Mengapa penumpang maskapai diminta untuk mengangkat nuansa jendela saat lepas landas dan mendarat?


235

Saya selalu bertanya-tanya mengapa nuansa jendela harus dinaikkan saat lepas landas dan mendarat. Saya tidak bisa memikirkan masalah keamanan dengan memiliki jendela yang tertutup.


6
Saya menduga itu sangat spesifik untuk maskapai dan wilayah. Saya tidak ingat pernah diminta untuk membuka jendela di salah satu (banyak) penerbangan saya dalam beberapa tahun terakhir.
Roddy of the Frozen Peas

2
Saya pikir saya perhatikan ini di semua penerbangan yang melibatkan waktu malam (atau waktu malam yang disimulasikan), tapi mungkin itu hanya bias konfirmasi?
hippietrail

44
Saya telah memberi tahu orang-orang itu agar para penumpang dapat melihat nyala api di mesin. Ketika mereka berteriak, itu mengingatkan sang kapten.
Coomie

8
Ini ditanya beberapa waktu lalu di Skeptics: Mengapa kita membuka nuansa jendela saat mendarat dan tinggal landas? dan perlu dicermati, karena jawaban teratas mereka melihat ke dalam apa aturan hukum yang ada atau tidak ada dalam masalah ini.
Mark Mayo

3
Terlepas dari peristiwa yang sangat mustahil disebutkan oleh orang lain, saya bisa memikirkan penggunaan sehari-hari untuk ini. Sebagian besar pesawat biasanya menabrak beberapa kali saat mendarat. Tergantung pada pilot dan kondisi lainnya, ini bisa sangat buruk. Mengetahui dengan tepat kapan ini terjadi dapat membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk itu.

Jawaban:


343

Saya akan menjawab ini dengan jawaban yang sangat panjang karena keselamatan penerbangan adalah pekerjaan saya sehari-hari.

Pembukaan naungan jendela adalah bagian dari proses panjang untuk menyiapkan kabin untuk keadaan darurat yang tidak terduga. Mengapa demikian? Nah, awak kabin hanya memiliki 90 detik untuk mengevakuasi semua penumpang jika terjadi keadaan darurat. Proses evakuasi itu sendiri tidak boleh memakan waktu lebih dari 90 detik terlepas dari ukuran pesawat atau jumlah penumpang. Jadi untuk memungkinkan evakuasi dalam 90 detik awak kabin dan staf maskapai penerbangan lain akan menyiapkan setiap penerbangan di muka untuk memungkinkan hal ini. Salah satu contoh adalah pintu keluar darurat, hanya orang dewasa sehat yang diizinkan menduduki kursi ini, mereka juga diharuskan membaca kartu keselamatan untuk pintu darurat agar mereka siap jika terjadi keadaan darurat untuk membantu awak kabin. Mereka disebut ABP (Able-Bodied-Persons). Ini hanya satu contoh.

Pokoknya, pembukaan nuansa jendela adalah bagian kecil dari proses persiapan yang panjang. Penumpang diminta untuk membuka tirai jendela sebelum lepas landas dan mendarat karena ini dianggap sebagai masa kritis dalam penerbangan. Banyak hal yang bisa salah selama masa-masa ini (kebanyakan kecelakaan terjadi saat lepas landas atau mendarat), sehingga orang diminta untuk membuka tirai jendela bersama dengan hal-hal lain (kursi dalam posisi tegak, orang yang duduk dan tertekuk, dll.) Untuk membuat semuanya siap seolah-olah pesawat itu dalam keadaan darurat. Jika terjadi kesalahan (Tuhan melarang) hal-hal akan siap di muka sehingga awak kabin dapat dengan mudah mengevakuasi orang dalam waktu singkat 90 detik.

Alasan khusus di balik pembukaan naungan jendela meliputi:

  • Penumpang penasaran, karenanya mereka sangat mata ekstra untuk melihat apakah ada yang salah di luar sana. Biasanya, penumpang melaporkan barang segera.
  • Dalam keadaan darurat tiba-tiba, setiap detik diperhitungkan. Karena itu, jika nuansa terbuka, kru dapat dengan mudah melihat kondisi luar untuk membantu mereka dalam merencanakan evakuasi (pintu mana yang digunakan untuk evakuasi, dll.).
  • Dalam keadaan darurat (yang lebih mungkin terjadi saat lepas landas dan mendarat) orang harus siap berjaga-jaga. Jadi pada siang hari, membuka tirai jendela dan meletakkan lampu kabin sepenuhnya membuat mata terbiasa dengan sinar matahari sehingga jika terjadi kesalahan dan penumpang harus dievakuasi tidak akan ada perubahan tiba-tiba dalam kontras cahaya yang dapat menyebabkan penglihatan kabur sementara. Hal yang sama pada penerbangan malam hari, nuansa jendela terbuka dan lampu kabin redup.
  • Ini membantu personel darurat darat di luar untuk melihat bagian dalam kabin.

Aturan-aturan ini mungkin berbeda dari satu maskapai ke yang lain, tetapi secara umum, hampir semua maskapai mengharuskan kru mereka untuk memastikan nuansa jendela saat lepas landas dan mendarat. Mereka juga menambahkannya dalam pengumuman persiapan sebelum lepas landas dan mendarat.


22
Sebagai teman awak kabin, saya dapat mencadangkan persyaratan 90 detik ini untuk evakuasi dan kursi yang ditempati ABP. Ini adalah bagian dari pelatihan awal mereka dan mereka memiliki tes akhir di mana mereka HARUS mengevakuasi pesawat yang penuh asap dalam waktu kurang dari 90 detik atau GAGAL kualifikasi mereka. Tidak perlu terburu-buru tetapi semuanya harus dieksekusi dengan lancar. ABP akan membantu dengan tidak menghalangi, menunjukkan kepada orang lain apa yang harus dilakukan dan setelah mereka keluar dari pesawat akan membantu untuk "penerimaan" penumpang yang lebih tua atau cacat, anak-anak dan (yang terburuk) orang dewasa yang ditakuti. Nuansa jendela : ya, Anda harus melihat mesin, sayap, landasan atau laut di luar
FelipeAls

54
Contoh uji evakuasi 90 detik, bagian dari kualifikasi Airbus A380 . Itu adalah bagian dari masalah awal menyusun pesawat 858 penumpang. Seperti pesawat lainnya, ia harus dapat mengevakuasi penumpangnya dalam waktu kurang dari 90 detik atau Airbus baru saja kehilangan miliaran Euro! Tonton video dan pikirkan semua hal yang Anda tidak punya waktu untuk melakukannya jika itu terjadi ...
FelipeAls

2
@FelipeMenempatkan jumlah pintu, pintu darurat, seluncuran, rakit geser, peralatan, dan kru semuanya dihitung dengan cermat untuk mencocokkan jumlah penumpang untuk mencapai keselamatan maksimum yang dimungkinkan termasuk aturan evakuasi 90 detik.
Nean Der Thal

7
IIRC, salah satu hal adalah Anda harus dapat mengungsi ke satu sisi jika yang lain terbakar. Membuka jendela membantu menentukan sisi mana yang terbakar.
MSalters

5
Meskipun ini adalah jawaban yang sangat baik, poin-poin penting adalah bagian terpenting dari jawaban, karena mereka sebenarnya menjawab pertanyaan. Mereka harus lebih dekat ke bagian atas artikel. Sisa dari artikel ini adalah baik, tapi tidak seperti pentingnya dengan poin-poin.
corsiKa

34

Mayoritas evakuasi maskapai terjadi sebagai akibat dari peristiwa selama lepas landas dan mendarat. Alasan untuk membuka windows adalah untuk melihat di luar. Misalnya, Anda tidak ingin membuka pintu keluar darurat di atas sayap jika sayap terbakar. Kombinasikan keduanya dan yang satu menyimpulkan bahwa adalah ide yang bagus untuk membuka jendela saat lepas landas dan mendarat.

Sumber saya adalah pramugari yang saya tanyakan beberapa waktu yang lalu.


3

Pandangan yang sedikit berbeda (dan lebih sinis): Air Canada menginginkannya terbuka, United tidak peduli. Lufthansa ingin Anda melepas headset saat lepas landas dan mendarat, Delta tidak peduli. Jika ada alasan yang sangat bagus untuk jenis ukuran ini, maskapai akan menggunakannya secara konsisten. Tidak ada maskapai penerbangan yang tertarik dengan catatan keselamatan jerawatan, sehingga mereka mungkin memperhatikan prosedur ini sebelum memutuskan untuk mengadopsi atau tidak. Ini akan menunjukkan bahwa sebagian besar dari ini adalah langkah-langkah baik-perasaan tanpa dukungan ilmiah nyata.

Satu-satunya pengecualian adalah pendapatan tambahan untuk maskapai: sampai saat ini dilarang menggunakan perangkat nirkabel dalam mode transmisi selama penerbangan karena jelas tidak aman. Tetapi kemudian maskapai menemukan bahwa mereka dapat mengenakan biaya untuk WIFI selama penerbangan dan tiba-tiba tidak apa-apa untuk memiliki puluhan node WIFI di pesawat yang meledak dengan kecepatan penuh.


2
WiFi on-board dimatikan oleh personel kabin saat lepas landas dan mendarat. Memang benar bahwa maskapai yang berbeda memiliki aturan yang berbeda. Itu karena ada kemajuan dan penelitian yang konstan, dan tidak semua maskapai atau negara mengikuti secara bersamaan.
Abel
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola