Boss meminta paspor, tapi ada cap di situ, aku tidak ingin dia melihatnya. Apa yang harus dilakukan?


186

Saya seorang warga negara India yang telah bekerja di Afrika selama 10 bulan. Tinggal di Afrika ini adalah pertama kalinya saya meninggalkan India. Paspor saya tidak memiliki perangko atau tanda sebelumnya. Baru-baru ini saya memiliki keadaan darurat di rumah dan bos saya terus menolak saya untuk berkunjung singkat. Saya kembali ke India tanpa sepengetahuannya, dan sekarang dia meminta paspor saya. Saya tidak bisa membiarkan dia melihat kunjungan saya di rumah ke paspor. Haruskah saya merekatkan halaman prangko maskapai bersama?


220
Jangan menempelkan apapun di paspor Anda dan jangan memberikan paspor Anda kepada siapa pun! Ini bukan hak atasan Anda untuk menolak Anda meninggalkan negara. Mencari nasihat hukum, bukan bepergian!
ThisIsMyName

126
Mengapa atasan Anda meminta paspor Anda? Apakah ini permintaan hukum? Dalam kebanyakan kasus, tidak.
phoog

104
Seorang bos yang tidak mau memberi Anda cuti untuk keadaan darurat keluarga bukanlah jenis bos yang ingin saya pertahankan. Penghentian untuk pembangkangan mungkin menjadi berkah tersembunyi di sini.
choster

29
Bagaimana menempelkan paspor bahkan membantu? Tentunya bos Anda akan memperhatikan.
Nate Eldredge

69
Tawarkan kepada bos Anda salinan halaman gambar yang disahkan sebagai bukti identitas jika ia membutuhkannya untuk alasan akuntansi, imigrasi, pajak, dan alasan lainnya. Jika dia tidak senang dengan itu maka ada potensi masalah serius dalam kondisi kerja Anda.
KalleMP

Jawaban:


550
  1. Jangan berikan paspor Anda kepada atasan Anda. Anda mungkin tidak mendapatkannya kembali; ini adalah prosedur standar untuk menyalahgunakan bantuan rumah tangga atau perdagangan manusia.
  2. Hubungi kedutaan Anda untuk saran.

188
Ini adalah cara penyalahgunaan yang terdokumentasi dengan baik dari orang India di Timur Tengah.
Jesvin Jose

41
Saya berharap saya dapat +100 ini sendiri, satu-satunya orang yang harus meminta paspor Anda secara spesifik harus memiliki alasan yang sah dan sah untuk melakukannya. Itu bukan untuk mengatakan Anda tidak dapat menggunakan paspor Anda sebagai ID, karena Anda biasanya bisa, tetapi kecuali jika Anda mengerjakan proyek yang membutuhkan perjalanan, atau sesuatu yang hampir tidak ada alasan seorang majikan harus meminta paspor. Lari dari situasi ini sekarang, bahkan laporkan dia ke kedutaan Anda atau pihak berwenang lainnya.
coteyr

21
FYI dan AFAIK, sebagian besar paspor tetap menjadi milik pemerintah penerbit (mereka pada dasarnya hanya meminjamkannya kepada warga negara mereka). Dengan demikian satu-satunya orang yang biasanya diizinkan untuk memaksa Anda untuk menyerahkan atau menyerahkan paspor Anda adalah pejabat pemerintah terkait atau pejabat pemerintah lain yang dengannya pemerintah penerbit memiliki perjanjian. Paspor Anda adalah bentuk ID yang valid jika Anda perlu membuktikan identitas Anda karena alasan lain, tetapi Anda dapat melakukannya dengan hanya menunjukkan halaman ID kepada mereka yang meminta ID sambil memegangnya di tangan Anda - Anda tidak perlu menyerahkannya lebih.
Toby

11
FWIW, di negara saya (Inggris) ada berbagai keadaan di mana majikan memiliki kewajiban hukum untuk melihat (tetapi tidak pernah memegang) paspor karyawan. Dan juga visa kerja yang relevan. Ini mungkin juga terjadi di satu atau lebih negara-negara Afrika. Jadi mungkin layak untuk menetapkan apa yang majikan Anda maksudkan dengan "meminta paspor Anda" sebelum menolak, setidaknya jika Anda ingin menghindari kehilangan pekerjaan Anda karena Anda gagal memenuhi beberapa aturan pencatatan birokrasi. Yang mengatakan, sepertinya majikan ini berencana untuk menyitanya.
Steve Jessop

6
@eykanal Google untuk sesuatu seperti "perdagangan manusia penyitaan paspor", karena masalahnya tidak terbatas pada warga negara India. Pencarian itu memberi, antara lain, yang berikut, tentang Singapura. Pekerja asing juga melaporkan penyitaan paspor mereka, pembatasan pergerakan mereka, pemotongan gaji mereka secara ilegal, ancaman pemulangan paksa tanpa bayaran, dan pelecehan fisik dan seksual — semua indikator potensi perdagangan manusia.
Andrew Lazarus

165

Jika Anda menempelkan halaman di paspor Anda, Anda bisa membuangnya.

Tidak ada petugas imigrasi yang akan menerimanya dan Anda mungkin akan kesulitan untuk pulang ke rumah dengannya. "Masalah" seperti pada Anda akan ditarik ke samping ke sebuah ruangan kecil sampai mereka puas Anda bukan imigran ilegal.
Anda bahkan dapat ditolak naik oleh maskapai jika mereka melihat bahwa paspor Anda terlihat mencurigakan.

Satu-satunya orang dengan otoritas nyata untuk menuntut paspor Anda adalah petugas imigrasi dan / atau penegak hukum.

JANGAN serahkan paspor asli Anda ke bos Anda.
Satu-satunya informasi sah yang mungkin dibutuhkan majikan Anda dari paspor Anda adalah salinan halaman 'utama' dengan semua detail Anda dan tanggal / tanggal kedaluwarsa paspor dan salinan halaman visa jika Anda memerlukan visa untuk bekerja di negara itu .


32
Tanpa mengetahui negara di mana ini terjadi dan hukumnya, kami tidak benar-benar tahu bahwa "satu-satunya orang dengan otoritas nyata untuk menuntut paspor Anda adalah petugas imigrasi dan / atau penegak hukum." Sejauh yang kita ketahui, undang-undang negara tersebut mungkin mengharuskan majikan untuk menahan atau memproses paspor karyawan asingnya.
phoog

55
@ phoog Mungkin sedikit generalisasi, tapi IMO yang aman. Paspor Anda sebenarnya bukan milik Anda. Itu milik pemerintah negara asal Anda yang mengeluarkannya (mungkin generalisasi lain, tetapi tentu berlaku untuk AS, Inggris, & lainnya). Saya tidak dapat melihat bahwa akan ada cara hukum untuk entitas apa pun selain imigrasi / penegak hukum / badan pemerintah lainnya untuk memiliki paspor tanpa persetujuan dari pemegang dan / atau negara penerbit. Majikan Anda tentu tidak akan memiliki hak seperti itu di negara mana pun yang tidak menerapkan semacam pembatasan pergerakan (Timur Tengah? Korea Utara?).
brhans

1
Komentar bukan untuk diskusi panjang; percakapan ini telah dipindahkan ke obrolan .
JonathanReez

106

Beberapa baris dari paspor India saya (aslinya ditulis dalam huruf kapital semua):

PERINGATAN

Paspor ini adalah milik Pemerintah India.

Itu harus dalam tahanan baik dari pemegang atau orang yang disahkan oleh pemegang. Itu tidak boleh diubah atau dimutilasi dengan cara apa pun.

Singkatnya, tetap aman dan milik Anda, jangan merusaknya, dan ingatlah bahwa Anda tidak memiliki paspor, itu milik negara Anda.


4
Ini menjawab bagian yang merusak, tetapi bukan pertanyaan apakah OP harus memberikannya kepada bosnya. Pada dasarnya bos meminta untuk menjadi "orang yang diberi wewenang oleh pemegang".
Beberapa yeti yang berkeliaran

13
@ptityeti Mungkin begitu, tetapi OP tidak mau atau perlu memberikannya kepada bos. Itu sudah beres. Jawaban saya terutama memberi tahu OP tentang bagian yang dirusak. Jawaban lain telah membahas aspek-aspek lain darinya. Saya tidak ingin membeo mereka.
NVZ

@NVZ tetapi OP dapat dipecat karena gagal menyerahkan paspor, dan teks yang Anda kutip tidak mengubahnya.
phoog

3
@ phoog Menyerahkannya adalah hak prerogatif OP. Saya tidak membuat keputusan OP untuk mereka. Saya katakan di sini apa yang paspor katakan tentang dirinya. Jawaban lain memberikan saran yang lebih baik tentang apa yang harus dilakukan OP tentang bosnya.
NVZ

@phoog Saya tidak tahu banyak tentang negara OP. Di UEA, misalnya, paspor, secara hukum, harus bersama individu tersebut. Tetapi karyawan rela menyimpannya di brankas perusahaan mereka, dan perusahaan diharuskan untuk mengembalikannya segera ketika karyawan memintanya. Perusahaan tidak diizinkan untuk "meminta" paspor sendiri.
NVZ

62

Jangan menggali lubang lebih dalam dari yang sudah ada, jujur ??saja dan beri tahu atasan Anda bahwa saya melakukan perjalanan. Ini menutupi operasi seperti yang Anda pikirkan memiliki kebiasaan berubah dari buruk menjadi lebih buruk.

Ingatlah bahwa mengganti bos yang buruk jauh lebih mudah daripada mengubah paspor yang sengaja diubah

Mendapatkan masalah dengan atasan Anda dapat menyebabkan masalah keuangan sementara tetapi mendapatkan masalah dengan imigrasi mungkin membuat Anda di penjara (mungkin di negara asing)

Jangan pernah mencoba mengubah paspor Anda sama sekali.

Anda mungkin memiliki bos lain besok dan melupakan bos yang sekarang, tetapi begitu perusakan paspor dicatat pada riwayat imigrasi Anda, bos itu akan tetap bersama Anda untuk waktu yang lama.

Boss meminta paspor, tapi ada cap di situ, aku tidak ingin dia melihatnya. Apa yang harus dilakukan?

Maaf, saya tidak bisa menyerahkan paspor saya kepada siapa pun kecuali otoritas hukum.

Apakah Anda melakukan perjalanan ketika saya mengatakan tidak?

Ya saya lakukan, itu mendesak dan saya tidak punya pilihan lain. Itu tidak memengaruhi pekerjaan saya.

Ini adalah ketakutan kecil yang membuat orang melakukan hal-hal yang bahkan lebih buruk dari sebelumnya dan tumpukan terus tumbuh sampai mereka tenggelam dalam kesulitan hukum.


15
"Ingatlah bahwa mengganti bos yang buruk jauh lebih mudah daripada mengganti paspor yang buruk" ... bukan? Tidak menyarankan Anda melakukannya, tetapi saya merasa Anda dapat "merusak" atau "kehilangan" paspor Anda sehingga Anda dapat dengan mudah meminta yang lain ... sedangkan mengubah kepribadian atasan Anda atau mengubah pekerjaan itu sendiri agak sulit ...
Mehrdad

1
Saya seharusnya mengatakan daripada paspor yang dipalsukan / diubah secara ilegal : D
Hanky ??Panky

5
@HankyPanky: Tidak bisakah kau "kehilangan" saja? (Lagi-lagi, tidak menyarankannya, tapi saya merasa banyak orang tidak akan berani sebelum melakukan ini.)
Mehrdad

2
Mengatakan ini hanya dapat menyebabkan "masalah keuangan sementara" adalah asumsi yang tidak masuk akal. Kami tidak tahu seberapa buruk situasi keuangan OP, dan tidak pernah dijamin mudah menemukan pekerjaan baru.

1
@Mehrdad Ini terjadi pada banyak orang bahwa paspor mereka diambil dan mereka tidak memiliki cara untuk mencapai kedutaan mereka atau mendapatkan yang baru. Ini adalah penipuan yang cukup umum dan orang-orang memiliki kehidupan mereka dihancurkan setiap hari.

41

Ini bau seperti bosmu sedang melecehkanmu.

Saya menyarankan untuk menghubungi kedutaan Anda atau secara langsung saya sarankan untuk menghubungi Menteri Urusan Luar Negeri India (Sushma Swaraj). Anda dapat mengirim email kepadanya atau hanya menciaknya. Dia pasti akan membantu Anda, jelaskan situasimu.

Dia adalah menteri agama yang paling responsif, ada banyak kesempatan seperti ini, orang-orang mentweet dan dia telah menyelesaikannya dalam waktu singkat.

Berikut adalah rincian kontak dari Kementerian Luar Negeri India.

Meminta salinan paspor untuk bukti adalah hal yang berbeda, tetapi meminta paspor asli bukanlah hal yang benar untuk dilakukan. Saya harap ini membantu Anda dan Anda akan segera keluar dari situasi ini.


4
Ini adalah solusi yang rapi.
Fisikawan Gila

29

Jangan merekatkan apapun! Ini akan membuat paspor Anda tidak valid. Juga sebagian besar paspor memiliki halaman bernomor, jadi tidak ada opsi untuk disembunyikan.

Juga hubungi pengacara Anda atau bantuan lain. Saya tidak percaya bahwa bos Anda secara hukum dapat meminta paspor Anda


"Saya tidak percaya bahwa bos Anda secara hukum dapat meminta paspor Anda" ... mereka secara hukum dapat meminta bukti izin untuk bekerja, yang umumnya merupakan paspor.
Mehrdad

Saya bilang, dia harus menghubungi pengacara. Di sini, di Estonia bos hanya berhak untuk melihat identitas saya dan hanya ketika pertama kali membawa saya untuk bekerja. Dan itu bahkan tidak harus menjadi paspor. Ini bisa berupa kartu ID, SIM atau hanya halaman depan paspor saja. Menurut hukum, Bos tidak berhak menuntut apa pun atau memeriksa paspor saya. Saya juga dapat menunjukkan halaman yang dibutuhkan dari tangan saya tanpa izin untuk memeriksanya.
Sapphire91140

Salinan halaman yang ditandatangani oleh notaris juga valid. Ini juga bisa menjadi pilihan
Sapphire91140

2
@Mehrdad Menuntut bukti izin Anda untuk bekerja dan menuntut untuk memiliki bukti izin Anda untuk bekerja adalah dua hal yang sama sekali berbeda. Anda bisa menunjukkan padanya, dan jika dia berkata "Saya harus menyimpannya" Anda mengatakan "tidak". Kalau tidak, Anda tidak dapat meninggalkan negara tanpa izinnya.
sampai

2
@Mehrdad Mereka mungkin melakukan itu, tetapi mereka tidak perlu melakukannya. Jika itu hanya masalah memberikan bukti izin untuk bekerja, mereka dapat menerima fotokopi paspor saya atau mereka dapat mengantar saya ke mesin fotokopi dan menonton saya memfotokopi sendiri. Ada nol alasan mereka harus secara fisik dalam kepemilikan paspor saya di setiap titik waktu.
Anthony Grist

24

Buat fotokopi warna dari halaman yang paling penting. Yaitu, yang dengan foto Anda dan detail yang perlu dilihatnya. Hanya perlihatkan salinannya kepada bos Anda. Terserah Anda apakah Anda ingin membiarkannya menyimpannya atau tidak. Anda mungkin tidak perlu dan Anda dapat menghancurkan salinan setelah dia melihat apa yang perlu mereka lihat.

Anda harus bisa mendapatkan salinan berwarna di toko alat tulis (seperti Staples di sini) atau berbagai pusat layanan lainnya. Seharusnya hanya dikenakan biaya beberapa (4-5) dolar.

Anda tidak pernah menyatakan mengapa bos Anda perlu melihatnya dan banyak (sebagian besar) jawaban dan komentar di sini tampaknya telah membuat asumsi tertentu tentang mengapa. Kami tidak benar-benar tahu. Mungkin dia hanya ingin memverifikasi beberapa informasi pribadi. Jika bos Anda tidak membocorkan alasan-alasan itu, maka fotokopi harus cukup. Kemudian, Anda bisa membiarkannya begitu saja.


14

Nasihat yang diberikan orang lain untuk tidak menyerahkan paspor Anda dan potensi penyalahgunaan sangat sah dan harus dipatuhi.

Tapi kemudian ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana menjaga hubungan dengan bos Anda, bagaimana menolak permintaannya yang tidak sah.

Saya akan mengatakan untuk memberinya fotokopi foto-ID bagian paspor Anda dan visa kerja Anda.

Ini adalah satu-satunya bagian dari paspor Anda yang majikan perlu alasan yang sah untuk melihat, pada banyak kesempatan ketika bekerja di luar negeri saya harus memberikan salinan dokumen-dokumen ini. Ini cukup standar dan seringkali bahkan merupakan persyaratan hukum untuk pekerjaan.


8

Atas dasar jawaban di atas, jika paspor Anda diambil tanpa persetujuan Anda atau dengan paksaan atau tekanan sosial Anda tidak dapat menolak, dan tidak segera diberikan kembali, anggap serius dan pergi ke polisi atau konsulat negara Anda jika Anda tidak akan mendapatkannya kembali dalam beberapa menit (dan bersungguh-sungguh, dan melakukannya).

Jangan mengambil risiko atau alasan, dan jangan biarkan orang lain menunda untuk mengembalikannya. Beri tahu mereka jika itu tidak ada di tangan Anda (X menit, atau setelah mereka melakukan apa pun yang mereka lakukan), maka Anda akan pergi ke konsulat Anda - dan bersungguh-sungguh. Terlalu serius untuk membiarkan orang bermain dengan game. Siapa pun yang mengambil paspor akan tahu persis apa yang mereka lakukan, jadi anggaplah mereka memiliki niat atau yang lain dan bertindak sesuai.


Meskipun ini sendiri merupakan saran yang baik, itu tidak menjawab pertanyaan.
Willeke

1
@ Willeke: "menganggap mereka memiliki niat atau yang lain dan bertindak sesuai ..." menjawab pertanyaan, terutama mengingat konteks keseluruhan. Poster itu hanya tidak ingin "keluar dan mengatakannya.
Tom Au

Pertanyaannya bukan 'bagaimana bertindak adalah paspor saya ada di tangan seseorang yang tidak ingin mengembalikannya' tetapi 'Saya memiliki cap di paspor saya, saya tidak ingin bos saya melihat' tanpa paspor sudah berada di tangannya.
Willeke

5

Ini adalah penyalahgunaan untuk alasan yang diuraikan di atas, bahkan permintaannya sangat aneh dan terdengar seperti penyalahgunaan. Anda harus menghubungi kedutaan Anda dan mencari bantuan.

Yang mengatakan, jika Anda ingin mempertahankan pekerjaan Anda saat ini - Anda selalu bisa mendapatkan paspor baru (tanpa cap). Saya tidak yakin mengapa tidak ada yang menyarankannya tetapi itu terdengar seperti situasi yang paling jelas.


Dalam banyak (kebanyakan?) Kasus, Anda harus mengembalikan paspor lama untuk mendapatkan yang baru.
gerrit

2
@gerit mengapa itu menjadi masalah? OP dapat mengembalikan paspor lama mereka dan meminta yang baru (yang tidak memiliki cap). (Dan, itu akan memaksa mereka untuk membahas masalah ini dengan kedutaan mereka)
Benjamin Gruenbaum

1
Bos akan memperhatikan Ini paspor baru. Bagaimana Anda menjelaskan hal itu kepada bos tanpa menambahkan lebih banyak kebohongan pada tumpukan? Seperti: itu dicuri, saya kehilangan itu.
Enric Naval

@EnricNaval Saya sebenarnya hampir tidak pernah mendukung berbohong - saya sarankan Anda mengatakan kepadanya "Saya punya paspor baru", itu bukan urusannya jika yang lama kadaluarsa atau Anda tidak suka foto Anda di dalamnya.
Benjamin Gruenbaum

2

Jika ada alasan yang sah untuk atasan Anda memvalidasi sesuatu di paspor Anda, tetapi alasan yang masuk akal untuk memberikan alasan mengapa sisanya bukan urusannya:

Mungkin Anda dan bos Anda bisa pergi ke notaris atau pengacara, yang kemudian menangani paspor dan mengkonfirmasi apa yang perlu dikonfirmasi?


2

Seperti yang telah ditunjukkan orang lain, ini adalah salah satu cara agar hak-hak pekerja (dari mana saja di dunia) dapat disalahgunakan dengan menyita paspor mereka. Sebelum melompat ke kesimpulan, Anda harus bertanya kepada bos Anda alasan dia ingin melihat paspor Anda. Ini mungkin merupakan persyaratan yang diamanatkan bahwa perusahaan yang mempekerjakan pekerja asing perlu melakukan uji tuntas terhadap mereka.

Salah satu solusi untuk hal ini yang tidak dapat saya lihat disebutkan di tempat lain (jadi minta maaf jika ada), adalah memberikan pemindaian paspor Anda sebagai gantinya. Jika ini untuk keperluan ID, maka halaman dengan ID foto dan nomor paspor adalah semua kebutuhan bos Anda (perangko tidak relevan). Anda perlu menemukan pejabat yang dapat menyaksikan dan menandatangani dokumen yang dipindai untuk memverifikasi bahwa itu sah seperti notaris (atau yang setara di negara tempat Anda berada).

Mengingat paspor adalah dokumen yang sangat berharga, pada akhirnya saya akan merekomendasikan berkonsultasi dengan kedutaan lokal Anda dan meminta nasihat kepada mereka. Mereka juga akan mengetahui adanya aturan / peraturan di negara tempat Anda berada dan memberi tahu Anda apa yang benar dan salah. Mungkin kedutaan juga dapat memberikan bukti identitas / dokumen kewarganegaraan yang diperlukan untuk bos Anda tanpa harus menyerahkan paspor Anda.

Paspor adalah dokumen hukum yang serius dan merusaknya dengan menempelkannya akan segera membatalkannya, jadi JANGAN merekatkan paspor Anda.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola