Bagaimana cara tidur dengan hidung tersumbat?


72

Aku baru saja flu, tapi hidungku masih sangat sesak / tersumbat. Ini membuat sulit tidur: Saya melemparkan dan berbalik atau tidak bisa tidur sama sekali. Saya sudah mencoba meniup hidung saya dan menggunakan berbagai dekongestan, tetapi sepertinya tidak ada yang berhasil.

Apa yang bisa saya lakukan untuk membantu membersihkan hidung / sinus sehingga saya bisa tidur?


4
Hidrasi yang lebih baik menipiskan lendir, jadi miliki banyak air. Jika terus berlanjut selama lebih dari beberapa hari, kunjungi dokter.
Jesvin Jose

1
Saya suka benda lengket kecil yang diletakkan di hidung dan membuka lubang hidung.
the_lotus

4
@the_lotus Breathe strips Kanan. :)
Trish Ling

4
akan terdengar gila mengatakan ini, tetapi duduk di lantai dengan kaki bersila, dengan punggung lurus, dan bernapas dalam-dalam selama 7-15 menit. postur saja akan membantu membersihkan sinus Anda. ini benar-benar berfungsi.
sova

2
@ sova saya tidak lagi sakit (untungnya) jadi saya tidak bisa mencobanya. Tapi itu masih jawaban yang valid.
Mooseman

Jawaban:


42

Untuk bantuan segera, ada dua hal serupa yang akan saya coba.

Pertama-tama, saya mandi air panas (jadikan mandi sepanas yang Anda bisa tahan). Pastikan untuk menarik napas dalam dan keluar dalam - dalam untuk mengisi saluran hidung dan paru-paru Anda dengan uap. Jika itu tidak segera membuat saya merasa lebih baik, saya juga akan menggunakan panci berisi air mendidih. Rebus airnya saja, gantungkan handuk di atas kepala Anda (membantu memerangkap uap) dan menghirup uapnya . Ini akan banyak membantu.

Salah satu tip terakhir adalah menjaga kepala Anda tetap tinggi saat tidur . Jangan gunakan bantal tambahan, coba angkat seluruh tubuh Anda dari pinggang ke atas, atau Anda dapat menggunakan buku di bawah tempat tidur Anda untuk menjadikannya seperti tempat tidur rumah sakit .


2
Saya terkejut Anda tidak terbiasa dengan inhaler uap . Saya menggunakannya untuk alergi kronis saya.
Jesvin Jose

Ketika benar-benar buruk, saya suka menyalakan shower sepanas itu, menutup pintu dan jendela kamar mandi, membuka tirai shower dan duduk di sebelah shower sebentar.
Kapten Obvious

@CaptainObvious terdengar seperti pemborosan air minum.
johnildergleidisson

@ JoaoMilasch Tergantung pada sumber air Anda. Ketika saya menelusuri jalur pasokan air dan pengolahan air limbah tempat saya tinggal, kecuali jika hujan berhenti, tidak mungkin membuang air minum. Saya tidak merekomendasikan mandi air panas yang lama ketika sumber Anda misalnya sumur, atau jika Anda tinggal di daerah tanpa pengolahan dan daur ulang air limbah modern, atau jika Anda tinggal di daerah di mana air limbah tidak membuatnya kembali ke pasokan air.
Kapten Obvious

28

Sinus Anda menderita vasodilatasi atau hidung tersumbat. Tidak ada yang meledak yang akan membuka blokir mereka karena saluran itu sendiri menyusut karena ukuran pembuluh darah yang meningkat, dan saluran hidung menyusut sebagai hasilnya.

Biasanya sinus Anda melakukan ini sepanjang hari setelah siklus hidung yang memungkinkan satu sisi untuk beristirahat dan mengeringkan ulang sementara sisi lain menangani sebagian besar aliran udara. Frekuensi siklus ini tergantung pada faktor lingkungan.

Tapi sekarang tubuh Anda sedang berjuang melawan infeksi dan diputuskan untuk bermain Madagaskar dan menutup semuanya. Kedua lubang hidung tidak hanya padat, tetapi juga sangat parah, sampai Anda tidak bisa menggunakannya.

Beberapa perawatan yang disarankan memang memberikan sedikit kelegaan. Duduk mengurangi tekanan darah di kepala , mengurangi vasodilatasi. Steam panas memberikan bantuan sementara. Strip hidung dapat menarik saluran hidung terbuka sedikit lebih lebar. Jika kemacetan Anda tidak parah, atau jika Anda tertidur dengan cepat, ini mungkin sudah cukup.

Kedengarannya seperti kemacetan Anda cukup buruk, sehingga Anda harus melihat obat vasokonstriksi , atau dikenal sebagai dekongestan. Saya tahu Anda sudah mencoba beberapa dekongestan, tetapi ada dua hal yang perlu Anda pahami - pertama, satu sangat umum, di luar resep dekongestan di AS mungkin tidak efektif, dan kedua, dekongestan semprotan hidung harus dicoba jika Anda Sejauh ini, baru menggunakan dekongestan oral.

Biasanya, dekongestan hidung berfungsi dalam banyak kasus. Pseudoephedrine adalah obat dekongestan oral yang paling umum digunakan orang, meskipun di AS itu dikontrol sehingga Anda harus menanyakannya kepada apoteker (tidak perlu resep). Perhatikan bahwa jika Anda membeli dekongestan bebas resep di AS yang tidak mengharuskan Anda mengunjungi apoteker, itu mungkin Phenylephrine , dan " studi klinis menunjukkan bahwa fenilefrin ... tidak lebih efektif daripada plasebo" . Pastikan Anda mencoba Pseudoephedrine sebelum menyerah pada dekongestan oral. Periksa bahan obat Anda, dan bicarakan dengan apoteker Anda jika Anda memiliki pertanyaan.

Namun, ketika itu tidak berhasil, saya menemukan bahwa semprotan dekongestan langsung , oxymetazoline , bekerja dengan sangat cepat dan efektif. Ini cukup umum sehingga Anda dapat menemukannya di banyak merek dan obat generik, seperti Afrin. Ada sejumlah semprotan hidung yang mengklaim memiliki efek dekongesting, tetapi beberapa hanya semprotan salin. Pastikan Anda mencobanya dengan oxymetazoline.

Mereka semua bekerja dengan cara yang sama tetapi menggunakan rute berbeda ke daerah yang terkena dampak. Aplikasi semprotan hidung langsung bekerja sangat cepat, tetapi tidak dapat dilepaskan tepat waktu, jadi mungkin perlu digunakan lebih sering daripada dekongestan oral. Lebih lanjut, mereka adalah obat yang berbeda, jadi jika seseorang tidak bekerja, ada baiknya mencoba yang lain untuk melihat bagaimana tubuh Anda bereaksi. Bagi saya, oxymetazoline mengalahkan Pseudoephedrine yang mengalahkan phenylephrine.

Ada masalah di mana jika Anda menggunakannya secara konsisten, tubuh Anda mulai bekerja lebih keras untuk menutup saluran hidung Anda, yang berarti bahwa sekali Anda berhenti Anda menjadi tersumbat meskipun Anda biasanya tidak akan tersumbat pada saat itu. Karena itu, saya membatasi penggunaan saya hanya ketika saya perlu tidur, dan biasanya hanya satu semprotan (1/2 hingga 1/3 dosis yang disarankan) dalam satu lubang hidung (saya tidak perlu keduanya terbuka untuk tidur) , dan lubang hidung alternatif setiap malam. Biasanya, saya hanya membutuhkannya selama satu atau dua hari. Jika tampaknya Anda memerlukannya lebih dari beberapa hari berturut-turut, Anda mungkin harus berkonsultasi dengan dokter atau dokter umum Anda untuk memeriksa infeksi bakteri atau penyebab lain, atau rencana untuk menyapih Anda dari obat setelah penyebabnya terselesaikan.


1
Yang satu-satunya: pseudoephedrine.
Mazura

Fenilefrin adalah dekongestan yang sangat baik bila diaplikasikan langsung , dalam bentuk semprotan hidung (seperti halnya oxymetazoline). Ini hancur dalam saluran pencernaan, itu sebabnya pil fenilefrin adalah plasebo (tetapi mudah didukung oleh studi aplikasi langsung untuk tujuan iklan).
Agent_L

@Agent_L Menarik! Saya harus mengawasi untuk itu di toko.
Adam Davis

2
"Ada masalah ..." mungkin pernyataan yang meremehkan. Berhati-hatilah saat menggunakan oxymetazoline (Afrin, dll.), Phenylephrine (Sinex, dll.), Atau lainnya. Mereka dapat menjadi sangat adiktif secara fisik dan siklusnya bisa ganas dan dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan, meskipun secara umum dapat dibalikkan, pada sinus Anda (saya pernah mengalami Afrin menarik diri beberapa kali dan itu tidak menyenangkan). Bagus untuk satu atau dua hari tetapi perhatikan peringatan di kotak, dan mengharapkan beberapa rebound.
Kapten Obvious

1
@ Agg_L Saya telah menemukan bahwa hanya 3-5 hari penggunaan (batas peringatan kotak) sudah cukup untuk menjamin tersumbatnya setidaknya satu atau dua hari setelahnya. Pengalaman terburuk yang saya miliki adalah sebelum saya memahami masalah ini, di mana saya terjebak dalam siklus selama sekitar empat minggu. Ini membutuhkan waktu kurang dari sebulan bagi saya untuk kembali normal, dan untuk minggu pertama saya tidak bisa bernafas melalui hidung sama sekali (mandi air panas dan semprotan garam sedikit membantu) dan sulit tidur. Saya membayangkan itu bervariasi secara signifikan dari orang ke orang. Lihat fauquierent.net/afrin.htm untuk beberapa info dan perawatan juga.
Kapten Obvious

16

Alih-alih dekongestan mengambil anti-histamin murah seperti diphenhydramine (Benadryl). Selain menghentikan aliran lendir, anti-histamin generasi pertama membuat Anda sangat mengantuk sehingga Anda akan kesulitan untuk tetap terjaga walaupun Anda menginginkannya.


Saya sarankan, di samping di atas, bahwa Anda menempatkan kepala hanker di hidung Anda dan mencoba untuk bernapas. Dengan begitu suhu hidung akan naik dan Anda akan merasa lebih baik setelahnya. Ini bekerja untuk saya.
Abhishek Tripathi

Antihistamin tidak akan melakukan apa pun untuk sinus jika masalahnya bukan disebabkan oleh reaksi histamin (yaitu alergi).
hobbs

@obb Sebenarnya anti-histamin generasi pertama memang membantu mengurangi gejala pilek biasa. en.wikipedia.org/wiki/Common_cold#Symptomatic aafp.org/afp/2007/0215/p515.html
Ross Ridge

10

Saya baru saja selesai menangani masalah yang sama minggu lalu, berikut adalah beberapa hal yang membantu saya mengatasinya:

  1. Letakkan beberapa tongkat chap dan napas melalui mulut Anda.
  2. Jangan terlalu gila dengan dekongestan , Anda bisa berakhir "menabrak keras" dan memperpanjang periode kemacetan.
  3. Wasabi dan lobak sangat bagus untuk mengurangi pembengkakan di saluran hidung Anda.

Dan tidak, saya bukan orang yang "semua alami terhadap obat barat", jika berhasil saya lakukan dan lobak lobak!


Bagi saya secara umum, efek terburuk dari pernapasan mulut adalah pada uvula saya, bukan pada bibir saya. Saya sudah bangun beberapa kali dengan itu bengkak dan kesulitan bernapas dan menelan sepanjang hari.
Acak 832

8

Saya akan merekomendasikan menggunakan beberapa bentuk irigasi hidung sebelum tidur.

Idenya adalah untuk menjalankan larutan garam ringan melalui saluran hidung Anda yang membersihkan hidung tersumbat dan membantu mendisinfeksi dan dengan demikian menghilangkan api. Kedengarannya agak kotor, tetapi benar-benar bekerja dengan baik untuk saya.

Tanpa membuat rekomendasi produk spesifik, ada beberapa produk murah yang tersedia biasanya tersedia di apotek lokal Anda (dengan asumsi AS).


Selain itu Anda mungkin memiliki septum yang menyimpang yang akan membuat situasi Anda lebih buruk. Mungkin perlu memeriksanya oleh spesialis THT.


Larutan garam ringan biasanya bagus.
kenorb

Anda benar-benar dapat membeli set ready to go: Netipot
CustomX

Ini yang saya gunakan saat saya tersumbat. Itu bekerja seperti keajaiban. Dulu saya sering tersumbat, dan sulit tidur sampai kakak saya memperkenalkan saya pada irigasi hidung.
JGTaylor

8

Ibuku biasa memotong bawang dan meletakkannya di piring dekat tempat tidurku . Anda bisa mencobanya.

Saya juga suka memiliki sesuatu yang lembut seperti handuk di bawah bantal saya. Dengan cara itu saya kepala adalah sedikit lebih ke atas , bukannya berbaring datar. Itu membuat tidur lebih nyaman bagi saya.


Hidung bening dan mata berair. lol!
Mooseman

3
@Mooseman Anda tidak harus meletakkannya yang dekat.
Izzo

5

Saya cenderung membuat sumbat hidung dari kertas tisu ... itu tidak cantik, tetapi lendirnya yang mengalir membuat saya terjaga bukan bagian yang pengap. Begitu mereka berada di hidung saya (cukup besar sehingga mudah untuk ditarik keluar) .. maka itu memberi saya kesempatan untuk tertidur.

Semoga berhasil.


Ini sangat bagus!
Chris

5

Saya memiliki masalah ini sebagian besar karena rinitis alergi - Saya memang menggunakan semprotan steroid , tetapi kadang-kadang, sinus tersumbat karena pilek atau karena polusi yang tinggi, dan saya mulai merasa muzzy dan sedikit pusing. Saya menunda melakukan hal-hal berikut, itu sangat sulit dan membuat pinggiran saya (poni untuk orang-orang dari Amerika Serikat) keriting, tetapi ketika saya memaksakan diri untuk melakukannya, ia bekerja dengan sangat baik.

Itu adalah sesuatu yang kuno - inhalasi . Hanya berarti merebus ketel air, menuangkannya ke dalam mangkuk, menambahkan apa pun yang Anda punya berguna ( Vick, Olbas Oil, Karvol , atau yang termurah, satu sendok teh mentol dan kayu putih dalam botol coklat dari apotek), melempar handuk atau sesuatu yang besar di atas kepala Anda dan mangkuk untuk membuat tenda, condongkan tubuh ke depan mangkuk dan menghirup uap sedalam mungkin selama beberapa menit. Anda biasanya harus keluar setelah satu atau dua menit untuk meniup hidung, tetapi kemudian melanjutkan prosedur. Lelah - tetapi berhasil. Paling baik dilakukan dalam beberapa jam sebelum tidur, meskipun perawatan berulang pada siang hari tidak membahayakan. Ini juga penting untuk memastikan Andatidur dengan jendela sedikit terbuka , sehingga udaranya lebih sejuk dan bergerak.


Minyak Olbas sangat bagus, beberapa tetes pada jaringan dan letakkan di atas bantal. Mencampurkannya dengan Tea Tree Oil tidak terlalu buruk juga.
kenorb

4

Selain tips tentang mencoba membersihkan semuanya sebelum tidur, kadang-kadang saya harus tidur di kursi yang baik dalam posisi duduk agak tegak dengan dukungan untuk kepala saya (dan biasanya dengan sandaran kaki).

Dengan cara ini saya bisa tidur, meskipun kualitas tidur lebih baik di tempat tidur ketika hidungnya jernih.


4

Anda dapat mencoba yang berikut ini:

  • Teh Jahe : Tambahkan saja sedikit jahe ke dalam teh Anda. Dan Anda juga bisa menambahkan cengkeh yang dihancurkan, selain jahe.

  • Makanan Pedas : Beberapa makanan pedas dan panas bisa meredakan hidung tersumbat karena mereka membantu menjaga lendir Anda tetap tipis. Makanan dengan mucokinetik, atau aktivitas penipisan lendir, termasuk cabai, bawang putih, lada hitam, dan bumbu kari. Capsaicin yang ditemukan dalam lada membuat hidung Anda bekerja membantu Anda membersihkan saluran hidung.

  • Vicks Vapor menggosok : Oleskan di hidung Anda tepat sebelum Anda tidur dan tutupi wajah Anda dengan selimut, sisakan ruang yang sangat kecil untuk bernafas. Ini akan membuat pekerjaan lebih baik. Anda bisa membelinya dari Amazon.

Saya sudah mencoba semua metode di atas. Itu membantu saya. Tetapi Anda harus memilih salah satu yang paling cocok untuk Anda.


Juga sup ayam dengan jahe. Untuk cepat & mudah, sebungkus ramen rasa ayam, beberapa ayam cincang, sekitar satu sendok makan akar jahe cincang, ditambah bawang hijau, seledri, lada, atau sayuran apa pun yang Anda miliki.
jamesqf

@ jamesqf - Saya belum mencobanya. Jika hal itu membantu Anda, maka itu bagus.
Vibhu

1
Vicks Vapor Rub adalah barangnya. Gosokkan ke dada dan leher Anda, dan oleskan di bawah hidung Anda jika Anda bisa menahannya. Tidur ditopang pada beberapa bantal.
RedSonja

3

Masalah utama dengan dekongestan OTC adalah bahwa sinus Anda pada dasarnya menjadi "kecanduan" kepada mereka dengan sangat cepat, memberikan efek rebound ketika Anda berusaha untuk berhenti menggunakannya yang seringkali lebih parah daripada masalah awal, ini adalah kondisi yang disebut Rhinitis Medicamentosa .

Salah satu pendekatan adalah melarutkan semprotan dengan larutan salin selama periode waktu tertentu, menyapih jaringan dari obat. Anda juga dapat mencoba mengganti salah satu semprotan kortikosteroid yang baru-baru ini menjadi OTC dan mereka dikatakan memiliki lebih sedikit kecenderungan rebound ini untuk jangka waktu tertentu sampai sinus Anda menyesuaikan kembali.


Seorang teman saya bahkan tidak menggunakan dekongestan OTC (termasuk obat apa pun) sejak awal. Dia hanya menggunakan larutan garam (garam laut). Bukan obat terlarut atau apa pun. Hanya larutan garam laut biasa dalam wadah semprotan hidung.
Alex

"Kecanduan" dan efek pantulan menjadi bermasalah hanya dengan penggunaan yang lama. Beberapa hari (hingga satu minggu) tidak menjadi masalah. Mengencerkan dekongestan dapat meningkatkan efek buruk tersebut, karena alih-alih "dosis kejut" yang menyempitkan pembuluh darah dengan cepat Anda menerapkan konsentrasi rendah dalam waktu yang lebih lama, membiarkan resistensi untuk menumpuk.
Agent_L

3

Oh, aku tahu maksudmu. Saya memiliki masalah yang sama. Ada dua faktor penting dalam hal ini:

  • kualitas udara
  • posisi kepala

Saya perhatikan bahwa posisi kepala dapat menghambat pernapasan . Jika saya menggerakkan kepala sedikit ke belakang, lubang hidung terbuka dan lebih mudah bernafas. Sedangkan untuk udaranya: tetap bersih (tidak ada debu - buka jendela Anda sebentar sebelum tidur) dan jaga kelembabannya. Kelembaban sangat penting, terutama di musim dingin ketika pemanas membuat udara sangat kering. Saya membeli beberapa pelembab udara dan masalahnya hilang.

Ketika itu tidak berhasil, Anda mungkin memiliki alergi (debu, tungau) dan itu akan menjadi ide yang baik untuk berkonsultasi dengan dokter.


3

Saya menggunakan dekongestan oral seperti waktu dirilis generik sudafed. Sebuah steroid nasal semprot hanya setelah saya semprot atau mendengus solusi hidung saline untuk melonggarkan lendir dan mengairi saluran hidung.

Terakhir saya menggunakan strip bernafas (jelas bekerja lebih baik, lebih mudah untuk menghapus di pagi hari).

Tidur dengan kepala terangkat atau tegak di kursi juga membantu.


Dari pertanyaan: "Saya sudah mencoba [...] menggunakan berbagai dekongestan."
Mooseman

+1 untuk menyebutkan kursi malas. mereka melakukan keajaiban. Saya bisa tidur meskipun saya memiliki hidung tersumbat.
Madhu V Rao

2

Coba minum parasetamol . Meskipun ini terutama merupakan obat penghilang rasa sakit, ia juga memiliki tindakan anti-inflamasi juga. Ini dapat membantu dengan mengurangi pembengkakan dan itu dapat mempengaruhi selaput hidung.

Apa yang kita anggap sebagai "hidung tersumbat" biasanya tidak seperti itu, itu adalah jaringan lunak hidung yang membengkak dan menghalangi jalan napas dengan sendirinya.

Dulu saya menderita hayfever dan sekali atau dua kali mencoba parasetamol untuk membantu tidur dan sepertinya berhasil untuk saya.


Bisakah Anda memperluas ini lebih lanjut? Banyak orang mungkin tidak tahu apa parasetamol itu atau bagaimana menggunakannya. Mungkin ditandai sebagai berkualitas rendah jika Anda tidak menjelaskan lebih lanjut.
michaelpri

parasetamol bukanlah obat antiinflamasi, hanya obat analgesik - ibuprofren harus lebih membantu dalam hal itu. Anda mungkin tidur lebih nyenyak karena obat itu membuat Anda merasa sedikit lebih baik.
Bambu

Menurut Wikipedia, itu memang memiliki tindakan antiinflamasi yang lemah, dan saya pikir saya tidak mengambil cukup (1.500 mg) untuk membuat saya merasa lebih baik. Hayfever tidak memberi saya NYERI, hanya jengkel. Namun, saya setuju dengan Anda, bagaimanapun juga, tidak jarang bagi saya untuk secara spontan menghilangkan gejala-gejalanya dan tidur nyenyak tanpa menggunakan obat-obatan. Meskipun demikian, saya masih merasa patut dicoba karena kebanyakan orang akan memiliki parasetamol di sekitar rumah, mereka sebenarnya gratis, sangat aman, dan mungkin berhasil.
Lefty

Parasetamol agak bermanfaat hanya melawan demam dan rasa sakit. Obat antiinflamasi OTC disebut NSAID: ibuprofen, asam asetilsalisilat (asprin), naproxen.
Agent_L

Entri Wikipedia tentang parasetamol: "Meskipun parasetamol digunakan untuk mengobati nyeri inflamasi, ia umumnya tidak diklasifikasikan sebagai NSAID karena hanya menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang lemah."
Lefty

1

Saya akan menyarankan mengambil eucalyptus / mentol permen atau inhalasi Minyak Menthol & Eucalyptus untuk membersihkan hidung Anda.


Anda mungkin ingin menjelaskan ini lebih lanjut. Apa itu eucalyptus / mentol lozenge? Bagaimana kamu menggunakannya? Menjawab pertanyaan ini dalam jawaban Anda akan membantu meningkatkan kualitasnya.
michaelpri

0

Beberapa telah menemukan bahwa klimaks seksual memiliki efek samping membersihkan sinus. Lebih menyenangkan daripada semprotan dekongestan.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola