Apa itu bokeh?


121

Saya mengerti bahwa "bokeh" mengacu pada area yang tidak fokus pada gambar - tetapi jelas ada lebih dari itu. Apa arti istilah itu sebenarnya? Seberapa baik bokeh benar-benar dipahami? Apakah ini murni subjektif, atau dapatkah dievaluasi, diukur, diklasifikasikan? Dan bagaimana bokeh dapat dibandingkan dan dikontraskan dalam lensa yang berbeda?

Jawaban:


110

Yang paling penting: Ini bukan hanya disk yang dirender dari sumber titik , meskipun itu cara paling sederhana untuk menggambarkan dan melihatnya. Disk hanyalah sebuah steno; karakteristik lensa yang menghasilkan disk ini selalu ada; itulah yang menentukan tampilan area tidak fokus di setiap foto yang Anda ambil!

Di satu sisi, itu cukup dipahami dalam sebab dan akibat yang cukup terkenal. Di sisi lain, apa yang membuat satu jenis "baik" atau "buruk" adalah (seperti halnya banyak hal) sangat subyektif dan peka terhadap konteks. Konsensus umum adalah bahwa bokeh yang baik membuat latar belakang yang mulus tanpa artefak, tetapi seperti banyak hal lainnya, dimungkinkan untuk membuat gambar yang baik dengan bokeh yang "buruk"; bahkan mungkin gambar yang bagus karena bokeh 'buruk', seperti contoh dengan lubang berbentuk.

Bentuk: Bentuk disk ditentukan oleh bentuk bukaan, dan dijelaskan dengan baik dalam jawaban lain (meskipun lihat juga catatan pada 'distorsi' di bawah).

Brightness: Kecerahan melintasi disk dipengaruhi oleh aspek lensa lainnya, terutama tingkat penyimpangan sferisnya. Ada tiga situasi dasar, disimulasikan di sini:bokeh

Di tengah adalah apa yang Anda dapatkan dari lensa yang dikoreksi sempurna (atau dekat dengan itu): disk menyala secara merata dari ujung ke ujung - ini adalah situasi di sejumlah besar lensa modern.

Di sebelah kiri adalah bokeh "halus": pusat terang dengan penurunan bertahap ke arah tepi. Inilah yang umumnya dianggap diinginkan, karena menyatu dengan lancar dan menghilangkan tepi keras di latar belakang.

Di sebelah kanan adalah apa yang saya sebut bokeh "garis terang"; eksterior cerah yang memudar ke arah tengah. Saya akan menekankan bahwa sementara Anda mendapatkan bentuk "donat" yang serupa dari lensa katadioptrik, Anda dapat melihat efek garis terang ini di banyak lensa lain juga pada tingkat yang lebih rendah. Klasik, ini adalah jenis bokeh yang kurang diinginkan, karena akan menekankan tepi di latar belakang, kadang-kadang sampai batas menjadikannya sebagai garis paralel.

Ketika Anda mendapatkan masing-masing tipe sangat tergantung pada aberasi bola, dengan rendering latar menjadi yang paling penting:

  • Lensa yang kurang dikoreksi biasanya akan memperlihatkan bokeh yang halus di latar belakang, dengan tipe bermata cerah di latar depan. Banyak dari lensa potret klasik sengaja dirancang dengan cara ini, dan itu juga apa yang sebagian besar bertanggung jawab untuk tampilan "krem" yang sangat halus dari banyak desain lensa lama seperti Zeiss Sonnar atau Voigtl?nder Heliar.

  • Penyimpangan bola yang terlalu dikoreksi akan menghasilkan yang sebaliknya; bokeh yang lebih halus di depan bidang fokus, yang lebih kasar di belakang. Ini sering merupakan karakteristik lensa yang cepat dan tajam, seperti banyak desain 50mm f / 1.4, serta beberapa desain makro (di mana ketajaman menjadi prioritas). Walaupun jenis bokeh ini mungkin yang "buruk" secara klasik, efeknya biasanya tidak ekstrem, dan karakteristik lensa lainnya dapat lebih dari sekadar menebusnya.

Distorsi : Idealnya, semua disk akan bulat dan bentuknya serupa, tetapi berbagai aspek lensa lainnya akan meregangkannya menjadi oval (astigmatisme, lengkungan medan), membuat ekor kecil (koma), atau bahkan mungkin ada penghalang mekanis yang terputus ujung-ujungnya. Semua ini cenderung jauh lebih jelas saat Anda bergerak ke tepi bingkai.

Warna : Chromatic aberrations akan mewarnai disk; lateral chromatic aberrations akan membuat magenta / fringing hijau yang akrab, dan aberasi chromatic longitudinal akan menyebabkan sedikit warna dilemparkan ke seluruh area disk, yang akan menjadi warna yang berbeda di depan bidang fokus daripada di belakang.

Contoh dan tautan :

  • http://www.rickdenney.com/bokeh_test.htm untuk pengujian yang sangat menyeluruh dari sejumlah lensa dan desain lensa yang berbeda. Jika Anda ingin melihat contoh bokeh "baik" klasik, contoh Sonnar-nya layak untuk dicoba.

  • http://jtra.cz/stuff/essays/bokeh/ adalah artikel bagus lainnya dengan detail dan contoh praktis.

  • Mike Johnson memiliki esai yang menarik tentang masuknya istilah "boken" ke dalam bahasa Inggris. Dia juga menautkan daftar peringkat berbagai lensa [PDF] (sayangnya hanya dengan dua contoh). Untuk menekankan sifat subjektif dan variabel dari berbagai hal, desain Sonnar yang sama dipuji oleh Denney mendapat 5/10 dari Johnson (yang saya pikir menggunakan versi Contax SLR yang lebih baru).


6
Jawaban yang luar biasa. Berikut ini adalah perbandingan visual yang bagus untuk mengikuti beberapa dari apa yang Anda sebutkan: rickdenney.com/bokeh_test.htm
Eruditass

2
@Eruditas - itu tes paling menyeluruh, dengan beberapa lensa paling tidak jelas, yang pernah saya lihat. Cemerlang. Saya telah menambahkannya ke jawabannya.
ex-ms

Wow, terima kasih tuan. Anda mencapai klasifikasi dan pengukuran dengan sangat ringkas, dan dengan demikian sarana untuk evaluasi. Saya harus meneliti jawaban Anda untuk pertanyaan lain di situs ini ...
Chris Noe

Tautan baik lainnya ada di sini: jtra.cz/stuff/essays/bokeh
Eruditass

49

Saya pikir cara terbaik untuk menggambarkan Bokeh adalah dengan menunjukkan Bokeh:

Dalam sorotan Referensi: Dalam Sorotan oleh Healzo

"Lingkaran" latar belakang buram adalah apa yang biasanya kita sebut sebagai Bokeh, namun secara umum lebih mengacu pada kualitas latar belakang buram. Gambar di atas memiliki beberapa bokeh yang sangat bagus, karena lingkarannya benar-benar bundar, umumnya diarsir secara merata di seluruh lingkaran, ada dan terlihat, tetapi tidak terlalu mengganggu dari subjek latar depan. Bokeh yang kurang diinginkan dapat menunjukkan bentuk poligonal, jika aperture lensa cukup dihentikan. Bokeh "Bagus" umumnya hanya terjadi pada aperture maksimum, atau hampir seperti itu.

Pada akhirnya, terserah Anda untuk memutuskan bokeh apa yang Anda inginkan dalam bidikan Anda. Beberapa seniman lebih suka bokeh mereka halus dan lembut, tanpa lingkaran yang jelas. Saya pribadi suka efek ini untuk bidikan burung, karena benar-benar menonjolkan subjeknya. Seniman lain suka mengambil bidikan di mana bentuk poligonal dari sumber cahaya titik di latar belakang adalah bagian dari subjek utama bidikan. Bokeh hadir dalam beragam, mulai dari lingkaran bermata lunak, hingga lingkaran penuh, padat, hingga lingkaran dengan cincin cerah (atau dua) di sekitarnya, hingga berbagai bentuk. Pada dasarnya, jenis dan kualitas kekaburan latar belakang dalam sebuah foto adalah alat artistik, yang dapat Anda gunakan dengan cara apa pun yang menurut Anda bermanfaat bagi bidikan Anda.

Tidak semua lensa mampu menghasilkan bokeh latar belakang berkualitas baik. Secara umum, kedalaman bidang yang lebih pendek memungkinkan area yang lebih besar tidak fokus, sehingga lubang yang lebih luas biasanya membantu, terutama untuk jarak fokus yang lebih pendek. Lensa makro apa pun yang layak namanya akan memiliki aperture f / 2.8 setidaknya. Lensa tele umumnya tidak perlu cukup lebar untuk membuat bokeh yang hebat karena mereka memampatkan kedalaman dengan lebih baik. Jenis bilah aperture yang digunakan, dan jumlah totalnya, juga akan memengaruhi bokeh. Lebih banyak bilah umumnya menghasilkan bokeh yang lebih baik, namun lebih dari 8 dan Anda mendapatkan hasil yang semakin berkurang. Pisau melingkar dirancang sedemikian rupa sehingga ujung-ujungnya melengkung di sekitar ujungnya, yang membantu menjaga lubang bukaan aperture pada lubang yang lebih luas (namun saat Anda berhenti, Anda mungkin masih berakhir dengan bentuk poligonal). Dimungkinkan juga untuk menggunakan lubang non-standar dalam bentuk artistik untuk menciptakan efek bokeh yang menarik. Lensbaby menawarkanCreative Aperture Kit dengan berbagai lubang berbentuk.


Permintaan maaf, mungkin cara yang buruk untuk menggunakan "lingkaran kebingungan". Saya pada dasarnya berarti segala sesuatu di luar "sangat tajam", yang seperti yang saya mengerti, adalah lingkaran kebingungan. *** Nah, ada komentar tentang itu beberapa saat yang lalu ... tidak yakin ke mana
perginya

Itu aku; Saya menghapusnya karena sesuatu diklik untuk saya pada bacaan kedua dan saya mengerti.
ex-ms

3
Itu contoh bokeh yang bagus. Terima kasih atas wawasannya.
Chris Noe

Ha, Creative Aperture Kit itu menarik :-).
Tom

Teknik apa yang harus digunakan untuk mencapai bokeh kental daripada bokeh bundar? Punyaku selalu keluar melingkar di f1.8. Haruskah saya lebih jauh dari subjek saya dan kemudian memperbesarnya?
Jon

27

Bokeh, dalam definisi paling teknisnya, adalah bentuk yang dihasilkan dengan mengambil gambar yang tidak fokus dari satu titik cahaya. Bokeh yang tumpang tindih dari semua titik cahaya yang tak terhitung jumlahnya yang membentuk pemandangan menciptakan kekaburan di area yang tidak fokus.

Orang mungkin memiliki preferensi yang berbeda, tetapi sebenarnya hanya ada beberapa kualitas bokeh yang dapat diukur.

  • Apa bentuk fundamental yang dimilikinya? Heksagonal? Heptagonal? Apakah tepinya rata atau bulat? (Bentuk ini dihasilkan oleh bilah aperture.)
  • Apakah tepinya tajam atau buram?
  • Apakah disk dengan kecerahan seragam, atau lebih terang di tengah, atau di tepinya?

2
Bagus, jawaban singkat. Meskipun saya menambahkan bahwa itu tidak terbatas pada disk yang disebabkan oleh sumber titik, tetapi juga bagaimana mereka menggabungkan dan membentuk latar belakang secara umum. Lensa yang memperlihatkan cakram yang dirender dengan lembut juga akan cenderung memiliki latar belakang yang lebih lembut secara umum.
ex-ms

Saya telah diedit untuk (secara singkat) menjelaskan ini.
Evan Krall

Sebenarnya saya pikir ini tidak benar; tepatnya, bokeh bukan bentuk ini sendiri, tetapi pengaruhnya terhadap rendering area yang tidak fokus.
mattdm

22

Area yang tidak fokus dikaburkan dalam bentuk yang cocok dengan bukaan lensa. Bentuk akhir biasanya melingkar saat memotret dengan lebar terbuka, tetapi ketika berhenti, bilah apertur memodifikasi bentuk, misalnya, dengan 6 bilah, bokeh mungkin akan berbentuk heksagonal.

Salah satu contoh bokeh bundar:

http://photozou.jp/photo/show/300845/33311696

Untuk benar-benar menunjukkan efek ini, Anda dapat menggunakan teknik untuk membuat "bokeh berbentuk" . Dengan melakukan itu, Anda bahkan dapat membuat area menampilkan bentuk yang sudah dikenal, seperti pohon Natal atau bintang.

Berikut adalah salah satu contoh bentuk Bokeh.

http://www.flickr.com/photos/stephendl/2100917312/

Secara teknis, Bokeh (atau blur) terkait dengan lingkaran kebingungan kombinasi lensa / sensor.


1
Saya menyukai artikel DIY tentang bokeh.
H?kon K. Olafsen

Gambar pertama Anda di luar situs dan menjadi rusak. Bisakah Anda menemukan contoh lain?
mattdm

18

Orang-orang baik di Zeiss berhasil menulis makalah yang luar biasa dengan topik tidak kurang dari 45 halaman. (Memang, itu berbicara tentang DoF juga)


Tidak ada lelucon tentang kertas itu. Carl Zeiss adalah pria yang sangat cerdas ...
jrista

2
Saya memang mengatakan itu sangat baik, bukan?
stevenvh

3
@jrista: Hah? Dia meninggal pada 1888.
paradroid

1
Terlepas dari panjangnya, dan meskipun keahlian jelas Zeiss dalam optik yang terlibat, saya pikir artikel ini keliru tentang arti bokeh. Jangan pergi ke Jerman untuk bertanya tentang arti kata-kata bahasa Inggris. (Penulis pergi ke seorang teman Jepang dan mendapatkan informasi tentang arti boke , yang menyesatkan, karena mengabaikan sejarah bokeh sebagai kependekan dari boke-aji.)
mattdm

17

Bokeh agak seperti mengevaluasi anggur, ada beberapa evaluasi teknis dan beberapa evaluasi subjektif.

Dari subyektif murni, itu akan menjadi apakah atau tidak itu menyenangkan Anda dan pemirsa, dan itu hal yang halus bagi banyak orang. Keberhasilan bokeh akan tergantung pada seberapa baik subjek muncul dari latar belakang dan apakah Anda benar-benar melihat latar belakang sebagai bagian dari gambar.

Namun, ada beberapa sisi teknis untuk itu juga, yang dapat diukur, untuk menentukan apakah lensa bahkan akan mencapai bokeh yang baik. Lensa cermin, misalnya, sering dituduh memiliki bokeh yang buruk karena bentuk donat yang dihasilkan oleh cahaya, orang menemukan hal ini mengganggu. Untuk lensa biasa, kemampuan untuk menghasilkan bokeh yang baik akan tergantung pada kualitas lensa. Cahaya tidak fokus akan berbentuk aperture, biasanya bundar dan, tergantung pada penyimpangan bola lensa, distribusi cahaya mungkin seragam, ke tepi, atau ke tengah. Anda juga dapat melihatnya berperilaku berbeda di depan bidang fokus atau di belakang.

Saya menyebutkan bentuk aperture. Dalam pengertian tradisional, semakin bukaan diafragma, semakin lembut bokehnya. Jika aperture mengambil tampilan yang lebih heksagonal, itu dapat membuat tepi keras yang terlihat kurang menyenangkan. Namun, fitur ini telah digunakan oleh para fotografer yang membentuk aperture mereka menggunakan kit atau filter DIY. Pada dasarnya, Anda memotong bentuk kecil, mengucapkan hati, dan meletakkannya di depan lensa. Bokeh akan mengambil bentuk hati dan, berpotensi, menciptakan efek yang menarik. Pikiran Anda, itu bisa selesai dan mengambil alih gambar, pada dasarnya berhenti menjadi bokeh.

Hal terakhir yang disebutkan adalah kedalaman bidang. Kedalaman bidang dipengaruhi oleh lensa dan sensor. Lensa telefoto dan makro memiliki kedalaman bidang yang sangat dangkal sehingga biasanya memiliki latar belakang buram yang lebih besar. Lensa sudut lebar cenderung ke kedalaman bidang yang dalam dan seringkali kurang kabur, atau bahkan tidak ada sama sekali di hyperfocal. Untuk sensor, ukuran penting, sensor kecil dari titik dan bidikan akan berjuang untuk membuat bokeh, sensor crop dSLR bisa bagus, tetapi sensor full frame akan menjadi yang terbaik di kelasnya. Sebagian ini adalah kerapatan dan sudut pandang photosite, tetapi juga lensa, sebagian besar titik dan pemotretan tidak dapat cukup membuka aperture.

Ngomong-ngomong, Wikipedia memberikan deskripsi yang bagus, tetapi saya sudah merangkum aspek teknis di sini.


Terima kasih atas wawasannya, John, terutama pada sensor. Apa maksudmu tentang sudut pandang? Apakah boken bervariasi di bidang pandang sehingga mungkin lensa sudut lebar dapat menghasilkan efek yang beraneka ragam?
Chris Noe

10

Bokeh adalah kata yang kami gunakan untuk menggambarkan penampilan kabur yang tidak fokus .

Kata itu datang kepada kita dari frasa Jepang boke-aji (ボ ケ 味), yang secara harfiah berarti "rasa atau rasa buram". Dalam bahasa Inggris, frasa tersebut disingkat sementara .

Hampir semua foto memiliki bokeh - bukan hanya gambar dengan kedalaman bidang yang dangkal. Karena lensa hanya dapat fokus pada satu jarak, semua foto apa pun kecuali objek datar memiliki kekaburan tidak fokus, meskipun dengan lubang sempit dan ukuran tampilan kecil, mungkin tidak terlalu jelas. Bokeh menggambarkan penampilan dan daya tarik estetika dari blur ini. Itu bukan blur itu sendiri, atau bentuk highlight yang tidak fokus (meskipun tentu saja itu berkontribusi pada bokeh).

Jawaban teknis sudah ada di sini menjadi lebih detail (dan sangat bagus) tetapi mungkin diagram ini akan menjelaskan beberapa kebingungan bagi orang lain dengan menunjukkan berbagai jenis blur yang mungkin terjadi dalam gambar, dan bagaimana mereka dikelompokkan bersama:

Blur Venn Diagram

Tentu saja item seperti "filter anti-aliasing" juga memiliki properti lebih lanjut, tetapi bagan itu menjadi cukup rumit; ambil contoh yang memiliki detail lebih banyak.

Beberapa pengguna kata "bokeh" sebenarnya berarti semua aspek blur tidak fokus, termasuk kualitas tetapi juga hal-hal lain. Itu mengarah ke komentar seperti "foto itu punya banyak bokeh"; ini adalah teknis Salah * , karena bokeh tegasnya dapat lebih atau kurang terlihat (tergantung pada jumlah blur background) tapi tidak sendiri sesuatu yang memiliki kuantitas - itu hanya adalah .

Argumen itu mungkin didasarkan pada terjemahan dari kata Jepang "boke" saja. Itu memang berarti hanya "blur" - tetapi itu mengabaikan bagaimana kata itu datang ke dalam bahasa Inggris. Pertimbangkan bagaimana "kegelisahan" hanya berarti "takut" dalam bahasa Jerman, tetapi memiliki konotasi yang kuat tentang kecemasan mendalam atau bahkan rasa takut eksistensial dalam bahasa Inggris. Berargumen bahwa itu berarti ketakutan sama sekali dalam bahasa Inggris tidak masuk akal. Atau, sebaliknya, saya mengerti bahwa "perangkat keras" dalam bahasa Jerman berarti perangkat keras komputer , yang mengarah ke hiburan berjalan ke toko yang menjual pengencang, palu, dan kaleng cat. Bagaimanapun, mungkin tidak ada gunanya berdebat dengan ini. Sebaliknya, ketika berkomunikasi, perlu diketahui bahwa beberapa orang akan memiliki definisi yang berbeda dalam pikiran.

Di sisi lain itu, saya (walaupun baru-baru ini) pernah mendengar orang mengatakan bahwa bokeh harus diartikan hanya kualitas blur latar depan , bukan latar belakang blur. Tetapi saya tidak berpikir bahwa perbedaan ini tersebar luas sama sekali; Saya pikir aman untuk mengatakan bahwa itu akan menjadi langkah juga, uh, fokus.

Anda juga bisa melihat "bola bokeh". Dengan ini, orang hanya menyoroti highlight specular yang sangat tidak fokus dalam bentuk aperture - biasanya, bulat untuk lensa terbuka lebar, jadi, "bola". Mengingat semua hal di atas, saya pikir ini adalah istilah yang buruk dan akan menghindarinya, tapi ... itu pasti dalam bahasa diskusi fotografi online.


1
Diagram yang menarik!
Rafael
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola