Bagaimana saya bisa memformat ulang kartu SD saya untuk menggunakannya secara normal lagi?


122

Saya ingin memformat ulang kartu SD saya untuk digunakan secara normal lagi (saat ini memiliki satu partisi 78 MB FAT32 dan satu partisi Linux 3,9 GB). Bagaimana saya melakukan ini (pada Windows / Mac / * nix)?


2
Ini mungkin terdengar sangat lucu, tetapi jika Anda memiliki microsd yang tidak dibaca oleh linux tetapi ditampilkan menggunakan fdisk, taruh di ponsel android Anda, pergi ke pengaturan> Penyimpanan> Removeable Storage> Format. Itu dia. Anda dapat menggunakannya seperti perangkat penyimpanan normal sesudahnya. Saya baru saja melakukannya setelah melakukan semua yada yada selama 1-2 jam
freerunner

Saya tidak yakin apakah ada kerugian untuk saran @freerunner tetapi pasti mudah dan bekerja dengan baik untuk saya.
Triamus

Jawaban:


173

Anda dapat menggunakan DISKPARTdi Windows, atau fdiskperintah yang setara di Linux / Mac.


DISKPART (Windows)

Mulai prompt perintah, dan mulai konsol DISKPART. Daftar semua disk Anda dengan mengetik LIST DISK, lalu pilih disk yang sesuai dengan SELECT DISK #(di mana # adalah kartu SD). Anda kemudian dapat mengetik CLEANuntuk menghapus tabel partisi pada kartu, secara efektif mengosongkannya. PASTIKAN ANDA MEMILIH DISK PROPER SEBELUM MENJALANKAN CLEANPERINTAH!

Untuk membuat partisi utama untuk menggunakan kembali ruang pada kartu, ketik CREATE PARTITION PRIMARY. Ini kemudian akan merealokasi ruang yang sebelumnya "dibersihkan".

Untuk memformat, mengetik FORMAT FS=FAT32 QUICK, dan akhirnya, untuk menetapkan ulang huruf drive, ketik ASSIGN.

Jika Anda tidak dapat menentukan disk yang tepat, lepaskan kartu SD, jalankan DISKPARTdan LIST DISK, kemudian jalankan kembali dengan kartu SD yang dimasukkan. Kartu SD hanyalah disk yang telah ditambahkan.

Perhatikan bahwa perintah di atas tidak peka huruf besar-kecil; Saya menggunakan topi untuk mencocokkan tampilan konvensi DISKPART.


FDISK/ CFDISK(Linux / Mac)

Di terminal, mulailah dari fdisk /dev/sdxmana /dev/sdxperangkat kartu SD Anda (mungkin tergantung pada distro Linux yang Anda gunakan, lihat di bawah). Anda kemudian dapat menghapus semua partisi yang ada pada perangkat dengan mengetikkan d, dan kemudian menambahkan satu partisi baru & memformatnya. Anda juga cukup ketik n untuk membuat tabel partisi baru, dan mulai menyusun semuanya.

cfdiskjuga merupakan alat yang layak, yang pada dasarnya fdiskdengan antarmuka pengguna yang sangat ditingkatkan. Dalam kedua kasus, setelah drive diformat, Anda akan membutuhkannya mount.

Jika Anda tidak dapat menentukan perangkat yang tepat, lepaskan kartu SD, jalankan fdisk -l, dan kemudian jalankan kembali dengan kartu SD dimasukkan. Kartu SD hanyalah perangkat yang telah ditambahkan.


@AlexChamberlain DISKPART, Anda biasanya dapat mengetahui dari kapasitas disk. Setelah Anda memilih disk, Anda juga dapat menelepon LIST VOLUMEuntuk melihat semua volume drive dan labelnya (selama nama kartu SD Anda muncul, Anda memiliki perangkat yang tepat). Jika Anda menggunakan fdisk, ketik p untuk mencetak tabel partisi dan periksa apakah label volume sudah benar. Jika Anda menggunakan cfdisk, itu akan menunjukkan label volume tepat setelah Anda memulai perintah pada perangkat.
Terobosan

Saya memiliki kartu SD 64GB. Diskpart memberitahu saya, terlalu besar untuk diformat dalam FAT32. Apakah ada opsi untuk melakukannya? Atau apakah saya harus menggunakan perangkat lunak pihak ke-3?
CGFoX

17

Di kamera Anda

Sebagian besar kamera memiliki fungsi Format bawaan, yang akan menggunakan partisi FAT tunggal. Kamera saya bahkan meletakkannya pada batas blok hapus.

Sebagai contoh, pada Pansonic Lumix saya, setelah memasukkan kartu dan dari mode apa pun, menu sebagai entri Format . Memilihnya memunculkan menu yang meminta saya untuk mengonfirmasi bahwa saya ingin menghapus semua data pada kartu. Memilih Ya memformat kartu.


1
:) Ini akan menjadi satu partisi FAT, mulai dari blok hapus kedua.
Alex Chamberlain

3
Itu akan FAT diformat seperti perangkat diformat FAT lainnya ... itu tidak spesifik kamera. Namun, ia harus menghapus berbagai folder yang dibuat seperti "DCIM"
Alexander

Saya menghindari jawaban ini karena kedengarannya seperti cara yang buruk untuk melakukannya, tetapi tidak ada hal lain di sini yang berhasil dan ini berhasil. Saya menghapus semua partisi, membuka kartu SD di kamera, diformat dan sekarang memiliki 30GB saya tersedia, bukan 1,4 menunjukkan.
Dean Meehan

16

Anda dapat menggunakan aplikasi SDCard.org resmi (Windows / Mac):

Ini cukup sederhana dan memformat ulang kartu SD di FAT32. Ada opsi untuk LBA - penyesuaian dan penghapusan / penghapusan juga.


Pada saat penulisan, perangkat lunak ini bahkan tidak berjalan pada Windows 10. Tidak ada kesalahan, segera bom dengan nomor kesalahan kosong di log peristiwa!
Grim

9

Saat ini, salah satu utilitas manajemen disk terbaik tampaknya belum disebutkan - GParted :
gambar dari GParted

Ini termasuk dalam banyak distro Linux, dan dapat diinstal dengan mudah jika tidak. Untuk sistem lain, dimungkinkan untuk menjalankannya dari DVD atau stik USB, sehingga dapat digunakan di sana juga. Bagian Linux juga berarti mendukung format kartu SD jika ya ext*, sehingga dapat diformat ulang dengan mudah dan efisien, dan lebih sedikit masalah yang mungkin terjadi. Sebagian besar utilitas disk, khususnya di Windows, kemungkinan akan menghancurkan semua data booting pada kartu SD dan membuangnya dengan cara lain.

Di sini tangkapan layar GParted yang memperlihatkan isi kartu SD dengan Raspbian aktif:
tangkapan layar GParted
Catatan: Partisi boot kemungkinan akan memiliki label atau tanda 'boot'

Untuk melakukan operasi pada partisi dari, klik kanan padanya, dan pilih 'Lepas'. Jika partisi dipasang (ditunjukkan oleh serangkaian tombol di sebelah nama partisi), tidak ada operasi yang dapat dilakukan di atasnya. Setelah dilepas, Anda dapat memeriksa kesalahan, memformat ulang, mengganti nama, menghapus, dan membuat yang baru, dll.

Dokumentasi tentang penggunaan GParted dapat ditemukan di sini


5

Ada beberapa alat khusus untuk kartu SD saja, tapi saya suka menggunakan EaseUS Partition Tool yang gratis untuk pengguna Windows. Ini tidak akan berfungsi pada Server Edition. * Perlu diketahui bahwa ternyata mereka menggabungkan beberapa perangkat lunak. Klik opsi lanjutan untuk mencegah hal ini .

Anda harus berhati-hati memilih kartu SD Anda dari daftar perangkat karena alat ini akan mencantumkan semua drive Anda. Ini menunjukkan cara mengubah ukuran partisi.

Masukkan deskripsi gambar di sini

  • Taruhan terbaik adalah menyelesaikan penghapusan semua partisi pada kartu SD. Ini akan termasuk FAT dan ext dan mungkin SWAP. Hapus saja sehingga Anda dapat melihat 16 GB yang tidak terisi penuh.
  • Tidak ada operasi yang akan dilakukan sampai Anda mengklik BERLAKU. Setelah Anda menghapus semua partisi, ikuti instruksi untuk memuat ulang distribusi yang Anda suka.

Kesalahan Perangkat Keras

Namun, jika dalam daftar Anda melihat kartu Anda terdaftar sebagai 55 MB dalam ukuran total dan tidak memiliki pilihan untuk menghapus atau memperluas lebih banyak yang berarti SD mungkin rusak.

Anda dapat menggunakan alat yang disebut SD Memory Card Formatter - Buka halaman itu, baca ketentuannya, gulir ke bawah dan terima jika Anda setuju. Perangkat lunak ini hanya akan memformat perangkat eksternal. Seperti Kartu SD atau Perangkat USB.

Pilih opsi PENYESUAIAN CEPAT dan UKURAN FORMAT: AKTIF!

masukkan deskripsi gambar di sini

Itu harus mengatur ulang seluruh kartu SD ke ukuran aslinya. Jika kesalahan terjadi pada titik ini, kemungkinan kartu rusak total.

Sebagai upaya terakhir Anda dapat mencoba dan memformat kartu di kamera dSLR atau ponsel yang menerima kartu.

Contoh

Ini adalah kartu SD Raspbian 4 GB saya. Saya menggunakan alat manajemen Windows. Ya, itu menunjukkannya, tetapi itu tidak akan membiarkan Anda melakukan apa pun untuk partisi kalau-kalau ... Anda menghapusnya atau Windows merusak sesuatu (karena tidak mendukung sistem file itu).

Masukkan deskripsi gambar di sini

Master partisi EaseUS memperlihatkan daftar yang jauh lebih baik dan memahami bahwa sistem file yang digunakan. Klik kanan dan hapus partisi. Anda juga dapat membuat partisi baru dan menerapkan semuanya dan Anda akan memiliki seluruh kartu SD untuk digunakan kembali di Windows atau jika Anda ingin membakar gambar lain ke kartu.

Masukkan deskripsi gambar di sini

Di sini saya telah menghapus partisi. Klik kanan dan berkata "Buat partisi baru". Ada daftar seluruh jenis sistem file. Saya tidak mengklik berlaku, jadi belum ada operasi yang dilakukan.

Masukkan deskripsi gambar di sini


2
program ini mencoba menginstal sejumlah aplikasi lain ketika Anda menginstalnya.
PhillyNJ

Maaf ketika saya menulis ini bukan masalah. Saya telah memperbarui server saya untuk memperingatkan tentang ini. Saya masih merasakan software yang bagus dan saya harap downvote akan dihapus.
Piotr Kula

Selesai - tetapi saya tidak akan menginstalnya. Perangkat lunak Anti-virus saya memblokir banyak hal agar tidak diinstal.
PhillyNJ

Mungkin sedikit berlebihan untuk tugas yang begitu sederhana, tetapi berhasil.
Ivotje50

1
Kartu saya besar 60MB, seperti yang Anda tulis di "Kesalahan Perangkat Keras", tetapi alih-alih membuangnya, saya memformasinya dengan ponsel saya, dan tidak 16GB lagi :)
greuze

4

Sesuatu yang perlu diperhatikan ketika menggunakan alat SD Formatter resmi. (Ini benar-benar harus menjadi komentar, tetapi tampaknya saya tidak dapat menambahkan layar ambil ke komentar.)

ini membuat saya tersandung sekitar satu hari atau lebih. Saya menjalankan Formatter SD berpikir itu akan memperbaiki kartu SD saya. Saya mengamati bahwa drive J: ukurannya hanya 60MB. Ini kartu 16Gb. Saya pikir (sesuai dengan alat format yang telah saya gunakan selama 30 tahun terakhir) bahwa itu hanya akan memformat partisi 60MB.

KESALAHAN. Ini benar-benar mempartisi ulang perangkat ke partisi ukuran penuh tunggal dan kemudian memformatnya (dalam hal ini menjadi 16GB penuh - lihat jendela latar depan dibandingkan dengan jendela latar belakang). INI Ini adalah alat yang Anda butuhkan. Tangan ke bawah. tidak ada pertanyaan yang ditanyakan!!


+1 untuk masalah 60MB yang saya miliki, yang akhirnya bukan masalah 60MB => 16GB pada akhirnya jika kartu tersebut 16GB :)
Basj

-2

Saya memiliki masalah yang sangat mirip. Pengaturan saya: Komputer berjalan pada Windows 7 dan Sandisk ultra card 16 GB.

Saya ingin memformat kartu saya untuk menginstal OpenELEC . Jadi saya mengunduh formatter SD dan mencoba memformatnya. Itu menjadi kartu 64 MB! Saya mencoba beberapa pengaturan, mencoba diskpart pada CMD dan membersihkan format menggunakan manajemen komputer / konsol manajemen disk - tidak berhasil. Penulis winimg selalu mengklaim tidak ada ruang yang cukup pada kartu. Sebelumnya (yaitu sebelum menggunakan formatter SD) itu akan memperluas ruang dan akan menginstal, dan saya kemudian menggunakan perintah memperluas pada terminal Raspberry Pi. Jadi inilah yang saya lakukan:

Saya mengunduh BerryBoot (perhatikan 28 MB!), Menulis gambar pada kartu SD dan mem-boot Raspberry Pi. BerryBoot diformat ulang dengan menggunakan program bawaannya sendiri. Sekarang saya mengeluarkan kartu dan memformatnya menggunakan alat format pada Windows dengan FAT. Saya mengeluarkan kartu dan memasukkan kembali. Sekarang berbunyi 14,4 GB! Siapa pun yang terjebak seperti ini dapat mencobanya.


4
Windows hanya akan melihat partisi header kecil yang tersisa ketika kartu diformat untuk kompatibilitas Linux. Jadi ukuran kartunya masih sama, hanya saja windows tidak dapat memahami partisi Linux dan sepenuhnya mengabaikan keberadaannya. Sama seperti Linux dengan partisi header itu.
Phill Healey

-4

Tidak ada gunanya di Mac dengan OS X terbaru. Kartu tidak dapat dihapus dengan cara apa pun.


1
Omong kosong, bagaimana dengan fdisk?
Jivings

@Jivings karena saya tidak bisa mengedit (karena foya FAQ saya), bagaimana saya harus menanggapi pertanyaan ini ketika meninjau: flag, komentar, dll?
xxmbabanexx

@xxmbabanexx Downvote mungkin. Itu adalah jawaban, itu salah. Dan itu bukan pelanggaran yang bisa ditandai.
Jivings
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola