Apa tujuan folder yang hilang + ditemukan di Linux dan Unix?


643

Ada folder di root sistem operasi Linux dan Unix yang disebut /lost+found/

Untuk apa ini? Dalam keadaan apa saya akan berinteraksi dengannya? Bagaimana saya berinteraksi dengannya?


Perhatikan bahwa hanya ext2 (dan ext3 dan ext4) yang digunakan lost+found. Jika Anda ingin menyembunyikannya, gunakan sistem file yang berbeda atau pasang di tempat lain, simpan semuanya dalam subdirektori, dan symlink subdirektori ke tempat "asli" tempat Anda menggunakan data tersebut.
Adam Katz

4
@Gilles seseorang cukup baik untuk menambahkannya: en.wikipedia.org/wiki/Fsck#Use
David Kennedy

Catatan yang lost+foundkhusus untuk sistem file Linux diperluas (ext2-4). Unices, misalnya FreeBSD biasanya tidak memiliki direktori ini di sistem file mereka (UFS, ZFS).
FUZxxl

5
Maaf, tetapi lost+foundsudah ada hampir selamanya di sistem BSD. Bahkan, saya baru saja memeriksa dan sudah pasti ada di 4.3BSD, dan saya sepertinya mengingatnya jauh sebelumnya. Dan sudah pasti pada FreeBSD hari ini.
Bob Eager

@ BobEager Terima kasih telah mengonfirmasi hal itu. Saya juga berpikir demikian, tetapi saya bersedia menerima bahwa mungkin saya salah mengenang ...
Pryftan

Jawaban:


576

Jika Anda menjalankan fsck, perintah filesystem memeriksa dan memperbaiki, ia mungkin menemukan fragmen data yang tidak direferensikan di mana pun di filesystem. Secara khusus, fsckmungkin menemukan data yang terlihat seperti file lengkap tetapi tidak memiliki nama pada sistem - inode tanpa nama file yang sesuai. Data ini masih menghabiskan ruang, tetapi tidak dapat diakses dengan cara normal apa pun.

Jika Anda meminta fsckuntuk memperbaiki sistem file, itu akan mengubah file yang hampir dihapus ini kembali menjadi file. Masalahnya, file tersebut memiliki nama dan lokasi satu kali, tetapi informasi itu tidak lagi tersedia. Jadi fsckmenyimpan file dalam direktori tertentu, yang disebut lost+found(setelah properti yang hilang dan ditemukan ).

File yang muncul lost+foundbiasanya adalah file yang sudah tidak terhubung (yaitu nama mereka telah dihapus) tetapi masih dibuka oleh beberapa proses (sehingga data belum dihapus) ketika sistem berhenti tiba-tiba (panik kernel atau kegagalan daya). Jika hanya itu yang terjadi, file-file ini dijadwalkan untuk dihapus, Anda tidak perlu mempedulikannya.

File juga dapat muncul lost+foundkarena sistem file dalam keadaan tidak konsisten karena bug perangkat lunak atau perangkat keras. Jika itu masalahnya, ini adalah cara bagi Anda untuk menemukan file yang hilang tetapi perbaikan sistem berhasil diselamatkan. File-file tersebut mungkin atau mungkin tidak mengandung data yang berguna, dan bahkan jika mereka melakukannya mungkin tidak lengkap atau ketinggalan zaman; itu semua tergantung seberapa buruk kerusakan sistem file itu.

Pada banyak sistem file, lost+founddirektori ini sedikit istimewa karena preallocates sedikit ruang untuk fsckmenyimpan file di sana. (Ruang bukan untuk data file, yang ada fsckdi tempat; itu untuk entri direktori yang fsckharus diganti.) Jika Anda secara tidak sengaja menghapus lost+found, jangan membuat ulang dengan mkdir, gunakan mklost+foundjika tersedia.


16
Juga, jika fsck yang terhapus secara tidak sengaja dapat membuatnya kembali saat berikutnya ia menemukan sistem file bersih (yang mungkin akan menjadi boot berikutnya)
derobert

30
Apakah folder ini sesuatu yang harus diperiksa dan dibersihkan dari waktu ke waktu?
TheLQ

9
@TheLQ Hanya jika sistem file Anda telah mengalami banyak korupsi, fsckdiperlukan, dan disebutkan menemukan file dan menghubungkannya lost+found. Dalam 20 tahun dengan berbagai sistem file, saya hanya pernah melihatnya sekali. Dan itu sebelum journalling adalah norma.
Alexios

6
Saya pikir itu juga muncul jika Anda memformat HDD Anda (saya beralih dari NTFS ke ext4 dan muncul)
puk

6
@puk lost+foundDirektori ini dibuat setiap kali Anda membuat sistem file ext4 (seperti halnya banyak sistem file lainnya), apakah itu dilakukan sebagai bagian dari instalasi sistem atau tidak. "Format HDD Anda" hanyalah salah satu contohnya. Apa yang fsckdilakukan adalah menambahkan file di sana.
Gilles

64

The lost+founddirektori (tidak hilang + Ditemukan) adalah membangun digunakan oleh fsckketika ada kerusakan pada filesystem (tidak perangkat keras, tetapi untuk fs). File yang biasanya hilang karena korupsi direktori akan ditautkan dalam lost+founddirektori filesystem itu dengan nomor inode. Beberapa di antaranya mungkin direktori yang hilang atau file yang hilang atau bahkan perangkat yang hilang. Setiap sistem file harus memiliki lost+founddirektori sendiri , tetapi Anda mungkin melihat sistem dengan hanya satu sistem file. Secara umum, Anda harus berharap bahwa direktori tersebut kosong; tetapi jika ada korupsi, bersyukurlah bahwa dalam banyak kondisi file dapat dipulihkan setelah fsckmenempatkannya di sini.


4
Poin yang valid, bagaimanapun: ini BISA menjadi gangguan. Misalnya, ketika mencoba melakukan findoperasi pada satu atau banyak ext[2|3|4]partisi dari akun pengguna non-admin, Anda akan selalu mendapatkan kesalahan "izin ditolak" yang sama sekali tidak perlu ini . Tentu saja, ada cara untuk menghindari kesalahan semacam itu - tetapi agak canggung karena standar find . -name '*whatever*'tidak akan melakukan trik.
syntaxerror

2
@syntaxerror: Senang mendengar Anda mengatakan itu tentang gangguan menemukan: `./lost+found ': Izin ditolak . Itu juga mengganggu saya dari waktu ke waktu ...
Johan E

1
@syntaxerror alasan saya sampai pada pertanyaan ini justru karena saya sedang melakukan operasi pencarian dan ternyata terus menghasilkan Permission deniedperingatan. Mengingat jawaban pertanyaan ini, saya tahu itu lost+foundadalah bagian dari sistem berkas dan jadi saya dapat dengan aman mengabaikan peringatan yang dihasilkan (tapi saya berharap itu tidak menghasilkan peringatan).
Trevor Boyd Smith

1
@JohanE Kau memberitahuku. Namun, alasan sebenarnya mengapa saya diposting komentar saya adalah karena jawaban ini berusaha untuk menyarankan kita untuk "bersyukur" untuk lost+found. Ini terasa terlalu lucu untuk menjadi kenyataan (saya duduk di sini dengan senyum lebar), untuk beberapa kali ketika kita bersyukur untuk itu tidak dapat bersaing dengan mereka ketika kita lebih suka bisa mengucapkan "Begone!" mengeja hal yang aneh + aneh ini.
syntaxerror

36

Dari "Linux Filesystem Hierarchy", bagian / hilang + ditemukan " :

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya selama tinjauan FSSTND, Linux harus selalu melalui shutdown yang benar. Kadang-kadang sistem Anda mungkin macet atau listrik mati. Either way, pada boot berikutnya, pemeriksaan sistem file yang panjang menggunakan fsck akan dilakukan. Fsck akan melalui sistem dan mencoba memulihkan file yang rusak yang ditemukannya. Hasil operasi pemulihan ini akan ditempatkan di direktori ini. File yang dipulihkan sepertinya tidak lengkap atau tidak masuk akal, tetapi selalu ada kemungkinan sesuatu yang berharga dapat dipulihkan. Setiap partisi memiliki direktori yang hilang + ditemukan sendiri. Jika Anda menemukan file di sana, cobalah untuk memindahkannya kembali ke lokasi aslinya. Jika Anda menemukan sesuatu seperti tautan simbolis yang rusak ke 'file', Anda harus menginstal ulang file dari RPM yang sesuai, karena sistem file Anda rusak sangat parah sehingga file-file itu tidak dapat dikenali. Di bawah ini adalah contoh direktori yang ditemukan / hilang +. Seperti yang Anda lihat, sebagian besar file yang terkandung di sini sebenarnya adalah soket fakta. Adapun sisa file lain mereka ditemukan menjadi file sistem yang rusak dan file pribadi. File-file ini tidak dapat dipulihkan.

Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola