda sebenarnya akan melihat perbedaan kecepatan.


1
Tidak ada penalti untuk plugin yang dinonaktifkan. Mereka dimuat sebagai - github.com/joomla/joomla-cms/blob/…
Shyam

1
Salah. Anda melihatnya memeriksa ekstensi mana yang memiliki nilai spesifik sehingga jika Anda memiliki banyak ekstensi yang dinonaktifkan, maka ada lebih banyak untuk diperiksa;)
Lodder

3
Jawaban Shyam benar, kompleksitasnya WHEREakan sama tidak peduli berapa banyak plugin yang Anda miliki. Kami tidak boleh merekomendasikan seseorang mencopot pemasangan plugin berdasarkan perbedaan nanoseconds dalam permintaan dasar mysql.
Spunkie

4
@ Spunkie, sementara itu tidak meningkatkan kompleksitas WHERE, WHERE masih mengeksekusi dan memilih HANYA baris yang diaktifkan> = 1. Kolom yang diaktifkan bukan indeks, yang berarti permintaan harus memeriksa kolom itu di setiap baris di meja. Memeriksa 100 baris untuk mendapatkan 10 plugin aktif tidak efisien, dan menghapusnya mempercepat kueri, namun teliti.
Don Gilbert

1
@miroxlav - Perbedaan waktu yang diperlukan untuk menjalankan kueri akan bervariasi tergantung pada berapa banyak ekstensi yang ada. Ini akan menjadi milidetik jika Anda menghapus katakanlah 10 ekstensi, namun jika memiliki situs besar dan akhirnya mencopot 250 ekstensi, maka Anda akan melihat itu lebih dari sekedar milidetik. Banyak ekstensi hari ini seperti Akeeba Subs yang hadir dengan kurang lebih 20 plugin saja
Lodder

6

Tidak. Mereka tidak memperlambat kinerja situs web Anda.


Apakah ekstensi "dinonaktifkan" sama sekali tidak dirujuk saat runtime? yaitu. Sistem bahkan tidak perlu memeriksa apakah itu diaktifkan atau tidak? (Bukan berarti itu akan "memperlambatnya" bahkan jika itu terjadi.)
MrWhite

1
1. Jika ini adalah plugin / modul, maka itu tidak akan dipilih maka tidak dimuat. 2. Jika ini merupakan komponen, maka itu tidak akan dimasukkan sampai diperlukan.
Shyam

@yyam, maaf tapi kamu salah. Silakan lihat jawaban saya untuk perincian tentang cara memperlambatnya;)
Lodder

1
Namun ada penalti - kueri di meja yang lebih besar membutuhkan waktu lebih lama daripada kueri di meja yang lebih kecil. Mencari melalui 100 plugin yang dinonaktifkan untuk menemukan 10 yang diaktifkan lambat. Lepaskan 100 baris itu benar-benar mempercepatnya sedikit.
Don Gilbert

1
> satu-satunya hukuman potensial adalah ... Ini tidak benar. Setiap kali sistem melakukan boot, ia memuat setiap entri dari tabel ekstensi yang merupakan plugin sistem dalam JPluginHelper::importPlugin('system');panggilan. Memuat lebih sedikit entri === lebih sedikit waktu pemuatan. Terlepas dari Anda mendefinisikannya sebagai optimasi mikro atau tidak, itu masih ada. OP Ditanya apakah memperlambat kinerja situs untuk pengunjung. Karena begitu kecil, tidak akan ada masalah kinerja yang terlihat. Ini masih berpengaruh meskipun, bagaimanapun, pada setiap permintaan, bukan hanya layar plugin admin.
Don Gilbert

6

Jika Anda khawatir tentang kecepatan situs web Anda karena ekstensi yang dinonaktifkan - maka Anda khawatir tentang hal yang salah ... Dapatkan hosting yang layak dan milidetik yang dikonsumsi situs Anda karena plugin yang dinonaktifkan akan menjadi masalah.

Juga hanya karena Anda telah menonaktifkannya di Joomla tidak berarti itu tidak dapat diakses secara langsung dengan URL, dan kerentanan keamanan apa pun yang mungkin masih dapat dieksploitasi.

Terakhir, hanya karena plugin dinonaktifkan, tidak berarti beberapa plugin tidak menyala / dijalankan, beberapa plugin akan dipanggil dan mereka akan memeriksa sendiri apakah mereka diizinkan untuk dijalankan atau tidak!


Ini jawaban yang lebih detail. Risiko keamanan dari meninggalkan plugin yang dihapus di situs Anda adalah masalah yang jauh lebih besar daripada kecepatannya.
Michael Yaeger
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola