Bagaimana saya bisa mengatur dan mengarsipkan foto saya dengan lebih baik?


110

Saat ini saya dengan cermat menambahkan metadata sebagai tag EXIF ??ke foto saya menggunakan Microsoft Pro Photo Tools, yang juga memungkinkan saya menempatkannya secara akurat di peta. Masalahnya adalah saya cenderung meninggalkan foto di folder berdasarkan tanggal saya mengunduh gambar dari kamera.

Ini bagus untuk menemukan bidikan yang diambil pada bulan lalu, atau untuk ulang tahun, tetapi hampir mustahil untuk mengingat bulan lalu di mana saya berada di minggu kedua September - tips apa yang Anda miliki untuk mengatur file Anda pada disk? Adakah program katalog yang bagus di luar sana yang mengandalkan data EXIF ??sehingga saya tidak harus menggandakan entri? Akan sangat keren jika ada sesuatu yang akan membuat saya melihat-lihat peta dan berkata, "Apa yang telah saya bawa di dekat sini?"


3
Saya berharap saya bisa memperbaiki ini ribuan kali. Saya kehilangan jejak beberapa waktu lalu dari upaya untuk menjaga foto saya terorganisir .. sekarang mereka hanya duduk di folder di drive eksternal saya tanpa memilah apa pun.

7
Karena ini semi-subyektif dan tidak ada satu jawaban terbaik , bukankah harus dikonversi ke Komunitas Wiki?
Pesta ke-3

Cara terbaik adalah dengan tombol Delete. Sekarang jika saya hanya bisa mengikuti saran saya sendiri ...
Mark Ransom

1
Jika seseorang, yang berada dalam "bisnis" ini untuk waktu yang lama, dapat berbagi skema pengelolaan foto terperinci (alat / situs / penandaan / proses), itu akan menjadi tonggak yang luar biasa bagi pemula seperti kita, yang baru saja memulai ... Misalnya, Facebook telah membuka seluruh desain pusat data untuk siapa saja yang ingin membangun pusat data yang hemat energi.
kmonsoor

@kmonsoor Sebelum Anda melepaskan hak atas semua gambar Anda, baca EULA Facebook. Facebook mengklaim kepemilikan semua gambar "yang diberikan" kepada mereka berdasarkan kemampuan dan kenaifan Anda.
Stan

Jawaban:


64

Kuncinya adalah menambahkan beberapa tag spesifik setiap kali Anda mengimpor .

Saya menggunakan Aperture (yang hanya untuk Mac), tetapi Lightroom memiliki kemampuan yang sama, seperti halnya iphoto.

Apa yang perlu Anda tandai tergantung pada apa yang Anda potret, dan apa yang menurut Anda mungkin Anda cari suatu hari nanti, tetapi ini bekerja untuk saya:

  • Orang-orang di foto. Saya menggunakan fitur "Wajah" Apple untuk memberi tag orang pada gambar (kadang-kadang mengenali mereka sendiri). Ini adalah kunci untuk saya, jadi saya kemudian dapat mengambil foto ibuku, bersamaku, tetapi tidak dengan saudaraku, misalnya.
  • Tempat pengambilan gambar. Sekali lagi, Aperture memiliki tag "tempat" yang bagus dan telah ditentukan yang dapat membaca data GPS yang terkait, tetapi Anda juga dapat secara manual menambahkan tag untuk ini: (NYC, Our Lake House, Oz, apa pun.)
  • Nama acara. Tahun Baru 2008, Ulang Tahun ke 30 Tom, Walking in NYC Mar 2010, dll.
  • Tema atau tipe apa pun yang mungkin Anda cari suatu hari nanti. Yang ini opsional, tetapi jika Anda kadang-kadang ingin menemukan gambar bunga, atau binatang, atau Anda biasanya memotret dengan cara yang secara tematis dirajut, ini dapat menghemat waktu.

Lightroom tidak memiliki fitur "Wajah"
Jean-Philippe Caruana

2
@ jean-phillipe- benar, tapi saya pikir pedoman ini berlaku: jika Anda banyak memotret orang, saya sarankan Anda memberi tag pada mereka. Saya menggunakan wajah, tetapi Anda dapat melakukan hal yang sama di Lightroom atau program lain hanya dengan menggunakan tag standar untuk setiap orang yang Anda foto secara teratur.
Jaydles

3
Picassa memiliki fitur pengenal wajah, dan berfungsi dengan baik.
Evan Pak

Lightroom (6.x) sekarang memiliki fitur tipe "Wajah".
Conor Boyd

19

Mungkin Photoshop Lightroom adalah jawaban yang bagus untuk ini. Terutama karena fungsi penandaan ...


5
Lightroom adalah alat yang tak ternilai bagi hampir semua fotografer
prestomation

5
Iya. Sayang sekali tidak memiliki fitur "wajah", seperti iPhoto, Aperture atau bahkan Picassa :-( (Saya pengguna Lightroom)
Jean-Philippe Caruana

13

Tidak masuk akal untuk mengatur foto berdasarkan sesuatu yang sudah ada dalam data EXIF, seperti tanggal pengambilan foto. Saya mengatur foto saya di folder berdasarkan acara / lokasi. Yang paling penting adalah memastikan Anda memberi tag sebanyak mungkin saat Anda mengimpor. Peluang untuk kembali lagi ke tag pada dasarnya adalah nihil, jadi Anda harus memastikan untuk melakukannya ketika info terbaru di pikiran Anda.

pendapat lain: alur kerja Thom Hogan


Saya juga mengurutkannya ke folder acara. Kadang-kadang saya akan merekam pertunjukan misalnya kemudian menuju ke tempat teman dan mengambil beberapa foto di sana. Dalam hal ini saya akan berakhir dengan 2011/10 October/21 Some Banddan 2011/10 October/21 Joe's Party.
Nick Bedford

@tautan itu sekarang rusak
Michael

10

Jika Anda tidak ingin membayar Adobe Lightroom atau Apple Aperture, Anda bisa menggunakan iPhoto Apple atau Google Picasa.

Saya paling akrab dengan iPhoto; itu cukup banyak memegang tangan ketika datang ke mengatur foto. Album Pintar sangat bagus; Anda menulis logika filter, dan iPhoto menunjukkan foto-foto yang cocok kepada Anda secara berkelanjutan. Bekerja sangat baik untuk hal-hal yang mungkin Anda akan lakukan.


2
Seharusnya saya menyebutkan saya di Windows, tetapi jawaban yang baik untuk pengguna Apple yang tersandung di sini ...
Rowland Shaw

1
@Rownland Shaw Picasa bekerja di Windows dan memiliki konsep yang mirip dengan iPhoto Smart Albums.
danio

Seperti halnya Lightroom
Craig Walker

7

Saya telah menggunakan Picasa versi 3.6 . Selain tag dan penandaan geografis, tag juga mengenali (beberapa) wajah dan dapat melampirkan "tag nama" ke foto. Saya menggunakan folder terpisah untuk tanggal foto diambil dikelompokkan berdasarkan bulan dan tahun, mis. Foto \ 2010 \ 07 \ 0720.

Picasa memesan gambar berdasarkan folder dan tanggal, atau album dan saya juga dapat mencari berdasarkan tag, orang, atau teks teks.


Penandaan wajah agak mirip dengan tag orang di Facebook. Perangkat lunak mengidentifikasi apa yang dianggapnya wajah dalam gambar, dan Anda dapat mengajarkannya untuk mengenali wajah individu (misalnya Joe, Susan) dalam gambar yang berbeda. Dengan koleksi gambar yang cukup besar (saya punya 51GB), perlu beberapa menit untuk menambahkan satu set gambar baru.
Crispy

6

Pertama-tama, Anda akan menghemat banyak upaya dengan mengadopsi perangkat lunak yang mencakup manajemen aliran dan Manajemen Aset Digital. Aperture, Lightroom, atau bahkan Adobe Bridge untuk beberapa nama.

Ini agak sewenang-wenang tetapi berfungsi bagi saya sebagai campuran antara manajemen alur kerja berbasis kata kunci dan direktori. Saya menggunakan struktur direktori yang sangat spesifik yang dijelaskan di bawah ini.

Meskipun saya suka dan menggunakan metadata, kata kunci, dan koleksi cerdas, ada kekurangannya: apa yang terjadi jika saya ingin melihat dan mencari file saya di komputer yang tidak memiliki Lightroom yang diinstal misalnya? Bagaimana saya bisa membagikan foto saya di jaringan saya dengan perangkat seperti XBox atau barang elektronik lama yang hanya mendukung struktur berbasis direktori, yang bertentangan dengan database? Bagaimana jika saya perlu dengan cepat mengirim foto saya dengan telepon saya, atau membuat file ZIP untuk teman atau klien?

Dalam struktur direktori dan database saya, saya melacak file RAW dan salinan ekspor sRGB JPEG. File JPEG disimpan dalam tingkat subfolder berdasarkan kategori luas terlebih dahulu (mis. Perayaan, Konser, Olahraga, Eksplorasi Urban). Pada level kedua saya menggunakan konvensi penamaan "What - Where - When" yang ketat yang dihasilkan secara otomatis oleh Lightroom (sebagian besar aplikasi DAM mendukung fitur ini). File RAW disimpan berdasarkan tahun, lalu berdasarkan tanggal dengan deskripsi singkat.

Sepertinya ini dari tampilan katalog / database / perpustakaan dan File Explorer dasar (ini hanya sebagian saja):

Pictures/
    JPEG/
        Celebrations/
            St. Patrick's Day - Albany, NY - 09, Mar/
                St. Patrick's Day - Albany, NY - 09, Mar - 01.jpg
                St. Patrick's Day - Albany, NY - 09, Mar - 02.jpg
                ...
            4th of July - Albany, NY - 09, Jul/
        Urban Exploration/
            Hudson Cement Factory - Kingston, NY - 10, May/
    RAW/
        2009/
            2009-03-22 (St. Patrick's Day)/
                _MG_9046.dng
                _MG_9047.dng
                ...
            2009-07-04 (4th of July)/
        2010/
            2010-05-12 (Hudson Cement Factory)/

Ketika saya mengimpor file RAW saya, saya membiarkan Lightroom meletakkannya secara otomatis di folder RAW / tahun / tahun-bulan-hari, berdasarkan tanggal pengambilan foto. Saya kemudian menambahkan akhiran ke direktori itu dengan deskripsi cepat (katakanlah St Patrick's Day atau Hudson Cement Factory, dll). Saya memilih semua file RAW saya, dan memperbarui metadata mereka dengan mengatur atribut Scene ke "apa" subjeknya (di sini Hari St. Patrick atau Pabrik Semen Hudson, yang masih saya miliki dengan mudah di buffer Copy / Paste). Saya juga mengatur atribut Lokasi, yaitu Kota, Negara Bagian dan Negara. Semakin awal Anda mengatur metadata semacam ini, semakin baik.

Ketika saya selesai memproses, keywording, dan geotag file RAW saya, saya mengekspor salinan sRGB JPEG (dan mengunggahnya ke Flickr dari Lightroom nanti). Prasetel ekspor saya secara otomatis membuat file yang mengikuti konvensi penamaan "Scene - City, State - YY, Mon - Counter", yang sudah saya isi sekarang (tanggalnya tentu saja terdapat di foto itu sendiri). Saya akhirnya menggunakan Lightroom untuk dengan cepat memindahkan file ke subdir di bawah subfolder kategori luas (Perayaan, Eksplorasi Perkotaan, dll).

Pada titik ini yang saya miliki adalah katalog / database yang dapat saya jelajahi dengan metadata (tanggal, lokasi, adegan, kata kunci), serta struktur direktori yang cukup jelas yang dapat saya gunakan tanpa Lightroom. Struktur direktori ini memberi tahu saya apa, di mana dan kapan hanya dengan melihat nama file. XBox saya akan mengatur dan menyajikan foto saya dengan cara yang sama. Pencarian file sederhana akan dengan cepat mengambil foto saya berdasarkan kriteria ini.

Seluruh direktori JPEG ini tidak harus dikelola oleh LR, tetapi saya merasa cukup nyaman karena saya masih memiliki banyak file JPG yang tidak memiliki rekanan RAW. Mengapa mengelola beberapa, dan bukan yang lain? Memang, pencarian kata kunci akan mengembalikan file RAW dan JPEG (karena file JPEG memiliki kata kunci yang sama), tetapi ini dapat dengan mudah dikerjakan dengan menambahkan aturan yang akan memfilter file JPG atau RAW / DNG kami (dalam koleksi cerdas terutama). Saya juga menggunakan koleksi pintar tentu saja, untuk melacak file, versi, dan salinan virtual yang saya gunakan untuk klien, galeri, kontes, dan toko cetak.

Bagaimanapun, ini bekerja dengan baik sejauh ini, tetapi saya hanya memiliki 6000 foto di sana.


6

Saya menggunakan struktur direktori berikut (dalam Bukaan)

Year/
   Month/
      Event A
      Event B

Selain itu saya menggunakan kata kunci dan data EXIF ??untuk membuat album pintar berdasarkan peringkat, orang, tempat, dll. Saya menemukan bahwa ini berskala sangat baik.


Ya, ini adalah struktur yang saya gunakan juga (walaupun dalam kasus saya dengan Lightroom). Bagus dan sederhana, dan masih cukup mudah untuk menemukan sesuatu menggunakan Explorer / Finder.
Conor Boyd

3

Bagi saya ini adalah campuran alat:

Kamera saya saya atur untuk membuat folder baru berdasarkan tanggal secara otomatis.

Foto-foto saya kemudian diimpor dari kamera ke folder dengan tanggal pengambilan dan nama kamera ditambahkan (otomatis dalam perangkat lunak impor).

Saya kemudian menambahkan lokasi atau pengingat ke nama folder misalnya 2010-03-27-EOS40D-Acara Khusus. Ini berarti mereka tetap diurutkan dalam urutan kronologis tahun-bulan-hari. Dalam hal ini saya menempatkan folder RAW, Diedit dan Diunggah untuk alur kerja.

Setelah diimpor saya menambahkan tag, orang, tempat dll menggunakan Photoshop Elements, meskipun banyak alat lain akan berfungsi dengan baik jika tidak lebih baik. Ini adalah bagian yang paling memakan waktu tetapi tidak perlu dilakukan segera karena penamaan folder sering cukup untuk membantu.

Ini berarti saya dapat dengan cepat menemukan apa yang saya cari di jendela penjelajah standar atau melalui Elemen.


3

Kedengarannya terlalu sederhana tetapi saya menemukan Windows Live Photo Gallery yang terbaik di luar sana. Pertama-tama gratis dan terintegrasi ke Windows. Fitur yang paling penting bagi saya adalah saya dapat menandai gambar (dan itu benar-benar menyentuh metadata IPTC sehingga mudah dibawa melalui sistem file yang berbeda jika Anda memiliki Windows dan Mac) dan menemukannya dengan sangat mudah menggunakan pencarian Windows atau fungsi pencarian yang dibangun ke dalam hampir semua perangkat lunak organisasi gambar. Memberi tag pada file memungkinkan Anda mengatur file seperti yang Anda inginkan pada disk (saya memilih direktori per tanggal).

Semua orang mengatakan kepada saya bahwa iPhoto di Mac luar biasa tetapi dengan lebih dari 20Gb gambar itu menjadi masalah karena menciptakan pustaka sendiri (menggandakan file). Juga jika Anda tidak "mengimpor" itu tidak akan menyentuh file asli, sehingga hari Anda beralih komputer atau ada yang salah dan Anda kehilangan file perpustakaan Anda putus asa :(


2

Saya memiliki skema penamaan yang mengerikan yang mengganti nama berdasarkan tanggal pengambilan EXIF ??dan hash MD5 foto. Ini memungkinkan saya menyimpan berbagai hal dalam urutan kronologis sambil juga membedakan antara berbagai foto yang diambil dalam foto yang sama dan yang diedit. Kedengarannya sangat jelek, tapi saya belum menemukan cara yang lebih baik untuk melacak foto unik dan duplikat di beberapa komputer.


Eh, "wow" yang mungkin terdengar lebih buruk dari itu ...
Rowland Shaw

Saya ingin tahu tentang hash MD5 - Saya tahu sedikit tentang mereka tetapi saya pikir saya bisa mendapat manfaat dari mereka. @Suspi - Bisakah Anda memberikan detail atau tautan lebih lanjut tentang mulai menggunakannya dengan foto?
Pesta ke-3

Hash MD5 biasanya digunakan untuk memeriksa integritas file. Ketika diberi file, itu akan menghasilkan string yang (kurang lebih) unik untuk file itu. Kemungkinan dua file serupa menghasilkan kode yang persis sama hampir tidak mungkin. Karena properti ini, saya memutuskan untuk menggunakan hash MD5 untuk memisahkan file yang berisi data EXIF ??yang sama tetapi sebenarnya berbeda. Ada beberapa cara Anda bisa melakukan ini. Jika Anda memiliki Linux, program md5sum menghasilkan hash. Untuk Windows, saya menggunakan BatchRename yang memiliki generator MD5. foryoursoft.com/batchrename/index.htm
Suspi

1
Saya menganggap hash MD5 Anda melebihi seluruh file foto, termasuk informasi EXIF? Jika demikian, mengubah bagian mana pun dari informasi EXIF ??akan mengubah hash MD5. Saya telah mempertimbangkan melakukan hal yang sama dalam skrip PERL, tetapi mengambil hash dari versi file yang dilucuti untuk menghindari masalah ini.
Crispy

Bukan masalah bagi saya karena saya ingin mempertahankan sebanyak mungkin file unik saat melakukan penggabungan massal. Saya hanya akan melihat-lihat foto lagi dan membandingkan perbedaan EXIF.
Suspi

2

Menambahkan suara saya ke Picasa, namun SANGAT penting untuk menggunakan fitur penandaan versi terbaru bersama (atau sebagai ganti album)

Picasa menyimpan tag yang Anda tambahkan ke foto langsung ke dalam metadata EXIF yang berarti tag Anda (album) akan tetap hidup meskipun Anda menarik foto dari Picasa atau berhenti menggunakannya sama sekali.

Picasa memiliki fitur yang akan membuat album 'virtual' berdasarkan tag yang ditentukan - rencanaku adalah untuk memigrasikan semua album Picasa yang ada ke tag tepat di foto - ini sangat penting jika Anda menyimpan foto Anda di HDD eksternal dan mengaksesnya melalui komputer / program yang berbeda.


1

Picasa akan menunjukkan foto Anda pada peta, dan Anda pasti dapat memperbesar peta untuk melihat semua foto di sekitar tempat tertentu. Ini juga akan memberi Anda geotag dengan memposisikan foto di peta - Saya merasa lebih mudah digunakan untuk geotag daripada Microsoft Pro Photo Tools.

Sayangnya, ini hanya memetakan foto dalam folder yang dipilih saat ini, dan tidak berulang menjadi subfolder. Tetapi Anda dapat menentukan album baru (berisi foto dari banyak folder), dan memetakan semua foto dalam album itu sekaligus - sehingga Anda dapat memiliki album "Semuanya". Secara pribadi, saya mengatur ke dalam folder berdasarkan tahun dan lokasi, jadi biasanya saya hanya melihat satu folder sekaligus.


0

Saya menemukan mengatur foto berdasarkan tahun / bulan - 'Nama acara' baik - tetapi selalu ingat untuk menggunakan nama folder yang panjang dan deskriptif.

Saya sekarang memiliki foto 10 tahun (sekitar 70.000 gambar) dan satu cara yang saya temukan untuk membagikan koleksi foto terorganisir saya adalah melalui Layanan Foto online ini bernama http://inmyphotofolder.com yang telah saya atur .

Dari uraian layanan : Layanan ini menawarkan aplikasi yang dapat Anda instal dan akan mengunggah seluruh koleksi Anda. Setelah koleksi online - Anda dapat berbagi dengan teman dan keluarga. Fasilitas pencarian mereka cukup cepat untuk keperluan saya (menurut pengalaman saya, tidak perlu lebih dari 2 detik untuk menemukan folder atau tag). Saya menggunakan tag berbeda untuk menandai gambar favorit anak-anak saya - jadi dengan mencari tag - saya mendapatkan gambaran tentang mereka selama bertahun-tahun. Pengunggah tersedia untuk Windows dan MAC. Ketika Anda menambah atau mengubah koleksi foto Anda - jalankan kembali pengunggah - dan itu hanya mengirimkan pembaruan ke sistem online.


2
Selamat datang di Stack Exchange. Apakah Anda berafiliasi dengan layanan ini? Tidak apa-apa (lihat situs FAQ) tetapi Anda tidak perlu jelas mengungkapkan afiliasi tersebut.
mattdm

0

Ini adalah aliran dasar saya.

Impor foto pada disk Anda di beberapa folder bernama "TODO" atau sesuatu seperti itu. Jika Anda dapat meletakkan foto untuk setiap hari (atau minggu / bulan jika Anda tidak banyak memotret) dalam folder. Buat folder "sortir", folder contaoins seperti ini

2012-12-20 Trip to the lake
2012-12-31 New year eve
2012-01-03 walk to the park

dan di masing-masing meletakkan foto Anda

Setelah itu gunakan Picasa. Dalam katalog Picasa, taruh folder "TODO" dan yang "diurutkan". Pindahkan barang-barang dari "TODO" ke folder yang sesuai di "diurutkan" (membuat folder baru jika kasing). Picasa juga akan memiliki beberapa fitur bagus untuk dicari menggunakan critaria yang berbeda dari nama folder. Tapi saya tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu di foto-foto hiper-organinisasi, terutama jika Anda menyimpannya karena Anda senang melihatnya dari waktu ke waktu.

Dengan cara ini Anda tidak akan menyukai satu perangkat lunak tertentu dan jika suatu hari Picase tidak akan ada lagi, foto Anda masih tertata dengan baik.


0

Karena belum disebutkan di mana pun di atas yang bisa saya lihat, izinkan saya menambahkan Mekanik Foto ke diskusi.

Photo Mechanic melakukan beberapa hal dengan cemerlang:

  • "menelan" foto langsung dari kartu memori
  • memungkinkan Anda untuk menilai foto Anda menggunakan level kode 8 warna dengan cepat dan mudah
  • Memungkinkan Anda menerapkan tag IPTC ke gambar menggunakan sistem yang sangat cerdas dari bidang gabungan dan data pra-populasi
  • Memungkinkan Anda memindahkan gambar yang Anda pilih ke berbagai lokasi, mengganti nama, dll ...

Ini bukan editor gambar, itu berada di antara (misalnya) lightroom, Bridge atau Photoshop dan kartu memori Anda untuk memilih, menandai dan mengklasifikasikan gambar Anda sebelum Anda menyuntingnya.

Saya akan berjuang untuk hidup tanpanya sekarang - dan menemukan gambar nanti sangat mudah!


Bagaimana ini membantu Anda menemukan gambar?
CVn

Apa fungsinya sehingga fitur Perpustakaan misalnya, Lightroom tidak?
Conor Boyd

Michael - Saya menggunakan Photo Mechanic untuk menandai semua gambar saya dengan benar dengan tag IPTC dan yang kemudian memungkinkan saya untuk menggunakan banyak perangkat lunak lain untuk mencari tag ini dan menemukan gambar yang tepat.
Simon

Conor - menyesal saya tidak bisa berkomentar tentang bagaimana ini mirip atau berbeda dengan Lightroom. Satu-satunya pengamatan saya adalah bahwa saya tahu setidaknya 10 penembak olahraga pro yang semuanya menggunakan Mekanika Foto untuk mengimpor, menilai dan menandai foto sebelum menggunakan lightroom untuk mengeditnya, jika itu membantu?
Simon

0

Foto Google adalah pilihan yang sangat baik untuk menyimpan foto asli Anda, memesan berdasarkan tanggal, lokasi, wajah, elemen, dll. Anda dapat mengaksesnya dari navigator mana pun, menghindari kehilangan mereka jika perangkat Anda rusak atau dicuri. Satu-satunya masalah adalah jika Anda ingin menyimpan yang asli, Anda mungkin harus membayar, kecuali jika Anda memiliki akun premium yang diberikan oleh perusahaan atau mantan universitas Anda misalnya.


0

Terlambat ke pesta, aku tahu.

Tapi ... lebih baik terlambat daripada ...

Saya telah jatuh ke dalam skema penamaan yang sederhana namun komprehensif. Saya sudah menulis tentang itu di sini sebelumnya.
Ini Of-ness dan About-ness - bukan nama yang sangat menarik untuk teknik ini, saya khawatir.

Sebagai seseorang yang sering menggunakan gambar, saya terus mencari sumber daya dan mengarsipkan yang bisa saya gunakan.
Ini fleksibel, sederhana, akses acak, dan berkinerja tinggi.

Setiap gambar yang diurutkan terbagi dalam dua kategori secara bersamaan: Apa subjek gambarnya — ini OF-Ness . Apa gambar OF ? Sebagai contoh, saya memiliki beberapa gambar OF matahari terbenam, mengatakan. Itu folder utama - Ini folder (atau kategori) DARI matahari terbenam. Ini deskriptif gambar.

Kategori kedua untuk semua gambar adalah tag yang memberi tahu saya bagaimana gambar dapat digunakan. Penerapan gambar (sebagian besar gambar) dapat diberi judul tanpa batas. Singkatnya, TENTANG-nya. Tentang apa gambarnya? Jelas, gambar matahari terbenam bisa tentang matahari terbenam. Tentu. Itu mendapat tag "matahari terbenam".

Selain itu, matahari terbenam dapat menjadi analogi tentang pensiun (tanda), akhir kehidupan (tanda), perubahan iklim (tanda), energi matahari (tanda), 'Musim panas' (tanda), astronomi (tanda), dll.

Anda dapat menggunakan sistem pengindeksan sederhana untuk menghubungkan semua info ke katalog bergambar hanya melalui nomor seri gambar. Setiap basis data relasional akan berfungsi.

Saya menggunakan wiki untuk kecepatan dan fleksibilitasnya. Ada beberapa wiki eksklusif dan open-source yang tersedia.

Penafian: Saya menekankan, tidak berteriak: ^)


Penekanan = miring atau tebal atau keduanya . ALL CAPS = YELLING.?BOLD ALL CAPS = BERTERIAK DI ATAS PARU-PARU ANDA.
xiota

-1

Cobalah pengelola foto ACDSee , ini adalah hal terbaik yang saya temukan untuk koleksi gambar yang sangat besar. Adobe Lightroom atau Bridge juga bagus, tetapi ACDSee jauh lebih baik.


3
Mengapa? Harap berikan beberapa alasan untuk pendapat Anda. Meskipun saya suka ACDSee, saya perlu meyakinkan persuasif untuk akhirnya memilihnya daripada Lightroom.
JCotton
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola