Kapan perbedaan antara APS-C dan sensor bingkai penuh penting, dan mengapa?


117

Saya mencoba untuk memutuskan SLR digital kelas atas, dan saya akan memilih antara model APS-C dan model full-frame.

Saya memahami bahwa sensor memiliki ukuran yang berbeda, dan dengan demikian memiliki efek pada perbesaran lensa yang dirasakan, dengan sensor APS-C yang lebih kecil memiliki panjang fokus efektif yang lebih besar daripada yang seharusnya dengan sensor full frame. Tapi mengapa ini penting?

  • Hal-hal apa yang harus mendorong pilihan saya antara satu atau yang lain?
  • Dalam situasi mana yang lebih baik dari yang lain, dan mengapa?


Telah menghabiskan berjam-jam meneliti aps-c Vs FF. Saya akan muncul untuk mengambil foto grup yang terdiri dari 50 orang. Saya akan lebih baik dengan kamera APS-C karena mereka akan lebih tajam di sudut-sudut serta kurang melakukan vigenetting. Adakah pikiran?

@ Allen: pertanyaan bagus - Saya pikir layak ditanyakan sebagai pertanyaan baru.
mattdm


1
Lihat juga: Roger Cicala dari lensrentals.com di .
inkista

Jawaban:


133
  • Satu perbedaan utama adalah bahwa kamera FF menghasilkan kedalaman bidang yang sekitar 1,3 stop lebih dangkal dari kamera APS-C untuk subjek & framing yang sama . Ini paling penting ketika Anda memiliki aperture selebar mungkin, misalnya untuk potret. Untuk mereplikasi tampilan lensa 50 f / 1.4 Anda harus menggunakan sesuatu seperti lensa 31 f / 0.9, yang sejauh yang saya tahu tidak ada!

Gambar perbandingan cepat dan kotor, APS-C Canon 30D kiri, FF Canon 5D kanan, lensa yang sama (Gambar FF diperbesar, namun untuk memberikan bidang pandang yang sama), komposisi yang sama, keduanya f / 2.8

  • Perbedaan lainnya adalah bahwa jika Anda menggunakan lensa yang dirancang untuk kamera full frame (seperti semua lensa Canon EF) Anda memanfaatkan lingkaran gambar secara penuh, yang tidak terlalu menuntut optiknya sehingga Anda dapat mengharapkan gambar yang lebih tajam untuk jumlah megapiksel yang sama . Memang benar bahwa beberapa lensa menjadi lebih lembut ke tepi gambar, tetapi Anda masih akan mendapatkan ketajaman rata-rata yang lebih tinggi dengan sebagian besar lensa, dan telefoto akan lebih tajam tepat di seluruh bingkai. Faktor pemotongan kamera APS-C mengambil bagian tengah dari lensa dan menghancurkannya, kehilangan ketajaman dalam proses dengan cara yang mirip dengan teleconverter.

  • Format yang lebih besar memungkinkan optik yang lebih tajam. Salah satu kekuatan pendorong untuk format yang lebih besar (selain daya penyelesaian yang relatif konstan per satuan luas film) adalah bahwa hal itu memungkinkan lensa dihasilkan yang menyelesaikan jumlah pasangan garis yang lebih besar per tinggi gambar. Mengambil bingkai penuh pada manfaat DSLR dari ini untuk memperpanjang - lihat: Dengan semua hal lain yang sama, dalam DSLR, akankah sensor yang lebih besar menghasilkan gambar yang lebih tajam?

  • Sensor yang lebih besar berarti piksel yang lebih besar, yang pada gilirannya berarti Anda menangkap lebih banyak cahaya biasanya mencapai tingkat kebisingan yang lebih rendah dalam proses. Rentang dinamis yang lebih besar sejalan dengan ini.

  • Anda mendapatkan jendela bidik yang lebih besar dan lebih cerah pada kamera full frame, yang dapat membantu menyusun bidikan. Karena itu, saya pribadi menemukan jendela bidik 5D terlalu besar , saya tidak menggunakan 7D tetapi memiliki pencari spec yang sangat tinggi.

  • Anda memiliki lebih banyak cermin untuk bergerak pada kamera full frame Cermin yang lebih besar yang digunakan untuk berarti kecepatan pemotretan terbatas (cermin pada 5D saya bergerak sangat lambat sehingga saya benar-benar dapat melihat dunia meluncur ke samping / ke atas untuk sekejap) namun model bingkai penuh kecepatan tinggi sekarang tersedia.

  • Demikian juga kotak cermin, layar fokus dan pentaprisme lebih besar, artinya kamera lebih besar dan lebih berat.

  • Tudung lensa dirancang untuk lingkaran gambar FF dan karenanya sedikit lebih efektif pada kamera FF. Ini sebagian besar berlaku untuk lensa prima, karena tudung lensa zoom dirancang dipotong untuk mengakomodasi pengaturan zoom terluas, sehingga segala sesuatu yang lain sudah tidak optimal. Jika Anda menggunakan lensa EF pada kamera pemangkasan, Anda idealnya menginginkan tudung yang lebih kencang (karena naungan ekstra akan terletak di luar sensor yang lebih kecil, tudung yang lebih kencang tidak akan sketsa).

Saya tidak menentang kamera APS-C tetapi untuk format apa pun, masuk akal untuk menggunakan lensa yang dirancang untuk ukuran sensor Anda. Kisaran lensa EF-S lebih kecil dari kisaran lensa EF. Namun untuk beberapa kegunaan (olahraga dll.) Ukuran sensor yang lebih kecil sangat membantu untuk jangkauan ekstra dan kecepatan yang dimungkinkan. Juga karakteristik noise yang lebih baik dari sensor FF tidak cukup untuk meningkatkan ISO yang Anda butuhkan untuk mendapatkan eksposur yang sama ketika berhenti untuk mencocokkan DOF sebagai tanaman. Jadi jika Anda harus memaksimalkan tanaman DOF memiliki sedikit tepi.

Jika ada lensa EF-S yang tersedia untuk apa yang ingin Anda potret, maka tidak akan terasa lebih buruk memilih kamera ini. Namun saya merasa full frame memberi Anda lebih banyak fleksibilitas (menyisihkan kecepatan) - karena Anda bisa mendapatkan DOF dalam yang sama dengan crop, tetapi lebih sempit jika Anda perlu.


4
Matt, saya suka jawaban Anda, bijaksana dan lengkap. Mengingat keunggulan yang jelas dari sensor FF, saya menemukan bahwa saya mendapatkan kualitas luar biasa pada DSLR APS-C saya. Bagi saya, setidak-tidaknya, tampaknya perbaikan itu hanya tambahan. Saya menduga bahwa beberapa keuntungan penting diperoleh bukan dari sensor tetapi dari fakta bahwa badan FF secara umum memiliki spesifikasi yang lebih maju.
labnut

10
@ labnut Area di mana Anda benar-benar melihat perbedaannya adalah dengan lensa cepat lebar, tidak ada yang tersedia untuk APS-C yang dapat menandingi 24 f / 1.4L untuk kecepatan dan bidang tampilan. Kemampuan untuk mendapatkan latar belakang buram yang bagus saat memotret lebar cukup eksklusif untuk bingkai penuh. Tapi ya Anda masih bisa mendapatkan hasil yang luar biasa dalam 90% kasus dengan tanaman. Lihat berapa lama Nikon tanpa FF di lineup mereka. Saya tidak setuju bahwa perbedaannya dapat dipertanggungjawabkan oleh kamera FF yang specnya lebih tinggi, 7D mengalahkan 5DmkII pada hampir semua hal kecuali ukuran sensor dan MP dan 50 / 60D sudah dekat.
Matt Grum

2
Beberapa poin lain, mungkin lebih sulit untuk diukur: peningkatan kontras mikro, atau transisi nada halus. Semakin kecil Anda pergi, semakin banyak Anda kehilangan. Kemudian, semuanya sama, kinerja cahaya rendah hanya karena lebih banyak foton, rentang dinamis dan kedalaman warna.
Eruditas

2
Jendela bidik pada 7D adalah jendela bidik 1: 1/100%, namun karena itu adalah sensor APS-C, ia lebih kecil daripada 5D. Pencari 7D memiliki beberapa barang tampilan aktif yang cukup canggih karena menggunakan LCD untuk menampilkan informasi di seluruh permukaan jendela bidik.
jrista

3
@ Matt - ok, itu menjelaskannya (tapi tidak cukup lensa yang sama per-se?). Akan menyenangkan juga untuk menunjukkan bagaimana Anda bisa mendapatkan DoF yang sama dengan aperture yang lebih kecil pada FF.
ysap

46

Ingatlah bahwa full frame tidak secara eksplisit lebih baik daripada APS-C, hanya saja 'berbeda'.

Ini dianggap lebih baik karena kedalaman bidang yang dangkal sangat trendi, dan itulah keuntungan dari full frame, dan untuk pekerjaan potret yang saya lakukan itu sangat berharga, dan yang lebih penting adalah kenyataan bahwa saya dapat memotret adegan pada f2.8 dan memiliki itu tajam, jika saya memotret adegan yang sama pada crop dan menginginkan bokeh yang sama maka saya harus menembak f1.4 dan secara signifikan lebih lembut.

Bahkan, jika Anda membutuhkan kedalaman bidang maksimum maka full frame menjadi kerugian. Misalnya saya memotret 3 atau 4 model sekaligus dan membutuhkan kedalaman bidang untuk menutupinya, ini membutuhkan f8 seperti aperture yang sangat kecil, ini kemudian membutuhkan banyak cahaya untuk mengisi adegan. Jika saya memotret adegan yang sama dengan kamera pemangkasan saya bisa lolos dengan f5.6, dan setengah dari kekuatan pencahayaan - tradeoffnya adalah bahwa file 5d akan lebih tajam, dan memungkinkan saya untuk memotong lebih banyak, tetapi jika pemotretan tidak Tidak memiliki anggaran untuk menutupi biaya pencahayaan, maka peningkatan kecil dalam ketajaman diperdebatkan.

Saya memotret frame penuh dan APS-C karena saya perlu menggunakannya untuk tujuan yang berbeda. Saya bahkan mempertimbangkan untuk turun ke mikro 4/3 karena saya bisa menggunakan itu juga (yaitu kedalaman maksimum bidang pada lubang besar dengan pencahayaan minim)


1
Selamat datang! Jawaban bagus.
Evan Krall

untuk DOF minimum, gunakan kamera tampilan :)
jwenting

2
Tapi Anda bisa menembak f8 dalam bingkai penuh dan menggandakan ISO dan Anda masih akan memiliki kualitas yang sama dengan APS-C di f5.6, bukan?
Damian

1
Ya @Dian memang benar apa yang Anda tulis. Poin itu tertulis dalam jawaban harus dihapus.
FarO

12

Dua jawaban yang sangat baik sudah, tetapi saya ingin berpadu bahwa tidak harus terkait dengan Crop vs FF, tetapi keputusan akhir Anda: 7D vs 5D Mark II.

Sementara 7D dan 5D2 memiliki sensor yang berbeda, mereka juga diarahkan untuk penggunaan yang berbeda.

5D2 sebenarnya tidak dirancang dengan aksi pemotretan. Ini berfungsi (saya menggunakannya), tetapi 7D lebih baik dengan AF presisi yang lebih tinggi, dan senapan mesin seperti penembakan burst.

Secara umum:

7D = olahraga, burung dalam penerbangan, aksi
5D2 = studio dan lansekap

Anda dapat mencampurkan keduanya dengan hasil yang baik, yaitu kekuatan masing-masing tubuh.


Dalam pengalaman saya jika Anda mencoba mencampur format maka itu bisa mengganggu, atau setidaknya saya menemukannya ketika saya menggunakan tubuh APS-C untuk sementara waktu sebagai cadangan.
philw

1
phil: Saya merasakan hal yang sama menggunakan tubuh APS-C amatir sebagai cadangan untuk tubuh pro APS-C saya. Berkurangnya kemampuan (pengukur cahaya, AF lebih lambat, jendela bidik lebih kecil) jauh lebih penting daripada ukuran sensor (meskipun jika Anda memiliki banyak lensa ukuran DX dalam campuran Anda itu tentu saja masalah lain)
jwenting

1
Ada saat ketika saya memotret dengan 7D dan 5D Mark II (biasanya lensa yang lebih lebar pada FF 5DII dan telefoto pada 7D). Saat pemotretan, 7D merasa seperti nyata kamera (lebih responsif, viewfinder yang lebih besar, dll) sedangkan 5DII merasa sedikit kurang dari . Tetapi ketika melihat hasilnya, perbedaannya terbalik. Resolusi dan jangkauan dinamis 5DII yang lebih baik segera terlihat bila dibandingkan dengan adegan pemotretan yang sama dengan 7D.
Michael C

9

Alasan gaya utama berkisar pada kemampuan untuk menangkap bidikan sudut lebar (meskipun lebih sedikit masalah dengan lensa spesifik EF-S yang lebih luas) dan bahwa sensor fisik yang lebih besar memungkinkan untuk kedalaman bidang yang lebih sempit (untuk bukaan / panjang fokus tertentu)

Selain itu, pada tingkat teknis, sensor yang lebih besar juga memungkinkan kerapatan piksel yang lebih rendah, yang dapat meningkatkan kinerja cahaya rendah.


Terima kasih Rowland. Jadi, apakah itu berarti bahwa full frame lebih cocok untuk lanskap dan semacamnya? Apakah 7D, misalnya, akan sangat buruk untuk memotret lanskap, atau apakah seorang amatir tidak akan melihat perbedaannya?
Winston Smith

4
Ada lensa EF-s sudut lebar yang baik misalnya 10-22 yang sangat baik, hanya ada lebih banyak pilihan untuk sudut lebar pada bingkai penuh. 7D tidak akan buruk untuk lanskap dengan imajinasi apa pun, tetapi mkII 5D akan lebih baik.
Matt Grum

1
@ Winston Saya baru-baru ini meningkatkan ke 5D Mk 2, jadi saya memiliki sedikit bias pada ini, tetapi karena saya tidak perlu lebih cepat kinerja AF pada 7D (saya biasanya tidak menembak olahraga, saya juga tidak mencoba memotret orang yang tidak ingin menjadi), maka 5D adalah investasi yang lebih baik (meskipun rumor mengambil tentang pengganti).
Rowland Shaw

1

@Matt Grum telah memberikan jawaban yang agak komprehensif tentang keuntungan dari full frame. Tapi ada sisi lain dari penggunaan APS-C, yang untuk penggunaan tertentu memberikan keunggulan dibandingkan FF.

Justru karena kamera FF menggunakan seluruh lingkaran gambar, gambar dapat mengalami vignetting , bahkan ketika menggunakan lensa yang sangat baik . Ini tentu saja sering dapat dihilangkan dengan hanya menghentikan lensa ke bawah, tetapi melakukan hal itu meniadakan keuntungan DOF yang disediakan oleh badan FF.

Sementara FF sangat bagus ketika mencari bidikan sudut lebar, badan sensor tanaman memberi Anda lebih banyak uang saat membeli foto jarak jauh. Sekalipun Anda membeli lensa Canon EF 1200 mm f5.6 L untuk memaksimalkan jangkauan telefoto Anda pada bodi FF, semua hal lain dianggap sama, bodi APS-C masih akan mengubahnya menjadi lensa f5.6 1920 mm. Ini berarti bahwa saya dapat membeli 400 f4 L IS alih-alih 600 f5.6 L IS untuk mendapatkan framing yang setara, dan menghemat $ 7000 atau lebih! Inilah sebabnya mengapa sebagian besar teman fotografer satwa liar saya akhirnya memilih badan APS-C.


Vignetting biasanya jauh lebih memprihatinkan dengan lensa sudut lebar (atau zoom yang mencakup panjang fokus sudut lebar dalam kisarannya). Bahkan lensa prima yang cukup pejalan kaki dengan panjang fokus, katakanlah, 70mm atau lebih menunjukkan tidak ada jumlah sketsa yang cukup.
Michael C

1

Banyak tergantung pada jenis foto apa yang ingin Anda ambil dan bagaimana Anda ingin menampilkannya.

Hampir semua kamera, termasuk sebagian besar ponsel, dapat mengambil foto dalam cahaya terang untuk tampilan beresolusi rendah di internet. Di tangan fotografer yang tepat, gambar seperti itu bahkan bisa sangat bagus, apa pun jenis kamera yang digunakan.

Di mana perbedaan adalah yang terbesar dan keterbatasan kamera yang lebih rendah menjadi lebih jelas berada di bawah kondisi tertentu yang mengenakan pajak kemampuan pengumpulan cahaya kamera yang paling, memerlukan cakupan sudut yang sangat luas , atau paling menantang daya penyelesaian sensor dan lensa .

Kamera adalah alat. Alat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa lebih cocok untuk menggunakan satu cara untuk tugas-tugas tertentu. Alat-alat lain lebih cocok untuk menggunakan cara-cara lain untuk melakukan tugas-tugas lain.

Secara umum sensor yang lebih besar memungkinkan kemungkinan kualitas gambar yang lebih baik, tetapi mereka sama sekali tidak menjaminnya. Terkadang perbedaan kualitas antara kamera yang berbeda mengambil foto yang sama akan bertambah dan bahkan hampir tidak terlihat. Terkadang akan sangat jelas. Seringkali hal-hal lain yang diperlukan untuk memungkinkan menggunakan sensor yang lebih besar untuk mendapatkan kualitas itu berarti menghabiskan lebih banyak uang untuk hal-hal seperti lensa selain biaya awal yang lebih tinggi dari sensor yang lebih besar.

Di mana sensor yang lebih besar memiliki keunggulan lebih besar:

  • Pembesaran yang diperlukan untuk melihat gambar virtual, seperti yang diproyeksikan ke sensor, pada ukuran tertentu lebih kecil untuk sensor yang lebih besar dibandingkan dengan yang lebih kecil. Ini berarti kekurangan yang diproyeksikan oleh lensa tidak diperbesar saat gambar dilihat. Untuk mendapatkan ketajaman yang sama dengan sensor yang lebih kecil, lensa juga harus lebih tajam.
  • Karena pencahayaan diukur sebagai jumlah cahaya per satuan luas , sensor yang lebih besar mengumpulkan lebih banyak cahaya total untuk nilai pencahayaan yang sama. Tren ini membuat sensor yang lebih besar tidak berisik. Usia teknologi sensor juga dapat memengaruhi ini hingga tingkat yang signifikan. Tetapi jika dua sensor dari pabrikan yang sama menggunakan teknologi generasi yang sama, yang lebih besar akan selalu kurang berisik saat memotret adegan yang sama dengan pengaturan yang sama dan kemudian melihat keduanya pada ukuran yang sama.
  • Sensor yang lebih besar cenderung memiliki fotosit yang lebih besar yang juga dikenal sebagai sel piksel atau sensor. Karena photosite yang lebih besar memiliki lebih banyak permukaan, ia dapat mengumpulkan lebih banyak foton sebelum mencapai kapasitas sumur penuh. Ini memberi sensor dengan photosites yang lebih besar rentang yang lebih dinamis. DR adalah perbedaan antara nilai paling terang yang dapat direkam sensor dan nilai paling redup yang dapat direkam dan masih dibedakan dari noise. Ini adalah salah satu alasan mengapa sensor yang lebih besar kurang berisik daripada sensor yang lebih kecil.
  • Karena lensa dengan panjang fokus yang sama akan memberikan sudut pandang yang lebih luas saat digunakan dengan sensor yang lebih besar, lebih mudah untuk membuat lensa yang memberikan sudut pandang lebar untuk sensor yang lebih besar.

Di mana sensor yang lebih kecil memiliki keunggulan yang lebih besar:

  • Pembesaran yang diperlukan untuk melihat gambar virtual, seperti yang diproyeksikan ke sensor, pada ukuran tertentu lebih besar untuk sensor yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lebih besar. Ini berarti lensa dengan panjang fokus tertentu akan memberikan "jangkauan" yang lebih besar dengan sensor yang lebih kecil daripada sensor yang lebih besar. Hal-hal yang jaraknya sama dari kamera akan tampak lebih besar dengan sensor yang lebih kecil daripada yang lebih besar ketika focal length yang sama digunakan dengan masing-masing dan gambar masing-masing kemudian dilihat pada ukuran tampilan yang sama.

  • Karena bukaan dinyatakan sebagai rasio panjang fokus dengan diameter murid masuk, lensa panjang fokus lebih pendek dapat mencapai bukaan atau angka-sama dengan diameter bukaan yang lebih kecil daripada lensa panjang fokus yang lebih panjang. Jika sensor yang lebih besar membutuhkan panjang fokus 100mm untuk sudut pandang tertentu dan sensor yang lebih kecil hanya membutuhkan panjang fokus 50mm untuk memberikan sudut pandang yang sama, lensa yang lebih kecil dapat memiliki murid masuk setengah lebar dan memberikan f- yang sama nomor sebagai lensa yang lebih panjang.

  • Karena lensa dengan panjang fokus yang sama akan memberikan sudut pandang yang lebih sempit ketika digunakan dengan sensor yang lebih kecil, lebih mudah dan lebih murah untuk membuat lensa telefoto untuk sensor yang lebih kecil. Lensa telefoto yang sama akan memberikan sudut pandang yang lebih sempit (lebih banyak "zoom") ketika digunakan dengan sensor yang lebih kecil.

Pada akhirnya, kualitas alat hanya sebagus keterampilan orang yang menggunakan alat itu. Hanya ketika alat ini membatasi keahlian pengguna, alat yang lebih baik akan membuat perbedaan.

Untuk lebih lanjut, silakan lihat:

Apa yang Saya Dapatkan dari Pindah ke DSLR Full-Frame?
Mengapa sepertinya sensor besar diperlukan untuk kinerja cahaya rendah yang baik?
Apakah sensor full frame memiliki eksposur yang lebih tinggi?
Apakah ukuran sensor berdampak pada batas difraksi lensa?
Mengapa sensor yang lebih besar lebih baik di cahaya rendah?
Apa perbedaan visual antara gambar Full Frame, APS-C dan Micro Four Thirds?
Kapan perbedaan antara APS-C dan sensor bingkai penuh penting, dan mengapa?
Full Frame Vs Crop Frame
Apakah keunggulan pencahayaan rendah dari sensor yang lebih besar disebabkan oleh sensor itu sendiri atau pada bukaan lensa yang lebih besar?
Apakah saya memerlukan kamera full-frame untuk fotografi cahaya rendah?
Bagaimana cermin kecil di kamera APS-C menawarkan keuntungan ini?
Peningkatan signifikan apa yang akan saya dapatkan jika saya meningkatkan ke Canon EOS 6D dari EOS APSC 600D?
Bagaimana ukuran sensor memengaruhi kedalaman bidang dan difraksi untuk fotografi makro?
6D atau 80D untuk peningkatan dari 100D?
Sensor besar dan fotografi lansekap, DoF
Bisakah kita selalu berbicara tentang perbedaan kebisingan antara tanaman dan bingkai penuh?
Teknologi canggih yang dipangkas vs bingkai penuh teknologi lama - Mana yang akan memberikan gambar yang lebih baik?
Apakah sensor kecil selalu merupakan hal yang buruk?
Apakah ukuran sensor mempengaruhi distorsi lensa?

Jawaban terakhir untuk pertanyaan yang lebih lama ini: Apakah kamera full-frame buruk untuk fotografi olahraga?


Saya tidak yakin orang akan memahami hal "gambar virtual" kecuali mereka sudah tahu apa yang Anda bicarakan. Mungkin kira-kira seperti "Jika Anda memiliki dua sensor dengan ukuran yang berbeda, sensor yang lebih besar melihat bagian yang lebih besar dari lingkaran gambar lensa (output), sehingga perbesaran efektif lebih rendah." bukannya kalimat pertama itu?
dgatwood

Juga, pertimbangkan membalikkan dua bagian dari titik peluru kedua untuk memulai dengan "Jika sensor yang lebih besar" ... "karena aperture adalah ..." sehingga orang mengerti mengapa sedikit tentang aperture menjadi rasio adalah relevan. Dan Anda mungkin menekankan hasil dari perbedaan itu - bahwa untuk AoV tertentu dan aperture maksimum, lensa untuk kamera sensor kecil bisa lebih kecil dan lebih ringan. :-)
dgatwood

0

Jawaban @Clark dan @Matt Grum sangat baik, tetapi keduanya sama-sama kehilangan salah satu poin paling penting pro ukuran sensor yang lebih kecil:

  • Kamera dan semua lensa yang sebanding dapat lebih kecil dan karenanya lebih ringan.

-1

Masalah utama dengan 7D bukanlah sensor APS-C, melainkan 18 juta piksel yang diperas ke dalamnya, itulah kelemahan utamanya, artinya gambar lunak kecuali teknik yang sangat baik / kecepatan rana cepat digunakan.


1
Semuanya sama, saya tidak bisa melihat bagaimana ini akan menjadi kerugian untuk - katakan - kamera 10mp: jika Anda mengambil 18mp dan mengubah ukuran menjadi 10mp di photoshop, itu mungkin akan lebih tajam daripada jika telah ditembak dalam 10mp di tempat pertama (sama jika Anda mengambil 10mp dan mengubah ukuran menjadi 18). Anda memotret untuk mencetak / melihat di dalam area tertentu, bukan untuk mem-zoom 100% zoom.
Marco Mp

Masalah dengan kelembutan dan 7D tidak ada hubungannya dengan pitch pixel. Ini memiliki filter AA yang cukup kuat (yang melembutkan lebih dari AA di 50D, misalnya). Pengaturan penajaman dalam kamera juga berbeda dari badan Canon APS-C sebelumnya. Pengaturan penajaman 2 atau 3 dalam 7D menghasilkan hasil yang sama dengan pengaturan penajaman 1 pada benda sebelumnya seperti 40D, 50D, dll.
Michael C

-4

APS-C versus FF adalah perdebatan sepanjang waktu. Saya mencoba menggunakan kamera sederhana dengan fungsi sederhana. Ini memberi saya waktu untuk berkonsentrasi pada komposisi. Saya merasa saya harus menggunakan FF jika mereka benar-benar menginginkan hasil cetakan besar, jika tidak, format APS-C bagus. Beli lensa "L" yang bagus, untuk hasil tajam yang baik.


1
Apa keuntungan yang disediakan FF untuk cetakan besar?
Imre
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola