Saya tidak tahu kewarganegaraan saya. Bagaimana saya bisa mengunjungi Denmark?


156

Saya lahir di sebuah kamp pengungsi Thailand oleh orang tua Vietnam, tetapi segera setelah bayi, mereka berimigrasi ke Denmark. Kami tinggal di sana selama 10-11 tahun dan kemudian pindah ke AS. Saya pemegang kartu hijau AS dan saya berencana untuk bepergian ke Denmark tetapi saya tidak bisa mendapatkan paspor AS (bukan warga negara AS) dan saya tidak bisa mendapatkan Denmark. paspor baik karena kebangsaan saya belum ditetapkan. Siapa yang dapat membantu saya menjawab pertanyaan-pertanyaan itu?

Ibu saya dan saya memiliki dokumen perjalanan bersama Denmark (saya tidak punya paspor karena saya tidak dikeluarkan sejak saya masih muda) dan ibu saya mengatakan dia juga tidak. Namun, bagaimana kami melakukan perjalanan ke Spanyol, Rumania, dan Prancis dari Denmark (via airtravel) dan tidak memilikinya ?? Dokumen perjalanan kami tidak menunjukkan ke mana kami bepergian. Saya benar-benar sangat membutuhkan bantuan karena saya telah menelepon Konsulat / Kedutaan Besar Denmark serta Konsulat Thailand dan tidak ada yang bisa memberi saya jawaban.

Saya tidak bisa mendapatkan visa ke Denmark karena ketika mereka bertanya di negara mana saya menjadi warga negara, saya tidak bisa menjawabnya.


24
"Dokumen perjalanan bersama Denmark" apa yang Anda miliki? Bagaimana Anda mendapatkan kartu hijau AS? Jawaban untuk ini sangat penting karena mereka akan menunjukkan opsi apa yang mungkin terbuka untuk Anda.
Michael Hampton

6
Saya pikir tautan ini akan berguna: uscis.gov/sites/default/files/USCIS/Resources/D4en.pdf Anda bisa mendapatkan dokumen perjalanan pengungsi AS tanpa kewarganegaraan. Anda memenuhi syarat sebagai Pemegang Kartu Hijau yang sebelumnya adalah seorang pengungsi (jika, tentu saja, itulah cara AS mengklasifikasikan Anda; Anda tidak menjelaskannya). Saya berharap Anda terlalu tua untuk dokumen bersama dengan ibumu,
Andrew Lazarus

3
Begitu Anda berada di dalam wilayah Schengen, yang meliputi Denmark, Spanyol, dan Prancis (dan kemungkinan besar Rumania, meskipun saya tidak yakin), persyaratan untuk penyeberangan perbatasan berkurang secara signifikan. Mungkin saja pada saat itu tidak ada yang merasa perlu memverifikasi kewarganegaraan Anda.
CVn

3
@QuoraFeans Ada yang namanya pengungsi AS (secara harfiah, seseorang yang melarikan diri dari pemerintah AS), tetapi mereka kemungkinan tidak akan membantu Anda meninggalkan negara dalam kasus itu. :)
reirab

6
@QuoraFeans Semua orang yang mengeluarkan surat perintah penangkapan yang berusaha menghindari penangkapan, saya kira, sama seperti hampir di semua negara lain. Bagaimanapun, komentar saya adalah tounge-in-pipi.
reirab

Jawaban:


160

Dari uraian Anda, tampak bahwa Anda tidak memiliki kewarganegaraan - yaitu, tidak ada negara yang mengakui Anda sebagai warganya. Itu membuat perjalanan internasional sulit, tetapi yang seharusnya terjadi adalah bahwa negara tempat Anda tinggal secara legal (yaitu, Amerika Serikat) dapat mengeluarkan Anda dokumen seperti paspor yang dapat berfungsi sebagai dokumen identifikasi saat bepergian tetapi tidak menyatakan Anda sebagai warga negara di mana saja.

Di sebagian besar dunia ini akan dikenal sebagai "dokumen perjalanan konvensi 1954", tetapi AS tidak menjadi pihak pada Konvensi 1954. Sebaliknya, USCIS dapat mengeluarkan sesuatu yang disebut Izin Masuk Kembali AS , yang diakui sejumlah negara, termasuk Denmark, setara dengan dokumen konvensi tahun 1954.

[ Hati-hati : Pada 2017/04/09, yang daftar resmi dokumen perjalanan yang diterima oleh negara-negara anggota Schengen menunjukkan bahwa Denmark tidak mengakui AS "izin untuk masuk kembali ke" tapi tidak mengakui "dokumen perjalanan pengungsi" AS. Mereka adalah buklet yang sama, tetapi memiliki judul yang berbeda di atas foto. Ada beberapa kotak yang perlu Anda periksa pada formulir I-131 saat melamar.]

Setelah mendapatkan izin masuk kembali, Anda masih perlu mengajukan permohonan visa Denmark, karena Anda bukan warga negara AS (yang bebas visa di wilayah Schengen). Pada formulir aplikasi visa, Anda akan menempatkan "kewarganegaraan" sebagai kewarganegaraan Anda dan memeriksa "dokumen perjalanan lain" daripada "paspor biasa". Anda perlu mendukung aplikasi visa Anda dengan bukti ikatan ekstra baik dengan AS yang memotivasi Anda untuk meninggalkan daerah Schengen setelah perjalanan yang Anda usulkan (kartu hijau adalah awal yang baik di sini, tetapi tidak berarti cukup), dan telah menghabiskan masa kecil di sini tidak akan membuatnya lebih mudah. Tapi itu tidak mungkin secara kategoris .

Dalam jangka panjang mungkin akan menjadi kepentingan Anda untuk mengejar naturalisasi sebagai warga negara AS.


Komentar bukan untuk diskusi panjang; percakapan ini telah dipindahkan ke obrolan .
Mark Mayo

81

Jawaban Henning Makholm membahas masalah kemungkinan kewarganegaraan Anda, dan menyarankan cara mendapatkan dokumen perjalanan.

Alternatif lainnya adalah memperoleh kewarganegaraan. Kasus Anda rumit dan saya akan merekomendasikan berkonsultasi dengan pengacara imigrasi. Di bawah ini adalah beberapa informasi yang relevan, sebagian besar diambil dari Wikipedia. Perhatikan bahwa mungkin saja Anda sebenarnya bukan kewarganegaraan (misalnya jika Anda dianggap warga negara Thailand atau Vietnam), tetapi hanya kekurangan dokumen untuk membuktikan kewarganegaraan Anda.

Thailand

Undang-undang kewarganegaraan Thailand didasarkan pada prinsip-prinsip Jus sanguinis (kewarganegaraan melalui orang tua) dan Jus soli (kewarganegaraan melalui kelahiran). Orang tuamu bukan warga negara Thailand, sehingga meninggalkan kelahiran. Paragraf ini memberikan ringkasan.

Vietnam

Wikipedia tidak memiliki entri untuk undang-undang kebangsaan Vietnam, tetapi pencarian Google menghasilkan hit bagi saya yang menunjukkan bahwa prinsip Jus sanguinis (kewarganegaraan oleh orang tua) berlaku , sehingga Anda dapat dianggap sebagai warga negara Vietnam terlepas dari kenyataan bahwa Anda tidak lahir di sana.

Denmark

Ada peluang nyata yang terlewatkan di sini karena Anda dan keluarga Anda akan berhak memperoleh kewarganegaraan setelah menjadi penduduk di sini selama 9 tahun (dikenal sebagai naturalisasi ) tetapi karena Anda secara permanen menjadi non-residen sejak saat itu, itu mungkin tidak masuk hitungan. apa saja lagi. Di sisi lain, Anda mengatakan Anda memiliki dokumen perjalanan bersama ibumu. Dokumen perjalanan seperti apa itu? Agaknya Anda menggunakan dokumen ini untuk memasuki Amerika Serikat. Bagaimana Anda mengatasi masalah kewarganegaraan Anda pada waktu itu?

Amerika Serikat

Anda tidak menentukan berapa lama Anda telah menjadi penduduk di AS, tetapi Anda harus dapat menaturalisasi sebagai warga negara jika Anda telah menjadi penduduk tetap selama 5 tahun . Jika ini masalahnya, ini mungkin opsi yang paling mudah karena Anda dapat dengan mudah membuat kasing Anda.

Kewarganegaraan Ganda / Ganda

Karena dimungkinkan bahwa Anda mungkin memenuhi syarat untuk dua atau lebih kewarganegaraan di atas, Anda mungkin ingin mempertimbangkan pilihan Anda dengan hati-hati. Undang-undang tentang kewarganegaraan ganda bisa rumit dan berbeda untuk setiap negara. Banyak negara, dan khususnya negara-negara Asia, melarang kewarganegaraan ganda. Jadi mis dengan mengambil kewarganegaraan AS, Anda dapat memisahkan diri dari yang lain. Apakah ini penting atau tidak bagi Anda tergantung pada apa rencana jangka panjang Anda dan di mana Anda ingin menyelesaikannya. Salah satu kelemahan kewarganegaraan AS (dan hampir unik di dunia) adalah persyaratan untuk mengajukan pengembalian pajak AS selama sisa hidup Anda (selagi Anda tetap menjadi warga negara), bahkan jika Anda berhenti tinggal di sana (Anda mungkin atau mungkin tidak harus benar-benar harus bayar pajak AS, tergantung pada penghasilan Anda dan keadaan lainnya).


24
+1, kemungkinan besar OP sudah Vietnam dan hanya perlu akta kelahiran orang tuanya dan (mungkin seorang pengacara kebangsaan) untuk membuat klaimnya. Ada ribuan orang Vietnam dalam (atau berada dalam) situasi yang sama. Klaim kewarganegaraan Thailand dan Denmark kurang bisa dipertahankan, tetapi bagus Anda menyebutkannya untuk kelengkapan. Jawaban bagus mencerminkan penelitian hebat.
Gayot Fow

5
Ada beberapa bukti bahwa Vietnam mencabut atau mencabut kewarganegaraan warga negara Vietnam di luar negeri - lihat vietnamembassy-usa.org/consular/… (atau moj.gov.vn/vbpq/en/lists/vn%20bn%20php%20lut/… lebih terinci )
EdC

9
Untuk lebih jelasnya, persyaratan AS untuk mengajukan pengembalian pajak di luar negeri tidak melibatkan pembayaran pajak yang sebenarnya kecuali Anda menghasilkan cukup banyak uang (Anda dapat mengecualikan sejumlah besar pendapatan - saat ini sekitar $ 100.000 plus biaya perumahan). Bagi kebanyakan orang ini hanyalah gangguan administrasi, bukan biaya, dan kewarganegaraan AS kemungkinan merupakan keuntungan bersih.

2
@ dan1111 Itu benar untuk banyak kasus, tetapi ada banyak masalah halus yang dapat muncul yang tidak mudah tercakup oleh pengecualian dan / atau perjanjian pajak berganda. Jelas itu terlalu di luar topik untuk masuk ke banyak detail di sini, tetapi penting untuk setidaknya menyadarinya jika / ketika situasi itu muncul. Kasus sederhana (dan paling umum) adalah seseorang yang bekerja dan menerima gaji, di bawah ambang batas. Menjadi lebih rumit begitu sumber pendapatan lain dan kepemilikan / pembuangan aset masuk ke dalamnya.
JBentley

3
@ dan1111, karena FATCA hal-hal sebenarnya lebih berat daripada yang Anda pikirkan. Bank-bank di luar negeri harus melaporkan kepada pemerintah AS cukup banyak informasi tentang setiap warga negara AS yang memiliki rekening, atau menghadapi denda yang menghancurkan. Akibatnya, banyak bank di luar negeri menolak untuk mengizinkan klien Amerika. Baru November lalu di Swiss saya berbicara dengan keluarga Swiss-Amerika campuran di mana putranya, seorang warga negara ganda, merasa hampir tidak mungkin menemukan bank untuk menyimpan rekeningnya karena persyaratan pelaporan yang tidak masuk akal.
Kyralessa

20

Saya tidak tahu kewarganegaraan saya. Bagaimana saya bisa mengunjungi Denmark?

Sederhana! berbicara dengan USCIS (bisa sesederhana menggunakan tautan Ajukan Pertanyaan di situs web mereka) dan tanyakan pada mereka. Karena mereka mengeluarkan kartu hijau kepada Anda, mereka akan tahu status pasti Anda dalam catatan mereka. Mereka bisa tahu apakah Anda warga negara dari negara mana pun menurut catatan mereka atau tidak

Bergantung pada jawaban mereka, Anda kemudian dapat memilih tindakan yang terbaik nanti


2
Tetapi USCIS tidak ada hubungannya dengan kebangsaan asing. Dan AS tidak peduli dengan kewarganegaraan asing yang dimiliki penduduk tetap. Penduduk tetap bisa saja memperoleh atau kehilangan kewarganegaraan sejak menjadi penduduk tetap; USCIS tidak akan tahu apa-apa tentang itu. Yang paling bisa Anda dapatkan adalah salinan formulir yang Anda isi untuk mengajukan permohonan hal-hal dengan USCIS, untuk melihat apa yang Anda tulis saat itu, tetapi itu akan menjadi informasi yang sudah Anda ketahui. USCIS tidak memenuhi syarat untuk menentukan apakah negara yang Anda klaim sebagai warga negara nasional benar-benar menganggap Anda seorang warga negara.
user102008

3
@ user102008 Saya terkejut bahwa Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS tidak ada hubungannya dengan imigrasi dan kami orang-orang acak di internet dengan beberapa suara yang lebih baik tahu? Ya itu tidak akan terlalu peduli dengan kebangsaan yang didapat kemudian, tetapi pasti akan tahu status apa yang mereka minta kartu hijau ketika OP masih anak-anak dengan ibunya. Jika OP tahu mereka telah mendapatkan kewarganegaraan kemudian mereka tidak akan mengajukan pertanyaan ini di tempat pertama
Hanky ??Panky

4
@corsiKa: "Saya mengharapkan USCIS untuk menjadi ahli untuk semua hal yang berkaitan dengan memasuki dan meninggalkan negara." Sebenarnya, USCIS tidak ada hubungannya dengan memasuki atau meninggalkan negara itu. CBP ada hubungannya dengan memasuki negara.
user102008

5
@ user102008 - Anda terus mengatakan hal-hal seperti: OP mengisi formulir di tempat pertama. Anda tampaknya tidak memperhitungkan bahwa OP baru berusia sekitar 11 tahun ketika mereka memasuki AS. OP belum pernah melihat aplikasi / formulir entri apa pun dan banyak atau semua informasi yang dikandungnya mungkin merupakan informasi baru untuk OP. Bahkan ibu OPs, dia mungkin memiliki bantuan mengisi formulir (karena bahasa) dan dia mungkin salah tentang apa yang dia ingat tentang informasi yang dimasukkan pada formulir. Sangat mungkin bahwa tidak ada yang berguna (baru) ----->
Kevin Fegan

3
@ user102008 ... informasi di sana, tetapi juga sangat mungkin ada. Saya tidak tahu, sepenuhnya semua jenis informasi pada formulir, atau informasi apa yang mungkin telah dikumpulkan 10 atau 20 tahun yang lalu (atau kapan pun, saya tidak tahu kapan OP memasuki AS). Mungkin ada indikasi status pengungsi OP, yang mereka mungkin tidak tahu fakta dengan benar sekarang.
Kevin Fegan

8

Sepertinya Anda terutama peduli dengan menyatakan apa kewarganegaraan Anda pada formulir aplikasi visa Denmark.

Karena Anda memiliki kartu hijau AS dan Anda tidak memegang paspor, Anda kemungkinan akan bepergian dengan izin masuk kembali AS (Formulir I-327), yang merupakan buklet mirip paspor yang dikeluarkan oleh USCIS yang mengatakan “Dokumen Perjalanan” di sampul dan digunakan sebagai pengganti paspor. Anda akan mengajukan izin masuk untuk mengajukan visa Denmark Anda, bukan paspor, dan stiker visa akan ditempatkan di izin masuk Anda.

Izin masuk ulang mencantumkan kewarganegaraan , yang akan menjadi "negara kewarganegaraan" yang tercantum di bidang 5 Formulir I-131 yang Anda gunakan untuk mengajukan izin masuk kembali. Apa pun kewarganegaraan yang dicetak USCIS dalam izin masuk kembali Anda (yang, berdasarkan jawaban lain, mungkin Thailand, Vietnam atau tanpa kewarganegaraan) adalah kewarganegaraan yang harus Anda isi pada formulir visa Denmark. Pihak berwenang Denmark tidak mungkin mempertanyakan kewarganegaraan yang dinyatakan oleh USCIS atau meminta bukti lebih lanjut.

(Kewarganegaraan yang Anda berikan pada Formulir I-131 harus sesuai dengan apa yang sebelumnya Anda katakan kepada USCIS ketika Anda mengajukan permohonan kartu hijau, atau Anda mungkin diminta untuk memberikan bukti lebih lanjut.)

Jawaban singkat dan pragmatis untuk pertanyaan Anda adalah: gunakan kewarganegaraan apa pun yang dicetak dalam izin masuk Anda, kecuali jika itu jelas salah.

"Dokumen perjalanan bersama Denmark" yang Anda maksudkan kemungkinan besar adalah "


2

Cara termudah untuk mengatasinya adalah melalui akta kelahiran dan rute termudah adalah Thailand. Thailand memperluas kewarganegaraan kepada siapa pun yang lahir di sana.

Jika Anda dikeluarkan akta kelahiran di Thailand, maka sangat mungkin Anda dapat mendekati Kedutaan Thailand di AS untuk mengonfirmasi dan mengeluarkan dokumentasi / paspor kewarganegaraan.

Jika Anda tidak mengeluarkan akta kelahiran, tetap hubungi Kedutaan Thailand. Dengan dokumentasi yang memadai seputar waktu Anda di sana, mereka harus dapat memberikan kewarganegaraan.


Apakah Anda memiliki tautan ke situs resmi yang mengkonfirmasi hal ini?
Willeke

1
Melahirkan di Thailand tampaknya tidak menjamin Anda sebagai warga negara Thailand: en.m.wikipedia.org/wiki/Thai_nationality_law
jpatokal
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola