Bagaimana saya bisa melihat switchports mana yang tidak digunakan?


48

Pada stack switch Cisco Catalyst yang besar, hampir semua switchports ditambal. Saya perlu mengidentifikasi port, yang tidak digunakan, untuk menghubungkan perangkat lebih lanjut.

Mengikuti switchports, kabel, bidang tambalan dan soket ke perangkat akhir yang mungkin melelahkan dan bahkan kemudian mungkin ada soket yang digunakan sementara. Melihat aktivitas LED port tidak dapat diandalkan, karena perangkat pengguna dapat dimatikan.

Apa cara termudah untuk mendeteksi semua switchports yang tidak digunakan melalui perintah IOS?


Apakah ada jawaban yang membantu Anda? jika demikian, Anda harus menerima jawabannya sehingga pertanyaan tidak terus muncul selamanya, mencari jawaban. Atau, Anda bisa memberikan dan menerima jawaban Anda sendiri.
Ron Maupin

Jawaban:


41

Saya sering menggunakan

sh int | i (FastEthernet|0 packets input)

atau sama dengan GigabitEthernet, antarmuka apa pun yang ingin saya periksa.

  • sh int(Yaitu show interfaces) memberikan daftar besar status ste semua antarmuka
  • Simbol pipa |dapat digunakan untuk memfilter, tetapi juga dalam ekspresi pencarian
  • | i(untuk include) memfilter output yang cocok dengan ekspresi pencarian berikut
  • Saya gunakan (...|...)untuk mencocokkan dua kondisi: nama antarmuka dan status yang ingin saya lihat, kita dapat menggunakan ekspresi reguler di sini, seperti ungkapan "atau" ini

Outputnya bisa seperti:

...
FastEthernet1/0/31 is up, line protocol is up (connected)
     95445640 packets input, 18990165053 bytes, 0 no buffer
FastEthernet1/0/32 is up, line protocol is up (connected)
FastEthernet1/0/33 is up, line protocol is up (connected)
FastEthernet1/0/34 is down, line protocol is down (notconnect)
     0 packets input, 0 bytes, 0 no buffer
FastEthernet1/0/35 is down, line protocol is down (notconnect)
FastEthernet1/0/36 is up, line protocol is up (connected)
FastEthernet1/0/37 is down, line protocol is down (notconnect)
     0 packets input, 0 bytes, 0 no buffer
...

Sekarang saya dapat melihat kandidat saya, dengan sebenarnya 0 paket input dari waktu ke waktu, bahkan jika ekspresi saya cocok dengan angka yang berakhir dengan 0. Saya bisa membuatnya lebih sempurna, tetapi mudah diingat juga merupakan manfaat. Nama antarmuka tepat sebelum setiap 0 baris input paket adalah kandidat saya.

  • Periksa setiap antarmuka yang dipilih jika benar-benar tidak digunakan oleh sh int <name>
  • Dari waktu ke waktu, ada baiknya membersihkan penghitung: clear counters [type number]

Ini bisa menjadi praktik yang baik, untuk mematikan switchports yang tidak digunakan. Jadi mudah untuk mengidentifikasi mereka menggunakan sh ip int briatau sejenisnya. Dan Anda tidak mengalami masalah jika Anda menggunakan switchport yang pasti dimatikan sebelumnya.


5
Perangkat # Tampilkan int | i notconnect hanya akan menampilkan antarmuka yang turun / turun.
Artanix

1
Jawaban ini adalah gaya "Network Engineer 1.0". Serius? Pipa untuk disertakan? :) Alih-alih, tarik data dari perangkat dan proses dengan alat UNIX standar dan tulis skrip / program Anda sendiri untuk menghasilkan laporan.
netdad

2
@stefan, tanda kurung tidak diperlukan ... ini berfungsi dengan baik di ios:sh int | i FastEthernet|0 packets input
Mike Pennington

Juga, jika Anda menghapus bagian "Cepat" Anda akan cocok dengan Gig, antarmuka Ethernet cepat dan reguler
Remi Letourneau

28

Pada akhirnya ... DOKUMENTASI. Anda perlu tahu di mana setiap kabel patch menjadi 100% yakin Anda tidak memutuskan sesuatu yang seseorang mungkin harapkan untuk bekerja di beberapa titik. Hanya karena port saat ini "turun" tidak berarti seseorang belum menggunakannya. Juga hanya karena penghitung saat ini nol tidak berarti itu tidak pernah digunakan atau tidak akan digunakan lagi di masa depan (dekat) - penghitung dapat dihapus, dan penghitung diatur ulang ke nol saat boot.

Saya telah bekerja di ISP dan perusahaan besar, dan dokumentasi adalah kunci untuk mengetahui apa. Tanpa itu, tebakan acak akan menyebabkan banyak hari yang buruk ... pelanggan menjadi agak kesal ketika Anda menjalankan saluran DSL mereka ke orang lain, menduplikasi penugasan alamat, mematikan antarmuka yang salah, dll. Lemari kawat perusahaan bisa sangat berantakan; tanpa dokumentasi, melacak lusinan kabel di antara ribuan bisa jadi menyusahkan (dan sesuatu yang sederhana seperti deskripsi port dihitung.)


2
Saya setuju, dokumentasi sangat penting dan saya mendokumentasikan tambalan dan konfigurasi port. Hanya di kantor besar di mana 98% port memiliki konfigurasi standar yang sama, dan tempat kerja berubah dengan cepat, dan penambalan dilakukan oleh meja layanan tingkat 1, saya tidak dapat mendokumentasikan dengan aman, jadi saya perlu memeriksa apa yang digunakan sama sekali. Tentu saja port non-standar tidak akan disentuh tanpa mendokumentasikan.
Stefan

Harus memilih yang satu ini (saya pikir ini yang pertama ..) pertanyaan ini lebih lanjut tentang "apa yang bisa saya audit sekarang" versus "apa yang saya pikir saya miliki?" Dokumentasi hebat. Terkadang, tidak relevan.
netdad

" untuk menghubungkan perangkat lebih lanjut " jadi dia mencari port gratis untuk digunakan di tempat lain, bukan mengaudit infrastrukturnya. Dokumentasi yang tepat adalah satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti, singkatnya ... melacak kabel (yang katanya sangat menyakitkan).
Ricky Beam

2
Dokumentasi sangat bagus dan sangat membantu ketika Anda memilikinya. Namun, kadang-kadang Anda "mewarisi" jaringan dengan sedikit atau tanpa dokumentasi dan tidak ada cara untuk mengumpulkannya. Sebagai contoh, satu jaringan tempat saya bekerja memiliki ribuan port switch dan dalam satu bangunan panel patch diberi label "Bob M.", "Sally J.", dll. Terkadang Anda hanya perlu terus maju dengan informasi yang dapat Anda kumpulkan (dan berharap Anda memiliki dokumentasi).
YPelajari

Dokumentasi juga tidak selalu 100% akurat. Tetapi pada akhirnya, ada dokumen Anda dan ada melacak port sampai akhir. Mungkin ada beberapa pendekatan yang ditawarkan untuk mendeteksi aktivitas terbaru (di mana yang terbaru adalah sejak peristiwa counter zeroing), tetapi Anda masih berisiko menggunakan kembali port yang seseorang anggap masih terhubung. Saya telah digigit menggunakan kembali port yang saya pikir orang tidak menggunakan lagi - hukum Murphy.
Ricky Beam

12

saya juga suka

sh int | inc line protocol is|Last input

output yang mana

FastEthernet0/29 is down, line protocol is down (notconnect)
  Last input never, output never, output hang never
FastEthernet0/30 is up, line protocol is up (connected)
  Last input never, output 00:00:07, output hang never
FastEthernet0/46 is down, line protocol is down (notconnect)
  Last input never, output 6d23h, output hang never

Parameter output memberi tahu Anda ketika port melihat lalu lintas terakhir yang berguna untuk mengidentifikasi port-port yang hanya sesekali digunakan.

EDIT: Juga perlu diperhatikan (karena alasan di luar cakupan pertanyaan ini) adalah bahwa "Input terakhir" hampir selalu "tidak pernah"


Saya suka ini sampai saya mencobanya dan memperhatikan bahwa antarmuka manajemen pada F5 utama saya mengatakan "Input terakhir tidak pernah" tetapi juga menunjukkan "input paket 136217193". Saya baru saja menggunakan F5 beberapa menit yang lalu, jadi saya cukup yakin bahwa antarmuka sedang digunakan dan berfungsi.
Dave Noonan

Poin baiknya, saya menambahkan edit untuk menjelaskan. Ini adalah perilaku yang diharapkan. Juga, saya membuka pertanyaan baru ( networkengineering.stackexchange.com/questions/664/… ) untuk membahas maksud Anda.
Mike Marotta

1
@ Mikeikearotta Jadi dari ini, dapatkah kita menyimpulkan bahwa perintah ini sebenarnya tidak baik karena hasilnya tidak dapat diandalkan?
jwbensley

Sementara input terakhir hampir selalu tidak pernah, nilai output harus menjadi apa yang Anda lihat dan ini tidak perlu dilakukan.
YPelajari

11

Saya suka jawaban @ Stefan tetapi dengan baris perintah ini "sh int | i (Ethernet | 0 packets input)" yang sekarang mengambil semua jenis antarmuka Ethernet dan menyaring nomor bukan nol yang kebetulan berakhir dengan nol. Dia menyebutkan bahwa beberapa penyempurnaan mungkin dilakukan sehingga ini hanyalah satu contoh.

Pilihan lain adalah ...

  sh int counters | i (Port|_0             0             0             0)

Ya, spasi putih dibutuhkan. Cara termudah untuk mendapatkan ruang yang benar adalah melakukan "penghitung int" dan menyalin garis dengan semua nol. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah bahwa separuh jalan perubahan daftar dari Input, yang kita inginkan, ke Output, yang kita tidak peduli untuk menemukan port yang tidak digunakan. Ini memiliki keuntungan menampilkan HANYA port tanpa input sehingga Anda tidak perlu menyingkirkan port yang digunakan seperti yang Anda lakukan dengan metode Stefan.


1
Gunakan awk. Jangan khawatir tentang ruang gila.
netdad

3
Saya tidak percaya awk tersedia di IOS CLI. Jika demikian maka saya marah karena saya tidak melakukannya karena akan sangat berguna.
Dave Noonan

1
Lihat jawaban saya. Maksud saya adalah Anda harus menarik info dari perangkat (melalui SNMP atau lainnya) atau salin tempel output ini ke kotak UNIX favorit Anda dan lakukan pekerjaan di sana. Seluruh dunia kemudian tersedia.
netdad

4
+1, Secara teknis Anda dapat menggunakan show int counters | i _0_.*_0_.*_0_.*_0_alih-alih spasi ... juga jawaban Anda perlu sh int counters | i (Port|_0 0 0 0)(perhatikan garis bawah terkemuka, yang diinterpretasikan IOS sebagai spasi)
Mike Pennington

5
Regex yang tepat didukung pada versi iOS terbaru (saya mencoba ini pada 3560 pada 12.2 (55) SE7), jadi regex yang bekerja paling sederhana untuk melakukan apa yang Anda sarankan show interfaces counters | inc ( +0 +0 +0).
Paul Gear

11

Saya akan mengikis output (atau ambil dengan SNMP, bahkan lebih baik) dan menggunakan alat UNIX standar untuk menguraikannya. Berikut ini contoh mudahnya:

Di sini, saya menyimpan sebagian output dari 'show int counters' (hanya untuk tujuan demo) ke file yang disebut "counter".

[mkantows@ochofu049]$ cat counters
Port            InOctets    InUcastPkts    InMcastPkts    InBcastPkts
Gi1/0/1                0              0              0              0
Gi1/0/2      94949242720      556137619         571828          57745
Gi1/0/3       1522191492        8663327        1105299          55269
Gi1/0/4       3743856345       18565173        1275617          53658
Gi1/0/5                0              0              0              0
Gi1/0/6                0              0              0              0

Sekarang, gunakan awk untuk menghasilkan laporan semua port yang memiliki keempat bidang penghitung nol:

[mkantows@ochofu049]$ cat counters | awk '{if ($2 == 0 && $3 == 0 && $4 == 0 && $5 == 0) print $1}'
Gi1/0/1
Gi1/0/5
Gi1/0/6

Gagasan utama di sini adalah untuk mendapatkan data apa pun yang Anda gunakan dari perangkat sehingga Anda dapat melakukan penguraian dan pelaporan yang lebih cerdas / kompleks / sederhana / apa pun.

CATATAN Untuk beberapa perangkat, menggunakan utilitas Linux seperti "layar" untuk mencatat keluaran dari koneksi tty dapat membuatnya sangat efisien untuk dengan cepat menemukan port yang tidak digunakan pada beberapa perangkat cisco. (dalam satu file log) jalankan perintah seperti berikut ... di mana "HOSTNAME" adalah bagian universal dari skema hostname skema Cisco perangkat kucing Anda | awk '{if ($ 1 == HOSTNAME ) || ($ 2 == 0 && $ 3 == 0 && $ 4 == 0 && $ 5 == 0) cetak $ 1} '


1
Bagus! Kadang juga mudah untuk mem-pipe file melalui grepdan sed.
Stefan

Tepat - alat UNIX standar apa pun untuk menyelesaikan pekerjaan. Poin utamanya adalah "jangan lakukan itu di router, itu terlalu menyakitkan" :)
netdad

6
Saya tidak akan downvote, tetapi Anda benar-benar harus menyelidiki ekspresi reguler IOS ... CLI yang saya sertakan di akhir komentar jauh lebih mudah daripada mengisap CLI ke mesin unix dan kemudian menggunakan beberapa mantra awk ...show int counters | i _0_.*_0_.*_0_.*_0_
Mike Pennington

7

Saya baru jadi saya tidak bisa memilih jawaban @ netdad dan @mike pennington - tapi saya suka mereka. Untuk mengambil jawaban @Mike Pennington sedikit lebih jauh, dengan asumsi Anda telah menghapus penghitung baru-baru ini, Anda dapat menjalankan perintah ini juga:

switch#sh int count | i 0 +0 + 0 +0
Gi1/3                       0             0             0             0
Gi1/11                      0             0             0             0
Gi1/19                      0             0             0             0
Gi1/21                      0             0             0             0

Regex di sini mengatakan "0" diikuti oleh 1 atau lebih spasi diikuti oleh "0" diikuti oleh 1 atau lebih spasi diikuti oleh "0" diikuti oleh 1 atau lebih spasi diikuti oleh final "0".

Semoga ini membantu.


5

Saya selalu menggunakan

show interfaces status

Ini semua bagus dan bagus.


3
Tentu, itu gambaran umum yang bagus, tetapi karena tidak menunjukkan penghitung paket, kami tidak dapat melihat apakah suatu perangkat dimatikan atau terputus, tetapi port mungkin digunakan dari waktu ke waktu. Bisa jadi kejutan bagi pengguna itu jika saya menggunakan port untuk tujuan yang berbeda hanya karena sedang down atau tidak terhubung pada waktu itu.
Stefan

Aah ok lihat apa yang Anda maksud ... Saya menghapus counter setiap tahun .. Jadi bagi saya dalam kasus ini sebuah counter sh berfungsi dengan baik tetapi Anda harus menghapus counter Anda setiap sekarang dan kemudian ...
user209

Saya suka menambahkan | ex connecteditu.
Paul Gear

5

Jika Anda perlu melakukan ini secara teratur, tidak ada yang mengalahkan Perl dan Net :: Telnet :: Cisco. Anda dapat login ke sejumlah X router, ambil semua informasi pada antarmuka yang Anda inginkan, parsing output, dan cetak ke file atau email dengan Net :: SMTP atau cetak ke output standar. Saya dapat memberikan contoh jika Anda mau, tetapi cukup mudah.

Atau, jika Anda tidak dapat melakukan hal ini dalam iOS, skrip TCL berikut akan memberikan Anda hasil yang Anda inginkan dalam format yang bagus dan bersih:

set show_counters [exec show interfaces counters | i 0 +0 +0 +0]
set line [split $show_counters "\n"]
foreach record $line {
    set fields [join $record " "]
    foreach field $fields {
        if { $field != 0 } {
            puts $field
        }
    }
}

Saya menawarkan ini karena TCL dan bagaimana melakukan ini [IMHO] sedikit lebih mudah diakses daripada Perl


5

Saya biasanya menggunakan sh int des | ex up, yang akan mencantumkan semua port yang dalam keadaan down


Bekerja, tetapi saya harus mengatakan saya menemukan output show interfaces statuslebih bermanfaat.
Paul Gear

4

Inilah salah satu yang saya gunakan baru-baru ini untuk menghapus kabel dari port yang belum melihat aktivitas apa pun selama setidaknya enam minggu:

show int | i proto.*notconnect|proto.*administratively down|Last in.* [6-9]w|Last in.*
[0-9][0-9]w|[0-9]y|disabled|Last input never, output never, output hang never

3
sh int | i ( 0 packets input)|proto|Desc

Ruang terdepan dengan 0 akan mengecualikan angka yang lebih besar yang berakhir dengan nol.

Lebih baik memiliki port shutdown (dinonaktifkan) sampai mereka terbiasa. Berisiko untuk mengubah vlan akses switchport , misalnya, pada port yang sudah ada kecuali Anda dapat yakin itu tidak sedang digunakan.

Output mungkin terlihat seperti di bawah ini, memberi tahu kita bahwa switchport pada g8 / 18 dinonaktifkan dengan 0 paket sejak penghitung terakhir kosong saat g8 / 19 sedang digunakan (dari tidak adanya "input 0 paket").

GigabitEthernet8/18 is administratively down, line protocol is down (disabled)
  Description: 3a30
     0 packets input, 0 bytes, 0 no buffer
GigabitEthernet8/19 is up, line protocol is up (connected)
  Description: 4a25.vmhost112 (vmnic5)

Untuk mengetahui jack panel patch mana yang terlibat, gunakan bidang Deskripsi untuk membantu Anda mendokumentasikan. Panel patch harus terhubung ke switchports secara konsisten, sehingga mudah untuk didokumentasikan karena jack panel patch untuk switchport dapat diprediksi. Saya menggunakan format Rack-Row-Jack dalam deskripsi + nama host untuk melacak, tetapi dengan cara kental. 4b27 akan menjadi baris rak 4, baris b, jack 27 diikuti oleh hostxyz atau apa pun nama hostnya. Jadi deskripton saya bertuliskan 4b27.hostxyz.


3

Bagaimana dengan menggunakan tabel MAC? Ini daftar alamat MAC dengan antarmuka dan umur mereka keluar. Anda harus mengeluarkan daftar dari iOS untuk melakukan daftar alamat unik yang difilter.


3
 sh int | in is down|input never, output never

FastEthernet0 is administratively down, line protocol is down 
  Last input never, output never, output hang never
GigabitEthernet1/0/2 is down, line protocol is down (notconnect) 
GigabitEthernet1/0/4 is down, line protocol is down (notconnect) 
  Last input never, output never, output hang never
GigabitEthernet1/0/13 is down, line protocol is down (notconnect) 
  Last input never, output never, output hang never
GigabitEthernet1/0/24 is down, line protocol is down (notconnect) 
  Last input never, output never, output hang never

Anda dapat dengan mudah ini ke sh int | in (down | output never) yang lebih mudah diketik dan akan memberikan hasil yang sama.
YPelajari

2

BAIK. Sesuatu yang bekerja pada semua sakelar mulai dari 2900 (tidak memiliki yang lebih tua untuk diuji) dan hanya menunjukkan port bawah.

sh int | i is down

Saya ingin menggunakan sh int statustetapi setelah itu hasilnya adalah connecteddan notconnected, jadi singkirkan atau sertakan tidak ada gunanya karena kata terhubung adalah bagian dari keduanya, sehingga Anda mendapatkan ceritanya.

Dalam kasus saya pada 3524 saya mendapatkan bahwa di bawah ini dengan kedua perintah untuk membuatnya jelas berfungsi:

SD-LIB-C3524#sh int status

Port    Name               Status       Vlan     Duplex Speed   Type
------- ------------------ ------------ -------- ------ ------- ----
Fa0/1                      notconnect   10         Auto    Auto 100BaseTX/FX
Fa0/2                      notconnect   10         Auto    Auto 100BaseTX/FX
Fa0/3                      connected    10       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/4                      notconnect   10         Auto    Auto 100BaseTX/FX
Fa0/5                      notconnect   10         Auto    Auto 100BaseTX/FX
Fa0/6                      notconnect   10         Auto    Auto 100BaseTX/FX
Fa0/7                      notconnect   10         Auto    Auto 100BaseTX/FX
Fa0/8                      notconnect   10         Auto    Auto 100BaseTX/FX
Fa0/9                      connected    10       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/10                     notconnect   10         Auto    Auto 100BaseTX/FX
Fa0/11                     connected    10       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/12                     connected    10       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/13  WiFi SD-LIB-15     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/14  WiFi SD-LIB-22     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/15  WiFi SD-LIB-16     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/16  WiFi SD-LIB-23     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/17  WiFi SD-LIB-17     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/18  WiFi SD-LIB-24     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/19  WiFi SD-LIB-18     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/20  WiFi SD-LIB-14     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/21  WiFi SD-LIB-19     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/22  WiFi SD-LIB-21     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/23  WiFi SD-LIB-20     connected    40       A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Fa0/24  SD-LIB-3C4500-50P  connected    trunk    A-Full   A-100 100BaseTX/FX
Gi0/1                      notconnect   trunk      Auto    1000 Missing
Gi0/2                      notconnect   10         Auto    1000 Missing

SD-LIB-C3524#sh int | i is down
VLAN1 is up, line protocol is down
FastEthernet0/1 is down, line protocol is down
FastEthernet0/2 is down, line protocol is down
FastEthernet0/4 is down, line protocol is down
FastEthernet0/5 is down, line protocol is down
FastEthernet0/6 is down, line protocol is down
FastEthernet0/7 is down, line protocol is down
FastEthernet0/8 is down, line protocol is down
FastEthernet0/10 is down, line protocol is down
GigabitEthernet0/1 is down, line protocol is down
GigabitEthernet0/2 is down, line protocol is down
SD-LIB-C3524#

Koreksi, koneksi adalah bagian dari keduanya, tetapi Anda dapat mengecualikan terhubung untuk mendapatkan output yang diinginkan.
YPelajari

0

Ini sedikit curang, tetapi jika semuanya hanya terpasang pada satu perangkat akhir, Anda dapat mengaktifkan keamanan port dengan alamat mac yang lengket. Periksa kembali beberapa saat (betapapun lama yang Anda harapkan adalah jumlah waktu yang masuk akal untuk mengasumsikan bahwa seseorang akan menggunakan komputer atau tidak ada) dan konfigurasi yang berjalan akan menunjukkan kepada Anda jika ada sesuatu yang menggunakan port tersebut. Saya cukup yakin Anda dapat menggunakan alamat mac sticky dengan maks lebih dari 1 per antarmuka jika Anda menggunakan telepon VoIP dan komputer pada port yang sama, tapi saya tidak yakin.


Saya tidak ingat perintahnya tetapi Anda pasti dapat mengatur MAC maks ke lebih dari satu.
Dave Noonan

Di bawah antarmuka, "switchport port-security maksimum 2" atau nomor apa pun yang Anda inginkan.
Dave Noonan

Saya tahu Anda dapat mengubah alamat mac maksimum yang diijinkan dengan keamanan port, saya hanya tidak tahu apakah Anda dapat mempelajari lebih dari satu melalui sticky.
Avery Abbott

0

Oh hari-hari ketika itu mudah hanya mengetik:

switch 1#show ver | in uptime
switch 1 uptime is 28 weeks, 6 days, 20 hours, 19 minutes

switch 1#show inter link | in 28 weeks
Fa3/1                      28 weeks, 6 days, 20 hours, 19 minutes 16 secs
Fa3/2                      28 weeks, 6 days, 20 hours, 19 minutes 16 secs

(itu pada versi 4500 menjalankan 12.2 (20))


0

Saya berpikir bahwa dalam lingkungan Cisco cara terbaik adalah dengan versi pertunjukan untuk mengetahui waktu aktif dan sesudahnya

menunjukkan antarmuka akuntansi

Interface Vlan1 is disabled
Vlan810 
            Protocol    Pkts In   Chars In   Pkts Out  Chars Out
                  IP     709229   73055034     232297   33127143
                 ARP        738      44280         70       4200
FastEthernet0/1 
            Protocol    Pkts In   Chars In   Pkts Out  Chars Out
No traffic sent or received on this interface.

FastEthernet0/2 
            Protocol    Pkts In   Chars In   Pkts Out  Chars Out
               Other          0          0         19       6669
       Spanning Tree          0          0      18588    1115280
                 CDP          0          0        658     309918

1
Kolom mana yang secara spesifik Anda katakan harus dipertimbangkan dan bagaimana hal itu membantu untuk mengetahui apakah switchports digunakan atau tidak?
generalnetworkerror

0

hanya menggunakan perintah iOS agak rumit - Anda akan melewatkan yang aneh. Saya sarankan seperti orang lain untuk menggunakan snmp (solarwinds memiliki sejumlah alat gratis yang mungkin ingin Anda lihat) dan untuk memantau perangkat selama beberapa hari (beberapa minggu jika perlu)

Untuk bagian melelahkan yang Anda sebutkan dengan melacak kabel dll. Apa yang saya lakukan untuk meminimalkan pekerjaan dengan memetakan port switch untuk menambal port dll adalah membersihkan counter dan kemudian beberapa hari kemudian menggunakan perangkap snmp dan kemudian mencabut patchpanel untuk 1-2 detik dan begitu saya mendapat entri pada snmp trap monitor / receiver (port x pada modul y turun), saya hanya melakukan hal yang sama lagi untuk memverifikasi (bukan bahwa seseorang hanya mematikan perangkat secara tidak sengaja di salah satu port). Mungkin perlu 5 menit untuk panel 24 port - jadi ini agak cepat. Untuk yang sudah mati - kembali saja lain kali. Jika mereka masih mati, dan tidak ada perubahan pada penghitung maka aman untuk mengasumsikan port sebenarnya tidak digunakan.


0

Saya biasanya menggunakan "tampilkan status antarmuka" dan variasi di atasnya, tetapi saya juga menggunakan perangkat lunak sumber terbuka yang disebut "Switchmap" untuk memberikan tampilan grafis sederhana dari antarmuka. Satu manfaat besar dari ini adalah bahwa jika sebuah port naik / turun akan memberi tahu Anda berapa lama lalu lintas itu ada di sana dan Anda dapat menelepon dari sana apakah Anda harus menggunakannya kembali atau tidak.

http://sourceforge.net/projects/switchmap/

Ini menghemat pengetikan :-)


0
test cable diagnostics tdr interface *intname here*

Ini akan menunjukkan kepada Anda apakah kabel yang terpasang ke switchport benar-benar terhubung ke apa pun. Terlepas dari statusnya. Ganti testdengan showuntuk mendapatkan status.


1
Ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan show int status. Jika saya mencabut laptop saya untuk pulang pada hari itu, maka port saya mungkin dipindahkan pada pagi hari.
Ricky Beam

0

Kami memiliki masalah ini di perusahaan kami. Kami menggunakan korelasi dari output perintah "show arp" dan "show mac address-table" untuk mengkorelasikan Alamat MAC dari semua komputer / perangkat di premis kami.

Pertama, Anda perlu membuat daftar IP dan MAC dari perangkat di jaringan Anda, dan menghubungkannya dengan antarmuka yang sesuai menggunakan perintah di atas ...


0

Tampilkan singkat antarmuka IP adalah favorit pribadi saya.

Membuatnya sedikit lebih mudah bagi Anda untuk melihatnya. Jika tidak, ada banyak alat di luar sana untuk membantu melacak penggunaan port di banyak sakelar.


-1

Pada perangkat Cisco, Anda dapat menggunakan;

sh int status

Sementara pada perangkat HP, perintahnya adalah;

sh int brief

-2

Saya pikir Anda mencari jumlah berdasarkan status? setidaknya itu terdengar seperti pertanyaan Anda.

show interfaces status | count notconnect|connected

memberi Anda hitungan bagus tentang apa yang terhubung atau tidak.


OP tampaknya secara khusus menanyakan switchports mana yang tidak digunakan sehingga ia dapat menghubungkan perangkat baru ke sana, bukan berapa banyak yang tidak digunakan.
Teun Vink
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola 体育新闻| 8868体育| 8868体育| 体育新闻>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| <蜘蛛词>| 8868体育| 8868体育| 8868体育|