Bagaimana cara mencadangkan Raspberry Pi saya?


296

Saya telah menulis program untuk Raspberry Pi (menjalankan Raspbian) saya selama beberapa minggu sekarang dan ingin memastikan saya melindungi pekerjaan yang telah saya lakukan.

Bagaimana saya bisa membuat cadangan file yang saya buat?

Bisakah saya mencolokkan kartu SD ke PC Windows (XP atau 7) saya dan menyalinnya ke hard drive atau kartu SD lain?


6
Saya memiliki PC yang menjalankan Ubuntu dan Windows (XP & 7), tetapi saya berharap kebanyakan orang tertarik pada jawaban Windows. Saya akan mengedit pertanyaan untuk memperjelasnya.
Steve Robillard

7
rsync dari Raspi ke pc Anda?
Alex L

41
Untuk kode, Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak kontrol versi terdistribusi seperti gitatau hg, dengan cara itu Anda tidak hanya memiliki salinan kode Anda di banyak tempat, tetapi juga memiliki riwayat lengkap tentang bagaimana kode itu telah berubah.
Mark Booth

4
@ MarkBooth Saya tidak melihat mengapa DVCS diperlukan di atas VCS jika kita hanya mempertimbangkan untuk dapat mengambil kode nanti. Heck, ini bahkan lebih mudah karena Anda menggunakan angka revisi yang tidak melakukan hash untuk mengidentifikasi keadaan tertentu. Mempelajari CVCS seperti Subversion bukanlah investasi waktu yang banyak (seingat saya ... meskipun itu waktu yang sangat, sangat lama). Ya, beralih ke Git agak mengerikan pada saat itu, tetapi saya tidak pernah melihat ke belakang.
Steven Lu

1
Komentar bukanlah tempat yang baik untuk diskusi semacam ini @StevenLu, kami harus membawa ini ke Raspberry Pi Chat .
Mark Booth

Jawaban:


293

Jika Anda ingin menyimpan semua data, Anda mungkin harus membuat image disk. Selain itu, Windows tidak dapat mengenali sistem file Linux biasa, jadi Anda mungkin bahkan tidak akan dapat melihat file Anda, ketika Anda mencolokkan kartu SD Anda.

Membuat image disk tidak hanya akan melindungi file tetapi juga struktur sistem file dan ketika Anda memutuskan untuk mem-flash kartu SD baru Anda, Anda akan bisa cukup mencolokkannya dan itu akan berfungsi.

Linux

Di Linux, Anda dapat menggunakan ddalat standar :

dd if=/dev/sdx of=/path/to/image bs=1M

Di mana /dev/sdxkartu SD Anda.

Mac

Di Mac, Anda juga dapat menggunakan ddalat standar dengan sintaks yang sedikit berbeda:

dd if=/dev/rdiskx of=/path/to/image bs=1m

Di mana /dev/rdiskxkartu SD Anda.

(Menggunakan rdisk lebih disukai karena merupakan perangkat mentah - lebih cepat)

Untuk mengetahui disk mana yang perangkat Anda ketikkan diskutil listpada prompt perintah - juga, Anda mungkin harus root; untuk melakukan jenis ini sudo -sdan masukkan kata sandi Anda saat diminta.

Windows

Pilihan 1

Di Windows, Anda dapat menggunakan proses sebaliknya yang digunakan saat memasang kartu SD.

Anda dapat menggunakan Win32 Disk Imager , yang merupakan alat yang lebih disukai untuk memasang kartu SD Foundation. Cukup masukkan nama file (lokasi dan nama file gambar cadangan yang akan disimpan), pilih perangkat (kartu SD) dan tekan baca:

Win32 Disk Imager

Tentu saja, Anda juga dapat menggunakan RawWrite , dduntuk Windows atau alat serupa, prosesnya sangat mirip.

pilihan 2

Jika Anda tidak ingin mencadangkan seluruh sistem Anda, tetapi hanya file tertentu, saya sarankan Anda terhubung ke Raspberry Pi Anda melalui SFTP dan menyalin file ke komputer lokal Anda (Anda dapat menggunakan klien WinScp ). Jika SSH diaktifkan, SFTP biasanya tidak memerlukan konfigurasi khusus di sisi Raspberry Pi.

Pilihan lain adalah menyalin file ke sistem jarak jauh menggunakan rsync .

Anda juga dapat menginstal driver khusus sehingga Windows Anda dapat membaca extsistem file (dan karenanya akan dapat membaca seluruh kartu SD), seperti ext2fsdtetapi mungkin tidak sepadan dengan usaha.


Karena gambar akan memiliki ukuran yang sama dengan kartu SD Anda, Anda mungkin ingin mengompresnya. Ini dapat dicapai hanya dengan menggunakan alat kompresi favorit Anda, seperti gzip, 7zip, WinZip, WinRar ...


1
Memberi +1 secara umum, meskipun rsyncvia sshmungkin akan lebih mudah. Juga, untuk kode sumber - seperti yang sudah dinyatakan oleh Mark Booth - Anda harus benar-benar menggunakan DVCS
Tobias Kienzler

1
Jika kartu SD saya rusak, bagaimana saya menginstal gambar ini ke kartu SD baru?
Flipper

2
Tautan Anda ke Win32 Disk Imager muncul tanpa unduhan yang tersedia. Saya menganggap itu sama dengan sourceforge.net/projects/win32diskimager ?
Yamikuronue

2
oh my, saya tidak dapat membedakan apakah "baca" dalam gambar itu berarti "baca file gambar" atau "baca PARTISI DAN TULISKANNYA DALAM file gambar" .... sama untuk "tulis" ... gui itu perlu untuk disanitasi. Sesuatu seperti "Gambar -> Perangkat" dan "Perangkat -> Gambar" (atau alternatif yang lebih baik)
Olivier Dulac

4
Win32DiskImager tampaknya hanya dapat menangani partisi yang dikenali Windows. Saya tidak beruntung dengan mengkloning kartu SD Noobs / Raspbian. Menemukan program freeware ini: hddguru.com/software/HDD-Raw-Copy-Tool . Ini bekerja seperti pesona untuk melakukan klon byte-by-byte dari kartu SD di Windows (saya menggunakannya dengan Win7 64-bit), terlepas dari skema partisi dan konten.
techie007

156

Jika Anda menjalankan Linux maka Anda dapat menggunakan ddperintah untuk membuat cadangan penuh gambar:

dd if=/dev/sdx of=/path/to/image

atau untuk kompresi:

dd if=/dev/sdx | gzip > /path/to/image.gz

Di mana sdxkartu SD Anda.

Untuk memulihkan cadangan, Anda membalikkan perintah:

dd if=/path/to/image of=/dev/sdx

atau ketika dikompresi:

gzip -dc /path/to/image.gz | dd of=/dev/sdx

3
Saya sangat merekomendasikan menggunakan gzip - Saya telah mendukung beberapa partisi desktop hari ini dan partisi 20Gb disimpan di 8.9Gb.
Alex Chamberlain

2
bzip2 harus dikompres lebih baik, dan tersedia di semua sistem Linux. Pada sistem Linux yang lebih baru, xz harus mengkompres lebih baik lagi. Dekompresor untuk ini adalah bunzip2 dan unxz.
Arne

4
@ Andre, aku tidak akan mengharapkan perbedaan seperti itu! Namun, itu masih jauh di bawah kekhawatiran saya . (Btw, itu keren ketika Anda membalas komentar hampir 1 tahun, dan Anda mendapatkan respons dalam 2 menit :))
yo

5
Jangan membuat kesalahan (seperti yang baru saja saya lakukan) meninggalkan bs=1Matau beberapa parameter serupa keluar. Ukuran blok default 512 byte akan mematikan kinerja salin.
Steven Lu

1
@Arne saya mencoba menggunakan bzip2 sekarang, dan mungkin akan lebih tepat jika saya mencadangkan dari kartu SD 4 Kelas saya, tetapi pada kartu 10 UHS 1 SanDisk 8GB Kelas 10 ini (yang merupakan $ 12 minggu lalu) ia memaksimalkan Ivy Bridge Utas CPU dan membatasi kecepatan baca dari kartu menjadi 6MB / s (dd dengan Ctrl + T melaporkan 4.2MB / s). Ini tidak ideal karena saya dapat menggunakan gzip dengan kartu ini dan membacanya dengan kecepatan yang jauh lebih cepat (dd melaporkan 18MB / s). Memang, jika sebagian besar disk adalah ruang kosong, maka membaca selama peregangan kosong akan mempercepat. Tapi saya harus melihat apa perbedaannya dalam ukuran file yang dihasilkan.
Steven Lu

31

Selain cadangan tingkat blok tersebut, ada dua pendekatan umum untuk menangani sumber: mengarsipkannya terus menerus (1), atau menggunakan sistem kontrol revisi (2).

Kita akan menggunakan command-line (terminal lokal atau koneksi SSH ke mesin Raspberry Pi), kan?

1. Arsip

cd ~/projects
tar czvf your-raspberry-project-top-level-dir-v1.0.tgz \
         ./your-raspberry-project-top-level-dir 
scp your-raspberry-project-top-level-dir-v1.0.tgz \
         user@backup-host:/home/user/backups/

2. RCS (Git misalnya)

cd ~/projects/your-raspberry-project-top-level-dir
make clean                          # Or clean it manually using rm (rm ./*.o ./*.pyc)
git init                            # Create new repo here
git add .                           # Add source files to the staging index
git status                          # Verify if it's OK
git commit -a -m "Initial import"   # Fix application's source changes
git add remote https://github.com/user/your-raspberry-project.git
git push -u origin master           # Sends the sources to your github repo
git pull && git push && git status  # Now origin/master is your tracking branch

2
Mungkin juga patut dicatat bahwa orang dapat mengatur repo telanjang pada mesin lain di jaringan mereka dan mendorong dari Raspberry Pi mereka ke sana, daripada harus mengatur akun github, kunci ssh dll dan mendorong ke sana.
Mark Booth

2
Itu awal yang baik untuk jawaban yang sebenarnya. Kode perlu dikelola di bawah kontrol versi jika seseorang ingin dapat mempertahankannya. Kontrol versi memungkinkan untuk melacak perubahan, memahami sejarah perubahan, mengelola cabang yang berbeda (misalnya stabil vs dev) dan menggabungkan keduanya. Tapi itu bukan cadangan per se. Namun, seseorang hanya perlu membuat cadangan repositori (mis. Folder .git untuk Git). Periksa forum Linux / Unix, wiki, stackexchanges, dll. Untuk mengetahui cara membuat cadangan folder di Linux. Catatan: Saya tidak menganggap github sebagai cadangan. Dan Anda tidak ingin mempublikasikan semuanya ke github!
Huygens

29

Di Mac Anda tidak ingin menggunakan /dev/diskn. Anda sebaiknya menggunakan /dev/rdiskn, di mana n adalah angka yang digunakan OS untuk mengidentifikasi kartu SD Anda. Ini mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyalin dengan jumlah besar.

Jadi untuk proses pencadangan optimal pada Mac, saya akan merekomendasikan melakukan hal berikut:

Jalankan diskutil list, dan temukan disk yang sesuai dengan kartu SD Raspberry Pi Anda:

$ diskutil list
/dev/disk0
   #:                       TYPE NAME                    SIZE       IDENTIFIER
   0:      GUID_partition_scheme                        *500.1 GB   disk0
   1:                        EFI                         209.7 MB   disk0s1
   2:                  Apple_HFS Macintosh HD            499.2 GB   disk0s2
   3:                 Apple_Boot Recovery HD             650.0 MB   disk0s3
/dev/disk1
   #:                       TYPE NAME                    SIZE       IDENTIFIER
   0:     FDisk_partition_scheme                        *7.9 GB     disk1
   1:             Windows_FAT_32                         58.7 MB    disk1s1
   2:                      Linux                         7.9 GB     disk1s2

Jelas /dev/disk1kartu SD 8GB saya, nama partisi Linux juga sedikit petunjuk.

Namun, alih-alih menggunakan /dev/disk1dengan dd, Anda harus menggunakan /dev/rdisk1, seperti:

sudo dd if=/dev/rdisk1 of=/path/to/backup.img bs=1m

Dan untuk mengembalikannya, cukup tukar if(file input), dan of(file output) parameter:

sudo dd if=/path/to/backup.img of=/dev/rdisk1 bs=1m

Atau, dengan gzip, untuk menghemat sejumlah besar ruang:

sudo dd if=/dev/rdisk1 bs=1m | gzip > /path/to/backup.gz

Dan, untuk menyalin gambar kembali ke SD:

gzip -dc /path/to/backup.gz | sudo dd of=/dev/rdisk1 bs=1m

Untuk informasi lebih lanjut, lihat halaman wiki ini .


1
Saya menemukan ini sebagai jawaban yang paling efisien dan memilihnya, terima kasih @Alex Coplan.
bosch

Namun, saya sedang mencari alat GUI untuk MacOS (seperti yang dimiliki pengguna Windows) dan tanpa risiko dd dan saya menemukan "SD Clone" dari Two Canoes (yang saya percaya karena saya adalah pengguna WinClone). Ini cukup baru -2016- dan mahal ($ 100 dengan uji coba 2 minggu) tetapi tampaknya diarahkan pada Raspi jadi saya akan mencobanya sekarang dan memberi tahu Anda dalam komentar baru.
bosch

3
Saat membalas, lepaskan kartu SD Anda jika Anda menerima pesan berikut: "Resource busy"
Spipau

26

Anda dapat menjalankan perintah ini dari PC Linux Anda dengan banyak ruang:

ssh root@raspberrypi gzip -c /dev/mmcblk0 > img.gz

Sebagai prasyarat Anda harus membuat kunci .ssh dan menyalin id_XXX.pubke /root/.ssh/authorized_keys.

Mungkin ada masalah dengan sistem file karena itu adalah cadangan langsung, tetapi jika Raspberry Pi Anda tidak terlalu sibuk, biasanya akan baik-baik saja.

Mungkin lebih cepat melakukan kompresi pada PC seperti ini:

ssh root@raspberrypi dd if=/dev/mmcblk0 | gzip -c > img.gz

1
atau dengan sudo 'ssh pi @ raspberry sudo dd if = / dev / mmcblk0 | gzip -c> raspberry.img.gz '
cupakob

dan sebagai referensi untuk login tanpa kata sandi, raspberrypi.stackexchange.com/a/1687/22603
Paolo

2
Saya juga menemukan berguna untuk menambah ukuran blok dan, ketika tersedia, gunakan pv untuk memeriksa kemajuan. ssh root@raspberry dd if=/dev/mmcblk0 bs=1M | pv | gzip -c > img.gz
Paolo

Ini adalah jawaban yang bagus jika Anda tidak ingin melepas kartu SD Anda, dan juga berfungsi untuk macOS. Inilah baris perintah yang saya gunakan: ssh pi @ raspberrypi sudo dd if = / dev / mmcblk0 | xz -9 -e --threads = 4> sd.img.xz. Tidak memerlukan pembuatan kunci SSH melakukannya dengan cara ini. Ctrl-T dapat ditekan untuk melihat progresnya.
Pelajari OpenGL ES

Mengapa gzip lebih disukai daripada perintah dd ?
IgorGanapolsky

18

Jika Anda menggunakan Windows:

  1. Unduh Win32 Disk Imager.

  2. Buat jalur file yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan gambar Anda. (Saya menggunakan C: \ RasPi_Bkp)

  3. Jalankan Win32 Disk Imager

  4. Telusuri ke tempat jalur file cadangan Anda, dan ketikkan nama file.

  5. Klik simpan

  6. Pastikan perangkat yang ditampilkan di tarik turun di sebelah kanan jalur file Anda adalah yang ingin Anda buat cadangannya.

Disk Win32 dalam Aksi

  1. Klik "Baca"

  2. Tunggu.


1
Terima kasih - hanya pekerjaannya. (Anehnya, ketika saya mencolokkan kartu SD saya ke PC utama saya, Windows 7 masuk ke BSOD! Untungnya itu baik-baik saja di komputer lain.)
Jon Egerton

Bagi siapa pun yang memiliki masalah dengan Imager Disk Win32 seperti yang saya miliki, coba Rufus.
DavidB

9

Jika semua program Anda ada di pi userid, sebenarnya tidak ada alasan untuk membuat cadangan seluruh sistem file, seperti yang disarankan. apa yang saya lakukan adalah hanya membuat cadangan id tunggal. Saya menjalankan perintah:

tar -czf pi.tgz *

dari direktori home pi, yang membuat file pi.tgz, yang berisi semua file dan direktori yang ada di sana (tidak termasuk file tersembunyi). Saya kemudian scp file ini ke komputer linux lain, tetapi Anda bisa ftp atau mengirim email ke suatu tempat untuk menjaga ... apa pun yang membawanya ke komputer lain.

Ini membuat file yang jauh lebih kecil untuk cadangan Anda.

Khawatir tentang semua paket tambahan yang telah Anda instal di sepanjang jalan? Buat skrip yang akan melakukan pemasangan itu lagi untuk Anda jika Anda perlu membuat kembali kartu SD Anda, dan simpan di direktori home pi di suatu tempat. (Saya memiliki direktori ~ / bin untuk hal-hal seperti itu). Minta semua perintah yang Anda perlukan untuk menginstal agar Anda kembali ke posisi yang Anda inginkan. Ini mendokumentasikan perubahan Anda, dan memungkinkan Anda untuk dengan cepat membangun kartu SD baru. Itu akan berisi perintah dalam bentuk:

apt-get --assume-yes install apache2 mysqld mysql php5 php-pear

Mulailah dengan

apt-get update
apt-get --assume-yes upgrade

sehingga sistem Anda juga dibawa ke level saat ini sebelum Anda mulai menambahkan paket Anda.

Karena ini akan ada di file pi.tgz Anda, Anda akan memilikinya ketika Anda membutuhkannya.


Perhatikan bahwa untuk Raspbmc spin-off, apt-get meng-upgrade tampaknya diketahui menyebabkan masalah. Itu untuk saya, dan ternyata itu masalah yang diketahui .
Cristi Diaconescu

Ini dapat dilakukan dari jarak jauh juga, yaitu: ssh pi@raspberrypi.local "sudo tar -cvp ~ / *" | xz -9 -e --threads = 4> raspbian.home.tar.xz
Belajar OpenGL ES

8

Saya menjalankan Raspbian dan menggunakan dd dan cron untuk melakukan backup otomatis kartu SD saya ke drive USB eksternal saya.

Ini adalah solusi yang sangat sederhana. Ini berjalan seminggu sekali pada jam 2 pagi pada hari Senin pagi dan membuat gambar kartu SD.

Saya menulis sebuah skrip yang mematikan layanan seperti lighttpd dan cron, untuk meminimalkan risiko kartu SD ditulis di tengah cadangan, kemudian memanggil dd, sebelum memulai ke layanan lagi ketika cadangan telah selesai.

Saya telah meletakkan skrip dan beberapa instruksi di blog saya, http://www.stuffaboutcode.com/2012/08/raspberry-pi-auto-backups.html


1
Ini mungkin solusi yang masuk akal jika Anda tidak dapat mencabut kartu. Namun, dding sebuah sd?perangkat dengan partisi yang terpasang tidak terdengar cukup aman.
yo

Anda mungkin benar, tapi saya belum punya masalah.
Martin O'Hanlon

4

Untuk Debian Anda bisa menggunakan dd dan tar. Ini akan membuat salinan lengkap dari kartu SD Anda dan akan membutuhkan penyimpanan eksternal (ke kartu SD), mungkin dipasang USB atau drive jaringan.

dd if=/dev/sdd of=yourbackupfilenamehere.dd
tar zcvf yourbackupfilenamehere.dd.tar.gz

Dengan / dev / sdd menjadi lokasi kartu SD Anda, dan ofmenjadi nama file output.


Ini memiliki keterbatasan karena memerlukan tempat untuk menulis gambar (yang juga cukup besar untuk mengambil gambar. Mungkin ini juga berarti data besar melalui hub usb - akan memakan waktu cukup lama?
Jon Egerton

Benar, tapi itu agak diperlukan dalam pertanyaan: "Saya ingin gambar penuh kartu SD."
Forkrul Assail

1
Mengapa Anda membuat .tar.gzfile dari file dd? Bukankah lebih baik hanya menjalankan gzipatau bzip2pada file dd secara langsung?
Anders

Apa artinya / dev / sdd ? Saya sudah /dev/mmcblk0p1dan /dev/mmcblk0p2terdaftar ...
IgorGanapolsky

4

Untungnya Raspberry Pi dapat membuat cadangan sendiri yang tidak tergantung pada OS utama yang digunakan untuk mengakses Raspberry (Windows, Linux, Mac). dd, tar dan rsync adalah alat yang berbeda untuk membuat cadangan di Linux. Semua jenis cadangan ini dapat dibuat oleh Pi berjalan asalkan menghentikan semua tugas sibuk seperti mysql, smb, dlna, owncloud, seafile, apache et al sebelum membuat cadangan. Ada pertanyaan berbeda di mana pendekatan tersebut dijelaskan secara lebih rinci dan solusi yang mungkin dijelaskan di sini


3

Jika Raspberry Pi Anda terhubung ke jaringan dan Anda ingin backup otomatis saat terbang, mungkin cara termudah adalah Bittorent Sync - sangat mudah menginstal dan menjalankan dengan lancar dan stabil pada Pi dan banyak platform lainnya.


Saya hanya ingin mengiklankan bahwa Sinkronisasi dan cadangan adalah dua hal yang berbeda
Pitto

3

Tidak ada lagi menakutkan, sinkronisasi, tar, ..., SD Card Copier yang ramah bagi pemula

Versi baru Raspbian yang disebut stretch memiliki aplikasi ramah yang sangat pemula yang disebut SD Card Copier. Anda tidak perlu menggunakan alat Linux seperti dd dll. Ia bahkan dapat menyalin kartu besar ke kartu kecil.

Bagaimana cara melakukannya

Anda mulai dengan ikon menu aplikasi GUI RPi di sudut kiri paling atas, buka Aksesoris, lalu klik SD Card Copier.

Yang perlu Anda lakukan adalah beberapa klik di dalam GUI!

Setelah membuat kartu SD cadangan, Anda dapat menggunakan Windows Disk Manager untuk membaca gambar kartu ke file Windows dan menyimpannya di direktori Windows mana pun. Dengan cara ini Anda hanya memerlukan kartu SD fisik dan menyimpan banyak versi gambar di PC Windows.

Tentu saja Anda bisa menggunakan kartu cadangan sebagai copy pekerjaan, untuk mengganti kartu asli Anda, yang sekarang menjadi kartu master Anda, dan menguncinya di tempat yang aman.


1

Saat mencari untuk membuat gambar kartu SD khusus saya, saya menemukan posting ini. Jawaban terbaik di sini membahas pencitraan kartu SD, tetapi apa yang saya cari diperlukan menyusutkan sistem file untuk membuat gambar sekecil mungkin. Saya akhirnya membuat alat sendiri untuk melakukan ini dan menguraikan prosesnya di: https://raspberrypi.stackexchange.com/a/37899/32585


1

Berikut 3 opsi:

  1. Dalam versi terbaru Raspbian, ada alat yang mengubah OS dan file Anda menjadi file .img yang kemudian dapat Anda tempatkan ke USB, atau PC Anda.

  2. Pasang kartu SD Anda ke PC Windows, dan mulai Win32 Disk Imager (instal di sini jika Anda belum melakukannya.)

    Pada (1) ketikkan nama file & lokasi untuk file gambar. Dalam (2), pilih huruf drive kartu SD Anda. Kemudian tekan 3. Ini melakukan hal yang sama dengan opsi 1.

  3. Sambungkan stik USB ke Pi Anda, dan salin semua file penting.



0

Saya membuat sebuah utilitas untuk membuat cadangan raspberry pi Anda jika Anda Linux. Ini juga akan mengecilkan gambar pi raspberry Anda, sehingga Anda dapat menempatkan .iso pada kartu SD yang lebih kecil: RaspberryPiShrink

Ini akan menjalankan skrip python yang akan memandu Anda melalui proses. Cukup colokkan kartu microSD Anda ke komputer Ubuntu, Linux Mint atau Debain Anda, dan ikuti instruksi di terminal.


-2

Saya telah menggunakan usbit untuk Windows. Ini satu-satunya alat yang dapat saya temukan yang memungkinkan Anda bertukar dari kartu SD yang lebih besar ke kartu yang lebih kecil. Yang saya lakukan adalah mencentang berikut di halaman opsi; Abaikan pengecekan ukuran dan Pangkas gambar besar .

Ini memungkinkan saya untuk menukar gambar OpenELEC dan Xbian saya dari kartu SD kelas 16 GB ke kartu kelas 10 GB 8 GB.

Jauh lebih mudah daripada mengubah ukuran tabel partisi, dll.


2
Pernahkah Anda memverifikasi file? Maksud saya dengan find -type f -exec md5sum {} \; > filelist.txt?
Avio

2
Ini tidak dijamin berfungsi, karena data yang disimpan pada paruh kedua disk dijatuhkan. Selanjutnya, tabel partisi rusak.
Alex Chamberlain
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola