Dapatkah saya menggunakan FFMPEG dalam produk komersial [ditutup]


28

Tidak yakin apakah saya benar memposting pertanyaan saya di sini dan tentu saja saya akan menghapus pertanyaan ini jika perlu.

Saya memiliki aplikasi desktop # menggunakan FFMPEG. Saya memiliki layanan web menggunakan FFMPEG.

Saya menjual kedua produk.

Saya ingin tahu bisakah saya mendistribusikan aplikasi desktop saya dengan ffmpeg tanpa membayar biaya kepada orang-orang fmpeg dan tanpa merilis kode sumber saya.

Saya juga ingin tahu apakah saya dapat menggunakan FFMPEG di server saya agar pengguna dapat mengkonversi gambar ke file video untuk diemailkan kepada mereka. Layanan ini juga merupakan produk berbayar.

Saya telah membaca tautan ke info lisensi FFMPEG dan saya membaca banyak pertanyaan di forum ini.

Lemari yang saya dapatkan jawabannya adalah bahwa saya dapat menggunakannya di server web saya karena saya tidak mendistribusikannya ke PCS klien dan saya dapat menggunakan FFMPEG pada aplikasi desktop saya jika saya hanya menggunakan fitur FFMPEG tertentu - apa pun itu /

Namun, ini tidak cukup definitif bagi saya dan saya tidak mampu membayar pengacara dan Anda akan berpikir pertanyaan / dilema ini akan diselesaikan di suatu tempat oleh seseorang mengingat seberapa populer FFMPEG.

Terima kasih


@ LordNeckbeard hai, 'banyak pertanyaan' salah dieja. Ya saya sudah membaca semua itu sebelumnya dan masih belum hitam putih. flag kompilasi .. Saya menggunakan Windows build untuk aplikasi C #. hanya ada 1 unduhan untuk bangunan itu jadi saya masih tidak tahu harus berbuat apa. Membaca pertanyaan-pertanyaan lain untuk lisensi FFMPEG Saya tidak dapat melihat jawaban yang jelas .. tebak saja ... maka pertanyaan saya :)
Andrew Simpson

baru saja melihat permintaan build - terima kasih
Andrew Simpson

Saya memberikan suara untuk menutup pertanyaan ini sebagai di luar topik karena ini tentang perizinan untuk memproduksi perangkat lunak, bukan produksi video.
AJ Henderson

6
baik secara langsung ini tentang produksi video. FFMPEG tampaknya menjadi misteri besar dalam hal perizinan dan merupakan pertanyaan populer oleh orang-orang. Anda harus membiarkannya sebagai pengecualian. Papan-papan ini adalah tentang membantu orang dan jawaban ini membantu saya dan juga orang lain. Masalahnya dengan papan SO adalah mereka bisa menjadi elitisme. Tolong jangan menganggap itu sebagai penghinaan. Anda telah membantu saya dengan beberapa pertanyaan saya dan saya sangat bersyukur
Andrew Simpson

1
Saya memberikan suara untuk membuka kembali pertanyaan ini karena banyaknya kebutuhan untuk dijawab. 22 upvotes menunjukkan ini. Ini adalah kasus khusus, hanya karena kebutuhan besar agar pertanyaan khusus ini dijawab secara akurat.
user24601

Jawaban:


37

Ya, Anda dapat menggunakan FFmpeg dalam produk komersial

FFmpeg dilisensikan di bawah GNU Lesser General Public License ( LGPL ) versi 2.1 atau yang lebih baru.

Beberapa fitur, seperti dukungan untuk beberapa perpustakaan eksternal (libx264 dan libx265 misalnya) dan berbagai filter, dicakup oleh GNU General Public License ( GPL ) versi 2 atau lebih baru (lihat pengecualian lisensi x264 komersial di bawah). Jika bagian-bagian itu digunakan, GPL berlaku untuk semua FFmpeg. Lihat LICENSE.mddi sumber untuk melihat daftar bagian GPL dari FFmpeg dan pustaka eksternal mana yang membutuhkan GPL.

Jadi, ya, Anda pasti dapat menggunakan FFmpeg dalam produk komersial , dan kedua lisensi memungkinkan penggunaan komersial, distribusi, dan modifikasi. FFmpeg gratis tetapi tidak tersedia di bawah ketentuan lisensi lainnya.

Lisensi mana yang Anda gunakan terserah Anda, dan tergantung pada apa kebutuhan Anda dan bagaimana FFmpeg build Anda dikonfigurasi, tetapi Anda harus mematuhi lisensi apa pun yang akhirnya Anda gunakan . FFmpeg tidak peduli jika Anda menggunakannya untuk tujuan komersial atau tidak: hanya bahwa Anda mengikuti lisensi dengan benar.

Apa yang harus saya lakukan untuk mematuhi?

Jika Anda hanya menggunakan FFmpeg untuk penggunaan pribadi atau in-house, atau Anda sebenarnya tidak membagikan apa pun dari FFmpeg sama sekali, maka Anda tidak perlu melakukan apa pun. Kalau tidak, untuk daftar yang sangat verbose lihat Daftar Periksa Kepatuhan Lisensi FFmpeg . Untuk meringkas, Anda perlu:

GPL 2.0+

  • Sediakan kode sumber FFmpeg yang Anda gunakan.
  • Berikan salinan lisensi FFmpeg yang sesuai dengan perangkat lunak Anda yang didistribusikan (lihat COPYING.GPLv2atau COPYING.GPLv3).
  • Sebutkan perubahan. Jika Anda memodifikasi kode sumber FFmpeg, Anda harus mendokumentasikan apa yang diubah.
  • Gunakan lisensi yang sama. Jika Anda memodifikasi kode sumber FFmpeg itu harus tetap di bawah lisensi yang sama.

LGPL 2.1+

  • Sediakan kode sumber FFmpeg yang Anda gunakan.
  • Berikan salinan lisensi FFmpeg yang sesuai dengan perangkat lunak Anda yang didistribusikan (lihat COPYING.LGPLv2.1atau COPYING.LGPLv3).
  • Sebutkan perubahan. Jika Anda memodifikasi kode sumber FFmpeg, Anda harus mendokumentasikan apa yang diubah.
  • Gunakan lisensi yang sama. Jika Anda memodifikasi kode sumber FFmpeg itu harus tetap di bawah lisensi yang sama. Ini tidak berlaku jika Anda hanya menggunakan pustaka FFmpeg yang ditautkan.

Lisensi apa yang digunakan FFmpeg saya?

The ffmpeg -Lperintah akan menampilkan sebuah paragraf yang menunjukkan lisensi Anda. Contoh untuk LGPL v2.1 +:

ffmpeg adalah perangkat lunak gratis; Anda dapat mendistribusikannya kembali dan / atau memodifikasinya berdasarkan ketentuan Lisensi Publik Umum GNU yang diterbitkan oleh Free Software Foundation; baik versi 2.1 dari Lisensi, atau (sesuai pilihan Anda) versi selanjutnya.

Bagaimana dengan lisensi komersial x264?

Lisensi komersial x264 kompatibel dengan LGPL, tetapi FFmpeg tidak memiliki opsi yang menonaktifkan persyaratan GPL untuk x264 berlisensi komersial sehingga Anda harus melakukannya secara manual. Karenanya, jika Anda membeli lisensi komersial dari lisensi x264 maka Anda diizinkan untuk:

  • Kompilasi x264 dengan --disable-gpl.
  • Ubah configurefile dalam kode sumber FFmpeg untuk memindahkan libx264 dari EXTERNAL_LIBRARY_GPL_LISTke EXTERNAL_LIBRARY_LIST.
  • Ffmpeg kompilasi tanpa --enable-gpl dan link ke x264 Anda yang telah disusun dengan --disable-gpl .

LGPL masih berlaku dalam kasus ini, jadi jangan lupa untuk menyediakan kode sumber FFmpeg yang Anda gunakan dan nyatakan perubahan apa yang Anda buat.

Apakah saya memerlukan lisensi komersial dari x264?

Anda lakukan jika aplikasi Anda tidak kompatibel dengan GPL dan sedang didistribusikan dengan x264 yang tertaut. Lihat [x264-devel] Mengumumkan lisensi komersial untuk x264 untuk detail tambahan.

Lihat juga


1
Wow! Jawaban yang bagus!
Andrew Simpson

1
@AJ Henderson Anda ingin membuka ini? sepertinya pertanyaan dan jawaban yang populer :)
Andrew Simpson

Jawaban bagus! Bisakah Anda menjelaskan apa artinya "didistribusikan dengan tautan x264"? Bagaimana jika saya mendistribusikan perangkat lunak yang bergantung pada ffmpeg yang diinstal dan memanggilnya, misalnya melalui shell atau subproses? Bagaimana jika saya menginstal ffmpeg (tanpa modyfing) secara diam-diam dan kemudian memanggilnya dari perangkat lunak saya?
Georgii Oleinikov
Dengan menggunakan situs kami, Anda mengakui telah membaca dan memahami Kebijakan Cookie dan Kebijakan Privasi kami.
Licensed under cc by-sa 3.0 with attribution required.
Judi bola